Published on

Expert's Corner

5 Benefit menggunakan jasa rekrutmen karyawan bagi perusahaan

Sylvia Rheny

jasa_rekrutmen_karyawan.jpg

Dalam pengembangan sebuah perusahaan, sumber daya manusia menjadi salah satu peran penting. Oleh karena itu, tidak heran jika perusahaan sangat selektif dalam merekrut calon karyawan. Namun, tak bisa dipungkiri jika ternyata proses perekrutan karyawan berkualitas tidak mudah. Untuk itu, perusahaan memilih untuk memanfaatkan jasa rekrutmen karyawan.

Lalu, apa itu jasa rekrutmen karyawan? Yuk, ketahui lebih mendalam pengertian, jenis, dan benefit yang bisa kamu peroleh dengan menggunakan jasa rekrutmen karyawan berikut ini.

Baca juga: 7 Tahapan proses rekrutmen yang efektif untuk HR praktikan

Apa itu jasa rekrutmen karyawan?

Apa itu jasa rekrutmen karyawan?
Jasa rekrutmen karyawan membantu perusahaan dalam menemukan talent yang sesuai kebutuhan. (Gambar: pexels.com)

Jasa rekrutmen karyawan adalah jasa yang membantu perusahaan dalam pencarian calon pekerja atau talent yang telah disesuaikan dengan requirements, kriteria atau keinginan  dari setiap posisi/jabatan tertentu di perusahaan maupun instansi.

Penyedia jasa rekrutmen karyawan ini sangat membantu sebuah perusahaan untuk mendapatkan calon karyawan yang benar-benar berkompeten dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dengan merekrut sumber daya manusia yang berkompeten ini tentunya akan mendukung kinerja perusahaan menjadi lebih baik.

Baca juga: 3 Perbedaan rekrutmen zaman dulu dan sekarang

3 Jenis jasa rekrutmen karyawan

3 Jenis jasa rekrutmen karyawan
Jasa rekrutmen karyawan di Indonesia yaitu job portal, outsourcing, dan headhunter. (Gambar: pexels.com)

Tiga jenis jasa rekrutmen karyawan yang paling sering digunakan di Indonesia yaitu job portal, outsourcing, dan headhunter. Ketiganya memiliki perbedaan cara kerja dalam menyediakan karyawan bagi perusahaan pengguna. Berikut ini 3 jenis jasa rekrutmen karyawan yang umum digunakan di Indonesia:

1. Job portal

Job portal adalah sebuah situs web pencarian kerja yang bisa dimanfaatkan baik oleh pihak perusahaan sebagai penyedia lowongan kerja dan oleh pihak talent yang sedang mencari kerja. Di dalam job portal, perusahaan dapat memasarkan iklan lowongan kerja atau job posting dan talent bisa langsung melihatnya serta mengirimkan lamaran kepada perusahaan tersebut.

Perusahaan sebaiknya membuat job posting dengan jelas, mudah dipahami, dan menarik pencari kerja untuk melamar. Seluruh proses dalam job portal dilakukan oleh perusahaan sendiri dari memasang iklan lowongan kerja, melakukan seleksi, mengadakan tes, mewawancarai talent, hingga memilih talent yang akan direkrut.

Kelebihan job portal yaitu bisa menjangkau lebih banyak dan beragam calon talent dari berbagai latar belakang. Kekurangannya yaitu tidak ada proses kurasi sehingga perusahaan mungkin masih menerima lamaran talent yang tidak sesuai dengan requirements.

2. Outsourcing

Dilansir dari Investopedia, outsourcing adalah penggunaan tenaga kerja dari pihak ketiga untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu di dalam perusahaan. Praktik outsourcing dilakukan oleh perusahaan untuk memangkas biaya operasional mereka.

Berdasarkan UU Ketenagakerjaan, pekerjaan outsourcing terbatas pada jenis pekerjaan yang sifatnya menunjang dan tidak berhubungan langsung dengan kegiatan utama perusahaan. Jenis pekerjaan itu antara lain, tenaga security, cleaning service, operator, customer service, manufaktur, hingga administrasi perkantoran.Mekanisme kerja outsourcing yaitu perusahaan melakukan perjanjian dengan pihak penyedia outsourcing untuk menyediakan jasa untuk jenis pekerjaan yang dibutuhkan, kemudian penyedia outsourcing akan menyediakan karyawan sesuai kebutuhan dan ditempatkan di perusahaan yang membutuhkan tersebut.

Perbedaannya, karyawan tidak ada hubungan kerja dengan perusahaan kamu, melainkan dengan pihak penyedia outsourcing sesuai perjanjian. Sehingga segala sesuatu yang berkaitan dengan karyawan merupakan tanggung jawab penyedia outsourcing.

Manfaat menggunakan jasa outsourcing ini diantaranya adalah menghemat biaya pelatihan, mengurangi beban rekrutmen, dan bisa berfokus pada kegiatan inti bisnis. Kekurangannya yaitu kontrak yang biasanya singkat membuat perusahaan harus memperbarui berulang atau malah harus mencari penyedia outsourcing lainnya.

3. Headhunter

Headhunter adalah perusahaan atau individu yang menyediakan jasa perekrutan tenaga kerja profesional. Headhunter dipekerjakan oleh perusahaan untuk menemukan bakat dan menemukan individu yang memenuhi persyaratan pekerjaan tertentu. Biasanya, headhunter ditugaskan untuk mencari posisi yang sulit diisi (hard-to-fill role) atau talent dengan kualifikasi yang tinggi, seperti manager hingga C-level. 

Bedanya dengan job portal, perekrutan oleh headhunter ini bersifat tertutup. Headhunter bisa memanfaatkan database internal yang ia miliki atau melakukan pencarian secara personal melalui LinkedIn. Ketika telah menemukan talent yang sesuai dengan kriteria/kualifikasi yang diberikan, headhunter akan menghubungi talent tersebut. Tidak menutup kemungkinan headhunter akan mendekati seorang talent yang statusnya bekerja di perusahaan lain selama talent tersebut terbuka dengan kesempatan kerja yang baru.

Baca juga: Contoh surat referensi kerja yang membantu proses rekrutmen

5 Benefit menggunakan jasa rekrutmen karyawan bagi perusahaan

5 Benefit menggunakan jasa rekrutmen karyawan bagi perusahaan
Jasa rekrutmen karyawan memberikan bermacam-macam benefit seperti kualitas dan kecepatan. (Gambar: pexels.com)

Banyak keuntungan yang bisa diperoleh perusahaan dengan memanfaatkan jasa rekrutmen karyawan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mendapat karyawan yang telah terjamin kualitasnya

Jasa rekrutmen karyawan tentunya telah memiliki jaringan yang luas dan memiliki talent pool-nya sendiri. Ketika perusahaan memberikan persyaratan kualifikasi dan pengalaman untuk suatu pekerjaan tertentu, maka penyedia jasa rekrutmen akan melakukan kurasi terhadap talent yang ada. Nantinya, setelah proses kurasi tersebut, hanya talent terpilih dan berkualitas yang direkomendasikan kepada perusahaan.

2. Lebih hemat waktu dan energi

Proses rekrutmen merupakan proses yang panjang apabila dilakukan sendiri, dimulai dari memasang iklan lowongan kerja, melakukan review secara manual terhadap resume, hingga memilih talent. Dan itu semua masih belum bisa menjamin kualitas talent. Sedangkan dengan memanfaatkan jasa perekrutan karyawan, di mana memiliki source, strategi, dan tools tersendiri, tentunya akan membuat proses perekrutan menjadi lebih efektif dan menghadirkan talent yang berkualitas. Perusahaan cukup memberikan kualifikasi yang diinginkan, kemudian penyedia jasa bekerja hingga memberikan rekomendasi talent terbaik untuk diwawancarai.

3. Lebih cepat mencapai level bisnis

Saat sedang mengembangkan bisnis, sebaiknya perusahaan berfokus kepada kegiatan inti bisnis. Dengan memanfaatkan jasa rekrutmen karyawan untuk melakukan hire terhadap talent yang berkualitas akan membantu perusahaan agar cepat mencapai level bisnis. Perlu diingat kembali bahwa sumber daya manusia yang berkualitas memiliki peran penting terhadap perkembangan perusahaan. 

4. Mempercepat pengisian peran

Perusahaan penyedia jasa rekrutmen karyawan berisi konsultan sekaligus recruiter dan headhunter yang profesional. Jika perusahaan kamu membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mengisi peran yang sulit, recruiter atau headhunter mampu melakukannya hanya dalam waktu beberapa minggu. Ini bisa membantu menghindari kekosongan peran dalam waktu yang cukup lama yang berdampak terhambatnya aktivitas dalam perusahaan.

5. Menghemat biaya rekrutmen

Biaya untuk memanfaatkan jasa perekrutan karyawan memang tidak murah, namun dengan efisiensi dan efektivitas yang ditawarkannya, biaya ini akhirnya menjadi lebih rendah dibanding melakukan perekrutan sendiri. 

Baca juga: Langkah cerdas untuk rekrutmen yang efisien

Simplify your recruitment process with EKRUT

Simplify your recruitment process with EKRUT
EKRUT adalah salah satu jasa rekrutmen karyawan di Indonesia yang dapat diandalkan. (Gambar: pexels.com)

Didirikan pada tahun 2016, EKRUT merupakan sebuah platform rekrutmen yang menggunakan perpaduan antara teknologi dan jaringan recruiter untuk melakukan proses rekrutmen yang efektif dan berkualitas.

Beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan menggunakan EKRUT antara lain yaitu:

  • Keuntungan eksklusif dari paket yang disediakan EKRUT.
  • Mengelola talent dengan mudah menggunakan tracking system yang dimiliki EKRUT.
  • Memperoleh talent yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.
  • Akses langsung ke talent pool berkualitas yang telah melalui proses kurasi.
  • Konsultan profesional yang akan memberikan bantuan selama proses perekrutan. 

Perlu diketahui bahwa EKRUT menggunakan teknologi data science seperti Marketplace Curation Algorithm (MCA) untuk menyaring dan mengkurasi 5-10% talent kompetitif teratas yang mencari peluang kerja berdasarkan permintaan secara real-time. Maka dari itu, talent yang ditampilkan dalam marketplace adalah talent berkualitas dan terkini.

Untuk mencari dan menemukan talent yang sesuai dengan kriteria, EKRUT menggunakan teknologi bernama EKRUT Recommender System (ERS). Kelebihannya, variabel pencarian tidak hanya terbatas pada pengalaman, preferensi, dan keterampilan saja, namun masih banyak lagi. Selain itu, EKRUT juga menggunakan Budget Prediction Algorithm (BPA) untuk mengukur, memprediksi, dan merekomendasikan kisaran ekspektasi gaji untuk masing-masing job posting berdasarkan kondisi market terkini secara efektif.

Baca juga: 5 Manfaat data bagi HRD dalam proses perekrutan

Untuk saat ini, terdapat 2 subscribe plan yang bisa kamu pilih di EKRUT:

  1. Platform plan: Tersedia untuk langganan tahunan dan per-kuarter. Dengan subscribe plan ini, perusahaan kamu mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan unlimited hires tanpa harus membayar lagi price per hire.
  2. Headhunting plan: Tidak ada membership fee untuk plan ini, perusahaan kamu hanya perlu membayar ketika melakukan hiring.

Nah, setelah pemaparan di atas, kini kamu telah mengetahui berbagai manfaat yang bisa kamu peroleh dengan menggunakan jasa rekrutmen karyawan. EKRUT bisa menjadi salah satu platform andalan kamu untuk menemukan talent yang tepat secara efektif. 

Berbagai manfaat menggunakan EKRUT bisa kamu dapatkan dengan bergabung bersama EKRUT. Yuk, mulai proses rekrutmen yang efektif dari sekarang!

sign up EKRUT

Tags

Share