Published on

Careers

3 Contoh biografi diri sendiri untuk peluang dan perkembangan karier

Sherentina Rhany K

H1.jpg

Biografi merupakan rangkaian tulisan yang berisikan riwayat atau perjalanan hidup seseorang. Biografi umumnya menceritakan kehidupan orang lain, maka dari itu menggunakan sudut pandang orang ketiga. Namun, kita juga bisa menulis riwayat hidup kita sendiri, atau bisa dikatakan sebagai biografi diri sendiri. Pernahkah kamu menulis biografi diri sendiri? Jika belum, simak ulasan lebih lanjut di bawah ini mengenai penjelasan hingga contoh biografi diri sendiri.

Baca juga: 7 Cara menciptakan personal branding untuk kesuksesan karier

Apa itu biografi diri sendiri?


Contoh biografi diri sendiri berbeda dengan autobiografi. (Sumber: Pexels)

Apa sih, biografi diri sendiri itu? Biografi diri sendiri merupakan tulisan yang berisi tentang perjalanan hidup penulis dengan sudut pandang orang ketiga. Perjalanan hidup tersebut diantaranya menyangkut kehidupan pribadi, perjuangan hidup, hingga peristiwa penting seperti kisah menuju sukses. Lalu, adanya biografi diri sendiri dapat berguna sebagai bentuk personal branding penulis di internet. Hal ini dapat membantu penulis dikenal orang, atau dapat juga berguna ketika sedang melamar pekerjaan.

Dilansir dari Deepublish, menulis biografi diri sendiri harus sesuai fakta yang terjadi di lapangan, tidak boleh melebih-lebihkan atau mendramatisir cerita asli. Hal ini sesuai dengan contoh biografi diri sendiri yang beredar di internet. Penulisan biografi diri sendiri juga memiliki beberapa manfaat bagi pembacanya, diantaranya yaitu selain dapat mengenal lebih dekat dengan tokoh di dalamnya, juga dapat menjadi motivasi hingga menjadi pembelajaran untuk lebih menghargai proses hidup.

Baca juga: 10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Struktur biografi diri sendiri


Contoh biografi diri sendiri memiliki struktur teks yang sama dengan biografi pada umumnya. (Sumber: Pexels)

Dalam contoh biografi diri sendiri ditemukan adanya struktur penulisan yang rapi dan sistematis. Hal tersebut dilakukan agar memudahkan penulis dalam menyusun cerita serta mempermudah pembaca dalam memahami cerita. Struktur penulisan teks biografi diri sendiri diantaranya terdiri dari:

1. Pengenalan diri sendiri/tokoh


Pengenalan diri sendiri dalam suatu contoh biografi diri sendiri merupakan poin penting yang tidak boleh terlewatkan. (Sumber: Pexels)

Pengenalan diri atau dapat disebut dengan orientasi yaitu bagian dimana penulis memperkenalkan dirinya sendiri beserta latar belakang keluarga agar orang-orang dapat mengetahui identitas dirinya sebelum akhirnya menceritakan kisah perjalanan hidupnya atau riwayat hidupnya.

2. Peristiwa/kejadian penting

Lalu, memasuki bagian kedua yang merupakan bagian inti teks biografi diri sendiri. Pada bagian ini kamu dapat menuliskan peristiwa penting dalam hidup yang dapat menempatkanmu pada posisi saat ini, baik dalam hal karir maupun kehidupan yang dijalani.

Baca juga: Deretan Tokoh Inspiratif di Tengah Pandemi Covid-19

Jika dilansir dari Salamadian, peristiwa penting yang perlu ditulis seperti dalam contoh biografi diri sendiri pada umumnya diantaranya seperti berikut.

1. Peristiwa yang mengubah hidup/dapat memotivasi

Pada bagian ini kamu dapat menuliskan pengalaman hidup yang telah menjadi titik balik atau mengubah hidup kamu hingga akhirnya dapat menjalani kehidupan seperti sekarang.

2. Prestasi

Lalu, kamu bisa menuliskan apa saja prestasi yang telah kamu peroleh dalam hidup. Contohnya seperti kejuaraan yang kamu dapatkan dalam sebuah lomba akademik maupun non–akademik.

3. Pekerjaan, pengalaman, dan karier

Setelah itu, kamu juga bisa menuliskan cerita pengalaman, karir hingga pekerjaanmu saat ini yang dapat kamu bagikan kepada khalayak ramai. Kamu bisa menceritakan bagaimana kisah awal merintis karir hingga akhirnya dapat berada di posisi sekarang.

Baca juga: 5 Kisah Pengusaha Sukses Di Bidang Teknologi yang Menginspirasi

3 Contoh biografi diri sendiri untuk peluang dan perkembangan karier


Menulis biografi diri sendiri termasuk salah satu cara personal branding yang baik untuk karirmu kedepan. (Sumber: Pexels)

Berikut merupakan contoh biografi diri sendiri yang dapat kamu jadikan acuan untuk membuat biografi diri sendiri.

1. Contoh biografi diri sendiri I

Namanya Ratna Sari. Lahir pada tanggal 9 Februari 2006 di kota Semarang. Sebagai anak sulung, Sheika memiliki adik bernama Fela Rika. Ayahnya seorang tukang becak sementara ibunya adalah penjual keripik di pasar.

Pada tahun 2013 Ratna pertama kali mengecap pendidikan dasar di kota Semarang yang tidak terlalu jauh dari rumahnya. Dilanjutkan tahun 2019 ke SMP yang juga tidak jauh dari kediamannya. Saat sekolah usai pada siang hari, Ratna biasa menjajakan dagangan ibunya ke perkampungan sekitar rumahnya. Dengan kerja kerasnya itulah Ratna hingga saat ini sanggup membiayai uang sekolahnya sendiri.

2. Contoh biografi diri sendiri II

Dialah perempuan yang lahir pada tanggal 15 Mei 1995 di kota Batu, Malang dengan nama Hasya Fida. Fida lahir dari kedua orang tua yang bernama Sasono dan Sartini. Sejak kecil Fida tinggal di Batu, Ia berhasil lulus dari sekolah dasar di SD Negeri 4 Batu dan sekolah menengah pertama di SMP Negeri 5 Batu.

Ketika memasuki umur 15 tahun, tepatnya setelah lulus SMP, Fida sekeluarga memutuskan pindah ke Yogyakarta. Akhirnya Fida melanjutkan sekolahnya dengan menempuh sekolah menengah atas di SMA Negeri 2 Yogyakarta hingga lulus. Dikarenakan berasal dari keluarga yang menjunjung tinggi pendidikan, Fida pun meneruskan pendidikan dengan berkuliah di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

Fida berhasil menjalani kuliah selama 3,5 tahun tanpa kendala apapun serta sukses meraih predikat Mahasiswa dengan IPK tertinggi. Setelah lulus kuliah, Fida memulai karir di dunia fashion. Ia memulai karirnya dengan bekerja di perusahaan HnM, di sanalah tempat Fida menimba pengalaman serta memperjuangkan karir hingga sekarang. Itulah biografi singkat mengenai perjalanan hidup sederhana seorang Hasya Fida. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi orang lain.

3. Contoh biografi diri sendiri III

Orang-orang mengenalnya sebagai Chera, nama yang disematkan di setiap karya lukisan yang dia ciptakan. Chera Diandra merupakan anak pertama dari pasangan suami istri, Hendra dan Wina yang lahir di Bandung pada tanggal 27 Oktober 1995.

Sejak kecil Chera memang gemar melukis, bahkan dia kerap mendapat juara 1 dalam tiap lomba yang diikutinya. Seiring beranjak dewasa, media yang digunakan pun berubah. Ketika SMA, tepatnya saat berumur 16 tahun, Chera mulai mengasah kemampuannya dengan mempelajari seni lukis bermedia kanvas dan beberapa jenis cat seperti cat minyak dan akrilik.

Akhirnya, setelah 4 tahun berkuliah, Chera berhasil memenuhi keinginan orang tuanya untuk lulus dan mendapat gelar ekonomi dengan predikat cumlaude. Bersamaan dengan kelulusannya, Chera juga berhasil membuktikan keseriusannya pada orang tuanya untuk menjadi pelukis profesional melalui penghargaan yang Ia dapat dalam ajang pameran nasional. Dengan begitu, orang tua Chera pun sangat bangga dan merestui mimpi Chera hingga akhirnya Chera dapat berada di titik karirnya yang sekarang.

Baca juga: 5 Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Profesional dan Relevan untuk Ditulis

Sekian beberapa contoh biografi diri sendiri yang dapat kamu jadikan referensi. Semoga dengan ulasan di atas kamu menjadi lebih mengerti bagaimana cara membuat biografi diri sendiri sesuai pengalaman yang kamu miliki. Apabila kamu sedang mencari pekerjaan, kamu bisa memulai karirmu dengan mendaftarkan diri di EKRUT. EKRUT menyediakan berbagai kesempatan kerja yang dapat kamu sesuaikan dengan bidangmu. Dapatkan juga berbagai tips & insight menarik untuk pengembangan karier kamu melalui YouTube EKRUTtv.

sign up EKRUT

Rekomendasi Bacaan:

Sumber:

  • deepublish
  • salamadian
  • rumusrumus.com
  • thegorbalsla.com
  • pastiguna.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    0-kata-kata-motivasi.jpg

    Lainnya

    25+ Kata-kata Motivasi untuk Penyemangat Diri Sendiri!

    Arin Khurota

    01 July 2022
    7 min read
    H1_10__Rekomendasi_Peralatan_Kantor_Beserta_Fungsinya_yang_Wajib_Kamu_Miliki.jpg

    Careers

    10+ Rekomendasi Peralatan Kantor beserta Fungsinya yang Wajib Kamu Miliki

    Farah Reginda

    01 July 2022
    6 min read
    H1_user_experience_adalah.jpg

    Technology

    User Experience: Pengertian, Tujuan, dan 7 Aspek yang Penting dalam Membangunnya

    Alvina Vivian

    01 July 2022
    6 min read

    Video