Technology

17 Website Jual Foto Online yang Menjanjikan untuk Penghasilan Tambahan

Published on
Min read
8 min read
time-icon
unnamed_(3).jpg

Bagi kamu yang hobi fotografi, saat ini stok foto dari hobi tersebut bisa jadi cuan, lho! Hanya dengan mendaftarkan koleksi fotomu pada website jual foto online, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan tiap bulannya. Saat ini, kamu tidak perlu repot membawa kamera kemana-mana untuk mendapatkan hasil foto yang bagus. Didukung dengan perkembangan kamera pada gadget yang makin canggih, kamu bisa dengan mudah menggunakan gadget untuk memotret dan mengabadikan momen saat tidak membawa kamera. Sekarang juga telah tersedia berbagai platform untuk menjual hasil fotomu. Selain mendapatkan uang, nantinya kamu juga bisa melihat hasil foto tersebut di majalah, artikel, bahkan hingga situs luar negeri. Tentunya kamu akan bangga dan senang akan hal tersebut. Untuk itu, simak rekomendasi website jual foto online berikut ini.

1. Getty Images


 Getty Image menyediakan foto serta gambar eksklusif (sumber: Gettyimage) 

Kamu mungkin sering menemukan nama Getty Images di media online besar. Nah, hal tersebut juga sehubungan dengan visi utama platform ini untuk menyediakan foto atau gambar eksklusif bagi brand atau penerbit yang berkualitas tinggi. Untuk menjadi kontributor di Getty Images, kamu harus memastikan bahwa fotomu sudah memenuhi standar mereka. Walaupun syarat menjadi kontributor di sana tidaklah mudah dan kompetitif, tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk menjual fotomu secara online di sini. Komisi yang akan kamu dapatkan nantinya sebesar 20% dari total harga penjualan foto.

2. iStock


iStock untuk mencari stok foto editing (sumber: istockphoto) 

Mungkin kebanyakan dari kamu sudah tidak asing dengan iStock yang sering digunakan ketika mencari foto untuk kebutuhan editing. istockphoto.com sendiri merupakan bagian dari Getty Images. Namun, yang membedakannya adalah foto yang kamu jual bersifat tidak eksklusif sehingga kamu bisa menjualnya di platform lain. Untuk komisinya berkisar antara 15% sampai 45%.

Rincian tarif yang diberlakukan sebagai berikut:


Tarif jual foto dan video istock photo (sumber: istockphoto) 

3. Adobe Stock


Jual foto di Adobe Stock dengan mudah (sumber: Adobe Stock)

Nama Adobe tentunya sudah tidak asing di dalam dunia editing atau desain. Dengan menjual hasil fotomu di Adobe Stock secara online, kamu akan secara otomatis terintegrasi dengan berbagai tools Adobe lainnya, seperti Photoshop, InDesign, Lightroom, dan aplikasi Adobe lainnya. Kamu juga dapat mengoptimasi dengan menambahkan alt text image, keyword, dan lainnya terhadap setiap foto yang kamu upload. Selain mempunyai branding yang besar, Adobe juga memberikan royalti tinggi sebesar 35% dari setiap karya yang telah terjual.

4. Shutterstock



Shutterstock menjadi platform global jual foto online (sumber: Shutterstock) 

Shutterstock saat ini menjadi situs penjualan foto terbesar global dengan jangkauan pasar yang luas. Dengan menjual hasil foto kamu di laman ini, target pasar kamu juga akan makin luas dan potensi tingkat penjualan juga tinggi. Selain itu, Shutterstock juga dapat diakses di dalam aplikasi sehingga lebih memudahkan kamu untuk mengakses dashboard berbagai fitur seperti upload foto, catalog manager, membuat portofolio, dan mengecek pendapatan dari hasil fotomu. Sistem pembayaran sendiri bersifat free royalty sehingga dihitung dari total unduhan pelanggan terhadap karyamu. Selain foto, kamu juga dapat menjual vektor, video, dan musik.

5. 500px


Jual foto profesional di 500px dengan mudah (sumber: 500px)

Bagi kamu yang seorang fotografer, 500px.com dapat menjadi solusi dalam menjual hasil fotomu. Tujuan utama dari 500px.com ini adalah untuk mempersingkat proses penjualan foto hasil kerja fotografer profesional dengan komisi yang terbilang cukup besar hingga 60% dari setiap foto yang terjual.

6. Alamy


Jual hasil foto terbaik di alamy (sumber: Alamy) 

Bagi kamu yang sering menggunakan DSLR, alamy.com dapat menjadi opsi terbaik untuk menjual hasil fotomu secara online dengan bayaran yang terbilang tinggi, yaitu sebesar 50% untuk semua penjualan karya eksklusif yang hanya dijual di Alamy dan sebesar 40% untuk gambar noneksklusif. Kabar baik juga bagi kamu yang merupakan seorang fotografer pelajar karena akan mendapatkan komisi sebesar 100%, sebab platform Alamy didedikasikan untuk membantu hal tersebut.

Baca juga: Ide Kerja Sampingan Ini Bantu Kamu Dapat Penghasilan Lebih

7. Dreamstime


Dapatkan insentif dengan jual foto di Dreamstime (sumber: dreamstime) 

Dreamstime menjadi salah satu website jual foto online yang banyak direkomendasikan karena menawarkan berbagai program insentif bagi setiap fotografer dengan royalti yang kompetitif. Komisi yang bisa didapat setiap kontributor berkisar antara 20% sampai 49,5% yang berdasar pada label serta lisensi setiap foto. Kontributor eksklusif bisa mendapatkan komisi sebesar 60% dari setiap penjualannya dengan tambahan sekitar $0,20 atau sekitar Rp3.000.

8. Pixieset


Pegang kendali penuh menjual foto di pixieset (sumber: pixieset)

Pixieset menawarkan paket yang lengkap bagi fotografer karena dapat fitur berbagi, mengirim, dan menjual foto secara online dengan mudah. Selain itu, setiap contributor yang ingin menjual karyanya mendapatkan kendali penuh terhadap tokonya. Kamu dapat menentukan harga sendiri untuk setiap karya yang dipasarkan, komisi dari setiap paket gratis di Pixieset adalah sebesar 15%, sedangkan untuk paket berbayar harga yang ditetapkan selama perbulan sekitar $8 atau Rp118.000. 

9. Foap


Jual hasil foto lewat HP hanya di foap (sumber: foap) 

Buat kamu yang lebih senang memotret dengan ponsel, foap.com dapat menjadi solusinya. Foap juga dapat diakses melalui aplikasi di Android dan iOS. Dengan menjual fotomu secara online di Foap, kamu akan berkesempatan mendapatkan komisi sebesar $5 dari setiap foto yang dijual $10. Hasilnya dibagi dua oleh Foap karena yang dijual berupa lisensi penggunaan. Tentunya dengan begitu, kamu tetap memiliki hak cipta atas setiap foto yang terjual sehingga kamu dapat mendapatkan komisi dari setiap yang membeli lisensi fotomu.

10. Bigstock


Jual stock foto online di bigstock photo (sumber: bigstockphoto) 

Jika kamu mempunyai banyak stok foto, kamu dapat mencoba menjual fotomu secara online ke bigstockphoto.com. Pembayaran yang akan kamu terima atas setiap foto berupa komisi 30% yang akan dikirimkan dalam bentuk dolar sehingga kamu wajib mendaftar PayPal terlebih dahulu. Setiap komisi akan dibayarkan ketika hasil pendapatanmu sudah mencapai $30,00.

11. Stocksy


Jual foto online di Stocksy (sumber: stocksy) 

Stockysy.com merupakan website fotografi yang populer untuk menjual foto serta video secara online yang biasa digunakan oleh penerbit atau kebutuhan iklan. Komisi yang didapat oleh setiap kontributor di Stocksy mendapat royalti yang besar berkisar antara 50% untuk lisensi standar dan 75% untuk lisensi yang diperpanjang dan 100% untuk setiap foto eksklusif.

12. Photocase


Jual foto online bagi kamu fotografer pemula di Photocase (sumber: photocase) 

Photocase.com merupakan situs dari perusahaan Jerman yang akan cocok bagi kamu fotografer pemula dalam memulai karier menjual foto secara online. Photocase sering menjadi opsi bagi yang banyak dicari karena harga yang ditawarkan terjangkau. Kamu dapat memulai menjual foto dan mendapatkan komisi sebesar 20% hingga 50% tergantung seberapa banyak orang yang menggunakan fotomu.

Baca juga: 6 Pekerjaan Sampingan untuk Menambah Pundi-Pundi Investasi

13. Freedigitalphotos


Royalti tinggi jual foto online di Freedigitalphotos (sumber: freedigitalphotos) 

Freedigitalphotos.net merupakan platform jual foto online yang berasal dari Hongkong. Dengan sistem yang diterapkan berupa pembelian foto dengan resolusi tinggi, kamu akan mendapatkan royalti yang tinggi berupa 70%. Namun, kelemahan dari platform ini adalah pelanggan dapat mengunduh hasil fotomu secara gratis dengan resolusi rendah dan dengan namamu sebagai hak cipta.

14. Snapped4u


Buat event online fotografi di snapped4u (sumber: snapped4u) 

Berbeda dengan website sebelumnya, melalui Snapped4u kamu dapat membuat sebuah event fotografi sendiri melalui situs ini. Pelanggan nantinya dapat memilih foto yang disukai dan membayarnya. Kamu cukup membayar pendaftaran sebesar $10 dan tidak ada biaya posting. Situs ini akan sangat berguna bagi kamu yang ingin mengadakan galeri foto secara online untuk memamerkan hasil karya dan menjualnya terhadap klienmu.

15. TourPhotos


Jual foto liburanmu di TourPhotos (sumber: tourphotos) 

Bagi kamu yang senang traveling, mengabadikan momen lewat sebuah foto mungkin menjadikan sebuah kewajiban. TourPhotos.com dapat menjadi platform yang akan cocok untuk kamu karena menjadi pusat bagi turis dan travel photographers di seluruh dunia untuk menjual foto mereka secara online yang dapat dibeli oleh masyarakat umum. Jika kamu memiliki banyak stok foto saat liburan, ubah fotomu menjadi uang dengan mendaftarkan setiap fotomu di situs ini. 

16. Can Stock Photo 


Jual foto secara global di Can Stock Photo (sumber: canstockphoto) 

Can Stock Photo dapat menjadi website pilihan kamu yang mendalami dunia fotografi. Di situs ini, terdapat lebih dari 9000 lebih fotografer yang menjual fotonya secara online dari seluruh dunia. Can Stock Photo juga akan memberi kamu $5 untuk setiap 50 foto yang dijual atas lisensimu.

17. Website pribadi

Bagian terakhir ini menjadi referensi untuk menjual foto secara online yang sangat penting. Kamu dapat menjual hasil fotomu di website pribadimu. Terdapat banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan menjual fotomu di website sendiri, seperti:

  • Kamu bebas menentukan harga.
  • Tidak ada batasan upload dan jual konten.
  • Fleksibilitas dalam memasarkan hasil karyamu.
  • Alur pembayaran yang mudah.
  • Tentunya royalti akan 100% untuk kamu.

Selain royalti yang besar, kamu juga akan turut membangun personal branding dan mempunyai portfolio berupa website pribadi yang akan memberi banyak manfaat ke depannya. Oleh karena itu, membangun sebuah website pribadi dapat menjadi salah satu opsi terbaik yang perlu kamu pertimbangkan untuk dicoba.

Baca juga: Mudah, Ini 6 Cara Dapatkan Penghasilan Tambahan

Itulah daftar rekomendasi website jual foto online yang dapat kamu coba. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi kamu dalam mengembangkan hobi fotografimu menjadi sumber penghasilan tambahanmu! Nah, bagi kamu yang memiliki mimpi untuk dapat berkarier di startup atau perusahaan ternama, yuk, sign up EKRUT sekarang! Jangan khawatir, karena semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT bisa kamu dapatkan secara gratis.

Sumber:

  • shopify.co.id
  • enviragallery.com
  • expertphotography.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.jpg

    Careers

    Contoh Proposal Usaha Pengajuan Dana Investor Beserta Panduan Menyusunnya

    Felixitas Yolanda

    28 November 2022
    6 min read
    cache-dan-cookies-EKRUT.jpg

    Technology

    Fungsi cache dan cookies yang tak banyak diketahui!

    Maria Yuniar

    28 November 2022
    4 min read
    Google_Data_Studio_Fungsi__Fitur_Utama__Integrasi_Platform_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

    Technology

    Google Data Studio: Fungsi, Fitur Utama, Integrasi Platform, dan Cara Menggunakannya

    Sartika Nuralifah

    28 November 2022
    8 min read

    Video