Careers

Ide kerja sampingan ini bantu kamu dapat penghasilan lebih

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Tsalis Annisa

Content Editor who eager to learn more about Marketing

kerja-sampingan-EKRUT.jpg

Kerja sampingan merupakan cara terbaik untuk mendapatkan uang meski jadwal sudah terisi dengan pekerjaan tetap. Tak hanya  itu, kamu juga bisa menambahkan pengalamanmu ini ke dalam CV dan meningkatkan kemampuanmu.

Nah, berikut ini adalah beberapa ide kerja sampingan yang mungkin bisa kamu lakukan untuk membuat rekeningmu lebih gendut.

1. Jadi seorang Proofreader

Bagi kamu yang senang membaca, pekerjaan sampingan satu ini tentunya sangat menyenangkan. Sebab, kamu akan dibayar hanya dengan membaca! Tentunya, tidak ada pekerjaan yang lebih menyenangkan daripada pekerjaan yang berasal dari sebuah hobi, bukan?

Namun, selain membaca, seorang Proofreader juga perlu memiliki mata yang tajam dan mampu memperhatikan detil. Kamu akan bekerja dengan memeriksa kesalahan-kesalahan ketik yang ada pada sebuah naskah agar menjadi enak dibaca.

Menjadi seorang Proofreader cukup menjanjikan, bayarannya pun tergolong besar. Seorang Proofreader tidak sama dengan editor karena cenderung lebih mudah. Sebagai Proofreader kamu hanya perlu memeriksa file, menemukan kesalahan ketik, dan memperbaikinya. Mudah, bukan?

2. Driver sharing atau transportasi online

Jika kamu memiliki kendaraan dan mampu mengemudikannya, peluang satu ini bisa dimanfaatkan. Kamu dapat menjadi seorang Driver Sharing atau Omprengan yang dapat mengangkut beberapa orang sekaligus dengan tujuan yang sama. Selain bisa menambah penghasilan, cara ini juga dapa menutup biaya akomodasi kerjamu, lho!

Jika sulit menjadi Omprengan karena masalah mencari pelanggan, kamu juga dapat bergabung dengan aplikasi penyedia transportasi online yang kini sangat populer. Kamu bisa dapat penumpang dengan mudah dan dapat menambah penghasilan tanpa perlu terikat waktu kerja.

3. Jasa transkripsi file audio

Transkripsi file audio menjadi bentuk teks kini sedang meningkat kebutuhan dan permintaannya. Hal ini dapat menjadi salah satu peluang yang dapat kamu manfaatkan untuk mendapat uang lebih.

Seorang penyedia jasa trankripsi biasanya hanya perlu mengubah file audio berupa rekaman suara atau rekaman video ke dalam bentuk teks. Jika kamu merupakan pendengar yang baik, dan memiliki kemampuan mengetik yang cepat, kamu merupakan kandidat tepat untuk jenis ide pekerjaan sampingan satu ini.

4. Buka online shop 

Menjalani bisnis online shop kini semakin mudah dan menjanjikan. Semenjak kehadiran e-commerce, bisnis kecil dan online shop terbantu untuk semakin berkembang dan mendapatkan banyak pembeli. Bahkan, online shop diketahui merupakan model bisnis yang paling banyak menghasilkan uang di 2019 ini.

Membuka online shop berarti kamu menjual, memasarkan, dan menawarkan sendiri produk dengan investasi minimal karena kamu tidak memerlukan toko fisik maupun karyawan. Bahkan, jika belum memiliki modal, kamu juga dapat membuka online shop dengan bermodalkan sistem bisnis dropshipper.

Dropshipper adalah seseorang yang menjual kembali produk dari online shop lain tanpa perlu mengambil dan mengirimkan barang. Jadi, seorang Dropshipper ibarat toko online perantara antara customer dengan toko utama. Hanya dengan membalas chat dan memesankan barang untuk konsumen kamu bisa dapat uang, siapa yang tidak mau?

5. Bergabung dengan situs pencari freelancer 

Freelancer atau pekerja lepas merupakan pekerjaan yang menggiurkan. Umumnya pekerjaan ini dapat diselesaikan di rumah tanpa perlu bertatap muka secara langsung. Selain itu, hal yang lebih memudahkan lagi, kini tersedia banyak website yang mampu menghubungkan freelancer dan orang yang butuh jasanya.

Tersedia beragam pekerjaan freelance dengan beragam kemampuan yang dibutuhkan. Bergabung dengan situs semacam ini akan meningkatkan peluangmu mendapatkan pekerjaan lepas yang sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. 

Itu dia beberapa ide kerja sampingan yang dapat kamu jalani demi mendapat uang tambahan. Memang, pastinya bekerja  sampingan akan mengurangi waktu istirahatmu semudah apapun pekerjaannya.

Namun, setidaknya setelah mengetahui ide-ide di atas kamu tidak perlu pusing lagi, kan, harus mencari uang tambahan ke mana? Sekarang kamu bisa mengejar keinginanmu tanpa perlu merasa terbebani dengan masalah finansial lagi. Jadi, selamat mencari pekerjaan sampingan yang cocok untukmu, ya!

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

  • hearmefolks.com
  • thebalancecareers.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    laptop-3190194__340.jpg

    Careers

    12 Pekerjaan Freelance yang Paling Banyak Dicari Saat Ini

    Maria Yuniar

    06 December 2022
    5 min read
    ide-bisnis-EKRUT.jpg

    Careers

    Ini 7 ide bisnis untuk karyawan yang mudah dan bermodal kecil

    Tsalis Annisa

    30 September 2022
    5 min read
    kerja-remote-EKRUT.jpg

    Careers

    5 Tips untuk Memastikan Karyawan Freelance Tetap Produktif

    Tsalis Annisa

    29 September 2022
    5 min read

    Video