Published on

Careers

10 Contoh kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan

Luqman Hafidz

10_Contoh_dan_tips_kalimat_pembuka_surat_lamaran_pekerjaan.jpg

Melamar pekerjaan memang susah-susah gampang. Kamu bisa saja mengirimkan begitu banyak lamaran pekerjaan baik secara langsung maupun menggunakan media internet. Namun dari begitu banyak perusahaan yang kamu coba yang merespon mungkin hanya sedikit. Hal ini bisa disebabkan kamu hanya mengirim curriculum vitae tanpa surat lamaran atau kamu sudah mencantumkan surat lamaran pekerjaan tapi isi suratnya belum cukup berkesan bagi perusahaan. 

Pentingnya kalimat pembuka dalam surat lamaran pekerjaan

Pentingnya kalimat pembuka dalam surat lamaran pekerjaan
Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang berkesan akan menambah kemungkinan kamu lolos pada tahap seleksi berikutnya (Sumber: Pexels)

Surat lamaran begitu penting untuk beberapa perusahaan, terutama untuk kamu yang tidak punya jalur khusus atau orang dalam, hal ini disebabkan oleh tingginya tingkat pengangguran di Indonesia. Badan Pusat Statistik melaporkan pada bulan Agustus 2020 bahwa tingkat pengangguran terbuka di Nusantara mencapai 7.07 persen. Dapat disimpulkan bahwa persaingan untuk mendapatkan pekerjaan sangat menantang. Pentingnya membuat surat lamaran yang berkesan dengan kalimat pembuka menarik adalah salah satu hal agar kamu bisa berada di 93% populasi yang memiliki pekerjaan tetap.

10 Contoh kalimat pembuka dalam surat lamaran pekerjaan

10 Contoh kalimat pembuka dalam surat lamaran pekerjaan
Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang menarik akan membuat lamaran pekerjaanmu berkesan. (Sumber: Pexel)

Surat lamaran pekerjaan yang baik tentunya harus mengikuti aturan-aturan penulisan yang baku, seperti salam pembuka, kalimat pembuka, bagian inti, kalimat penutup dan salam penutup. Tentu dengan begitu lamaran yang masuk, pihak perusahaan anak memilah surat-surat yang memiliki kalimat pembuka yang menarik dan berbeda dari yang lain. Berikut beberapa kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang berkesan sehingga dapat menambah kemungkinan kamu lolos pada tahap seleksi berikutnya:

Baca juga: Cara mengerjakan tes Wartegg agar lolos dalam proses perekrutan

Kalimat pembuka dalam surat lamaran pekerjaan #1

Analisis keuangan, manajemen proyek, dan penelitian merupakan tiga hal yang telah menjadi passion serta keahlian saya. Lebih dari itu, saya juga percaya tiga hal tersebut merupakan keahlian yang dibutuhkan pada posisi manager proyek. Sebagai seorang manajer analisis keuangan, saya ahli dalam mengolah data sehingga akan membantu perusahaan untuk lebih berkembang pesat.  

Kalimat pembuka dalam surat lamaran pekerjaan #2

Memiliki pengalaman sebagai staff audit di perusahaan dengan lebih dari 1000 pegawai, saya dan tim telah berhasil mengimplementasi beberapa sertifikasi ISO di perusahaan. Langkah berikutnya tentu perusahaan multinasional yang bergerak di bidang …

Kalimat pembuka dalam surat lamaran pekerjaan #3

Saya sangat bangga saat perusahaan menunjuk saya sebagai koordinator social media. Dengan kemampuan yang saya miliki, statistik jejaring sosial perusahaan telah naik pesat sampai 60% sejak awal saya menjabat posisi tersebut tiga bulan lalu.

Kalimat pembuka dalam surat lamaran pekerjaan #4

Saya telah tertarik untuk bekerja di Perusahaan … sejak lama. Saya merupakan kandidat terbaik dengan pengalaman saya di bidang Human Resources serta pengalaman saya bekerja selama … tahun di perusahaan … .

Kalimat pembuka dalam surat lamaran pekerjaan #5

Mengutip ucapan Conrad “Hilton Success seems to be connected with action. Successful men keep moving. They make mistakes, but they don't quit.” Saya percaya bahwa lamaran saya kali ini akan lolos karena kemampuan dan pengalaman saya telah jauh bertambah dibanding tiga tahun lalu sejak saya pertama mendaftar ke perusahaan … .

Kalimat pembuka dalam surat lamaran pekerjaan #6

Lahir dan sekolah di Yogyakarta, Menjalani perkuliahan di Bandung serta menyelesaikan on-job-training di Surabaya serta segudang pengalaman bertemu dan berorganisasi dengan rekan-rekan dari berbagai macam latar belakang telah membuat saya menjadi individu yang dapat bersosialisasi dengan baik serta cocok untuk bekerja sebagai Public Relation Coordinator.

Kalimat pembuka dalam surat lamaran pekerjaan #7

Posisi asisten marketing sangat cocok bagi saya. Sebagai seorang fresh graduate dari jurusan Business and Marketing dari Universitas … Saya memiliki prestasi akademik yang cukup membanggakan dengan pengalaman magang sebagai marketing staff selama 6 bulan di startup… . Apabila diberi kesempatan, saya akan mengaplikasikan kemampuan yang telah diraih secara akademik serta pengalaman bekerja di startup dengan budaya bekerja yang sangat cepat. 

Kalimat pembuka dalam surat lamaran pekerjaan #8

Bapak …. …. Sebagai Manajer bidang produksi menginformasikan bahwa perusahaan sedang membutuhkan seseorang … dengan kualifikasi yang sesuai dengan keahlian yang telah saya tekuni selama 2 tahun terakhir.

Kalimat pembuka dalam surat lamaran pekerjaan #9

PT … baru saja masuk dalam startup level unicorn nomor tiga di Indonesia atas kerjasama dengan perusahaan ...yang telah saya ikuti perkembangannya sejak pertama kali diluncurkan.

Kalimat pembuka dalam surat lamaran pekerjaan #10

Saat melihat ada lowongan pekerjaan dari perusahaan ...  pada tanggal … di laman website … saya merasa terpanggil untuk melamar posisi koordinator media sosial. 

10 Tips dalam membuat kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan

10 tips dalam membuat kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan
Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang profesional dan menarik dapat dipelajari dari referensi yang ada. (Sumber: Pexels)

Sebuah surat lamaran pekerjaan yang menarik dan berkesan harus dirancang dengan kalimat yang efektif. Kesan pertama dari tata bahasa yang cocok dengan pekerjaan yang dilamar akan semakin menambah daya saing surat lamaranmu. Berikut tips yang bisa kamu gunakan dalam membuat kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan.

1. Pilih kata yang berbobot

Menggunakan kata berbobot akan membuat surat lamaran menarik dan memiliki kesempatan untuk dibaca sampai selesai. Pastikan kamu tetap membuat kata-kata yang berbobot secara efektif dengan tetap fokus pada keahlianmu dan manfaatnya bagi perusahaan.

2. Naikan posisimu di atas pelamar lain

Sesuai data yang dilansir dari laman Badan Pusat Statistik bahwa tingkat pengangguran terbuka berada di posisi 7.07 persen. Akan banyak pelamar kerja lainnya yang bersaing untuk mendapatkan posisi yang kamu lamar. Pastikan kamu bisa selangkah lebih maju dengan mengetahui kelebihan-kelebihan yang bisa kamu tawarkan dibanding pelamar kerja yang lain.

3. Tunjukan jiwa kepemimpinan

Perusahaan mencari aset jangka panjang yang pada masa depan bisa mengemban posisi lebih tinggi, maka dari itu kamu harus bisa menunjukan contoh jiwa kepemimpinan kamu selama kuliah atau bekerja. Perlu dicatat bahwa jiwa kepemimpinan tidak selalu harus kamu menjadi ketua dalam struktur tertentu. Jiwa kepemimpinan bisa muncul dari posisi apapun. 

Baca juga: 8 Cara menjadi pemimpin yang baik dan bijaksana

4. Jabarkan antusiasme

Cari info lebih lanjut mengenai perusahaan, kamu bisa kunjungi halaman internet mereka atau bertanya pada kolega yang pernah atau sedang bekerja di perusahaan yang hendak kamu lamar. Menuliskan beberapa informasi penting tentang perusahaan akan membuat surat lamaran menarik bagi pihak Human Resource Development

5. Gunakan kata-kata bijak

Bacalah buku-buku motivasi dan tuliskan peribahasa yang menarik bagimu namun tidak banyak orang ketahui. Pastikan peribahasa tersebut juga masuk akal dan sesuai dengan posisi dan perusahaan yang kamu lamar. Gunakan common sense-mu disini.

6. Jadilah adaptif 

Bisa menjalani kehidupan dengan berbagai macam background bukanlah hal yang mudah, bisa berteman dan berorganisasi dengan rekan-rekan yang berbeda suku, ras, agama merupakan contoh nyata bahwa kamu adaptif dan dapat menerima perbedaan serta menerima pendapat orang. Hal ini akan menjadi nilai tambah, apalagi jika kamu melamar ke perusahaan multinasional.

7. Jelaskan keterampilanmu

Pastikan keterampilan yang kamu tulis tidak bisa orang lain temukan di Curriculum Vitae. Surat lamaran bukanlah rangkuman dari hal-hal yang bisa dibaca di CV, namun penjelasan lebih rinci apa yang tidak ada disana. Kamu bisa memberi contoh dengan menjelaskan keseharian kamu di pekerjaan sebelumnya dengan bahasa yang efektif.

8. Rujuk pada rekan kerja

Hal ini tentu dilakukan kalau kamu mendapatkan referral dari orang yang benar-benar kamu kenal. Pastikan semua informasi telah kamu cek ulang sebelum kamu mencantumkannya di surat lamaran pekerjaanmu.

9. Cari tahu detail mengenai perusahaan

Hal-hal kecil mengenai perusahaan dapat diakses dengan begitu mudah. Tidak perlu menghafal semua sejarah perusahaan, namun dengan tahu tahun pendirian dan mitra kerja sama perusahaan yang kamu lamar akan menunjukan seberapa tertarik kamu untuk melanjutkan lamaranmu ke tahap selanjutnya.

10. Sanjung perusahaan

Sanjung perusahaan dengan informasi yang telah kamu dapatkan sebelumnya, pastikan sanjungan ini tidak berlebihan dan sesuai dengan penghargaan yang telah mereka capai.

Baca juga: Contoh body email lamaran kerja profesional dan 8 poin yang perlu diperhatikan

Dengan informasi yang telah kamu dapatkan, semoga kamu bisa cepat-cepat masuk perusahaan impianmu dengan terlebih dahulu membuat surat lamaran dengan pembuka yang menarik dan berkesan. Selamat memulai menulis!

sign up EKRUT

Sumber:

  • cleverims
  • thebalancecarrer
  • BadanPusatStatistik

Tags

Share