Published on

Careers

8 Cara menjadi pemimpin yang baik beserta karakter yang harus dimiliki

Nur Rosita Dewi

shutterstock_1131557555.jpg

Menjalankan tugas sebagai seorang pemimpin memang bukanlah hal yang mudah. Selain kamu harus mampu membawa perusahaan ke arah yang lebih baik, kamu juga harus mampu memimpin anggota tim. Sebagai pemimpin baru, hal ini tentu merupakan tantangan tersendiri untuk kamu. Nah, berikut ini adalah beberapa cara menjadi pemimpin yang baik.

Mengapa menjadi pemimpin yang baik itu penting?

Pentingnya menjadi pemimpin yang baik
Pemimpin yang baik akan menginspirasi dan memotivasi tim untuk kemajuan bersama - Pexels

Kepemimpinan memiliki beberapa fungsi penting menuju keberhasilan sebuah organisasi. Salah satunya adalah dengan memberikan visi bagi perusahaan. Pemimpin perlu menjelaskan visi dan pekerjaan yang harus dilakukan karyawan untuk mencapainya. Para pemimpin perlu menginspirasi dan memotivasi tim dan mengkoordinasikan tindakan pribadi untuk kemajuan bersama.

Menurut Sulaksana (2002) pemimpin memiliki peranan dalam organisasi, seperti membantu kelompok mencapai tujuan, memungkinkan para anggota memenuhi kebutuhan, serta mewujudkan nilai kelompok. Peranan pemimpin lainnya antara lain sebagai fasilitator yang dapat menyelesaikan konflik kelompok dan wakil pendapat bagi anggota kelompok saat berinteraksi dengan pemimpin dalam kelompok lain. 

Kepemimpinan penting bagi keberhasilan suatu organisasi karena memberikan bimbingan, tujuan dan membantu orang lain memahami strategi jangka panjang dan tujuan bisnis. Pemimpin yang baik dapat membimbing anggota tim dalam tindakan yang mereka lakukan. Pemimpin juga menjadi panutan orang-orang yang dipimpinnya, memotivasi mereka serta mendukung dan memfasilitasi komunikasi antar anggota tim.  

Dalam bisnis, kepemimpinan yang baik akan membawa kesuksesan jangka panjang dengan semangat kerja yang tinggi. Pentingnya kepemimpinan dalam masyarakat juga tidak boleh diremehkan. Pemimpin yang baik akan membantu membentuk sikap positif, mendorong keharmonisan dan memfasilitasi produktivitas maksimum bagi semua orang.

8 Cara menjadi pemimpin yang baik

cara menjadi pemimpin yang baik - EKRUT
Pemimpin yang ideal adalah yang tahu cara memimpin yang baik - EKRUT

Sebagai pemimpin baru, hal ini tentu merupakan tantangan tersendiri untuk kamu. Nah, berikut ini adalah beberapa cara menjadi pemimpin yang baik.

1. Pahami gaya kepemimpinan kamu

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memahami seperti apa gaya kepemimpinan kamu. Apa yang menjadi kekuatanmu? Area mana yang perlu diperbaiki? Salah satu cara untuk menilainya adalah dengan mengikuti latihan dasar kepemimpinan. Dengan latihan ini, kamu akan menemukan gaya kepemimpinanmu sendiri dan yang paling pantas untuk dirimu. Pahami juga tentang karakteristik utama gaya dominan kamu ketika memimpin.

Sikap seorang pemimpin seperti apa yang selama ini kamu miliki. Apakah cara memimpin yang baik sudah kamu miliki? Apakah kamu sudah memenuhi syarat menjadi pemimpin yang ideal? Apakah sifat-sifat ini membantu atau justru menghambat dalam memimpin sebuah tim? Setelah kamu mengetahui apa yang perlu diperbaiki, kamu dapat mulai mencari cara untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan kamu.

Baca juga:  7 Tipe-tipe kepemimpinan, bos kamu yang mana?

2. Jadilah role model untuk bawahan kamu

cara menjadi pemimpin yang baik - EKRUT
Karyawan akan menjadikan pemimpin sebagai role model yang menginspirasi - EKRUT

Pemimpin yang menginspirasi adalah salah satu dari empat komponen utama kepemimpinan transformasional. Pemimpin transformasional mencontohkan perilaku dan karakteristik yang kuat kepada para anggota atau bawahannya. Rekan kerja atau bawahan akan mengagumi para pemimpin yang dapat menginspirasi mereka.

3. Bangun koneksi yang baik dengan anggota tim kamu

cara menjadi pemimpin yang baik - EKRUT
Jagalah hubungan yang baik dengan anggota tim - EKRUT

Salah satu cara menjadi pemimpin yang baik adalah dengan memiliki hubungan yang baik dengan anggota tim lainnya. Dalam memimpin, dibutuhkan rasa saling percaya dan saling pengertian antara pemimpin dan anggota tim. Untuk mencapainya, seorang pemimpin harus membangun hubungan dengan anggota tim. Nah, untuk membangun koneksi yang baik dengan masing-masing anggota tim, kamu harus fokus untuk mengenal kepribadian, minat, kekuatan, kelemahan, hobi, dan preferensi mereka. Hal ini pula yang akan memberimu wawasan tentang tujuan dan motivasi masing-masing anggota tim kamu.

Baca juga: Mudah, ini 8 tips membangun kerja sama tim yang baik

4. Jadilah seorang pembicara yang hebat

cara menjadi pemimpin yang baik - EKRUT
Seorang pemimpin yang baik adalah pendengar dan komunikator yang andal - EKRUT

Seorang pemimpin yang hebat merupakan komunikator yang terampil. Kamu bisa berkomunikasi dengan bawahan dengan cara bicara seorang pemimpin yang kharismatik, dewasa, percaya diri serta mampu mendatangkan ketenangan bagi tim. Tidak hanya sebagai pembicara yang ulung kamu juga sebaiknya menjadi pendengar yang baik, mampu untuk fokus, serta menyesuaikan diri dengan berbagai percakapan. Dengan begitu kamu bisa memahami tim mu dengan baik. 

5. Jangan menjadi pemimpin yang micromanagement

cara menjadi pemimpin yang baik - EKRUT
Pemimpin yang baik harus memberikan ruang dan kepercayaan bagi tiap anggota untuk berkembang - EKRUT

Para pemimpin yang mengatur dengan cara micromanagement akan membuat seseorang yang berbakat menjadi tidak unggul, tidak produktif, dan membuat orang-orang berpengalaman tidak bisa menunjukkan kemampuannya dengan baik. Jadi jika kamu seorang dengan micromanagement, ada baiknya untuk menghentikannya agar organisasi atau tim kamu bisa berjalan dengan baik.

Baca juga: Tanda micromanagement di tempat kerja ini patut diwaspadai

6. Selalu motivasi karyawan

cara menjadi pemimpin yang baik - EKRUT
Meski sulit, namun pemimpin yang baik harus selalu dapat memotivasi karyawan - EKRUT

Salah satu cara menjadi pemimpin yang baik lainnya adalah dengan selalu memberikan motivasi bagi para anggotanya. Memberikan motivasi kepada karyawan tentu tidak mudah. Namun hal ini penting dilakukan agar semangat kerja karyawan tidak goyah. Beberapa cara untuk memotivasi karyawan bisa dilakukan dengan memberikan pengakuan, pujian, atau penghargaan atas prestasi karyawan. 

7. Jangan menuntut untuk dihormati sebagai pemimpin

Jangan menuntut untuk dihormati sebagai pemimpin EKRUT 
Rasa hormat tidak bisa dibeli melainkan diperoleh - EKRUT

Cara menjadi pemimpin yang baik dan disegani adalah dengan tidak banyak menuntut untuk dihormati meski dirimu memang seoraang atasan. Perlu kamu tahu bahwa, rasa hormat tidak bisa dibeli melainkan diperoleh. Akan tetapi, kamu bisa mendapat penghormatan tim apabila kamu belajar untuk menghormati gagasan, pendapat dan teori tim mu terlebih dahulu. Baru mereka akan akan menghormatimu karena merasa diperlukan dengan baik. 

8. Dorong perkembangan pribadi dan profesional karyawan

cara menjadi pemimpin yang baik - EKRUT
Beri kesempatan karyawan untuk mempelajari keterampilan yang menunjang karier mereka - EKRUT

Sebagai pemimpin yang baik kamu juga harus mendukung kesuksesan dan pertumbuhan mereka. Berdayakan karyawan kamu untuk meluangkan waktu mereka demi belajar dan menerapkannya ke dalam pekerjaan yang mereka lakukan. Dukung pula mereka untuk mempelajari keterampilan baru atau mengembangkan lebih lanjut yang sudah ada. Ingat, bahwa pemimpin yang baik akan memberdayakan karyawan mereka untuk tumbuh dan memberi mereka peluang yang menantang dan membimbing mereka sesuai kebutuhan. 

Baca juga: 7 Teori kepemimpinan ini penting untuk pemimpin tahu

7 Karakter pemimpin yang baik

7 Karakter pemimpin yang baik
Salah satu karakter pemimpin yang baik adalah mempunyai karisma dan Barack obama adalah contoh pemimpin yang memiliki karisma - Pexels

Menurut Eko Purnomo dalam bukunya Teori Kepemimpinan dalam organisasi (2016), pemimpin yang buruk biasanya tidak memperhatikan pendapat orang lain, berperilaku mengintimidasi dan menyerahkan peran serta tanggung jawabnya ke orang lain. 

Adapun pemimpin yang baik, memiliki 7 karakter berikut ini. 

1. Mempunyai karisma

Pemimpin yang baik pasti memiliki karisma sehingga dapat mengarahkan staf dan anggota timnya dengan efektif. Pemimpin yang berkarisma memiliki daya tarik yang dapat memikat orang lain untuk mendengarkannya. Sehingga para staf akan lebih mudah untuk percaya kepada pemimpin dan mengikuti semua arahan menuju tujuan yang terbaik bagi organisasi.

2. Mempunyai dedikasi

Pemimpin yang baik dan berdedikasi tinggi akan bekerja keras untuk mempertahankan visi yang dimilikinya dengan penuh semangat dan menularkannya kepada para staf. Visi yang dijalankan pemimpin bukanlah visi pribadinya sendiri melainkan visi bersama, sehingga pemimpin dapat membawa semua anggota meraih tujuan bersama. 

3. Mempunyai integritas

Integritas adalah karakter pemimpin yang baik yang penting bagi anggota tim dan organisasi. Integritas membantu pemimpin membuat keputusan penting dan menentukan arah organisasi. Penelitian dari Center for Creative Leadership menunjukkan bahwa integritas dapat menjadi titik buta yang potensial bagi organisasi. Sehingga organisasi perlu menekankan pentingnya kejujuran dan integritas bagi para pemimpin di berbagai tingkatan.

4. Bekerja tidak hanya memerintah

Pemimpin yang baik tidak akan membiarkan dirinya lepas tangan dan memerintahkan semua pekerjaan kepada stafnya. Seorang pemimpin pasti berusaha untuk mengerjakan porsi tugasnya dan mendelegasikan pekerjaan lain kepada anggota tim lainnya dengan adil.

5. Mau membantu

Seorang pemimpin yang baik pasti mau membantu kesulitan yang dihadapi anggota tim atau staf yang bekerja bersamanya. Contohnya jika ada staf yang mengalami kesulitan saat menyelesaikan sebuah tugas, pemimpin yang baik tidak akan ragu untuk membantunya.

6. Mau mendengarkan

Pemimpin yang baik tidak akan menutup telinganya ketika ada staf yang menyampaikan pendapat ataupun kritik yang membangun. Kemampuan untuk mendengarkan sangat penting untuk menjaga komunikasi antar karyawan dan menghindari kemungkinan kesalahpahaman.

7. Dapat mengambil keputusan

Seorang pemimpin harus berani mengambil keputusan yang tepat untuk kebaikan bersama dan bukan hanya untuk kebaikan bagi si pemimpin sendiri. Ketika seorang pemimpin memiliki keraguan untuk mengambil keputusan, daripada pusing mengatasi semua hal sendirian, pemimpin yang baik tidak akan ragu untuk meminta pendapat dari orang lain termasuk anggota tim dan staf agar dapat menentukan keputusan yang terbaik untuk semuanya.

Baca juga: 8 Cara menjadi pemimpin yang baik dan bijaksana 

Kamu seorang pemimpin yang sedang merekrut karyawan? Yuk coba bantuan profesional dari talent marketplace EKRUT.
Semua proses dan bantuan professional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai.

Itulah beberapa cara menjadi pemimpin yang baik. Ketika kamu bisa menjadi pemimpin yang baik, tentu kamu bisa membawa tim tersebut untuk maju dan berhasil, begitu dengan perusahaan tempatmu bekerja. Tonton juga video mengenai cara membangun leadership yang efektif berikut ini untuk menambah informasi cara menjadi pemimpin yang baik.

contoh surat peringatan karyawan - EKRUT
Last updated: 15 October 2021

Sumber: 

  • businessnewsdaily.com
  • verywellmind.com
  • quickbase
  • businessnewsdaily.com
  • verywellmind.com
  • quickbase
  • ccl
  • forbes
  • indeed
  • careertrend  

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_mrp_adalah.jpg

    Careers

    Mengenal MRP (Material Requirements Planning), dari Definisi hingga Tahapannya

    Alvina Vivian

    15 August 2022
    6 min read
    h1_system.jpg

    Careers

    System Administrator: Pengertian, Tanggung Jawab, dan Skill yang Harus Dimilikinya

    Tio Derma

    15 August 2022
    7 min read
    H1-30_Contoh_Kalimat_Aktif_dan_Pasif_beserta_Jenis_dan_Ciri-cirinya.jpg

    Careers

    30 Contoh Kalimat Aktif dan Pasif beserta Jenis dan Ciri-cirinya

    Lita Lia

    15 August 2022
    8 min read

    Video