Careers

Kamu Introvert? Berikut Jenis Pekerjaan yang Cocok Untuk Introvert

Published on
Min read
8 min read
time-icon
H1-Kamu_Introvert_Berikut_10_Jenis_Pekerjaan_yang_Bisa_Dicoba.jpg

Kalau introvert, artinya tidak bisa jadi pemimpin dan tidak mungkin punya profesi yang mengharuskan mereka bicara di depan umum? Eits, jangan sampai salah kaprah! Orang yang cenderung introvert juga bisa melakukan hal-hal tersebut. Salah kaprah jika pekerjaan yang cocok untuk introvert adalah yang bisa dikerjakan sendirian tanpa perlu bicara di depan umum. Mari cari tahu lebih dalam soal pekerjaan yang cocok untuk introvert di artikel ini.

Baca juga: 10 Rekomendasi Buku Public Speaking Terbaik [2022]

Apa itu introvert?

seseorang sedang mencari pekerjaan yang cocok untuk introvert di laptop
Introvert adalah kondisi psikologis yang suka dengan suasana tenang. (Sumber: Pexels)

Seorang introvert adalah mereka yang lebih menikmati ide-ide dibanding dengan lingkungan ramai yang ada di sekitarnya. Introvert bukan anti sosial. Mereka bisa bersosialisasi dengan baik, tetapi biasanya cepat merasa lelah dan harus kembali mengisi energi dengan cara menghabiskan waktu sendirian. Kondisi psikologis ini juga yang mempengaruhi kecenderungan jenis pekerjaan yang cocok untuk introvert. Orang yang introvert cenderung memiliki teman yang tidak terlalu banyak, tetapi berkualitas. Mereka lebih menyukai bertemu tatap muka dengan orang-orang yang memang dekat, dibandingkan selalu bertemu dengan orang baru.

Baca juga: 11 Pekerjaan yang Sesuai untuk Tipe Kepribadian ISTJ (2022)

Salah kaprah tentang introvert

seseorang dengan laptop mencari pekerjaan yang cocok untuk introvert
Introvert bukan seseorang yang pemalu. (Sumber: Pexels)

Introvert sering kali dianggap sebagai orang yang suka menyendiri. Anggapan ini tidak sepenuhnya salah, tetapi sekaligus tidak 100% benar. Orang yang introvert memang akan merasa lebih nyaman saat sedang bersama orang-orang yang dekat dengannya. Sedangkan kalau berada di lingkungan baru, orang yang introvert lebih memilih untuk mempelajari lingkungannya terlebih dahulu.

Salah kaprah lainnya adalah orang yang pemalu itu sudah pasti introvert, dan sebaliknya introvert itu sudah pasti pemalu. Padahal pemalu itu adalah sifat, sedangkan introvert adalah kondisi psikologis. Ada banyak juga orang yang cenderung extrovert, tetapi ternyata pemalu. Sebaliknya, orang yang cenderung introvert ternyata tidak pemalu sama sekali.

Terakhir, banyak anggapan bahwa orang yang cenderung introvert itu bukanlah pemimpin yang baik dan tidak punya kemampuan bicara di depan umum yang baik. Nyatanya, banyak pemimpin yang introvert. Contohnya ada Abraham Lincoln, Mahatma Gandhi, dan Bill Gates yang merupakan figur penting yang kebetulan introvert.

Beda dengan extrovert yang cenderung bisa berbicara dengan spontan, introvert punya cara lain dalam public speaking. Mereka lebih suka fokus pada dirinya sendiri. Selain itu, mereka harus menyiapkan topik yang akan dibicarakan secara detail. Jadi, bisa saja jenis pekerjaan yang cocok untuk introvert adalah yang mengandalkan keahlian berbicara.

Baca juga: 7 Tips Kerjasama Tim untuk Kamu yang Introvert

10 Jenis pekerjaan yang cocok untuk introvert

Desainer merupakan salah satu jenis pekerjaan yang cocok untuk introvert
Salah satu jenis pekerjaan yang cocok untuk introvert adalah desain grafis. (Sumber: Pexels)

Khusus untuk pekerjaan, introvert lebih tertarik dan bisa fokus pada pekerjaan yang sifatnya mandiri. Pekerjaan yang harus bekerja sama dengan partner, apalagi kalau harus selalu bekerja dalam tim, harus menyesuaikan diri, akan menyulitkan mereka. Ini dia 10 pekerjaan yang cocok untuk introvert.

1. Desainer grafis

Menggunakan software untuk berkreasi dalam bentuk visual. Dari visual inilah mereka mengomunikasikan ide-ide yang dimilikinya. Mereka juga bisa meningkatkan info dan menyebarkan karya mereka via digital, misalnya dari berbagai situs dan aplikasi.

2. Pustakawan

Pekerjaan yang cocok untuk introvert berikutnya adalah jadi pustakawan. Pustakawan bekerja di lingkungan yang tenang, tidak gaduh meskipun ramai dikunjungi orang. Tugas utamanya adalah membantu pengunjung perpustakaan menemukan buku atau info yang dibutuhkan. Mereka juga harus menyiapkan katalog buku. Selain itu, kemungkinan mereka juga harus mengurus dana perpustakaan, mengawasi staf junior dan membuat acara perpustakaan.

3. Ilmuwan

Ilmuwan, terutama yang bekerja di bidang riset, akan melakukan eksperimen dan berbagai tes di dalam laboratorium. Mereka cenderung bekerja di lingkungan yang tenang dan tidak melibatkan terlalu banyak orang di satu bidang. Ilmuwan bisa bekerja untuk pemerintah, institusi pendidikan, swasta, dan lain-lain.

4. Manajer media sosial

Ini dia jenis pekerjaan yang cocok untuk introvert sekaligus kekinian. Hampir semua bisnis sekarang memiliki akun media sosial. Untuk mengelolanya, tidak harus mempekerjakan orang yang extrovert karena mereka justru akan merasa lelah harus berhubungan dengan orang dari balik gadget. Introvert justru bisa sangat nyaman melakukan tugas ini.

5. Mekanis

Pekerjaan ini membutuhkan fokus dan biasanya mengandalkan keahlian sendiri. Kalaupun harus bekerja sama biasanya tidak melibatkan banyak orang. Jadi, bisa memilih partner yang sudah dipercaya. Pekerjaan yang fokus dengan aktivitas sendiri ini sangat cocok untuk introvert.

6. Penulis

Penulis bisa bekerja untuk surat kabar, majalah, media online, atau bisa juga penulis individu yang menerbitkan tulisan dan buku sendiri. Menulis adalah pekerjaan yang membutuhkan fokus pada diri dan hasil kerja sendiri. Pekerjaan yang cocok untuk introvert ini tidak membutuhkan antara kamu dan tim untuk sering bertemu dengan banyak orang baru.

7. Penerjemah

Penerjemah terbagi menjadi dua, ada yang menerjemahkan tulisan dan ada yang menerjemahkan langsung orang yang sedang berbicara. Keduanya adalah pekerjaan yang cocok untuk introvert karena membutuhkan fokus. Hanya saja, memang lebih cocok untuk jenis penerjemah tulisan. Penerjemah langsung membutuhkan energi yang lebih besar.

8. Digital marketer

Seorang marketer pasti bertemu banyak orang setiap harinya. Tetapi, kalau digital marketer beda lagi. Mereka hanya perlu memasarkan via digital seperti media sosial, e-commerce, situs, dan media platform lainnya. Justru pekerjaan ini sangat cocok bagi mereka yang introvert ketimbang yang extrovert.

9. Arsitek

Sama dengan desainer, arsitek lebih banyak menghabiskan waktu untuk fokus dan menyendiri. Tentu mereka harus bertemu klien dan mitra di lokasi bangunan, tapi tidak perlu dilakukan setiap saat. Pekerjaan yang cocok untuk introvert ini tugas utamanya adalah merencanakan ide bangunan rumah, gedung perkantoran, taman, dan berbagai struktur bangunan lainnya justru membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi, yang pada umumnya dilakukan sendiri.

10. Editor

Berkaitan dengan penulis, editor bertugas mengecek hasil tulisan penulis sebelum akhirnya diterbitkan. Apabila terjadi kesalahan penulisan, kesalahan gramatikal, dan lain-lain, maka tugas editor untuk memperbaikinya. Sama dengan penulis, pekerjaan yang cocok untuk introvert ini membutuhkan fokus dan ketelitian. Tidak perlu harus selalu bekerja dan berhubungan dengan banyak orang.

Baca juga: Content Editor: Pengertian, Tanggung Jawab, dan Skill yang Harus Dimilikinya 

Ada banyak jenis pekerjaan yang cocok untuk introvert, dari penulis, penerjemah, mekanis, dan lain-lain. Temukan juga berbagai artikel lainnya di EKRUT Media. Informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • sirclo.com
  • indeed.com
  • webmd.com
  • kitalulus.com
  • insperity.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    BEP_(Break_Event_Point)_Pengertian__konsep__tujuan__3_komponen_dan_cara_perhitunganya.jpg

    startup

    BEP (Break Event Point): Pengertian, Tujuan, dan 3 Komponennya

    Sylvia Rheny

    06 December 2022
    5 min read
    tipe-tipe-kepemimpinan-EKRUT.jpg

    Careers

    10 Tipe Kepemimpinan Dalam Tim, Kamu Termasuk yang Mana?

    Tsalis Annisa

    06 December 2022
    5 min read
    cara-membuat-grafik-di-excel---EKRUT.jpg

    Technology

    Cara Membuat Grafik di Excel dengan Mudah Beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    05 December 2022
    6 min read

    Video