Published on

Lainnya

11 Pekerjaan yang Sesuai untuk Tipe Kepribadian ISTJ (2022)

Alvina Vivian

H1_ISTJ_adalah.jpg

Setiap orang tentunya memiliki kepribadiannya masing-masing. Macam-macam kepribadian tersebut kemudian dikelompokkan ke dalam tipe kepribadian yang sekarang banyak dikenal. Salah satu tipe kepribadian yang ada, yaitu ISTJ. Seseorang ISTJ adalah adalah mereka yang cukup terkenal akan pola pikir analisis yang dimilikinya. Namun lebih dari itu, ada beberapa karakteristik lain yang bisa kamu kenali pada artikel kali ini. Selain penjelasan mengenai apa itu ISTJ, kamu juga bisa menemukan informasi pekerjaan yang cocok untuk tipe kepribadian satu ini. Penasaran apa saja? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu kepribadian ISTJ?


ISTJ adalah salah satu kepribadian yang tegas dan fokus (sumber: pexels)

ISTJ atau yang juga dikenal sebagai the inspector ini merupakan salah satu tipe kepribadian dari 16 tipe yang dikategorikan berdasarkan tes MBTI. Kepanjangan dari ISTJ adalah Introverted, Sensing, Thinking, Judging. Melihat dari singkatan tersebut, maka dapat diambil pengertian ISTJ, yaitu tipe kepribadian yang secara umum merupakan seorang introvert dengan skill analisis dan perencanaan yang baik serta bertanggung jawab dalam hal apapun.

Baca juga: Inilah tes MBTI, 16 hasil untuk mendapatkan karier yang ideal

Karakteristik umum kepribadian ISTJ


Tipe kepribadian ISTJ memiliki karakteristik yang khas (sumber: pexels)

Tipe kepribadian ISTJ memiliki ciri khas karakteristik yang menonjol dalam dirinya. Apa saja? Berikut list karakteristik umum seorang ISTJ.

  • Terorganisir dan teratur
  • Tertib
  • Disiplin
  • Setia
  • Terencana
  • Fokus terhadap dirinya sendiri
  • Teliti
  • Cukup egois
  • Kurang peka terhadap lingkungan

Seorang yang memiliki kepribadian ISTJ memang dikenal cukup rapi dan mengerjakan sebuah tugas dengan penuh perhitungan dan tanggung jawab. Kegiatan lainnya, yaitu seperti ketika akan melakukan perjalanan liburan, seorang ISTJ akan merencanakan dengan cukup teliti dan mendetail kegiatan dan segala hal yang perlu dipersiapkan.

Baca juga: 7 Tips tes psikologi kerja ini bantu kamu lolos seleksi

Kelebihan dan kekurangan kepribadian ISTJ


Setiap kepribadian memiliki kelebihan dan kekurangan (sumber: pexels)

Tipe kepribadian yang cukup banyak dimiliki di dunia satu ini memang cukup menarik untuk dibahas. Beberapa kelebihan dan kekurangan ISTJ berikut juga perlu dikenali, ya.

1. Kelebihan

  • Dapat menyelesaikan tugas dengan mendetail
  • Realistis dan mengedepankan fakta serta hasil pemikiran yang didukung data riil
  • Lebih teratur dalam kehidupan sehari-hari
  • Melakukan sesuatu lebih terencana sehingga hasil yang diberikan lebih optimal
  • Mampu menyelesaikan sesuatu dalam metode yang praktis

2. Kekurangan

  • Terlalu fokus dengan dirinya sendiri sehingga sering mengesampingkan lingkungan
  • Cukup keras kepala dan cenderung membela diri sendiri
  • Terkadang terlalu memikirkan hal yang sederhana

Baca juga: 8 Tips pengembangan karier untuk kesuksesan di masa depan

Berapa persen pemilik kepribadian ISTJ di seluruh dunia?


Lebih banyak laki-laki yang memiliki tipe kepribadian ISTJ (sumber: pexels)

Dari 16 tipe kepribadian yang ada, tentu kamu akan bertanya. Ada berapa banyak orang pemilik tipe kepribadian ISTJ di dunia ini? Faktanya, di tahun 2020 ada sekitar 11-14% orang di dunia yang memiliki tipe kepribadian ISTJ. 16% diantaranya merupakan laki-laki dan 7% adalah wanita.

Baca juga: Perusahaan startup mulai pakai tes MBTI, apa fungsinya?

Karier yang cocok untuk kepribadian ISTJ


Banyak pekerjaan yang cocok untuk ISTJ mengutamakan analisis (sumber: pexels)

Seorang yang memiliki tipe kepribadian ISTJ umumnya cocok dengan beberapa profesi yang membutuhkan ketelitian dan tingkat fokus tinggi. Daftar pekerjaan yang cocok untuk ISTJ berikut bisa menjadi salah satu referensinya.

1. Dokter bedah

Seperti yang diketahui bahwa menjadi seorang dokter bedah tentunya memerlukan tingkat fokus yang tinggi. Tidak hanya itu, mempelajari setiap hal secara mendetail juga menjadi salah satu yang penting. Dengan karakteristik alami seorang ISTJ tentunya cukup cocok dengan pekerjaan dokter bedah satu ini.

2. Dokter gigi

Masih dalam satu kategori tenaga medis, ISTJ juga berpotensi menjadi seorang dokter gigi. Mengingat kelebihan dari seorang ISTJ adalah mudahnya dia untuk berfokus terhadap suatu hal dan menganalisis, dengan menjadi seorang dokter kamu akan lebih mudah ketika melakukan praktek bahkan menganalisis hasil x-ray.

3. System analyst

Ketika akan membuat sebuah website, aplikasi, atau produk yang lain, umumnya akan terdapat sebuah posisi bernama system analyst. Seperti namanya, seorang system analyst bertanggung jawab dalam menganalisis alur sistem yang tepat hingga memberikan rekomendasi saat proses developing hingga jika perlu adanya pengembangan. Berbekal karakteristik dan kemampuan analisis yang baik, seorang ISTJ cocok untuk mendalami karier sebagai system analyst.

4. Supply chain management

Dalam perusahaan ada sebuah profesi supply chain management yang bertugas dalam mengawasi stok dan persediaan bahan yang ada. Tujuan dari adanya profesi ini adalah tidak hanya untuk mengawasi saja, namun lebih dari itu, seorang supply chain management juga bisa memberikan strategi untuk menekan angka pengeluaran dan mengelola bahan yang ada tanpa harus mengurangi kualitas produk.

5. Business analyst

Business analyst adalah profesi yang bertanggung jawab dalam segala hal yang berkaitan dengan bisnis perusahaan. Misalkan jika ada sebuah peraturan atau campaign baru, maka seorang business analyst akan menganalisis bagaimana dampak kedua hal tersebut terhadap bisnis perusahaan. Profesi ini selain menekankan pada ilmu bisnis yang perlu kamu pahami, selain itu juga pada skill analisis yang seorang ISTJ miliki.

6. Teller bank

Seorang teller bank tidak hanya diwajibkan berperilaku ramah kepada pelanggan, namun juga harus teliti. Karakter disiplin dan teratur juga bisa menjadi salah satu bekal yang baik bagi seorang ISTJ untuk mengambil karier sebagai teller bank.

7. Akuntan

Masih termasuk ke dalam kategori finansial, seorang ISTJ juga bisa mencoba menempuh karier sebagai akuntan. Akuntan adalah profesi yang ahli dalam hal finansial yang membantu perusahaan dalam membuat laporan keuangan hingga mengatur pajak yang perlu dibayarkan tiap waktu. Jika kamu tertarik dengan profesi ini, pastikan kamu menggunakan kemampuan analisis dan ketelitian saat bekerja, ya.

8. Programmer

Di bidang teknologi, seorang ISTJ juga cocok untuk pekerjaan sebagai programmer. Membangun sebuah website atau aplikasi memang bukanlah hal yang mudah, kamu perlu memiliki soft skill berupa critical thinking, teliti, dan tahu cara menyelesaikan sebuah bug atau error. Tentunya akan semakin optimal jika didukung dengan pengetahuan teknis dan pengalaman yang cukup banyak.

9. Ahli statistika

Seorang ahli statistika dapat bekerja di perusahaan-perusahaan yang membutuhkan proses analisis statistik atau lembaga BUMN seperti BPN. Untuk mendalami ilmu ini, kamu bisa mengambil jurusan statistika di universitas yang kamu impikan. Masih berbekal kemampuan analisis dan ketelitian dalam hal apapun, seorang ISTJ tidak ada salahnya untuk mencoba profesi satu ini.

10. Event planner

Event planner adalah profesi yang bertanggung jawab dalam merencanakan sebuah acara, misalnya pernikahan, pertemuan besar, ulang tahun, atau acara lainnya. Meski terlihat sederhana, namun seorang event planner punya peran yang penting dalam terselenggaranya sebuah acara. Mulai menentukan susunan rundown, membuat perencanaan yang on budget, hingga memastikan bahwa semua vendor akan bekerja secara baik hingga acara selesai. Tertarik mendalami profesi ini?

11. Penyidik kasus di kepolisian

Ketika mendapatkan sebuah kasus kriminal atau lainnya, tentu dari pihak kepolisian akan berusaha memecahkannya. Terdapat sebuah tim atau divisi di kepolisian yang bertugas menyelidik kasus tersebut hingga dapat diselesaikan. Dengan kemampuan yang seorang ISTJ miliki, tidak ada salahnya untuk menyalurkan skill tersebut dan mencoba profesi penyidik.

Baca juga: Kenali Tes DiSC untuk Pahami Karakteristik Kepribadian

Nah, untuk kamu seorang ISTJ, dengan informasi di atas, kini kamu lebih bisa mengenal potensi dan rekomendasi pekerjaan apa yang cocok untukmu. Meskipun hal tersebut tidak bisa menjadi patokan pasti, tetapi kamu bisa menggunakan daftar di atas untuk menjadi salah satu referensi, ya.

Tertarik membaca artikel menarik lainnya? Jangan lupa kunjungi halaman EKRUT Media. Jika kamu ingin mendapatkan informasi lowongan kerja dari perusahaan ternama di Indonesia, klik sign up di EKRUT sekarang juga karena banyak peluang kerja dari perusahaan dan startup ternama menantimu! Selain itu, kamu juga bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official.

Sumber:

  • indeed.com
  • zippia.com
  • glassdoor.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    zoom-fatigue-EKRUT.jpg

    Careers

    Hati-Hati Terkena Zoom Fatigue, Berikut 10 Cara untuk Mengatasinya

    Lita Lia

    07 July 2022
    6 min read
    H1_Motif_Ekonomi.jpg

    Lainnya

    Sebutkan 4 Macam Motif Ekonomi? Berikut Informasi Selengkapnya!

    Lita Lia

    06 July 2022
    6 min read
    H1_10_Ide_Games_Team_Building_Untuk_Indoor_dan_Outdoor__2022_.jpg

    Careers

    10 Ide Games Team Building untuk Indoor dan Outdoor [2022]

    Sartika Nuralifah

    06 July 2022
    7 min read

    Video