Expert's Corner

Kasir Adalah: Definisi, Tugas dan Tanggung Jawab, Serta 5 Skill yang Harus Dimilikinya

Published on
Min read
5 min read
time-icon
H1_Kasir_Adalah_Definisi__Tugas_dan_Tanggung_Jawab__Serta_Skill_yang_Harus_Dimilikinya.jpg

Beberapa orang seringkali melihat profesi kasir sebagai profesi yang tidak sulit untuk dilakukan. Namun, siapa sangka bahwa profesi kasir adalah profesi yang memiliki tugas dan tanggung jawab besar. Selain itu, orang-orang dengan profesi ini harus memiliki beberapa skill yang nantinya bisa mereka gunakan untuk melaksanakan tugas sebagai seorang kasir.

Baca juga: 7 Pertanyaan interview kerja untuk Sales dan jawabannya

Apa itu kasir?


Kasir adalah profesi yang berkaitan dengan transaksi dan penghimpunan uang suatu toko atau perusahaan. Sumber: Pexels

Kasir adalah salah satu profesi yang bertugas mengurus transaksi dan menyimpan pembayaran seperti uang tunai maupun giro. Kasir adalah profesi yang dapat dengan mudah kita temukan di berbagai tempat seperti pada supermarket, coffee shop, toko buku dan masih banyak lagi. Profesi kasir umumnya sangat diminati oleh para perempuan karena perempuan cenderung memiliki tingkat ketelitian yang tinggi.

Baca juga: 16 Teknik closing sales yang efektif tingkatkan penjualan

Tugas dan tanggung jawab kasir


Tugas dan tanggung jawab seorang kasir adalah melakukan proses transaksi penjualan. Sumber: Pexels

Menjadi seseorang yang berprofesi sebagai kasir tidak semudah yang kita lihat. Terdapat beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus dikerjakan oleh seorang kasir. Berikut tugas dan tanggung jawab seorang kasir.

1. Mencatat data penjualan

Tugas dan tanggung jawab kasir yang pertama adalah mencatat data penjualan. Seorang kasir memiliki tanggung jawab untuk mencatat setiap barang yang dijual. Pencatatan tersebut harus dilakukan dengan teliti dan detail. Pencatatan ini berguna sebagai laporan.

2. Input data sales

Tugas dan tanggung jawab kasir yang kedua adalah melakukan input data sales. Tugas kasir adalah memasukkan data sales dalam rentang waktu, misalnya per hari, per minggu, hingga per tahun. Hal tersebut penting dilakukan untuk data keuangan perusahaan.

3. Melakukan proses transaksi penjualan

Tugas dan tanggung jawab kasir yang ketiga adalah melakukan proses transaksi penjualan. Kasir akan memasukkan kode barang yang dibeli oleh pelanggan ke dalam sebuah sistem. Setelah itu, kasir kan menghitung jumlah biaya belanjaan yang harus dibayarkan pelanggan. Kasus juga wajib memberikan uang kembalian jika pelanggan membayar dengan menggunakan uang yang tidak pas.

Baca juga: 10 Strategi promosi penjualan yang efektif dalam bisnis saat ini

4. Melakukan pengecekan barang sebelum diberikan kepada pelanggan

Tugas dan tanggung jawab kasir yang keempat adalah melakukan pengecekan barang sebelum diberikan kepada pelanggan. Sebelum barang diserahkan kepada pelanggan, tugas seorang kasir adalah mengejek dengan teliti jumlah barang dan harga barang yang dibeli. Uang kembalian pelanggan harus diperhatikan juga jumlahnya.

5. Membuat laporan rutin

Tugas dan tanggung jawab kasir yang kelima adalah membuat laporan rutin. Laporan rutin pada dasarnya berisi laporan omzet. Laporan rutin biasanya dibuat oleh kasir. Nantinya kasir memberikan laporan ini kepada atasan. Laporan ini dibuat agar kasir tidak mengalami kerugian dan kesalahan yang fatal.

6. Merekap laporan transaksi penjualan

Tugas dan tanggung jawab kasir yang keenam adalah merekap laporan transaksi penjualan. Selain membuat laporan rutin, tugas dari seseorang yang berprofesi sebagai kasir adalah merekap laporan transaksi penjualan. Biasanya hal ini dilakukan ketika seorang kasir telah selesai melakukan kerja shift. Semua penjualan serta penerimaan akan direkap menjadi satu.

Baca juga: Kenali lebih dalam tentang sales dan 5 jenis pekerjaannya saat ini

5 Skill yang harus dimiliki kasir


Kemampuan yang harus dimiliki seorang kasir adalah berani mengambil risiko. Sumber: Pexels

Menjadi seorang kasir juga harus memiliki kemampuan. Berikut adalah skill yang harus kamu miliki jika kamu minat untuk berprofesi sebagai kasir.

1. Tegas

Seorang kasir harus memiliki sikap yang tegas. Beberapa kasir mendapat tugas untuk menerima setoran dari sales. Sikap tegas harus dimiliki kasir untuk tidak membiarkan oknum sales melakukan kecurangan. Jika uang setoran tidak sesuai dengan data tagihan, kasir akan dirugikan karena harus mengganti kekurangan tersebut.

2. Cermat dan teliti

Kasir adalah profesi yang cocok bagi kamu yang memiliki sifat yang cermat dan teliti. Hal tersebut diperlukan seorang kasir dalam menghitung stok barang dan menghitung uang. Dengan begitu, toko atau perusahaan minim akan kerugian. Sebagai kasir, kita harus cermat dengan cara mengetahui produk yang kita jual agar dapat membantu menjelaskan kepada pelanggan yang hendak membeli produk.

3. Kemampuan mengoperasikan komputer

Sebagai kasir, kemampuan mengoperasikan komputer juga dibutuhkan. Kasir perlu memiliki dasar-dasar menggunakan komputer. Beberapa perusahaan biasanya menyediakan aplikasi atau software khusus kasir untuk melakukan transaksi. Selain itu, kasir akan membuat laporan menggunakan aplikasi seperti Microsoft Office.

4. Bersikap ramah

Bersikap ramah kepada pelanggan sangat perlu. Biasanya, perilaku seorang kasir yang memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, maka berpengaruh terhadap reputasi dari sebuat toko atau perusahaan tersebut.

5. Berani mengambil risiko

Seorang kasir akan lebih baik jika memiliki sikap berani mengambil risiko. Seseorang dengan profesi kasir seringkali dihadapkan dengan permasalahan selisih atau data transaksi tidak sesuai dengan uang yang ada. Di kala seperti itu, seorang kasir biasanya akan diwajibkan untuk mengganti selisih tersebut. Tentunya yang harus dimiliki seorang kasir adalah keberanian untuk menjalani profesi ini.

Baca juga: Mengenal tugas Sales Executive dan skill yang dibutuhkan

Demikian informasi mengenai profesi kasir beserta tugas dan tanggung jawabnya serta skill yang harus dimiliki oleh seorang kasir. Saat ini, melamar pekerjaan menjadi sangat mudah karena kamu bisa langsung melamar dari rumah dengan menggunakan platform EKRUT.

EKRUT punya banyak informasi tentang dunia pekerjaan, lho! Kamu bisa mencari informasi seputar lowongan pekerjaan, diskusi tentang pekerjaan dan berbagai kebutuhan lainnya terkait dengan pekerjaan.

Selain di EKRUT Media, kamu bisa mendapatkan informasi serta tips menarik dari EKRUT di YouTube EKRUT Official. Yuk, kembangkan kariermu bersama EKRUT! Sign up EKRUT sekarang juga, agar kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang sesuai dengan minat kamu.

Sumber:

  • mokapos.com
  • skillacademy.com
  • pengertianku.net
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    tips-memilih-kursus-online-EKRUT.jpg

    Careers

    Tips Memilih Kursus Online yang Tepat Bagi Pekerja Profesional

    Nur Lella Junaedi

    05 December 2022
    5 min read
    kursus-online-bersertifikat-EKRUT.jpg

    Careers

    9 Website Kursus Online Bersertifikat Gratis untuk Anda!

    Widyanto Gunadi

    05 December 2022
    6 min read
    customer-service-adalah-EKRUT.jpg

    Careers

    Customer Service: Tugas dan Tanggung Jawab, Kualifikasi, dan Proyeksi Kariernya

    Tsalis Annisa

    05 December 2022
    5 min read

    Video