Published on

Lainnya

Kebiasaan Bangun Jam 5 Pagi Dapat Mengubah Hidupmu Menjadi Lebih Baik

Lita Lia

H1-Kebiasaan_Bangun_Jam_5_Pagi_Dapat_Mengubah_Hidupmu_Menjadi_Lebih_Baik.jpg

Kebiasaan baik akan membawa dampak positif. Seperti rutinitas bangun pagi. Ternyata, kebiasaan bangun jam 5 pagi dapat mengubah hidupmu, bahkan menjadi lebih baik. Ada banyak buku mengupas dampak positif kebiasaan bangun pagi, salah satunya berjudul The 5 Am Club. Bagaimana hal itu terjadi? Apa saja kebiasaan yang dilakukan setelah bangun pagi? Simak selengkapnya di artikel ini!

Baca juga: 8 Contoh kebiasaan baik untuk kesuksesan karier

The 5 AM Club


Buku The 5 AM Club membuktikan positifnya bangun pagi (Sumber: Pixabay)

Konsep The 5 Am Club diperkenalkan di dunia barat oleh Robin Sharma. Berdasarkan ringkasan di situs Amazon, Robin Sharma memperkenalkan hal tersebut berdasarkan rutinitas pagi yang revolusioner. Selain itu, klien dari penulis ini bisa makin maksimal produktivitasnya, lebih sehat, serta memiliki ketenangan hidup.

Buku The 5 AM Club merupakan karya tulis yang dibuat selama 4 tahun. Isi bukunya menjelaskan tentang kebiasaan bangun pagi dan bukti bisa membantu meningkatkan perasaan bersemangat, kebahagiaan, serta hal positif lain. Isi lain dari buku ini adalah tentang kisah pemilik bisnis terbesar memulai paginya. Pagi merupakan awal yang baik untuk menghasilkan pencapaian menakjubkan. Tersedia metode dan langkah-langkah untuk mengisi waktu pagi dengan kegiatan produktif.

Baca juga: 12 Kebiasaan buruk yang dapat menghambat kariermu

Bagaimana kebiasaan bangun jam 5 pagi dapat mengubah hidup?


Bangun pagi berarti memiliki waktu lebih banyak (Sumber: Pixabay)

Kebiasaan bangun pagi jam 5 berpengaruh pada kinerja sehari-hari menjadi lebih efektif. Bayangkan kamu adalah sosok sibuk dengan rutinitas tinggi. Memulai segala pekerjaan lebih pagi akan membuat penyelesaiannya lebih awal.

Hal ini tidak hanya berlaku bagi pengusaha, namun karyawan juga sebaiknya terbiasa bangun pagi. Kegiatan seharian terasa lebih teratur karena dimulai lebih awal, kamu pun akan terhindar dari risiko terlambat masuk. Padahal, absensi adalah hal penting dalam menilai kinerja karyawan. Banyak contoh bahwa bangun lebih awal berpeluang naik jabatan lebih cepat. Hari-hari juga terasa santai, tidak terburu-buru, dan bekerja jauh lebih fokus.

Begitu pula bagi ibu rumah tangga. Seorang ibu rumah tangga merupakan pionir di rumahnya. Jika kegiatan di rumah terbiasa dilakukan siang, maka segalanya akan selesai terlambat. Misalnya, pergi ke sekolah, bekerja, menyiapkan sarapan, dan sebagainya. Hidup akan terasa sempit dan terburu-buru.

Jika satu pekerjaan selesai, kamu bisa melakukan pekerjaan lain. Walaupun dianggap sepele, bangun pagi secara teratur membuat hidup lebih disiplin. Kamu bisa melakukan berbagai banyak hal, termasuk mencoba peluang baru.

Baca juga: Pentingnya Self Improvement dan 20 Tips untuk Memulai Karier

Kebiasaan baik yang bisa kamu lakukan setelah bangun di jam 5 pagi


Menulis adalah salah satu contoh kebiasaan baik di pagi hari (Sumber: Pixabay)

Bangun pagi memang berat, terutama bagi kamu seorang ‘night owl’. Karena itu, temukan alasan mengapa kamu harus bangun pagi. Baru setelah itu, kamu bisa lakukan kebiasaan baik setelah bangun jam 5 pagi. Misalnya saja dengan melakukan hal produktif berikut ini.

1. Mandi atau mencuci wajah

Siapa sangka, membasuh wajah akan mengembalikan kesegaran. Jika sebelumnya sulit membuka mata, usahakan saat turun dari ranjang, langsung ke kamar mandi. Cuci wajahmu minimal 30 detik. Jika cuaca tidak begitu dingin, coba langsung mandi air dingin. Rutinitas ini selain akan mengembalikan kesegaran, secara medis juga menyehatkan. Jika cuaca memang tidak begitu mendukung, cukup basuh wajah dengan sabun.

2. Buat minuman favorit

Jangan langsung kembali ke ranjang karena pasti kamu akan tidur lagi. Coba ke dapur dan buatlah minuman favorit. Kopi hitam merupakan minuman yang cocok mengembalikan kesegaran pikiran. Situs stylishlyme menempatkan kopi sebagai pilihan pertama saat bangun pagi. Namun, sebenarnya kamu bisa minum kopi, teh, atau apapun yang kamu suka. Agar suasana tidak sepi, kamu juga bisa memutar musik kesukaan. Untuk tahap ini, pastikan untuk menghalau kantuk yang masih tersisa.

3. Mengerjakan jurnal, tugas, atau hal lain yang produktif

Sembari minum kopi atau minuman kesukaan, kamu juga bisa mengerjakan hal lain. Misalnya, sembari mengerjakan jurnal atau tugas tertentu. Buka laptop atau perangkat lain yang mendukung pekerjaan. Atur waktu kerja di pagi tidak begitu lama. Cukup paling lama 1 jam, kemudian beralih ke kegiatan lain. Sebaiknya, lakukan pekerjaan di luar kamar agar tidak ada keinginan untuk kembali tidur.

4. Membaca koran atau berita

Membaca akan membuat pikiran lebih bugar. Kamu bisa membaca Koran, berita daring, atau apapun yang menarik minat. Cari bacaan ringan untuk menyegarkan pikiran. Kamu juga tidak ketinggalan informasi dengan rajin membaca koran.

5. Menulis

Selesai membaca koran, beralihlah ke kegiatan lain. Salah satu yang kebiasaan paling produktif adalah menulis. Jika memang pencinta dunia literasi, alokasikan waktu dalam sehari untuk menulis karya. Kamu bisa mengganti poin ini dengan kegiatan yang disukai. Contohnya, berkebun, membersihkan rumah, memasak, dan hal lain. Intinya, lakukan apa yang ingin kamu lakukan, bukan apa yang harus kamu lakukan seperti yang dikatakan Katie Horwitch. Produktivitas di pagi hari merupakan kunci mengubah hidup menjadi lebih baik.

6. Olahraga

Hidup menjadi lebih menyenangkan jika memiliki tubuh yang bugar. Buatlah kebiasaan tiap pagi berolahraga. Jika tidak ada peralatan gym di rumah, lakukan latihan dengan peralatan sederhana. Jogging maupun jalan santai bisa kamu coba. Asalkan rutin, kebugaran tubuh pasti akan tercipta. Jangan lewatkan pagi harimu tanpa aktivitas fisik ini. Alokasikan waktu untuk olahraga paling tidak 30 menit. Setelah itu, lanjutkan dengan kegiatan lain.

7. Sarapan

Jangan lewatkan waktu sarapan. Pasca olahraga, isi perut dengan makanan kaya nutrisi. Tanpa sarapan, kamu akan melewati hari dengan pola makan berantakan. Dilansir dari situs WebMD, kebiasaan makan pagi bermanfaat untuk mengerem keinginan mengkonsumsi makanan non sehat.

Cukupi kebutuhan gizi dengan asupan yang baik. Biasakan sarapan dengan makanan rendah karbohidrat. Manfaatnya agar kinerja usus tidak terlalu berat. Berlebihan dalam makan pagi juga tidak baik. Alih-alih menyehatkan, kamu malah akan merasa kantuk di jam produktif.

Setelah melakukan rutinitas tersebut, bersiaplah keluar rumah untuk bekerja atau melakukan hal lain. Rutinitas tiap orang tentu berbeda di pagi hari. Buatlah kegiatan yang menimbulkan semangat, agar pagi harimu lebih produktif.

Baca juga: 4 Manfaat Journaling untuk Pengembangan Diri yang Lebih Baik

Itulah beberapa kebiasaan baik yang bisa kamu lakukan dengan bangun pagi. Tentu saja, kamu juga bisa temukan juga beragam informasi teknologi dan lainya di EKRUT Media. Informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • amazon.com
  • webmd.com
  • betterhumans.pub
  • apartementtherapy.com
  • stylishlyme.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Merchandise_Pengertian__Benefit__Jenis__Hingga_Strategi_Merchandise_Marketing.jpg

    Careers

    Merchandise: Pengertian, Benefit, Jenis, dan Strategi Merchandise Marketing

    Sartika Nuralifah

    06 October 2022
    5 min read
    H1_1._Mengenal_Lebih_Jauh_Mengenai_Officer_Development_Program_(ODP).jpg

    Careers

    Mengenal Lebih Jauh Mengenai Officer Development Program (ODP) Beserta 5 Tips Suksesnya

    Anisa Sekarningrum

    06 October 2022
    5 min read
    Untitled_design-68.jpg

    Lainnya

    Lagi Cari Resep Makan Malam? Coba 18 Menu Simple yang Enak, Sehat, dan Praktis Ini!

    Tsalis Annisa

    06 October 2022
    10 min read

    Video