Published on

Careers

12 Keterampilan kerja yang wajib dimiliki seorang karyawan

Anisa Sekarningrum

H1_1._12_Keterampilan_kerja_yang_wajib_dimiliki_seorang_karyawan.jpg

Dalam sebuah pekerjaan, karyawan diharapkan memiliki banyak keterampilan yang dapat membantu proses bekerja menjadi lebih efisien dan menghasilkan hasil maksimal. Hal ini dikenal juga sebagai keterampilan kerja. 

Apa itu keterampilan kerja?

Apa itu keterampilan kerja?
Keterampilan kerja akan membantu performa karyawan lebih maksimal dalam bekerja - Pexels

Keterampilan kerja adalah keterampilan yang membantu performa karyawan menjadi lebih maksimal dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Contohnya seperti keterampilan komunikasi untuk membantu menyelesaikan konflik antara pegawai di kantor. Keterampilan kerja membantu suasana bekerja di kantor menjadi lebih positif, efisien dan efektif. Tingkat kemungkinan sebuah perusahaan menjadi sukses akan semakin tinggi dengan adanya pegawai yang memiliki keterampilan kerja.

Baca juga: 11 Skill yang dibutuhkan tahun 2021 ini wajib kamu kuasai 

Pentingnya memiliki keterampilan kerja?

Pentingnya memiliki keterampilan kerja?
Menggabungkan soft skill dan hard skill sangat dibutuhkan dalam pekerjaan  - Pexels

Keterampilan kerja pegawai merupakan salah satu faktor dalam usaha pencapaian tujuan organisasi. Memiliki keterampilan akan memudahkan pegawai menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efektif dan efisien. Hanya memiliki keterampilan teknis saja tidak cukup untuk berkarir karena pegawai perlu menggabungkan soft skill dan hard skill. Misalnya, seorang insinyur kimia tidak hanya mengerjakan eksperimen tapi juga memimpin rapat tim, membimbing rekan junior, bernegosiasi dengan vendor, berpartisipasi dalam sesi berbagi pendapat. Soft skill dapat berupa imajinasi, keterampilan komunikasi, berpikir kritis, kreativitas, kemampuan kerja tim, keterampilan negosiasi, manajemen, dll.

Keterampilan menunjukkan bahwa pegawai dapat memahami karakteristik berbeda yang akan membantu mereka berhasil dalam sebuah organisasi dan posisi mereka. Berikut adalah beberapa alasan mengapa keterampilan kerja penting.

1. Karyawan dengan keterampilan lebih diminati perekrut

Calon karyawan dengan keterampilan kerja sangat dicari oleh perekrut. Walaupun pengalaman kerja juga menjadi hal yang esensial, namun jika ditambah dengan keterampilan, recruiter akan mempunyai nilai tambah di mata perekrut. Penelitian LinkedIn menyebutkan bahwa berikut ini adalah soft skill yang paling banyak dicari oleh perekrut, yaitu komunikasi, organisasi, kerja tim, berpikir kritis, keterampilan sosial, kreativitas, komunikasi, dan kemampuan beradaptasi. 

2. Kemajuan karir dan promosi

Karyawan yang memiliki keterampilan akan memiliki kesempatan lebih besar untuk dipromosikan menjadi pemimpin dibandingkan mereka yang memiliki pengalaman namun keterampilan kerjanya lemah. 

3. Lingkungan kerja yang modern

Karyawan dengan keterampilan kerja yang aktif seperti dapat berkolaborasi dan berkomunikasi akan meningkatkan kemungkinan lingkungan kerja yang produktif, kolaboratif, dan kompetisi yang sehat.

4. Memuaskan pelanggan dan klien 

Karyawan dengan keterampilan seperti komunikasi akan membantu pelanggan dan klien mencapai tingkat kepuasan mereka dengan lebih mudah. Contohnya keterampilan negosiasi akan membantu mempengaruhi pilihan pelanggan saat membeli sesuatu. 

5. Tidak mudah digantikan

Karyawan dengan keterampilan tidak akan semudah itu digantikan oleh orang lain atau bahkan oleh robot, karena besar kemungkinan banyak pekerjaan di masa depan akan digantikan oleh mesin dan robot. Sehingga penting bagi karyawan untuk meningkatkan keterampilan mereka agar tidak mudah tergantikan.  

Baca juga: Tips menguasai soft skill yang paling dicari perusahaan 

12 Keterampilan kerja yang wajib dimiliki karyawan

12 Keterampilan kerja yang wajib dimiliki karyawan
Negosiasi adalah salah satu keterampilan kerja yang wajib dimiliki karyawan - Pexels

Tidak hanya pendidikan dan pengalaman kerja, keterampilan juga menjadi hal yang diperhatikan oleh pencari kerja saat menyaring kandidat untuk bekerja di perusahaan mereka. Baik itu hardskill, softskill atau technical skill, semuanya sama-sama penting untuk dimiliki karyawan. Berikut adalah beberapa keterampilan kerja yang wajib kamu miliki.

1. Komunikasi yang baik dan efektif

Komunikasi mencakup kemampuan untuk memperoleh pemahaman dari orang lain, juga untuk menyampaikan gagasan dengan jelas dan efektif. Komunikasi adalah salah satu skill terpenting yang wajib dimiliki karyawan. Kemampuan lisan dan tertulis secara efektif sangat dibutuhkan untuk dapat bekerja lebih baik dan efisien. Terutama untuk menghindari kesalahpahaman yang seringkali menghambat tim dan karyawan tersebut untuk tumbuh dan berkembang. 

Komunikasi lisan akan membantu kamu lebih lancar melakukan presentasi atau saat kamu mencoba menjual sesuatu, baik itu di hadapan grup kecil atau besar. Sementara komunikasi tertulis semakin banyak dilakukan terutama setelah pandemi dan banyak karyawan di bekerja dari rumah, sehingga komunikasi tertulis menjadi kunci agar kamu dapat menjaga alur komunikasi secara cepat, tapi juga akurat dan efektif. 

Banyak orang yang merasa kesulitan menjaga komunikasi secara tertulis, sehingga kamu perlu meningkatkan keterampilan ini dengan pengalaman. Cobalah berinteraksi melalui percakapan langsung, via telepon, ataupun tertulis seperti via email dan media sosial.

2. Etika

Etika menjadi hal penting untuk dimiliki setiap individu dalam menjalani hidup, termasuk saat bekerja. Karyawan yang memiliki etika baik biasanya akan lebih menarik di mata perekrut dan akan lebih disukai oleh rekan kerja lainnya. Karyawan yang memiliki etika dan sikap cenderung mempercayai nilai-nilai baik yang dapat menunjang kariernya. Contohnya seperti bersikap jujur, disiplin, profesional, serta mampu bertanggung jawab.

3. Manajemen dan organisasi 

Keterampilan manajemen dapat menunjukkan kemampuan karyawan untuk bekerja tepat waktu dan memprioritaskan tugas-tugas secara efektif. Sementara keterampilan organisasi akan membantu karyawan bertanggung jawab atas tugas dan pekerjaan mereka masing-masing serta memastikan semua pekerjaan berjalan lancar. Keterampilan manajemen dan organisasi ini juga berguna dalam membuat keputusan dengan cepat dan efektif, membantu karyawan melakukan delegasi, berbagi tanggung jawab dengan rekan tim lainnya, dan mengatur waktu agar lebih efisien. Kamu dapat meningkatkan keterampilan ini dengan melibatkan diri dalam proyek atau berorganisasi dan bekerja dalam tim. 

4. Negosiasi

Kemampuan ini dibutuhkan saat kamu sedang dalam situasi untuk mendiskusikan gaji, menyelesaikan kesepakatan dengan klien, atau diskusi dengan tim dalam sebuah rapat. Kemampuan ini membantu kamu mencapai tujuan dan kesepakatan yang disetujui oleh kedua belah pihak. 

5. Kerja sama

Kerja sama adalah kemampuan yang dibutuhkan untuk membuat kerja dalam tim menjadi lebih lancar, efisien, dan lebih cepat. Kombinasi keterampilan komunikasi dan pengaturan diri akan membuat kamu menjadi pemain dalam tim. Memiliki hubungan baik dengan rekan kerja dalam tim akan menciptakan lingkungan kerja yang positif. Lingkungan kerja yang positif akan memacu anggota tim bekerja lebih efisien juga membantu mereka menciptakan ide-ide kreatif.

Baca juga: 12 Tips membangun kerja sama tim yang wajib diterapkan 

6. Berpikir kritis

Keterampilan berpikir kritis dapat membantu meningkatkan kemampuan analisis dan menciptakan solusi kreatif untuk menyelesaikan masalah. Keterampilan ini juga dapat menguji kesabaran dan disiplin dalam masa sulit. Kamu dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis ini dengan melibatkan diri dalam forum diskusi, debat atau bertukar pikiran.

7. Percaya diri

Keterampilan yang satu ini dapat dimiliki dengan berlatih. Contohnya berlatih berbicara di depan umum dan berdiskusi dengan rekan kerja agar berani mengungkapkan pendapat. Selain itu, percaya diri juga dapat membantumu dalam setiap presentasi pekerjaan yang dilakukan.

8. Menguasai teknologi terbaru

Karyawan yang menguasai teknologi akan memiliki nilai tambah karena dapat bekerja lebih efektif dan efisien. Keterampilan teknologi yang dibutuhkan secara umum seperti Microsoft Office, mengedit foto juga kemampuan mengoperasikan software seperti Adobe. Keterampilan ini dapat diperoleh dengan belajar otodidak, mengikuti kursus online atau mengikuti program magang. 

Baca juga: 8 Skill teknologi yang paling banyak dicari di 2021 

9. Kepemimpinan

Keterampilan untuk dapat memimpin, menginspirasi, memotivasi orang lain, hingga memberdayakan orang lain sangat diperlukan dalam tim. Keterampilan kepemimpinan ini akan membantu karyawan berkesempatan untuk dipromosikan ke posisi lebih tinggi. 

10. Menulis

Keterampilan menulis dibutuhkan untuk mengasah kemampuan riset, membaca, hingga analisis. Keterampilan ini dibutuhkan untuk merencanakan proyek dan menuliskan laporan. Kamu dapat meningkatkan kemampuan ini dengan banyak membaca dan menulis.

11. Perencanaan

Keterampilan untuk merencanakan sesuatu sangat dibutuhkan dalam bekerja. Karyawan yang memiliki perencanaan dalam kariernya pasti memiliki tujuan yang ingin diraih, sehingga mereka akan bekerja lebih giat untuk meraih tujuan tersebut. Merencanakan sesuatu tidak harus hal yang besar atau berjangka panjang. Kamu dapat merencanakan hal-hal yang terdekat yang akan kamu kerjakan. Merencanakan sesuatu dapat membantu kamu bekerja lebih fokus. 

12. Kreatif dan inovatif

Kreativitas adalah keterampilan yang dapat dipelajari lewat eksperimen, imajinasi, juga kolaborasi. Menjadi kreatif dan inovatif akan menghasilkan ide-ide besar yang dapat meningkatkan kualitas perusahaan. Kamu dapat meningkatkan keterampilan ini dengan berdiskusi bersama rekan kerja.

Baca juga: Kreatif adalah: Bentuk, ciri, dan pentingnya dalam dunia kerja 

Kamu sudah siap menjadi karyawan yang memiliki 12 keterampilan kerja yang disebutkan di atas? Daftarkan diri kamu menjadi talent di EKRUT, supaya kamu bisa direkrut oleh perusahaan impian kamu. Itu tadi informasi mengenai macam-macam keterampilan yang perlu kamu miliki saat bekerja. Tonton juga video mengenai skills incaran perusahaan pasca pandemi berikut ini untuk membantu kamu lebih paham mengenai keterampilan yang perlu kamu asah. Semoga berhasil!

sign up EKRUT

Sumber: 

  • getsmarter
  • eskills
  • thebalancecareers
  • virtualspeech 
  • indeed 
  • forbes 

Tags

Share