Published on

Careers

11 Skill yang dibutuhkan tahun 2021 ini wajib kamu kuasai

Tsalis Annisa

skill-yang-dibutuhkan-tahun-2020-EKRUT.jpg

Seiring berkembangnya teknologi, seorang pekerja profesional harus mengikuti perubahan dan perkembangan zaman. Skill dan pengetahuan yang dibutuhkan juga harus semakin meningkat. 

Nah, jika tidak mau belajar dan mengikuti perubahan, kamu akan semakin tertinggal dan sulit untuk berkembang. Tak melulu mengenai digital, ada banyak skill yang dibutuhkan di tahun 2020. Berikut beberapa di antaranya.

1. Cognitive flexibility

skill yang dibutuhkan tahun 2020 - EKRUT
Cognitive flexibility akan membantu cara berkomunikasi dengan tepat - EKRUT

Cognitive flexibility merupakan salah satu skill yang dibutuhkan di tahun 2020. Skill ini melibatkan kreativitas, penalaran logika, dan sensitivitas terhadap suatu masalah. Hal ini juga membantu kamu menyesuaikan bagaimana cara berkomunikasi dengan lawan bicara.

Atasanmu tak ingin kamu mengatakan hal yang sama pada setiap orang. Ia ingin kamu berpikir kritis kepada siapa kamu berbicara, mendengarkan obrolan secara mendalam, dan menyesuaikan konteks pembicaraan dengan tepat.

2. Kemampuan bernegosiasi

skill yang dibutuhkan tahun 2020 - EKRUT
Perusahaan mencari karyawan dengan kemampuan negosiasi yang baik - EKRUT

Kemampuan yang satu ini sangat spesial di era digital saat ini. Dengan kemajuan teknologi, soft skill seperti mampu bernegosiasi akan menjadi hal yang dibutuhkan nantinya. 

Kemampuan bernegosiasi dengan kolega, manajer, klien, dan tim akan menjadi skill yang dibutuhkan di tahun 2020.

Baca juga: Perbedaan hard skill dan soft skill, ini yang perlu kamu ketahui

3. Berpikir kritis

skill yang dibutuhkan tahun 2020 - EKRUT
Berpikir kritis merupakan salah satu skill yang akan terus dibutuhkan di tahun 2020 - EKRUT

Secara definisi, berpikir kritis adalah sebuah kemampuan untuk berpikir jernih dan rasional tentang apa yang harus dilakukan atau apa yang ingin diyakini sebagai kebenaran. 

Dengan demikian, skill ini akan membuatmu lebih tegas dalam membuat keputusan, baik saat bekerja dalam tim maupun individual.

4. Service orientation

skill yang dibutuhkan tahun 2020 - EKRUT
Memiliki service orientation dibutuhkan dalam kerja tim - EKRUT

Dengan kemampuan service orientation, kamu diharapkan dapat membantu orang lain, mulai dari atasan hingga rekan kerja lainnya. Kemampuan ini sangat dibutuhkan jika bekerja dalam tim.

5. Kecerdasan emosional

skill yang dibutuhkan tahun 2020 - EKRUT
Memiliki karyawan dengan kecerdasan emosional dapat menunjang lingkungan kerja yang positif - EKRUT

Mungkin robot dapat melakukan banyak hal, tetapi kecerdasan emosional hanya dimiliki oleh manusia. Kecerdasan emosional secara harfiah adalah menginformasikan setiap interaksi yang kita miliki. Ini merupakan skill yang sangat penting bagi para manajer dan atasan lainnya.

Baca juga: Kenali emotional intelligence dan 6 cara meningkatkannya

6. People Management

skill yang dibutuhkan pada tahun 2020 - EKRUT
Kemampuan people management adalah skill yang masih dibutuhkan di tahun 2020 dan belum dilakukan oleh robot - EKRUT

Kemampuan ini biasanya dimiliki oleh seorang manajer dan belum bisa dilakukan oleh robot. People management adalah bagaimana kamu dapat mengatur orang-orang untuk bekerja sebaik mungkin dan mencapai target yang diinginkan perusahaan. Kamu harus mengenal lebih dalam setiap bawahanmu untuk dapat mengaturnya dengan baik.

7. Berkoordinasi dengan orang lain

skill yang dibutuhkan tahun 2020 - EKRUT
Kemampuan berkoordinasi diperlukan oleh setiap karyawan - EKRUT

Skill sederhana ini harus dimiliki setiap pekerja. Saat bekerja dalam tim, bagaimana cara kamu berkoordinasi dengan orang lain adalah kunci penting keberhasilan untuk mencapai target yang diinginkan perusahaan.

8. Kreativitas

skill yang dibutuhkan tahun 2020 - EKRUT
Kreativitas adalah salah satu soft skill paling dicari di 2020 - EKRUT

Kini semakin banyak robot yang menggantikan peran manusia dalam bekerja. Beruntungnya, kreativitas adalah skill yang belum dimiliki oleh robot. Saat ini banyak sekali perusahaan menginginkan orang-orang kreatif yang dapat menerapkan teknologi dalam pekerjaannya.

Baca juga: Tips menguasai soft skill yang paling dicari perusahaan di 2020

9. Kemampuan membuat keputusan

skill yang dibutuhkan tahun 2020 - EKRUT
Dengan perkembangan dunia bisnis yang terus bergerak cepat, penting bagimu untuk mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat - EKRUT

Baik sebagai karyawan atau sebagai atasan, kemampuan membuat keputusan yang baik dan bijak adala hal yang penting dalam pekerjaan. Adapun hal yang perlu diperhatikan saat mengambil keputusan adalah dengan menggabungkan analisis masalah, logika, dan intusi yang tepat. 

10. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang rumit

skill yang dibutuhkan tahun 2020 - EKRUT
Karyawan harus dapat menyelesaikan masalah yang ditemuinya - EKRUT

Ini merupakan kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Selain itu, kamu juga dituntut mampu menyelesaikannya dengan kecepatan tinggi. 

11. Kemampuan beradaptasi

skill yang dibutuhkan tahun 2020 - EKRUT
Karyawan dan perusahaan harus mampu beradaptasi agar tetap kompetitif di bidangnya - EKRUT

Seiring kemajuan teknologi perusahaan dihadapkan pada keharusan untuk merangkul proses baru agar tetap kompetitif dalam industrinya. Itu sebabnya demi menunjang hal tersebut perusahaan akan banyak mencari karyawan yang dapat menunjukkan kemampuan adaptasi yang kuat. 

Skill adaptasi sendiri dapat ditunjukkan dengan sikap yang positif, berpikiran terbuka, mampu belajar dengan cepat, serta mampu berubah untuk mencapai kesuksesan. 

Sekalipun kamu sudah merasa ahli dalam satu bidang, bukan berarti kamu berhenti untuk bekerja. Cobalah untuk terus belajar dan mengasah hal baru yang mungkin dapat menjadi bekal untukmu di kemudian hari. Misalnya salah satu dari 11 skill yang dibutuhkan di tahun 2020 di atas.

skill yang dibutuhkan tahun 2020 - EKRUT
Last update: 19 September 2020

Sumber: 

Tags

Share