Media

Kunci keberhasilan startup dalam rekrutmen
By Widyanto Gunadi - 24 May 2018
47 Views

Setiap perusahaan, termasuk perusahan rintisan (startup) pasti menghadapi tantangan tersendiri saat harus merekrut karyawan. Pastinya dibutuhkan waktu, biaya, dan tenaga, untuk menemukan kandidat yang berkualitas. Meski demikian, rekrutmen merupakan sesuatu yang krusial, terutama bagi startup, dalam tahap awal pengembangannya. Sebab, kandidat yang nantinya akan bergabung dalam tim, menentukan masa depan startup.

Apakah Anda memiliki startup atau bekerja di dalamnya, dan ingin merekrut karyawan? Berikut ini tips rekrutmen yang efektif untuk Anda.

 

Cek profil kandidat

Bergabunglah dengan talent marketplace untuk mendapatkan kandidat-kandidat sesuai dengan spesifikasi yang Anda cari. Marketplace ini memudahkan Anda melakukan penyaringan kandidat. Sehingga, Anda bisa menghemat waktu. Setelah Anda mendapatkan beberapa kandidat, cek profil mereka. Anda bisa melakukan pengecekan ganda dengan mencari profil mereka di LinkedIn. Untuk mendapatkan kandidat terbaik bagi perusahaan, Anda bisa melakukan dua langkah di bawah ini.

 

Pasang standar kemampuan teknis

Langkah ini penting untuk dilakukan, terutama jika startup Anda berbasis teknologi, dan sedang mencari kandidat dengan kemampuan teknis tertentu. Menyertakan keterangan standar keterampilan teknis yang diperlukan, akan mengurangi potensi kandidat yang tidak sesuai spesifikasi, melamar ke perusahaan Anda. Dengan demikian, Anda bisa memanfaatkan waktu dengan efisien dalam rekrutmen.

 

Beri kuis kecil sebagai tes

Saat ini, tak jarang perusahaan menyodorkan tes online yang harus dikerjakan kandidat. Tujuannya, untuk mengukur kemampuan teknis kandidat. Nah, Anda pun bisa melakukan hal serupa. Selain materi teknis, Anda bisa memberikan kuis yang berisi pertanyaan seputar karir dan startup. 

 

Bangun hubungan positif dengan kandidat

Setelah Anda memposting lowongan pekerjaan dan menyaring aplikasi-aplikasi yang masuk melalui kuis, jalinlah hubungan baik dengan semua kandidat. Sebab, startup Anda pasti membutuhkan reputasi positif. Apalagi, perusahaan rintisan Anda masih dalam tahap awal pengembangan. Hal ini penting, agar kandidat yang sudah tertarik bekerja di perusahaan Anda, tidak berubah pikiran. 

 

Siapkan benefit atau manfaat yang menarik

Tawarkan manfaat menarik bagi karyawan baru. Misalnya, kesempatan mengembangkan karir dalam waktu relatif singkat. Opsi lainnya, beri tawaran kesempatan bagi karyawan untuk mengikuti berbagai pelatihan peningkatan keterampilan secara gratis. Jangan beri janji-janji kosong yang malah akan mengecewakan, sekaligus membuat reputasi startup Anda kurang baik.

Sekarang, Anda sudah mengetahui tips mendapatkan karyawan berkualitas untuk startup Anda, kan? Untuk mencari kandidat terbaik dengan keterampilan di bidang teknologi, silakan kunjungi EKRUT.

 

Rekomendasi bacaan:
Manfaatkan data analytics untuk kembangkan bisnis!
Siapkan staf ahli perusahaan untuk perangi serangan siber IoT
6 tips eksplorasi AI untuk bisnis Anda

 

Sumber:
dailysocial.com
entrepreneur.com
recruiter.com
rocketspace.com
 

Tags:

  • EKRUT
  • lowongan kerja
  • startup
  • cari kerja
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang