Published on

Expert's Corner

8 Pertanyaan remote workers yang wajib diajukan saat interview

Sylvia Rheny

pertanyaan_remote_workers.png

Bekerja secara remote atau work from home memang sudah ada sejak lama, namun setelah pandemi Covid-19, remote working menjadi sebuah budaya kerja baru yang dianut oleh banyak perusahaan demi berjalannya bisnis dan menjaga karyawan agar terhindar dari penularan virus tersebut.

Perubahan juga sama terjadinya saat mewawancarai kandidat untuk bekerja secara remote. Sebagai pihak pemberi kerja, kamu wajib menanyakan beberapa pertanyaan terkait pengalaman kandidat bekerja secara remote. Perlu diketahui, bahwa dengan keterampilan dan pengalaman yang tepat, tidak setiap kandidat cocok untuk bekerja secara remote.

Untuk itu, kamu bisa mengajukan 8 pertanyaan remote workers di bawah ini untuk mengukur apakah seorang kandidat akan menjadi karyawan jarak jauh yang tepat untuk perusahaanmu.

Baca juga: 7 Cara jitu mengelola karyawan saat work from home

Pentingnya menggali jawaban untuk remote worker

Pentingnya menggali jawaban untuk remote worker
Pertanyaan remote workers penting untuk diajukan kepada kandidat. (Sumber: Pexels)

Menggali jawaban untuk setiap pertanyaan remote workers di bawah ini penting untuk dilakukan. Beberapa orang mendaftarkan diri untuk bekerja pada suatu perusahaan hanya karena perusahaan tersebut menerapkan remote working dan bukan karena pekerjaannya. 

Selain itu, perlu diketahui juga, bahwa meskipun seorang kandidat memenuhi mayoritas kriteria yang ditentukan oleh perusahaan, belum tentu kandidat tersebut adalah kandidat yang cocok untuk melakukan remote working. Untuk itu, kamu sebagai pemberi kerja sebaiknya menggali jawaban terkait pengalaman dan preferensi kandidat untuk menilai apakah kandidat bisa diandalkan untuk bekerja secara remote.

Baca juga: 9 Perubahan di dunia kerja yang mungkin terjadi setelah pandemi

8 Pertanyaan remote workers yang wajib diajukan saat interview

8 Pertanyaan remote workers yang wajib diajukan saat interview
Terdapat beberapa pertanyaan remote workers yang wajib diajukan saat interview. (Sumber: Pexels)

Demi suksesnya mempekerjakan karyawan yang tepat untuk bekerja secara remote, kamu dapat mempertimbangkan beberapa pertanyaan remote workers berikut ini saat interview.

1. Ceritakan pengalaman kerja Anda sebagai remote worker

Ceritakan pengalaman kerja anda sebagai remote worker
Pertanyaan remote workers terkait pengalaman kerja kandidat. (Sumber: Pexels)

Sebagai interviewer, kamu bisa mengajukan pertanyaan ini untuk mengawali wawancara. Tujuan pertanyaan remote workers yang membahas pengalaman kerja kandidat sebelumnya adalah untuk mengukur tingkat minat dan kenyamanan kandidat saat mengerjakan tanggung jawab pekerjaannya dari jarak jauh.

Sebelum masa pandemi, mungkin banyak kandidat yang tidak merasakan pengalaman bekerja sebagai remote worker. Namun setelah masa pandemi, bekerja secara remote sudah menjadi budaya kerja yang baru sehingga mengetahui pengalaman kandidat bekerja dari jarak jauh adalah penting untuk diketahui.

2. Peralatan apa saja yang Anda gunakan untuk mengatur dan menyelesaikan pekerjaan jarak jauh?

Peralatan apa saja yang anda gunakan untuk mengatur dan menyelesaikan pekerjaan jarak jauh?
Pertanyaan remote workers terkait tools yang digunakan. (Sumber: Pexels)

Pertanyaan remote workers ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kandidat terbiasa dengan peralatan work from home dan apa saja peralatan yang mendukungnya untuk bekerja dari jarak jauh. Setelah mendapatkan jawaban dari kandidat, kamu jadi bisa mengetahui apa kurang dan lebihnya fasilitas atau peralatan bekerja kandidat dari rumah.

Setelah itu, kamu bisa melanjutkan pertanyaan lebih jauh terkait penggunaan tools. Dari jawaban yang diberikan kandidat, kamu bisa tahu bagaimana cara kerja kandidat selama ini dan bagaimana penguasaan kandidat dalam menggunakan tools untuk berkomunikasi dan menyelesaikan proyek dalam pekerjaannya. 

Baca juga: 8 Tips mengatasi miskomunikasi saat remote working

3. Ruang kerja Anda di rumah seperti apa?

Ruang kerja Anda di rumah seperti apa?
Pertanyaan remote workers terkait ruang kerja selama di rumah. (Sumber: Pexels)

Pertanyaan remote workers satu ini bertujuan untuk mengetahui apakah kandidat mempersiapkan secara khusus ruang kerjanya di rumah. Kandidat yang mempersiapkan secara khusus tempat untuk bekerja di rumahnya menunjukkan kesungguhannya bekerja sebagai remote worker. Selain itu, kamu dapat mengetahui seperti apa fasilitas kerja kandidat di rumah dan memberikan penilaian, apakah perlengkapan yang dimiliki kandidat cukup untuk membuatnya menyelesaikan proyek atau pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan.

4. Bagaimana cara Anda mengatur urusan saat bekerja jarak jauh?

Bagaimana cara Anda mengatur urusan saat bekerja jarak jauh?
Pertanyaan remote workers terkait cara kandidat mengatur urusan kerja. (Sumber: Pexels)

Saat remote working, kemampuan mengatur urusan atau kerjasama dari jarak jauh adalah hal yang penting untuk dimiliki oleh kandidat. Oleh karena itu, pertanyaan remote workers ini penting untuk mengetahui dan mengeksplorasi kemampuan kandidat untuk menangani setiap berbagai urusan termasuk konflik yang berkaitan dengan pekerjaannya.

Kemampuan kandidat ini bisa dilihat dari keaktifan kandidat untuk mencari problem solving untuk setiap permasalahan yang dihadapinya terkait pekerjaan atau proyek yang sedang ia kerjakan dan bagaimana kandidat berkomunikasi aktif dalam hal bertanya atau memberikan masukan di dalam sebuah tim.

Baca juga: 5 Manfaat data bagi HRD dalam proses perekrutan

5. Bagaimana Anda menyelesaikan masalah secara mandiri?

Bagaimana Anda menyelesaikan masalah secara mandiri?
Pertanyaan remote workers terkait penyelesaian masalah secara mandiri. (Sumber: Pexels)

Pertanyaan remote workers ini bisa diajukan kepada kandidat mengingat kondisi saat work from home yang jauh dari rekan kerja, sehingga dalam kondisi ini kamu perlu mengetahui bagaimana kandidat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pekerjaannya secara mandiri. Poin plus bisa kamu berikan untuk kandidat yang tidak sekedar mencoba-mencoba namun memiliki dasar pengetahuan dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber sebelum akhirnya bertindak untuk menyelesaikan suatu masalah. Mempekerjakan kandidat yang proaktif dan berhati-hati seperti ini cenderung lebih bisa diandalkan.

6. Bagaimana Anda mengatur waktu kerja?

Mengatur schedule dalam remote working adalah hal yang penting sebab tidak sama seperti bekerja di kantor di mana jam kerja sudah ditentukan dan berada di bawah pengawasan oleh atasan, waktu bekerja dari rumah cenderung lebih memberikan tantangan karena kandidat harus mengatur sendiri waktunya. Kandidat yang memiliki waktu kerja yang teratur bisa dilihat sebagai kandidat yang disiplin dan terorganisir. Dan hal tersebut bisa mencerminkan bagaimana ia bekerja secara profesional, teratur, dan bisa diandalkan.

7. Bagaimana Anda mengatur waktu dalam mengejar deadline pekerjaan?

Kandidat yang terbiasa bekerja secara terorganisir kemungkinan besar tidak akan kebingungan menjawab pertanyaan remote worker satu ini. Kandidat yang disiplin dalam mengerjakan tanggung jawab pekerjaannya pasti telah membuat timeline tersendiri untuk menyelesaikan tugasnya jauh sebelum melewati deadline yang ada. Nilai plus bisa kamu berikan kepada kandidat yang tidak mengalami kesulitan dalam mengatur timeline pengerjaan tugas dalam pekerjaannya karena hal tersebut mencerminkan bahwa kandidat merupakan seorang karyawan yang dapat diandalkan. 

8. Bagaimana pendapatmu jika kami melacak waktu kerja Anda?

Pertanyaan remote workers ini bisa kamu tanyakan apabila perusahaan memang menerapkan kebijakan untuk melacak waktu dan lokasi dari karyawannya yang bekerja dari rumah. Namun, sebelum kamu mempertimbangkan untuk menerima kandidat, kamu perlu memastikan bahwa kandidat tidak keberatan dengan kebijakan tersebut.

Apabila kandidat dipertimbangkan untuk diterima kerja namun keberatan dengan kebijakan perusahaan untuk melacak waktu dan lokasi ini, maka perusahaan bisa melakukan kompromi dengan kandidat dengan tujuan mencapai kesepakatan bersama dan tercipta suasana kerja yang nyaman untuk kedua belah pihak.

Baca juga: 12 Pekerjaan freelance yang paling banyak dicari

Simplify your recruitment process with EKRUT

Simplify your recruitment process with EKRUT
EKRUT adalah salah satu jasa rekrutmen karyawan di Indonesia yang dapat diandalkan. (Gambar: Pexels)

Untuk membantu memaksimalkan pelaksanaan fungsi talent management, kamu bisa memanfaatkan platform EKRUT. Didirikan pada tahun 2016, EKRUT merupakan sebuah platform rekrutmen yang menggunakan perpaduan antara teknologi dan jaringan recruiter untuk melakukan proses rekrutmen yang efektif dan berkualitas.

Setiap talent yang mendaftar dan lolos ke dalam marketplace EKRUT telah melalui proses verifikasi yang dilakukan oleh Talent Advocates EKRUT.

Beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan menggunakan EKRUT antara lain yaitu:

  • Keuntungan eksklusif dari paket yang disediakan EKRUT.
  • Mengelola kandidat dengan mudah menggunakan tracking system yang dimiliki EKRUT.
  • Memperoleh kandidat yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.
  • Akses langsung ke talent pool berkualitas yang telah melalui proses kurasi.
  • Konsultan profesional yang akan memberikan bantuan selama proses perekrutan. 

Perlu diketahui bahwa EKRUT menggunakan teknologi data science seperti Marketplace Curation Algorithm (MCA) untuk menyaring dan mengkurasi 5-10% kandidat kompetitif teratas yang mencari peluang kerja berdasarkan permintaan secara real-time. Maka dari itu, talent yang ditampilkan dalam marketplace adalah talent berkualitas dan terkini.

Untuk mencari dan menemukan kandidat yang sesuai dengan kriteria, EKRUT menggunakan teknologi bernama EKRUT Recommender System (ERS). Kelebihannya, variabel pencarian tidak hanya terbatas pada pengalaman, preferensi, dan keterampilan saja, namun masih banyak lagi. Selain itu,  EKRUT juga menggunakan Budget Prediction Algorithm (BPA) untuk mengukur, memprediksi, dan merekomendasikan kisaran ekspektasi gaji untuk masing-masing job posting berdasarkan kondisi market terkini secara efektif.

Untuk saat ini, terdapat 2 subscribe plan yang bisa kamu pilih di EKRUT:

1. Platform plan
Tersedia untuk langganan tahunan dan per-kuarter. Dengan subscribe plan ini, perusahaan kamu mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan unlimited hires tanpa harus membayar lagi biaya per hire.

2. Headhunting plan
Tidak ada membership fee untuk plan ini, perusahaan kamu hanya perlu membayar ketika terjadi hire.

Baca juga: 3 Contoh peraturan perusahaan dan panduan membuatnya

Itulah beberapa pertanyaan remote workers yang bisa kamu pertimbangkan untuk ditanyakan kepada kandidat saat wawancara kerja. Untuk mempermudah proses rekrutmen, kamu bisa menggunakan EKRUT sebagai salah satu platform andalan untuk mencapai efektivitas dan mendapatkan kandidat terbaik untuk perusahaanmu.

Berbagai manfaat menggunakan EKRUT bisa kamu dapatkan dengan bergabung bersama EKRUT. Yuk, mulai proses rekrutmen yang efektif dari sekarang!

smart hiring

Sumber:

  • Linkedin
  • Flexjobs
  • The Muse

Tags

Share