Published on

Careers

Ini manfaat ESOP bagi perusahaan dan karyawan

Nur Lella Junaedi

Manfaat-ESOP-bagi-perusahaan-dan-karyawan ---EKRUT.jpg

Ada banyak tunjangan atau kompensasi yang diberikan oleh perusahaan. Salah satunya melalui program employee stock ownership plan (ESOP) atau employee stock option plan (ESOP). 

Untuk mengetahui tentang apa itu ESOP termasuk manfaat ESOP bagi perusahaan dan karyawan, kamu bisa mengetahuinya lewat ulasan berikut. 

Apa itu ESOP?

Apa itu ESOP - EKRUT 
ESOP jadi bagian dari tunjangan karyawan dimana perusahaan memberikan karyawan saham - EKRUT

Seperti dijelaskan di atas, bahwa ada dua istilah yang menggambarkan ESOP ini yaitu employee stock ownership plan atau employee stock option plan. Kedua istilah ini memiliki sedikit perbedaan satu sama lain. 

Untuk membahas keduanya baik itu employee stock ownership plan atau employee stock option plan, kamu bisa mengetahui penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Employee stock ownership plan (ESOP)

Employee stock ownership plan atau ESOP adalah bagian dari program tunjangan karyawan, di mana perusahaan memberikan karyawan kepemilikan saham perusahaan. 

Di Indonesia sendiri praktik ini disebut program kepemilikan saham bagi karyawan (PKSK). 

Tujuan dari adanya employee stock ownership plan adalah untuk menyelaraskan kepentingan karyawan dengan pemegang saham perusahaan. Sehingga karyawan  tidak hanya sebagai pekerja saja tetapi juga pemilik perusahaan.

Dengan begitu karyawan bisa termotivasi memberikan yang terbaik bagi perusahaan karena perannya sebagai karyawan sekaligus pemegang saham perusahaan juga. 

Di samping itu, ESOP juga berfungsi sebagai program pensiun yang memberikan keuntungan berupa pendapatan kepada karyawan saat memasuki usia pensiun. 

Cara kerja employee stock ownership plan ini dimulai ketika pemberi kerja mengalokasikan sejumlah saham perusahaan kepada karyawannya yang telah memenuhi syarat tertentu. 

Nantinya saham ini akan dititipkan ke perwakilan ESOP perusahaan sementara sampai karyawan tersebut pensiun atau mengundurkan diri. 

Selama memiliki saham ini, karyawan tidak kenaikan pajak hingga mereka menjual sahamnya di pasar saham, datangnya masa pensiun atau menjualnya kembali ke perusahaan.

Baca juga: 5 Cara menyiapkan dana pensiun sejak dini

Employee stock option plan (ESOP)

Sementara itu, employee stock option plan adalah jenis kompensasi ekuitas yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan, tetapi bukan pemberian saham secara langsung melainkan memberikan opsi derivatif atas saham tersebut. 

Derivatif di sini lebih kepada kepada kontrak perjanjian bilateral yang bisa dijadikan sebagai instrumen investasi. Istilah employee stock option plan ini kerap disebut juga sebagai ESO atau employee stock option. 

Melalui prosesnya employee stock option ini karyawan diberikan hak kesempatan untuk membeli saham perusahaan dengan harga yang disepakati lebih murah dari harga saham yang sebenarnya selama jangka waktu yang telah ditentukan. 

Jenis kompensasi ini di perusahaan startup kerap diberikan kepada karyawan awal di perusahaan. Sebagai bentuk penghargaan di mana harga saham ini mungkin akan melejit saat perusahaan melakukan penawaran umum atau IPO.

Cara kerja dari employee stock option ini pemberi kerja menawarkan sejumlah saham untuk dibeli oleh karyawan dalam periode waktu tertentu yang nantinya transaksi ini akan tercatat dalam sebuah kontrak. 

Karyawan bisa membeli sejumlah saham yang dianjurkan tersebut berdasarkan vesting period yaitu, jangka waktu periode dimana saham tersebut dibeli secara bertahap dari waktu ke waktu. 

Setelah memiliki hak stock option tersebut secara penuh, karyawan dapat menjual saham tersebut saat harganya naik atau membiarkan begitu saja sebagai bagian dari investasi. 

Baca juga: Mudah, begini cara belajar investasi saham

Manfaat ESOP bagi perusahaan dan karyawan

 Manfaat ESOP bagi perusahaan dan karyawan - EKRUT 
Dengan membuat program ESOP, perusahaan bisa menekan angka turn over karyawan - EKRUT

Setelah kamu memahami apa itu employee stock ownership plan beserta employee stock option plan, lalu kira-kira apa manfaat yang bisa didapatkan dari dua program ini baik untuk karyawan atau perusahaan? Simak selengkapnya berikut.

Manfaat ESOP bagi karyawan 

Adapun manfaat ESOP bagi karyawan yakni: 

  • Mendorong keterlibatan yang lebih tinggi dari karyawan terhadap perusahaan. Pasalnya dengan menjadi pemegang saham, karyawan akan berusaha lebih keras agar perusahaan terus tumbuh. 
  • Karyawan tidak dikenai pajak atas saham yang dimiliki dari perusahaan. Terkecuali setelah saham tersebut dijual atau saham tersebut diterima ketika pensiun. 
  • Menekan angka turnover karyawan di perusahaan. 

Manfaat ESOP bagi perusahaan 

Sedangkan manfaat ESOP bagi perusahaan meliputi: 

  • Meningkatkan modal ekuitas baru. 
  • Meningkatkan kinerja organisasi yang erat kaitannya dengan meningkatnya harga saham. 
  • Meningkatkan arus kas dengan membuat kontribusi rencana dalam bentuk saham bukan uang tunai.
  • Perusahaan yang memberlakukan ESOP tumbuh lebih cepat 5 persen dari pada perusahaan yang tidak memiliki program serupa. 

Perusahaan yang membuat program ESOP 

Perusahaan yang membuat program ESOP  - EKRUT 
Salah satu perusahaan yang sudah menjalankan program ESOP ini yaitu perbankan BCA - EKRUT

Berdasarkan pada hasil riset studi tentang penerapan ESOP Emiten atau perusahaan publik di pasar modal Indonesia oleh Departemen Keuangan Badan Pengawas Pasar modal - Proyek peningkatan efisiensi pasar modal tahun 2002 diketahui bahwa beberapa perusahaan di Indonesia telah memiliki program serupa. 

Walaupun istilah ini masih terdengar asing ditelinga pengusaha. Kendati demikian, perusahaan yang melakukan ini ditanah air terbagi dua, yakni datang dari perusahaan dengan status publik serta kelompok perusahaan dengan status anak perusahaan multinasional di luar negeri. 

Untuk perusahaan publik, bentuk dari pemberian saham ini bisa berupa pemberian bonus dalam bentuk saham, pemberian opsi dalam saham (employee stock option) atau alokasi saham khusus bagi pegawai (employee stock allocation). 

Contoh dari perusahaan yang memiliki program ini di antaranya: 

  • Perusahaan publik yang memberikan program kepemilikan saham seperti PT Astra Agro Lestari TBK, PT Makindo TBK, PT BANK Central Asia TBK, PT Lapindo Packaging TBK dan lain-lain. 
  • Perusahaan tertutup yang telah menyelenggarakan kepemilikan saham contohnya IBM Indonesia, Cisco System (HK) Indonesia, Grab, Carrefour dan lain-lain. 

Melalui ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa program ESOP ini sangat bermanfaat baik bagi karyawan atau pun perusahaan. 

Tentunya dengan adanya program ini tentu akan semakin menumbuhkan sense of belonging karyawan di tempat kerja. Sehingga perusahaan bisa lebih berkembang. 

Manfaat ESOP bagi perusahaan dan karyawan - EKRUT

Sumber: 

  • corporatefinanceinstitute
  • thebalancecareers
  • investopedia
  • docplayer.info
 

Tags

Share