Lainnya

10 Manfaat Kopi untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Anisa Sekarningrum

Content writer experiences in digital marketing, startup, and writing feature article. 

H1_1._10_manfaat_kopi_untuk_meningkatkan_produktivitas_kerja_dan_keseharianmu.jpg

Indonesia adalah salah satu produsen kopi terbesar di dunia. Badan Pusat Statistik Indonesia mengeluarkan data bahwa produksi kopi Indonesia tahun 2019 mencapai 742 ribu ton. Sehingga tidak heran jika kopi menjadi secangkir kebutuhan harian untuk sebagian besar pekerja di Indonesia.

Berapa kadar kafein yang sebaiknya dikonsumsi dalam sehari?


European Food Safety Authority menyebutkan bahwa konsumsi kafein harian untuk orang dewasa secara umum adalah 2-4 cangkir kopi - Pexels

International Coffee Organization mencatat dalam periode 2014-2019, tren konsumsi kopi di Indonesia terus meningkat. Jumlah konsumsi kopi mencapai 4.800 kantong berkapasitas 60 kilogram pada 2018-2019.

Dengan beragam jenis kopi Indonesia yang dapat dinikmati seperti Kopi Arabika Gayo Aceh, Kopi Arabika Kintamani, Kopi Arabika Toraja, Kopi Arabika Java Ijen Raung, Kopi Liberika, Rangsang Meranti, Kopi Arabika Flores Bajawa, dan Kopi Robusta Temanggung.

Kopi sendiri dikenal mengandung kafein yang dapat membuat seseorang menjadi lebih semangat dan fokus setelah minum secangkir kopi. European Food Safety Authority menjelaskan bahwa batas konsumsi kafein harian yang aman untuk orang dewasa secara umum adalah 200-400 miligram atau setara dengan 2-4 cangkir kopi, 4-8 cangkir teh, atau 2 gelas minuman berenergi.

Namun perlu diingat bahwa konsumsi kafein harian yang aman ini dapat berbeda-beda untuk setiap orang, terutama orang yang memiliki gangguan masalah kesehatan seperti gangguan lambung, maag, GERD, LPR, jantung, hipertensi, tiroid, juga ibu hamil dan menyusui, anak-anak dan remaja.

Seperti ibu hamil dan menyusui misalnya, jumlah batas asupan kafein adalah tidak lebih dari 300 miligram per harinya atau setara 2-3 cangkir kopi atau 3-4 cangkir teh. Sementara untuk anak-anak, jumlah kafein yang direkomendasikan tidak melebihi 50 miligram per hari.

Jika kamu merasa memiliki kondisi khusus pada kesehatanmu, ada baiknya kamu mengkonsultasikan mengenai batasan asupan kafein per hari ini dengan dokter sebelum membuat secangkir kopi untukmu.

Baca juga: 5 Kedai kopi di Jakarta ternyaman untuk kerja

10 Manfaat kopi untuk meningkatkan produktivitas kerja dan keseharianmu


Salah satu manfaat kopi adalah dapat meningkatkan energi dan fokus karyawan di kantor - Pexels

Kopi dikenal memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan hingga produktivitas kerja. Berikut adalah 10 manfaat kopi untuk membantu produktivitas kerjamu di kantor.

1. Meningkatkan energi dan fokus

Manfaat kopi yang pertama adalah kafein dapat mempengaruhi area otak yang bertanggung jawab untuk memori dan konsentrasi. Sehingga meminum kopi sekitar 1-6 cangkir setiap hari dapat membantu karyawan lebih fokus dalam bekerja.

Penelitian menunjukkan bahwa kafein meningkatkan fungsi otak dalam hal memori, suasana hati, waktu reaksi dan perhatian, serta merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi neurotransmitter untuk meningkatkan suasana hati seperti dopamin, serotonin dan noradrenalin.

2. Meningkatkan produktivitas

Penelitian menunjukkan bahwa kantor yang menyediakan kopi untuk karyawannya dapat membuat mereka lebih terjaga dan meningkatkan konsentrasi sehingga dapat bekerja dengan lebih produktif.

Baca juga: 8 Cara tepat meningkatkan produktivitas karyawan

Kafein di dalam kopi berfungsi sebagai stimulan yang meningkatkan aktivitas otak, mengalirkan nutrisi, melawan kantuk, meningkatkan perhatian dan daya ingat serta meningkatkan fokus dan konsentrasi. Faktanya, kafein dapat meningkatkan kewaspadaan dan kinerja mental saat dikonsumsi dalam dosis kecil yaitu antara 100-250 mg atau setara satu hingga dua cangkir kopi.

3. Meningkatkan semangat kerja karyawan

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat kopi dapat meningkatkan moral karyawan di kantor, karena dengan menikmati secangkir kopi panas saat mereka tiba di tempat kerja, hal ini dapat mencegah rasa kantuk mereka dan membuat mereka merasa lebih bersemangat.

Studi tahun 2008 dari McKinsey & Company menyebutkan bahwa 61% karyawan merasa kesejahteraan mereka dipedulikan oleh atasan mereka dengan tersedianya minuman panas di kantor. Dengan memberi karyawan pilihan minuman panas seperti kopi atau teh, mereka dapat mengisi ulang energi mereka sebelum mengerjakan tugas kantor berikutnya.

85% karyawan dalam penelitian yang sama merasa bahwa kopi yang berkualitas dapat meningkatkan produktivitas dan meningkatkan moral karyawan. Survei dari Staples tahun 2014 melaporkan bahwa 82% karyawan mengatakan tersedianya kopi di kantor dapat membuat suasana hati mereka menjadi lebih baik.

Dapat disimpulkan bahwa karyawan merasa hak mereka lebih dihargai dengan tersedianya kopi yang berkualitas di kantor. Karyawan merasa lebih puas, lebih semangat bekerja dan juga menurunkan energi negatif di kantor.

Baca juga: Yuk, terapkan 6 tips meningkatkan produktivitas kerja berikut!

4. Kopi mengandung nutrisi dan antioksidan

Dalam secangkir kopi berkualitas baik mengandung vitamin B, potasium, mangan, magnesium, dan niasin dalam kadar yang signifikan. Kopi membantu karyawan menjadi lebih sehat sehingga dapat lebih produktif dalam bekerja. Biji kopi yang belum diproses mengandung sekitar 1000 antioksidan dan terus berkembang seiring proses pemanggangan kopi. Tubuh manusia dapat menyerap lebih banyak antioksidan dari kopi daripada buah dan sayuran biasa.

5. Kafein membantu melawan depresi

Penelitian di Harvard menyebutkan bahwa minum 4 cangkir kopi atau lebih dapat menurunkan 20% risiko depresi pada wanita. Depresi tentunya banyak menyerang karyawan terutama mengenai kinerja dan kepuasan mereka di tempat kerja.

6. Budaya dan interaksi sosial

Banyak karyawan merasa bahwa minum kopi menjadi sebuah kebiasaan di kantor di mana karyawan dapat beristirahat sambil berbincang antara satu sama lain. Tidak hanya itu, banyak juga ide-ide cemerlang yang lahir dari perbincangan di sela secangkir kopi panas.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa budaya istirahat minum kopi di kantor dapat menyebabkan kohesi yang lebih besar antar karyawan. Sebuah studi MIT menemukan bahwa istirahat minum kopi bersama rekan kerja adalah cara yang bagus untuk bertukar pendapat, berbagi dan menciptakan ide-ide baru.

Tidak hanya itu, secangkir kopi juga dapat membawa karyawan untuk mengenal satu sama lain dan menimbulkan perbincangan yang lebih hangat dan dalam yang akhirnya dapat meningkatkan kualitas hidup karyawan yang lebih tinggi di tempat kerja.

7. Peluang kolaborasi

Banyak ide bisnis dan peluang kolaborasi yang timbul dari perbincangan dengan secangkir kopi panas. Peluang ini menciptakan kesempatan bagi karyawan untuk bekerja di luar bilik mereka untuk bertemu dengan karyawan lain untuk menciptakan peluang kolaborasi.

Penelitian menunjukkan bahwa istirahat minum kopi dapat mengisi kembali energi, motivasi dan fokus karyawan. Hal ini ditunjukkan dengan fakta bahwa banyak karyawan yang lebih suka bekerja di kedai kopi daripada di meja kantor. Karyawan merasa lebih produktif di lingkungan seperti kedai kopi karena mereka merasa lebih segar dan mengurangi penat mereka. Sehingga menyediakan space seperti kedai kopi di kantor adalah ide yang dapat ditiru perusahaan.

Baca juga: Meningkatkan produktivitas kerja pada 2021 dengan deretan tools ini

8. Efisiensi waktu

Menyediakan kopi berkualitas di kantor akan mengurangi peluang karyawan membeli kopi di luar kantor, baik itu di pagi hari, istirahat makan siang atau sore hari. Akhirnya efisiensi waktu ini dapat digunakan karyawan untuk bekerja lebih giat.

9. Rapat yang lebih produktif

Waktu rapat di sore hari seringkali menjadi penghambat karena energi sebagian besar orang sudah terkuras di sore hari, mereka kehilangan fokus dan perhatian untuk mengikuti jalannya rapat.

Secangkir kopi panas dapat membantu karyawan menjadi lebih fokus bahkan ketika mereka harus melaksanakan rapat di sore hari. Penelitian menunjukkan bahwa kafein membantu orang memahami dan menyimpan informasi dengan lebih baik serta cepat dalam mempelajari materi baru.

Penelitian dari Universitas John Hopkins di Amerika menemukan bahwa kafein dalam kopi dapat meningkatkan fungsi memori sehingga membuat otak dapat mengingat informasi baru dengan lebih lama. Tidak hanya itu, survei menyebutkan bahwa 40% karyawan merasa memiliki percakapan yang lebih konstruktif sambil minum kopi.

10. Pereda nyeri

Sebuah studi dari National Institute of Occupational Health menemukan bahwa kira-kira dua cangkir kopi dapat mengurangi nyeri otot hingga 48%. Secangkir kopi menjadi sangat bermanfaat terutama bagi karyawan yang bekerja di depan layar komputer setiap hari.

Baca juga: 10 Cara membuat lingkungan kerja nyaman untuk meningkatkan produktivitas

Tahun baru, semangat baru! Untuk kamu para job hunter, jangan lupa untuk mendaftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT juga ya dalam proses pencarian kerjamu. Semua proses dan bantuan professional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Itu tadi informasi mengenai manfaat kopi untuk membantu produktivitas kerja kamu. Simak juga video berikut mengenai 5 tips menjadi produktif agar dapat meningkatkan produktivitas kamu di tahun baru!

sign up EKRUT

Sumber:

  • thewatercoolercompany
  • eatfirst
  • 360connect
  • alodokter
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    BEP_(Break_Event_Point)_Pengertian__konsep__tujuan__3_komponen_dan_cara_perhitunganya.jpg

    startup

    BEP (Break Event Point): Pengertian, Tujuan, dan 3 Komponennya

    Sylvia Rheny

    06 December 2022
    5 min read
    tipe-tipe-kepemimpinan-EKRUT.jpg

    Careers

    10 Tipe Kepemimpinan Dalam Tim, Kamu Termasuk yang Mana?

    Tsalis Annisa

    06 December 2022
    5 min read
    cara-membuat-grafik-di-excel---EKRUT.jpg

    Technology

    Cara Membuat Grafik di Excel dengan Mudah Beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    05 December 2022
    6 min read

    Video