Published on

Careers

MarComm Adalah: Definisi, Tugas, dan 3 Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Marketing Communication

Detty Risetya

cover.jpg

Marketing communication (marcomm) menjadi bagian tak terpisahkan dari penjualan. Sebagai pebisnis, tentunya pernah merasakan kondisi dimana penjualan produk kamu dari tahun ke tahun malah semakin menurun. Tentunya banyak faktor yang mempengaruhi kondisi ini. Padahal, upaya strategi pemasaran produk bisnis kamu sudah dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, dari beberapa faktor di atas, strategi dalam marcomm adalah hal yang harus kamu tingkatkan. Simak definisi, tugas, dan skill yang dibutuhkan pada marcomm berikut ini.

Baca juga: Apa itu Marketing? Berikut Informasi Terlengkap yang Penting

Apa itu marketing communication (marcomm)?


Marketing communication (marcomm) adalah media yang digunakan perusahaan dalam menyampaikan pesan pemasaran. (sumber: freepik)

Marketing communication (marcomm) adalah sebuah media yang digunakan perusahaan untuk menyampaikan pesan pemasaran sebagai cara berkomunikasi dengan target pasar mereka. Bentuk dari marcomm beraneka ragam, seperti pemasaran langsung, branding, iklan, presentasi sales, aktivitas online, dan sebagainya.

Konsep marcomm adalah menemukan media mana yang cocok dengan target pasar. Apabila pemasaran tersebut menarik, medianya cocok atau sesuai dengan target pasar, maka dapat terjadi penjualan hingga pembelian berulang. Jadi, penting untuk memperhatikan pemilihan media dan bagaimana pesan tersebut disampaikan.

Strategi marketing communication (marcomm)


Strategi marketing communication (marcomm). (sumber: freepik)

Strategi marketing communication (marcomm) adalah tindakan perencanaan controlling, positioning, dan segmentasi untuk mempromosikan produk sesuai sasaran dengan tujuan produk. Beberapa strategi dalam proses penerapan marcomm adalah sebagai berikut:

  • Source (sumber), sumber pesan yang bisa menentukan arah tujuan komunikasi sehingga dapat menetapkannya sebagai sasaran komunikasi. Sebagai contoh, pemasaran merupakan cara tercepat dalam mempromosikan produk yang berarah pada segmen sasaran tertentu.
  • Proses encoding, persandian kode yang mempunyai suatu kode penyampaian menjadi sebuah pesan. Biasanya dalam agency iklan, inilah yang dapat merancang pesan yang disandi dalam bentuk iklan.
  • Proses decoding, supaya dapat memahami dua pertanyaan, yakni apakah pesan berdampak positif pada perilaku dan sikap konsumen dan apakah konsumen menafsirkan pesan seperti yang diinginkan oleh pengiklan.
  • Pengiriman, hasil dari proses pesan yang dikirimkan melalui berbagai media sehingga dapat menjangkau audiens dan tepat sasaran. Penyebaran untuk pemasaran ini dapat melalui media massa, Instagram, YouTube, TikTok, atau sosial media lainnya.
  • Feedback, guna mengukur efektivitas suatu komunikasi pemasaran pada sumber pelanggan.

Baca juga: 5 Perbedaan sales dan marketing dalam bisnis perusahaan

Tugas marketing communication (marcomm)


Tugas marketing communication (marcomm). (sumber: freepik)

1. Pandai melakukan promosi

Seorang marcomm adalah mereka yang harus pandai dalam melakukan proses promosi produk perusahaan. Aktivitas penjualan produk ini sifatnya dapat berjangka pendek dan jangka panjang, tergantung kebutuhan perusahaan dan strategi yang telah dibuat.
Tentunya promosi produk tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang. Biasanya seorang marcomm adalah orang yang memiliki skill presentasi yang tinggi sehingga nantinya promosi yang dilakukan dapat memberikan dampak positif pada perusahaan.

2. Mengiklankan produk

Sama halnya dengan promosi, namun berbeda dalam bentuk representasi pada produknya, dimana tidak diiklankan secara langsung, tapi menggunakan media yang ada. Seperti media sosial TikTok, Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya.
Salah satu tugas penting marcomm adalah orang yang dapat mengiklankan produk perusahaan dengan baik. Entah melalui pendekatan soft selling maupun hard selling.

3. Memasarkan produk secara langsung

Tidak hanya mengiklankan produk, marcomm juga harus memiliki database email para konsumen. Database ini penting supaya dapat melakukan strategi marketing dan menjalani tugas sebagai marketing communication. Marcomm adalah bagian penting dalam pemasaran secara langsung lewat email atau telepon untuk menawarkan produk perusahaan.

4. Negosiasi secara langsung

Tentunya marcomm adalah orang yang harus dapat melakukan negosiasi secara langsung atau tatap muka dengan para pelanggan. Pada saat negosiasi, marcomm tidak boleh sampai kebingungan dengan apa yang harus dilakukan. Jadi, sebelum karyawan marcomm turun ke lapangan, perusahaan perlu memberikan training atau pelatihan khusus. Sehingga, para marcomm dapat membiasakan diri saat bernegosiasi secara langsung.

Pada saat negosiasi secara langsung, marcomm adalah orang yang berperan menjelaskan segala keunggulan yang ada pada produk dibandingkan pesaing. Peran lain dari marcomm adalah meyakinkan calon pelanggan untuk menggunakan produk perusahaan yang dipasarkan. Di sinilah skill komunikasi seorang marcomm adalah dibuktikan dan diuji secara langsung.

5. Memiliki hubungan yang baik

Seorang marcomm adalah orang yang dekat dengan masyarakat atau pihak tertentu. Jangan sampai hubungan yang sudah terjalin dengan baik malah putus dikarenakan tidak dapat bekerja sama kembali. Karena bagaimanapun juga, marcomm adalah cerminan perusahaan atau perwakilan perusahaan. Maka itu, ia membutuhkan pihak lain untuk mempromosikan produk perusahaan agar terjalin hubungan baik dalam jangka panjang.

Skill yang dibutuhkan seorang marketing communication (marcomm)


Skill yang dibutuhkan seorang marketing communication (marcomm). (sumber: freepik)

1. Public speaking

Tugas seorang marcomm adalah membutuhkan skill berbicara yang baik untuk internal maupun pada klien, sehingga skill public speaking yang baik dan lancar sangat dibutuhkan.

2. Menulis

Skill penting yang dibutuhkan marcomm adalah menulis karena strategi pemasaran tidak lepas dari penggunaan kata-kata. Keperluan menulis ini juga banyak mulai dari untuk newsletter, press release, dan sebagainya.

3. Komunikasi

Tentunya, skill komunikasi yang baik adalah kunci dari tugas marcomm. Tidak hanya sebatas komunikasi verbal, namun juga untuk komunikasi non-verbal, contohnya ekspresi wajah, intonasi suara, dan bahasa tubuh. Dengan memiliki komunikasi yang baik, maka marcomm dapat memahami apa yang dirasakan dan dibutuhkah oleh pembeli.

Baca juga: 9 Tren digital marketing 2022 yang perlu kamu siapkan

Secara sederhana, dapat dikatakan bahwa marcomm adalah salah satu strategi untuk meningkatkan pemasaran. Jika menurut kamu marcomm adalah bagian penting yang perlu diterapkan dalam dunia marketing, maka sudah sepatutnya skill dan keahlian di atas perlu dipelajari. Setuju, kan?

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • linovhr
  • harmony
  • adalahcoid
  • kitalulus

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    tujuan-karier-EKRUT.jpg

    Careers

    Simak! 7 Tips Membuat Tujuan Karir Kamu Lebih Terarah

    Nelson Simbolon

    23 September 2022
    4 min read

    Video