Careers

Pengertian Marketing Public Relations beserta Fungsi dan Strateginya

Published on
Min read
5 min read
time-icon
0-public-relation-marketing.jpg

Marketing public relations merupakan kunci penting bagi setiap perusahaan dalam mengembangkan usaha, terutama dalam kegiatan promosi dan evaluasi penjualan. Biasanya dikenal sebagai public relations & marketing dan keduanya merupakan segmen terpisah. Namun, di dunia profesional, biasanya bagian ini ada di bawah koordinasi yang sama. Untuk itu, ketahui pengertian, fungsi, dan strateginya di artikel ini.

Baca juga: Public Relations Adalah: Lingkup Pekerjaan, Tantangan, dan 4 Skill Penting yang Harus Dimiliki

Pengertian marketing public relations

marketing public relations adalah kunci penting perusahaan
Strategi promosi dalam marketing public relations. (sumber: pexels)

Menurut The British Institute of Public Relations (IPR), public relations adalah strategi yang dirancang secara berkelanjutan untuk membangun timbal balik (mutual understanding) antara suatu organisasi atau perusahaan dan masyarakat. Marketing sendiri adalah aktivitas atau tindakan untuk mempromosikan dan menjual produk atau jasa, termasuk periklanan dan riset pasar.

Jadi, marketing public relations adalah suatu kegiatan mengidentifikasi, menciptakan, dan mengomunikasikan nilai serta menjalin hubungan-hubungan dengan pelanggan untuk memaksimalkan laba perusahaan. Marketing public relations merupakan kegiatan terencana yang ditetapkan untuk membangun brand awareness (pengenalan merek) dan brand knowledge (pengetahuan merek).

Singkatnya, marketing public relations adalah upaya yang difokuskan untuk menjaga dan menciptakan reputasi perusahaan atau brand dengan mempromosikan dan menjual produk. Marketing public relations dapat membantu membuat dan mengembangkan campaign dalam rangka mendapatkan hasil yang lebih baik sehingga pengembangan dan perluasan produk lebih terarah.

Baca juga: CRM Adalah: Pengertian, Benefit, Tipe, dan 5 Rekomendasi Terbaiknya

Fungsi dan tujuan marketing public relations

fungsi dan tujuan marketing public relations
Marketing public relations berfungsi menyampaikan informasi dan promosi. (sumber: pexels)

Fungsi marketing public relations adalah untuk memberi atau menyampaikan informasi, pendidikan, maupun upaya meningkatkan pengertian kepada pelanggan melalui penambahan pengetahuan mengenai suatu produk atau jasa. Jadi, marketing public relations memiliki konsep yang lebih tinggi dan lengkap dari iklan yang biasanya karena dampaknya lebih kuat dan lebih lama diingat konsumen. Marketing public relations memiliki fungsi pokok sebagai sarana komunikasi yang kredibel, pemberian sponsor event, serta mendukung kegiatan sosial yang mendukung masyarakat. Secara umum, fungsi marketing public relations adalah sebagai berikut.

  • Mengedukasi konsumen mengenai penggunaan produk yang telah diluncurkan hingga potensi dan manfaat produk yang dapat diperoleh.
  • Mengenalkan produk baru pada media (press launching), meluncurkan merek atau produk baru, memperbarui kembali varian dari produk lama, dan lain-lain.
  • Membangun event yang berkaitan dengan produk atau merek.
  • Mengembangkan pelayanan publik serta akses informasi antara konsumen dengan perusahaan serta menanggapi keluhan-keluhan konsumen baik langsung maupun dari surat pembaca.
  • Membantu dan memberikan edukasi pada media dalam melakukan tes produk dan memberi pemahaman mengenai cara penggunaan produk dan kelebihannya.
  • Menyediakan sarana edukasi bagi media dan masyarakat untuk melihat proses pembuatan produk, seperti kunjungan pabrik, kunjungan ke media atau tempat-tempat publik untuk sosialisasi fungsi dan kelebihan produk, serta memberikan kesempatan kepada media dan masyarakat untuk melakukan tes produk secara mandiri.

Marketing public relations memiliki fungsi pokok untuk mengkomunikasikan informasi yang terpercaya, menjalin dan menyediakan sponsor event yang relevan dengan produk, serta memberikan dukungan untuk kegiatan sosial. Sementara itu, umumnya marketing public relations dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan kesadaran (awareness), mendorong penjualan, memfasilitasi komunikasi dan hubungan dengan konsumen, perusahaan, serta merek produk. Selain itu, marketing public relations memiliki tujuan sebagai berikut.

  • Membangun kesadaran masyarakat mengenai produk karena marketing public relations mampu menempatkan cerita untuk memperoleh perhatian masyarakat terhadap produk, jasa, maupun perusahaan.
  • Meningkatkan kredibilitas dengan cara menyajikan komunikasi kepada masyarakat hingga pesan yang dikehendaki dapat tersampaikan untuk meningkatkan kepercayaan terhadap produk maupun perusahaan.
  • Mendorong distribusi dan sales karena pemasaran yang dilakukan sebelum produk diluncurkan membuka peluang bagi para penyalur.
  • Mengurangi biaya promosi karena biaya yang dikeluarkan akan lebih sedikit dibandingkan promosi dengan metode konvensional, seperti pos atau iklan.

Baca juga: Pentingnya Customer Relationship Management bagi Bisnis Perusahaan

Strategi marketing public relations

strategi marketing public relations
Strategi dibutuhkan dalam pengembangan marketing. (sumber: pexels)

Marketing public relations memiliki beberapa pendekatan yang dirancang untuk mempromosikan sekaligus membangun “wajah” produk atau perusahaan berdasarkan strategi traditional marketing dengan dimensi megamarketing. Strategi marketing public relations dapat dipetakan sebagai berikut.

1. Strategi push

Strategi push merupakan strategi yang menggunakan sarana tertentu sebagai media promosinya. Perusahaan atau produser merencanakan dan meluncurkan bahan promosi secara masif ke wholesaler (perantara), kemudian wholesaler mempromosikan kepada retailers (pengecer), hingga kemudian sampai ke tangan konsumen.

2. Strategi pull

Strategi pull merupakan salah satu strategi marketing public relations yang digunakan untuk membangun permintaan konsumen. Jenis strategi ini cenderung membutuhkan biaya yang besar karena harus membuat iklan untuk mempromosikan produk atau perusahaan kepada konsumen.

3. Strategi pass

Salah satu hal menarik dari marketing public relations adalah kemampuannya untuk memengaruhi dan menciptakan opini publik. Marketing public relations dapat menciptakan program yang dapat mendorong (push) pembelian, mampu menambahkan nilai pada produk (added value), atau bahkan menyajikan nilai kepuasan pelanggan yang telah menggunakan produk (satisfied customer).

Strategi ini juga memiliki potensi untuk mendatangkan feedback untuk penyempurnaan produk maupun membangun brand. Marketing public relations dapat diterapkan dengan menyelenggarakan komunikasi dua arah yang diiringi informasi dan pesan yang dapat dipercaya. Dengan demikian, target konsumen dapat memberikan kesan positif terhadap perusahaan.

Baca juga: Mengenal Relationship Marketing Mulai dari Keunggulan, 5 Tipe, dan Contohnya

Demikian informasi mengenai public relation marketing beserta dengan fungsi dan strategi penerapannya. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan dan menjadi referensi untuk keperluanmu, ya!

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • hrzone.com
  • indonesiapr.id
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.jpg

    Careers

    Contoh Proposal Usaha Pengajuan Dana Investor Beserta Panduan Menyusunnya

    Felixitas Yolanda

    28 November 2022
    6 min read
    H1_Founder_Adalah_Tugas_dan_Tanggung_Jawab__Skill-set_(1).jpg

    Expert's Corner

    Founder Adalah: 5 Tugas dan Tanggung Jawab, Skill-set, serta Perbedaannya dengan CEO dan Owner

    Sartika Nuralifah

    25 November 2022
    5 min read
    H1_Surat_Dinas.jpg

    Careers

    10 Contoh Surat Dinas dari Berbagai Instansi Beserta Struktur Penulisannya

    Algonz D.B. Raharja

    25 November 2022
    5 min read

    Video