Published on

Careers

Mind Mapping: Pengertian, Benefit, Contoh, Cara Membuat, dan 7 Tools yang Digunakan

Nur Lella Junaedi

mind-mapping-adalah-EKRUT.jpg

Pemetaan pikiran atau mind mapping mungkin sudah tidak asing kamu dengar. Umumnya, mind mapping kerap kali digunakan oleh orang-orang saat mereka melakukan brainstorming tentang suatu permasalahan. Kamu pun bisa melakukan mind mapping ini. Namun, sebelum mengaplikasikannya, simak lebih dahulu apa itu mind mapping beserta contoh dan tools yang digunakan berikut ini!

Baca juga: 8 Cara melakukan brainstorming yang efektif

Apa itu mind mapping?

mind mapping adalah EKRUT
Mind mapping adalah cara efektif untuk mendapatkan, mengumpulkan dan memetakan informasi dari ide-ide yang ada dalam pikiran (sumber: pexels)

Mind mapping adalah sebuah cara efektif yang digunakan untuk mendapatkan, mengumpulkan dan memetakan informasi tentang ide-ide yang ada dalam pikiran. Nantinya, pemikiran ini akan diaplikasikan dalam bentuk visual seperti diagram atau bagan untuk mendapatkan gambaran jelas tentang subjek yang dipertanyakan.

Studi neurologis membuktikan bila menggunakan teknik visual untuk pemecahan masalah jauh lebih baik dan produktif ketimbang memakai teks. Tak heran jika pada akhirnya pengguna mind mapping memiliki pemikiran yang lebih terarah.

Namun siapa sebenarnya yang mengembangkan mind mapping ini? Tidak diketahui jelas oleh siapa yang mengembangkan pola berpikir mind mapping ini. Akan tetapi, pada abad ke-3 seorang filsuf bernama Porphyry of Tyros dianggap sebagai orang pertama yang memakai teknik ini dengan sebutan pohon Porphyrian untuk menuliskan pengantar dari karya Aristoteles, yakni Categories.

Di luar itu, Leonardo da Vinci juga kerap dianggap sebagai orang yang selalu menggunakan teknik mind mapping ini dalam berbagai macam catatannya. Hingga kini, konsep-konsep mind mapping terus berkembang dan diperbaiki. Bahkan sekarang, mind mapping tidak hanya ditulis dalam selembar kertas dan pulpen semata, melainkan sudah diaplikasikan di web, cloud, atau perangkat lunak di smartphone.

Baca juga: 6 Tips mengembangkan kemampuan berpikir strategis

Benefit menggunakan mind mapping

mind mapping adalah EKRUT
Benefit dari mind mapping salah satunya adalah untuk merangsang kreativitas (sumber: pexels)

Tak hanya digunakan sebagai cara untuk berpikir dan menemukan solusi, ternyata mind mapping juga bisa berguna dalam aktivitas sehari-hari lainnya. Adapun benefit mind mapping adalah sebagai berikut.

  • Bisa digunakan untuk belajar dan menghafal
  • Mempresentasikan informasi
  • Perencanaan
  • Meneliti dan menggabungkan informasi dari berbagai sumber
  • Brainstorming bagi individu atau kelompok
  • Pencatatan
  • Merangsang kreativitas
  • Meningkatkan daya ingat

Bila dilihat dari benefit-nya, sebenarnya metode mind mapping dapat digunakan oleh siapa saja untuk mempermudah kegiatan sehari-hari. Adapun orang-orang yang kebanyakan menggunakan pola berpikir mind mapping adalah mereka yang berprofesi sebagai guru, project manager, tim marketing, penulis, murid, dan sebagainya.

Baca juga: 5 Tahap pemecahan masalah yang efektif dan cara meningkatkan skill-nya

Contoh visual mind mapping


Contoh visual mind mapping (sumber: pexels)

Mind mapping tidak hanya berisikan teori atau materi saja. Lebih dari itu, mind mapping bisa berisi sebuah ide, rancangan proyek, sampai ringkasan laporan hasil kerja. Tak heran jika mind mapping banyak diandalkan dalam berbagai macam aspek. Nah, di bawah ini ada beberapa contoh mind mapping yang bisa dijadikan referensi.

#1 Contoh mind mapping 1


Mind mapping (sumber: vecteezy)

#2 Contoh mind mapping 2


Mind mapping (sumber: mindmeister)

#3 Contoh mind mapping 3


Mind mapping (sumber: venngage)

#4 Contoh mind mapping 4


Mind mapping (sumber: simplemind)

#5 Contoh mind mapping 5


Mind mapping (sumber: learningfundamentals)

Baca juga: Apa Itu Moodboard dan Bagaimana Cara Membuatnya? Simak 10 Tips Terbaiknya Di Sini!

3 Cara membuat mind mapping

mind mapping adalah EKRUT
Tuliskan atau gambar ide yang ingin kamu kembangkan pada selembar kertas lalu buatlah sub topik dari ide itu (sumber: pexels)

Cara membuat mind mapping pada dasarnya mudah untuk diikuti oleh semua orang. Berikut langkah-langkah membuat mind mapping yang bisa kamu perhatikan.

  • Tulis atau gambar ide yang ingin kamu kembangkan dengan meletakkan tulisan itu di tengah-tengah kertas lanskap
  • Dari ide utama itu, kemudian kembangkan menggunakan garis dengan menuliskan sub topik yang masih memiliki relasi dengan ide utama
  • Tulislah sub topik dengan frasa yang sangat pendek bahkan bila bisa hanya 1 kata
  • Tambahkan gambar untuk membangkitkan pikiran atau menyampaikan pesan lebih baik 
  • Ulangi proses ini untuk sub topik bahkan hingga sub topik tersebut memiliki anak tingkatnya masing-masing

Untuk menambah menarik pola mind mapping tersebut, kamu bisa menggunakan spidol berwarna untuk menuliskan ide utama ataupun garis serta sub topik. Buat tabel sesingkat mungkin dan kamu juga bisa memvariasikan penggunaan font untuk tiap ide utama dan sub topik tersebut. Dari ide utama ini, nantinya kamu bisa mengaplikasikan mind mapping dalam berbagai bentuk sesuai dengan jenisnya, seperti berikut:

1. Planning mind mapping

Mind mapping jenis ini digunakan saat kamu akan merencanakan sebuah proyek atau memilih tindakan yang berbeda untuk kemajuan proyek yang sedang dijalani. Adapun tujuan dilakukannya mind mapping adalah untuk memvisualisasikan kesuksesan. Jadi, ide utamanya adalah hasil yang akan dikejar, sedangkan sub topiknya adalah cara untuk mencapai hasil tersebut.

2. Library mind mapping

Mind mapping jenis ini juga sering disebut juga peta referensi. Tujuan dari library mind mapping adalah untuk memilih dan mengatur informasi yang dikumpulkan supaya mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang subjek. Cara membuat library mind mapping, yaitu dengan menyatukan semua informasi dan mengaturnya di pohon peta. Peta kemudian akan menunjukkan bagaimana masing-masing informasi terhubung satu sama lain dan bagaimana bisa mendapatkan gagasan utama.

3. Presentation mind mapping

Seperti namanya, peta pemikiran ini digunakan untuk mempresentasikan proses suatu ide kepada audiens. Peta pemikiran ini mengilustrasikan bagaimana suatu proyek berjalan untuk melacak langkah-langkahnya. Bila audiens dapat mengerti bagaimana peta pemikiran dapat berjalan, berarti mind mapping tersebut terstruktur dengan baik.

Baca juga: 9 Cara meningkatkan kemampuan problem solving

7 Tools yang digunakan dalam membuat mind mapping

mind mapping tools
7 macam tools mind mapping digital yang bisa diakses dari komputer dan ponsel (sumber: pexels)

Setelah mengetahui cara menggunakan metode mind mapping, sekarang kamu bisa langsung mencoba beberapa alat mind mapping digital yang bisa diakses melalui website dan aplikasi di ponselmu.

1. ClickUp (ClickUp.com)

1. ClickUp (Clickup.com)
Tersedia 100 mind map dalam paket gratis ClickUp (sumber: clickup)

Alat yang satu ini adalah perangkat lunak untuk merencanakan dan mengatur projek, ide, dan hal lainnya dengan konsep mind mapping. Kamu bisa membuat 100 mind map secara gratis. Terdapat fitur yang membantumu menggambar hubungan antara proyek dan tugasnya, membuat visualisasi cara kerja, dan struktur proyek atau tugas. Kamu juga bisa membuat dan mengatur tugas secara mudah dan langsung dari peta pikiran yang sudah kamu buat.

Kamu bisa membuat diagram dalam bentuk bebas dan menggunakan node sebagai titik referensi untuk tugas yang sudah dikerjakan, kemudian mengubah node menjadi tugas. Kamu dapat membuat dan menautkan tugas dalam mind mapping ini menggunakan fungsi seret dan lepas dengan sangat praktis. Kamu pun bisa berbagi mind map ini dengan tim atau kolaborator lain secara real-time.

Sayangnya, fitur untuk mengizinkan pengeditan tidak tersedia untuk paket gratis, alat ini juga cukup lambat saat digunakan di ponsel, dan hanya paket bisnis dan perusahaan yang bisa mengakses mind map secara tak terbatas.

2. Ayoa (Ayoa.com)

Ayoa (Ayoa.com)
Membuat mind map dengan beragam gambar di Ayoa (sumber: ayoa)

Tidak seperti alat mind mapping yang lain, Ayoa menyediakan platform all-in-one dimana pengguna bisa membuat mind map yang cantik, melakukan monitoring proyek, membuat to-do list, dan berkolaborasi dengan tim.

Ayoa dirancang untuk bisa memberikan inspirasi kreativitas dan memercikkan ide-ide hebat. Tersedia bermacam-macam gaya mind mapping untuk membantu pengguna seperti tradisional mind mapping, gambar tangan, organic mind map dengan cabang lengkung yang halus, speed mind map, dan radial map.

Ayoa dapat disambungkan dengan Dropbox, Google Drive, dan Google Contact. Kamu juga bisa mengubah catatan dari Evernote menjadi sebuah tugas dengan Ayoa. Dengan bantuan Google Calendar, kamu bisa melakukan sinkronisasi secara otomatis dengan proyek yang kamu kerjakan di Ayoa. Fitur lainnya juga dapat membantumu membuat task langsung dari email. Sayangnya, cukup sulit untuk memindahkan tugas di antara mind map dan papan tugasmu di Ayoa.

3. Milanote (Milanote.com)

Milanote.com
Berkolaborasi membuat mind map secara real-time di Milanote (sumber: milanote)

Dengan Milanote, kamu bisa membuat mind mapping jauh dari kata sederhana. Di sini kamu bisa menambahkan media seperti foto, video, tautan, dan membuat sebanyak mungkin level hierarki untuk membuat topik yang lebih spesifik. Seperti mind map lainnya, di sini kamu juga bisa berkolaborasi secara real-time dan tersedia berbagai macam template untuk mempermudahmu membuat proyek baru dengan cepat.

Kamu bisa menyimpan tautan dan membuat catatan dengan mudah, menautkan satu papan ke papan lain, alat ini juga ringan dan cepat apalagi dengan fitur kombinasi catatan, papan, dan foto. Kekurangan alat ini adalah kamu hanya punya 100 elemen di paket gratis, kamu juga tidak bisa menyembunyikan komentar tanpa menghapusnya, dan kamu harus membuat akun untuk melakukan live sharing.

4. MindMeister (MindMeister.com)

Mindmeister.com
Membuat mind map sederhana di MindMeister (sumber: mindmeister)

Mind map yang satu ini memiliki desain sederhana yang tetap cantik dengan basis cloud yang membantumu lebih mudah membuat, mengembangkan, dan berbagi ide secara visual untuk dirimu sendiri atau bersama tim. MindMeister memiliki tampilan yang mudah digunakan tanpa pilihan yang terlalu banyak sehingga berguna untuk pemula. Kamu bisa dengan cepat menambahkan ide, melampirkan gambar, video, file, tautan, atau menggambar langsung sketsa konsep yang kamu inginkan.

Ada fitur kolaborasi yang berguna untuk membantu tim kamu dalam memberikan vote, berkomentar, bahkan mengobrol di dalam aplikasi ini. Kamu juga bisa mengubah mind map menjadi sebuah presentasi dengan fitur otomatis dan fitur seret. Fitur lain yang sangat membantu adalah beberapa template yang tersedia dan kemudahan dalam melakukan sharing. Sayangnya, alat ini kurang berfungsi dengan baik saat digunakan di layar sentuh dan kurang terintegrasi.

5. MindGenius (MindGenius.com)

Mindgenius.com
Menyusun ide dengan MindGenius (sumber: mindgenius)

Alat yang satu ini merupakan kombinasi dari konsep mind mapping dan alat perencanaan proyek. Alat ini didesain untuk penggunaan edukasi, pekerja lepas, bisnis kecil, dan agensi. Ada fitur seret dan lepas untuk membuat mind map, juga fitur perencanaan proyek seperti Gantt chart, Kanban, dan alat dasar untuk laporan proyek. Fitur lain yang tersedia seperti filter, highlighting, dan label.

MindGenius bisa diintegrasi dengan Microsoft Office sehingga kamu bisa dengan mudah melakukan ekspor data proyek dan mind map ke Word, Excel, Outlook, PowerPoint, dan Microsoft Project. Sayangnya, kurva belajar di alat ini lebih sedikit dibandingkan aplikasi lain.

6. Miro (Miro.com)

Miro.com
Membuat mind map bersama tim di Miro (sumber: miro)

Miro menawarkan kanvas mind map dengan beberapa set widget, template, dan seperangkat alat untuk membuat cerita atau peta perjalanan pengguna, dan lain-lain. Aplikasi ini membantu kamu dan tim yang harus work from home dalam membangun ide. Kamu bisa melakukan meeting, kolaborasi, dan sinkronisasi dengan mudah di Miro. Alat ini dapat diintegrasikan dengan Dropbox, Box, Google Suite, JIRA, Slack, Sketch, OneDrive, Zapier, dan lain-lain. Namun, kamu harus waspada dengan kemungkinan lag pada papan besar yang terjadi saat loading.

7. SmartDraw (SmartDraw.com)

Miro.com
Membuat mind map dengan gambar di SmartDraw (sumber: smartdraw)

Tersedia lebih dari 4500 templates dengan lebih dari 70 tipe diagram yang berbeda, termasuk flowchart, infografis, desain landscape, decision tree, timeline, mind map, CAD diagram, dan masih banyak yang lainnya. Dengan kolaborasi secara online, kamu bisa membuat diagram yang sama dalam waktu bersamaan. Tersedia mesin pemformatan cerdas yang bisa membuat penyesuaian otomatis untuk mempertahankan pengaturan diagram yang sudah kamu buat. SmartDraw bisa disambungkan dengan Microsoft Office, Google Apps, JIRA, Confluence, DropBox, WordPress, Trello, dan lain-lain. Sayangnya, pada versi gratis fungsinya sangat rendah. Kamu juga tidak bisa memutar workflow dari horizontal ke vertikal.

Baca juga: 6 Tahap berpikir design thinking yang buat kamu kreatif

Itulah artikel mengenai mind mapping. Dengan mengaplikasikan pola pemikiran ini, kamu bisa berpikir lebih jelas dan lebih mudah mencari solusi dari setiap permasalahan. Semoga informasi di atas bermanfaat untukmu, ya!

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • litemind.com
  • simplemind.eu
  • edrawsoft.com
  • adelaide.edu.au
  • mindmapping.com
  • mindmappingsite.com
  • emeraldgrouppublishing.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    0-creative-thinking.jpg

    Careers

    7 Cara Meningkatkan Creative Thinking dan Pentingnya dalam Dunia Kerja

    Arin Khurota

    30 September 2022
    6 min read
    cara-membuat-motivation-letter---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara membuat motivation letter yang baik beserta contohnya

    Maria Tri Handayani

    30 September 2022
    3 min read
    efikasi-diri-adalah-EKRUT.jpg

    Careers

    Hubungan efikasi diri dengan tingkat produktivitas kerja

    Nur Lella Junaedi

    30 September 2022
    5 min read

    Video