Technology

Apa Itu Miro dan Bagaimana Cara Menggunakannya? Begini Ulasan Lengkapnya!

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Anisa Sekarningrum

Content writer experiences in digital marketing, startup, and writing feature article. 

H1_1._Apa_Itu_Miro_dan_Bagaimana_Cara_Menggunakannya__Begini_Ulasan_Lengkapnya!.png

Bekerja work from anywhere dan terpisah jarak dengan rekan tim yang lain membuat proses brainstorming dan pencarian ide menjadi cukup sulit untuk dilakukan. Kini tidak perlu khawatir lagi, karena sudah tersedia tool yang dapat membantu proses brainstorming menjadi lebih efektif. Simak artikel ini untuk mencari tahu cara menggunakan dan ulasan lengkapnya.

Apa itu Miro?

logo miro
Miro adalah aplikasi kolaboratif online berbentuk papan tulis - Miro

Miro adalah sebuah aplikasi dengan konsep papan tulis kolaboratif online sehingga kamu dan tim dapat berkolaborasi dan bekerja sama secara efektif. Kamu dapat mengundang rekan kerjamu dari jarak jauh untuk mencari ide, mengelola proyek bersama di waktu yang sama, sehingga proses brainstorming menjadi lebih efektif. Tim dapat menggunakan papan tulis Miro untuk bertukar pikiran dengan membuat sticky notes digital hingga perencanaan dan pengelolaan alur kerja yang ringkas. Miro juga membantu tim mengatur rapat dan workshop menggunakan obrolan video, presentasi, berbagi, dan banyak fitur lainnya.

Miro yang diluncurkan pada tahun 2011 ini menawarkan beragam fitur dan opsi keanggotaan sehingga menjadi pilihan yang menarik untuk kontributor individu, manajer proyek, pengembang dan konsultan. Miro juga dapat terhubung ke beberapa tools kerja seperti Google Drive, Slack, Asana, Trello, hingga SurveyMonkey.

Miro dapat diunduh di komputer, ponsel, tablet hingga surface hub atau mengakses melalui cloud dari situs web mereka. Sayangnya aplikasi ponsel Miro masih menawarkan pengalaman terbatas, sehingga para pemula disarankan menggunakan Miro versi desktop. Pengguna gratis akan diberikan tiga board.

Tersedia juga Miro Academy di mana kamu dapat mendaftar untuk mengikuti webinar mingguan yang mereka selenggarakan agar kamu dapat belajar bagaimana cara menggunakan tool ini untuk berkolaborasi dengan tim. Jika kamu membutuhkan program orientasi untuk sekelompok orang di kantormu, tersedia juga paket Miro Enterprise. Kamu bisa bergabung ke Komunitas Miro, menonton konten Miro di YouTube, membaca blog Miro, juga mengikuti Miro di media sosialnya untuk mengetahui semua berita terbaru dan pembaruan dari tool ini.

Baca juga: 15+ Project Management Tools Terbaik Tahun 2022

Fungsi Miro

ilustrasi desain yang dikerjakan di miro
Salah satu fungsi Miro adalah dapat berkomunikasi melalui panggilan video secara online - Miro

Miro menjadi salah satu papan tulis digital yang banyak disukai untuk berkolaborasi dengan orang lain. Berikut adalah beberapa fungsi Miro.

  • Membuat catatan dan desain
  • Memindahkan barang
  • Berkomunikasi melalui panggilan video atau obrolan online
  • Brainstorming ide bersama dari jarak jauh secara real-time
  • Membuat daftar ide atau topik agar fokus pada proyek
  • Mengembangkan cerita pengguna (customer journey map)
  • Wireframing konsep atau ide produk baru
  • Kamu dapat meninggalkan komentar untuk kontributor lain untuk perbaikan
  • Menyusun road map atau strategi untuk lokakarya atau program inovasi
  • Menjalankan rapat yang lebih menarik dan inovatif untuk tim dalam agile culture

Baca juga: Focus Group Discussion: Pengertian, Tujuan serta 6 Proses 

Cara Menggunakan Miro

workplace di miro
Untuk menggunakan Miro kamu harus mengunduh aplikasi ini dan mendaftarkan email-mu - Miro

Ikuti langkah berikut ini untuk menggunakan Miro

  • Unduh Miro di komputermu. Miro tersedia untuk Windows dan macOS.
  • Lakukan pendaftaran atau sign up untuk menggunakan Miro. Masukkan semua informasi dan klik Get started now
  • Berikutnya masukkan kode konfirmasi yang dikirimkan ke alamat email-mu yang terdaftar.
  • Selanjutnya kamu harus melengkapi detail yang dibutuhkan Miro seperti nama tim, alasan penggunaan Miro, posisimu dalam tim, status pekerjaan, hingga seberapa besar perusahaanmu.
  • Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengundang rekan setim kamu untuk berkolaborasi via Slack atau Gmail. Kamu dapat melewati bagian ini jika kamu belum ingin berkolaborasi dengan siapa pun.
  • Pilih fokus area yang kamu jalani sekarang, jika pilihan ini tidak berlaku untukmu, kamu dapat melewatinya dan langsung memulai kanvas kosong.
  • Setelah masuk ke dashboard Miro, klik New board dan pilih Create a shared board.
  • Kamu dapat memilih template yang disediakan Miro atau memulai sendiri dari nol.
  • Di papan tulis kosong ini, kamu dapat memilih tipe frame atau ukuran dari opsi yang ada. Fungsinya adalah untuk membatasi area dari papan tulismu sehingga kamu lebih mudah menyusun dan mengelola konten. Kamu juga dapat mengekspor bingkai yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Setelah memilih frame, kamu dapat menambahkan sticky notes, mind map, teks, atau video ke dalam papan tulis ini. Jika kamu memiliki beberapa frame dalam satu board, kamu dapat men-zoom out untuk melihat semua frame yang ada.
  • Untuk membuat mind map, kamu dapat melihat opsi mind map dengan memilih app menu di bagian bawah sebelah kiri. Pilih mind map dan letakkan di mana pun yang kamu mau. Klik tanda plus untuk membuat cabang pertama dan cabang-cabang turunannya. Kamu juga dapat menambahkan catatan, teks dan video.
  • Kamu juga dapat mengatur hasil penelitianmu menggunakan Miro, seperti menyimpan tautan situs web, URL untuk video dan gambar dalam dokumen. Sayangnya hal ini mungkin terbatas dan tidak terlalu informatif karena koleksinya linier.
  • Kamu dapat membagikan konten Miro ke Slack atau Gmail. Untuk membagikan feedback, kamu dapat menunjukkan reaksi ke board, lalu menandai orang lain, mengajukan pertanyaan, dan menambahkan komentar di dalam board yang sama. Rekanmu yang kamu tandai akan diberikan notifikasi via email mereka untuk dapat membaca komentar dan masukan yang kamu berikan. Kamu bahkan dapat membuat pertanyaan dengan color coding agar terlihat lebih menarik dan jelas.

Baca juga: 8 Aplikasi untuk Membuat Flowchart Mudah dan Gratis

Itu tadi cara menggunakan Miro untuk memudahkan kamu dan tim bekerja dengan lebih efektif. Semoga membantu, ya!

Jika kamu saat ini masih belum memiliki pekerjaan, coba daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT. Semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Sumber:

  • miro.com
  • makeuseof.com
  • innovationtraining.org
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1-3_Cara_Mengatur_Margin_di_Word_Sesuai_Kebutuhan_Agar_Pekerjaanmu_Semakin_Mudah.PNG

    Technology

    3 Cara Mengatur Margin di Word Sesuai Kebutuhan Agar Pekerjaanmu Semakin Mudah

    Lita Lia

    05 December 2022
    4 min read
    H1_tiktok_affiliate.jpg

    Technology

    Cara Daftar TikTok Affiliate Terbaru 2022 untuk Menambah Penghasilan

    Alvina Vivian

    05 December 2022
    6 min read
    aaron-weiss-_x6XZ_jp0g8-unsplash_(2).jpg

    Technology

    Cara Berjualan di TikTok Shop dan 6 Tips Agar Cepat Laris

    Fakhrizal Muttaqien

    05 December 2022
    6 min read

    Video