Technology

Apa itu OneDrive? Pengertian, Fungsi Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Natasya Primatyassari

Natasya Primatyassari has been dipping her toes into the digital marketing pool since 2018 and has helped numerous companies with their communication needs. Her passion is to make a business sparkle through its useful and engaging content.

H1_Apa_itu_OneDrive.jpg

Ada banyak layanan penyimpanan awan atau cloud storage service yang dapat kamu gunakan untuk menjaga agar data-data tetap aman secara daring. Beberapa alternatif layanan cloud storage yang sering digunakan antara lain Google Drive, Dropbox, dan juga OneDrive yang dikembangkan oleh Microsoft.

Baca juga: 5 kemampuan IT yang banyak dicari perusahaan

Apa itu OneDrive?


OneDrive adalah platform penyimpanan awan yang dikembangkan oleh Microsoft (sumber: unsplash)

Dikutip dari minitool.com, OneDrive yang diluncurkan pada Agustus 2017 ini merupakan layanan hosting file dan layanan sinkronisasi file. Microsoft OneDrive memungkinkan kamu untuk menyimpan data-data pribadi, seperti foto, dokumen, gambar, dll. Layanan ini juga memungkinkan kamu untuk menyinkronkan pengaturan sistem, penyesuaian visual, tema, pengaturan aplikasi, tab Microsoft Edge, riwayat penelusuran, dan bahkan kata sandi.

Semua yang ada dalam OneDrive disimpan dalam layanan penyimpanan awan sehingga kamu dapat berbagi file atau folder apa pun yang kamu inginkan dengan mudah. Cara yang digunakan juga serupa dengan layanan penyimpanan awan yang lebih populer seperti Google Drive. Kamu hanya perlu membagikan tautan tertentu kepada orang lain dan mereka dapat mengakses konten file dan folder kamu secara otomatis.

Microsoft OneDrive tersedia secara gratis untuk semua pemilik akun Microsoft. Namun, ruang penyimpanan yang disediakan hanya terbatas sebesar 5GB. Jika kamu membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar, kamu harus membayar atau berlangganan terlebih dahulu.

Baca juga: Apa itu Virtualisasi? Definisi, 5 Jenis, Manfaat, dan Sistem Kerjanya!

Fungsi dan kegunaan OneDrive


OneDrive berfungsi untuk menyimpan data secara daring (sumber: freepik)

Dilansir dari dummies.com, OneDrive memiliki fungsi yang sama dengan layanan penyimpanan awan lainnya, yaitu menyediakan tempat bagi pengguna untuk menyimpan data-data melalui internet. Untuk mengakses data yang berada dalam OneDrive, pengguna harus terlebih dahulu masuk dengan akun Microsoft.

Jika kamu masuk menggunakan perangkat komputer Windows 10 yang berbeda, tetapi menggunakan akun Microsoft yang sama, kamu tetap memiliki akses ke semua data yang ada di OneDrive. Di Windows 10, kamu tidak perlu mengunduh program khusus untuk memasang aplikasi OneDrive karena layanan penyimpanan ini sudah disertakan ke dalam Windows. Namun, untuk bekerja dengan platform OneDrive di perangkat seluler, kamu harus mengunduh salah satu program OneDrive terlebih dahulu — OneDrive untuk Mac, OneDrive untuk iPhone, iPad, atau Android.

Jika kamu telah memasang program ini, OneDrive akan menyinkronkan data antara komputer, ponsel, dan/atau tablet yang telah diatur dengan akun Microsoft yang sama, segera setelah perangkatmu terhubung ke internet.

Baca juga: 8 Digital marketing tools yang wajib untuk kamu tahu!

Kelebihan dan kekurangan OneDrive


Sinkronisasi data di OneDrive memungkinkan pengguna bekerja dari perangkat apa pun (sumber: freepik)

Meskipun telah mengenal lebih jauh fungsi dan kegunaan OneDrive melalui ulasan di atas, terkadang masih muncul pertanyaan apakah kita membutuhkan layanan penyimpanan ini? Beberapa orang menganggap membutuhkannya karena dapat membantu menjaga keamanan data, tetapi beberapa orang memilih layanan lain yang dianggap lebih dapat diandalkan. Dikutip dari minitool.com, berikut kelebihan dan kekurangan OneDrive.

1. Kelebihan OneDrive

  • Pengguna dapat menyimpan beberapa jenis file yang berbeda di OneDrive, lalu mengaksesnya dari PC Windows atau perangkat seluler mana pun.
  • Siapa pun pemilik akun Microsoft dapat menggunakan OneDrive secara gratis dengan kapasitas penyimpanan 5GB.
  • OneDrive memungkinkan pengguna untuk berbagi file dengan mudah. Orang lain dapat mengunjungi file yang kamu bagikan melalui tautan.
  • Dengan sinkronisasi OneDrive, pengguna dapat mengunduh konten ke perangkat mereka kemudian melanjutkan pekerjaan tersebut secara luring atau offline.
  • Sinkronisasi file dapat dilakukan sesuai permintaan. Pengguna tidak harus menyinkronkan seluruh file di dalam OneDrive, tetapi mereka dapat memilih untuk menyinkronkan file tertentu.
  • OneDrive memungkinkan pengguna untuk bekerja sama dengan aplikasi Microsoft Office lainnya karena berasal dari platform yang sama. Saat pengguna meluncurkan salah satu aplikasi Microsoft Office, pengguna dapat melihat daftar dokumen terbaru, termasuk yang disimpan ke dalam OneDrive.

2. Kekurangan OneDrive

  • Kapasitas penyimpanan yang diberikan secara gratis oleh OneDrive tergolong kecil. Jika pengguna ingin menyimpan lebih banyak file, mereka perlu membeli kapasitas ruang penyimpanan yang lebih besar.
  • Beberapa pengguna khawatir tentang masalah privasi karena Microsoft memiliki hak untuk memindai file yang disimpan di OneDrive dengan tujuan mengantisipasi konten-konten yang tidak pantas.
  • Terdapat beberapa masalah saat sinkronisasi file, seperti file menjadi rusak, berantakan, atau bahkan tidak dapat dibuka setelah sinkronisasi selesai.
  • Akun OneDrive terkadang juga tidak dapat sign in.
  • Layanan penyimpanan OneDrive sudah berlangsung saat pengguna menyalakan komputer. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja perangkat dan menyebabkan proses booting menjadi lebih lambat.

Baca juga: Cara mudah dapatkan kuota tambahan di cloud

Setelah melihat berbagai kelebihan dan kekurangan OneDrive, kamu pasti sudah dapat memutuskan layanan penyimpanan mana yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Selain artikel di atas, kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi lengkap mengenai investasi, pengembangan karier, dan teknologi melalui artikel-artikel yang ada di EKRUT Media. Tak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan berbagai kesempatan mengembangkan karier sesuai dengan minatmu, hanya dengan sign up melalui EKRUT. Sambut kesempatan tersebut sekarang juga!

Sumber:

  • microsoft.com
  • minitool.com
  • dummies.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cache-dan-cookies-EKRUT.jpg

    Technology

    Fungsi cache dan cookies yang tak banyak diketahui!

    Maria Yuniar

    28 November 2022
    4 min read
    Google_Data_Studio_Fungsi__Fitur_Utama__Integrasi_Platform_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

    Technology

    Google Data Studio: Fungsi, Fitur Utama, Integrasi Platform, dan Cara Menggunakannya

    Sartika Nuralifah

    28 November 2022
    8 min read
    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Online 2022

    Sylvia Rheny

    25 November 2022
    5 min read

    Video