Published on

Careers

Manfaat dan Pentingnya Passion dalam Bekerja serta Cara Menemukannya

Detty Risetya

cover_(3).jpg

Kamu mungkin sering mendengar kalau orang sukses harus punya passion yang kuat. Bukan tanpa sebab, orang yang memiliki passion adalah orang yang berdedikasi dan menjalani apa pun sepenuh hati. Tak peduli seberapa sulit proses atau pekerjaan yang dijalani, dengan passion yang kuat, kamu akan mampu mengatasinya. Dengan kata lain, passion adalah apa yang mendorongmu agar bisa terus maju dan pantang menyerah.

Maka dari itu, pelaku usaha atau pebisnis yang sukses biasanya memiliki passion yang kuat dalam bisnis yang ditekuni. Dengan passion tersebut, mereka seakan-akan tidak sedang bekerja, tetapi sedang menjalani hobi yang menyenangkan dan mampu menghasilkan pundi-pundi uang. Ingin tahu manfaat dan pentingnya passion dalam bekerja serta cara menemukannya? Untuk itu, mari simak penjelasannya berikut ini!

Baca juga: 8 Cara Menjadi Lifelong Learner untuk Mengembangkan Diri Sepanjang Hayat

Contoh passion dalam bekerja


Orang yang memiliki passion karier akan selalu bersemangat dan gembira saat bekerja. (sumber: Pexels)

Di dunia kerja, passion adalah kunci agar setiap tantangan menjadi motivasi untuk meraih keberhasilan. Adapun contoh-contoh passion adalah sebagai berikut.

1. Proaktif

Karyawan yang mau belajar dan proaktif dalam pengerjaan suatu proyek menandakan ia memiliki passion kuat untuk berkembang. Coba bandingkan dengan karyawan yang tidak memiliki passion, tentunya ia akan cenderung menghindari proyek tersebut atau mungkin menolak. Karyawan yang memiliki passion adalah pekerja yang bersemangat dan selalu mencari ide-ide kreatif untuk memecahkan masalah. Sebab, hanya dengan cara ini akan terus belajar hal baru.

2. Kemauan untuk terus belajar

Contoh lain dari passion adalah karyawan yang berkemauan keras untuk terus belajar. Ia ingin keahlian dan keterampilannya berkembang. Misalnya, sering mengikuti seminar atau pelatihan sesuai bidang keahliannya.

3. Membantu anggota tim lain menemukan passion-nya

Karyawan yang memiliki passion adalah mereka yang ingin membantu orang lain menemukan passion-nya. Sebagai anggota tim, tentunya ingin agar selalu kompak dan solid. Karena itu, dalam interaksi antaranggota tim harus membantu rekan-rekan kerja yang lain lebih bersemangat.

Baca juga: Ingin Bekerja Sesuai passion? Pertimbangkan Hal Ini

Manfaat dan pentingnya passion


Passion dalam karier akan mempermudah kamu mencapai keberhasilan. (sumber: Pexels)

Dalam dunia kerja, passion adalah motivasi yang akan menunjukkan jalan kesuksesan. Dengan passion, kamu dapat menemukan alasan mengapa kamu harus bekerja sampai mencapai tujuan akhir. Di saat hambatan atau rintangan terasa sulit, mengerjakan tugas sesuai passion membuatmu bekerja sepenuh hati. Bahkan, pekerjaan yang dijalani setiap hari terasa seperti melakukan hobi yang menyenangkan.

Dengan begitu, hasil pekerjaan akan lebih baik. Sebab, pekerjaan yang dilakukan sepenuh hati dan rasa gembira membuat hasilnya lebih berkualitas. Di sisi lain, passion adalah semangat yang mudah ditularkan di tempat kerja. Jika kamu selalu bekerja dengan passion dan gembira, lingkungan kerja akan terasa lebih menyenangkan.

Baca juga: 15 Motto Hidup Sukses yang Bisa Jadi Inspirasi

Cara menemukan passion


Cara menemukan passion kamu di antaranya ikut bimbingan mentor atau coach. (sumber: Pexels)

Menemukan passion adalah hal yang tidak mudah, terutama untuk menemukan passion dalam berkarier. Oleh karena itu, di bawah ini ada beberapa langkah untuk membantumu memutuskan passion karier yang bisa dipertimbangkan.

1. Penilaian diri sendiri

Coba pikirkan lagi, apa saja hal-hal yang kamu sukai? Apa kekuatan dan kelemahanmu? Apa yang kamu inginkan dalam hal karier? Pertanyaan ini bisa membantu menemukan passion dalam karier terbaik. Sebagai contoh, apakah kamu ingin karier dengan gaji tinggi? Atau, kamu ingin menjalani karier di bidang sosial sesuai passion, meski gajinya tak seberapa banyak? Kamu juga bisa berdiskusi dengan keluarga, saudara, atau teman terpercaya yang bisa memberikan saran dan menilai kekuatanmu secara jujur.

2. Ikuti tes bakat atau kepribadian

Cara berikutnya untuk menemukan passion adalah mengikuti tes bakat dan kepribadian. Biasanya, di beberapa kota terdapat perusahaan jasa yang memberikan layanan menilai bakat atau kepribadian seseorang. Layanan ini mirip seperti jasa psikotes. Sebagai contoh, orang yang berkepribadian sabar, lebih cocok berkarier di bidang pengasuhan anak, guru, pengajar, dan layanan publik. Sedangkan, orang yang memiliki kepribadian analitis dan mahir teknologi lebih cocok jika karier passion-nya adalah pengembang perangkat lunak atau spesialis IT.

3. Membuat daftar passion yang disukai

Masih bingung dalam menentukan apa passion yang kamu sukai di dunia karier? Coba buat daftar semua karier yang kamu minati. Proses ini akan mempersempit opsi-opsi karier untuk menemukan passion yang cocok. Pikirkan tentang industri yang menurutmu sangat menarik. Misalnya, passion di bidang musik, animasi, pendidikan, atau sains.

4. Ikuti program magang

Sebelum menemukan passion yang paling cocok, kamu juga bisa mengikuti program magang atau internship di perusahaan sesuai minatmu. Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan pengalaman kerja langsung di perusahaan. Sehingga, kamu memiliki gambaran umum tentang apa passion kamu sebenarnya.

Baca juga: Pengertian Passion dan 15 Alasan Pentingnya 

Bagi sejumlah orang, mungkin sulit menemukan karier sesuai passion. Akan tetapi, perlu diingat bahwa semua orang pasti memiliki passion dalam pekerjaannya. Passion adalah kekuatan positif yang menginspirasi di tempat kerja. Oleh sebab itu, ketika kamu sudah menemukan passion di dunia kerja harus terus dikembangkan dengan benar. Sebab, passion adalah salah satu motivator paling kuat agar kamu sukses dalam kehidupan personal dan dunia karier.

Di EKRUT, kamu bisa menemukan banyak peluang dan info karier dari berbagai perusahaan ternama di Indonesia. Sebagai platform rekrutmen talenta terbaik, EKRUT akan membantumu menemukan pekerjaan terbaik sesuai passion dan minatmu. Sign up EKRUT sekarang dan dapatkan panggilan interview hanya dalam hitungan minggu!

Sumber:

  • kompas.com
  • katadata.co.id
  • gramedia.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    0-creative-thinking.jpg

    Careers

    7 Cara Meningkatkan Creative Thinking dan Pentingnya dalam Dunia Kerja

    Arin Khurota

    30 September 2022
    6 min read
    efikasi-diri-adalah-EKRUT.jpg

    Careers

    Hubungan efikasi diri dengan tingkat produktivitas kerja

    Nur Lella Junaedi

    30 September 2022
    5 min read
    Harga_Pokok_Penjualan-HPP_Pengertian__3_komponen__dan_cara_menghitungnya.jpg

    Careers

    Harga Pokok Penjualan (HPP): Pengertian, 3 Komponen, dan Cara Menghitungnya

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    30 September 2022
    5 min read

    Video