Published on

Careers

8 Cara Menjadi Lifelong Learner untuk Mengembangkan Diri Sepanjang Hayat

Sylvia Rheny

8_Cara_Menjadi_Lifelong_Learner_untuk_Mengembangkan_Diri_Sepanjang_Hayat.jpg

Tidak ada batasan usia untuk belajar, itulah mengapa ada istilah lifelong learner. Menjadi lifelong learner tentu akan memberikanmu segudang manfaat untuk perkembangan diri dalam menghadapi berbagai situasi dalam hidup. Namun, yang menjadi tantangan adalah tentang bagaimana memelihara dorongan dan semangat untuk terus menjadi lifelong learnerYuk, cari tahu apa itu lifelong learner, manfaat menjadi lifelong learner, dan bagaimana cara menjadi lifelong learner untuk pengembangan diri yang lebih baik!

Baca juga: 7 Tips untuk Membangun Self Development dan Beberapa Rekomendasi Buku Terbaiknya

Apa itu lifelong learning?


Lifelong learner adalah seseorang yang berfokus pada pengembangan diri. (Sumber: Pexels)

Lifelong learning adalah bentuk pendidikan yang dimulai dari diri sendiri yang berfokus pada pengembangan pribadi. Meskipun tidak ada definisi standar tentang lifelong learning, secara umum istilah tersebut mengacu pada pembelajaran yang terjadi di luar lembaga pendidikan formal, seperti sekolah, universitas, atau pelatihan perusahaan.

Namun, lifelong learning tidak harus membatasi dirinya pada pembelajaran informal. Hal ini paling baik digambarkan sebagai sukarela dengan tujuan mencapai pemenuhan pribadi. Cara untuk mencapai hal ini dapat menghasilkan pendidikan informal atau formal.

Baca juga: Pentingnya Self Improvement dan 20 Tips untuk Memulai Karier

Manfaat menjadi lifelong learner


Manfaat menjadi lifelong learner adalah meningkatkan rasa percaya diri. (Sumber: Pexels)

Memasukkan lifelong learning untuk menjadi lifelong learner dalam hidup dapat menawarkan banyak manfaat jangka panjang. Beberapa manfaat menjadi lifelong learner adalah sebagai berikut.

1. Lifelong learner memiliki motivasi diri yang terus diperbarui

Seseorang terkadang terjebak dalam kebiasaan melakukan sesuatu hanya karena harus melakukannya, seperti pergi bekerja atau membersihkan rumah. Namun, menjadi lifelong learner akan membuatmu terus memperbarui dan mencari tahu apa yang menginspirasimu. Hal ini bisa menempatkanmu kembali di kursi pengemudi dan menjadi pengingat bahwa kamu benar-benar dapat melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan dalam hidup dan mencapai tujuan-tujuan baru yang belum kamu capai sebelumnya.

2. Peningkatan keterampilan pribadi dan profesional lainnya

Disamping memulai kesibukan mempelajari keterampilan atau memperoleh pengetahuan baru, kamu juga bisa membangun keterampilan berharga lainnya yang bermanfaat untuk kehidupan pribadi dan profesional. Misalnya, belajar menjahit membutuhkan pemecahan masalah, belajar menggambar melibatkan pengembangan kreativitas, dan sebagainya. Pengembangan keterampilan dapat mencakup keterampilan interpersonal, kreativitas, pemecahan masalah, pemikiran kritis, kepemimpinan, refleksi, kemampuan beradaptasi, dan banyak lagi.

3. Meningkatkan rasa percaya diri

Menjadi lebih berpengetahuan atau terampil dalam sesuatu dapat meningkatkan kepercayaan diri kita baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional kita. Dalam kehidupan pribadi, kepercayaan diri ini dapat berasal dari kepuasan mencurahkan waktu dan upaya untuk learning dan improving yang memberikanmu sense of accomplishment. Dalam kehidupan profesional, kepercayaan diri ini dapat berupa perasaan percaya yang kita miliki terhadap pengetahuan dan kemampuan untuk menerapkan apa yang telah kamu pelajari.

Baca juga: 9 Rekomendasi buku self improvement yang menarik

8 Cara menjadi lifelong learner


Beberapa cara menjadi lifelong learner. (Sumber: Pexels)

Setelah mengetahui apa saja manfaat menjadi lifelong learner, selanjutnya kamu bisa mencari tahu bagaimana cara menjadi lifelong learner. Berikut ini adalah 8 cara menjadi lifelong learner yang bisa kamu terapkan dalam hidupmu.

1. Sadari bahwa lifelong learning adalah tanggung jawab diri sendiri

Sepanjang perjalanan kamu mempelajari hal-hal baru, mungkin kamu telah bertemu berbagai macam hambatan yang menghalangi kamu untuk menempuh pendidikan dengan lancar, namun pada akhirnya, kamu sendiri yang harus bertanggung jawab atas proses belajar tersebut.

Berbeda dengan pendidikan wajib yang segala sesuatunya telah diarahkan, ketika menginjak dewasa dan sekolah formal berakhir, kamu tidak akan mendapatkan lagi arahan untuk belajar ini dan itu. Kamu perlu menyadari bahwa kamu perlu mengerahkan upaya sendiri untuk mendapatkan dan mengembangkan pengetahuan dan ilmu baru yang sebelumnya belum pernah kamu pelajari. Itulah mengapa lifelong learning adalah bagian dari tanggung jawab diri sendiri.

2. Tentukan tools yang akan kamu gunakan untuk belajar

Bagaimana cara kamu belajar? Apakah kamu tipe orang yang lebih efektif ketika mendengarkan podcast, mencatat, menggambar mind map, atau mengulang beberapa kali apa yang telah kamu pelajari? Menentukan tools yang akan kamu gunakan untuk belajar bisa membantu banyak dalam menjadi lifelong learner. Identifikasi tools yang kamu gunakan untuk pembelajaran diri sendiri, dan mungkin kamu bisa menambahkan beberapa tools baru. Menyadari bagaimana kamu belajar adalah bagian penting dari menjadi lifelong learner yang efektif.

3. Cobalah hal-hal baru secara teratur

Menjadi lifelong learner juga bisa dilakukan dengan mencoba hal-hal baru secara teratur. Mencoba hal-hal baru tidak hanya membuat otak tetap tajam tetapi juga membuat mindset terus berkembang. Ketika kamu memperluas perspektif, kamu akan mulai menyadari bahwa masih banyak yang tersisa untuk dipelajari tentang dunia. Selain itu, kamu juga bisa memperluas relasi dari mencoba hal-hal baru di sekitarmu. Dari situ juga, kamu bisa memperluas kesempatan-kesempatan baru yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya.

4. Buat daftar “untuk dipelajari” dan tetapkan tujuan

Cara menjadi lifelong learner selanjutnya adalah dengan membuat daftar apa saja yang ingin dipelajari dan menetapkan tujuan. Melakukan ini bisa membantu kamu untuk menyusun rencana untuk beberapa waktu ke depan. Mengidentifikasi dan memvisualisasikan tujuan yang kamu buat juga bisa membantumu menjadi lifelong learner yang efektif.

Baca juga: 4 Manfaat Self Reminder yang Perlu Direnungkan beserta Cara untuk Memulainya

5. Ajukan pertanyaan ketika mengalami kebingungan

Kamu mungkin berpikir bahwa mengajukan pertanyaan adalah tanda kelemahan, namun alangkah lebih baik jika mengubah pemikiran itu, bahwa mengajukan pertanyaan adalah suatu tanda kedewasaan. Jika kamu cukup percaya diri dengan kecerdasanmu sendiri untuk bertanya ketika kamu membutuhkan bantuan, maka kamu tidak akan kesulitan menjadi lifelong learner. Selain itu, aktif bertanya akan membuat kamu tahu lebih banyak daripada menjadi seseorang yang terlalu pemalu untuk bertanya.

6. Praktikkan

Pembelajaran berbasis keterampilan tidak ada gunanya jika tidak diterapkan. Belajar melukis tidak sama dengan memungut kuas. Jika pengetahuan atau ilmu yang kamu pelajari dapat diterapkan, praktikkan, dan ciptakan sesuatu. Mempraktikkan ini dapat membantumu menjadi lifelong learner yang efektif.

7. Pilih karier yang mendorong pembelajaran

Pilih karier yang mendorong pembelajaran terus-menerus. Jika kamu berada dalam pekerjaan yang tidak memiliki banyak kebebasan intelektual, pertimbangkan untuk beralih ke pekerjaan yang memiliki kebebasan intelektual. Jangan habiskan empat puluh jam dalam seminggu untuk pekerjaan yang tidak menantang sama sekali.

8. Meningkatkan memori

Jika kamu tidak dapat mengingat apa yang telah kamu pelajari, maka proses belajar itu sendiri bisa membuatmu frustrasi. Untuk itu, cobalah cara yang bisa meningkatkan memori. Ada banyak teknik yang tersedia untuk membantu meningkatkan kapasitas memori kerjamu sehingga kamu dapat mengingat lebih banyak dari apa yang telah kamu pelajari. Ini tentu akan sangat bermanfaat dan membantumu menjadi lifelong learner.

Baca juga: 8 Contoh Self Management Skills untuk Menunjang Karier

Sekian penjelasan tentang 8 cara menjadi lifelong learner dan manfaat-manfaat yang bisa kamu peroleh dengan menjadi lifelong learner. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • vocasia.id
  • lifehack.org
  • opencolleges.edu

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    H1_1._10__Rekomendasi_Kursus_Digital_Marketing.jpg

    Careers

    10+ Rekomendasi Kursus Digital Marketing

    Anisa Sekarningrum

    21 September 2022
    8 min read

    Video