Published on

Careers

Pengertian Passion dan 15 Alasan Pentingnya Passion dalam Dunia Kerja

Detty Risetya

cover_(6).jpg

Kamu pasti setuju jika passion adalah salah satu kunci keberhasilan meraih sukses. Contohnya, dalam hal pencapaian karier yang lebih tinggi, dengan passion yang kuat, kamu akan merasa lebih bersemangat dan antusias menyelesaikan pekerjaan atau tugas yang diberikan.

Satu hal yang pasti, passion adalah bahan bakar yang akan membuatmu lebih produktif dan siap menghadapi tantangan di masa depan. Di bawah ini adalah beberapa hal yang akan membantumu memahami lebih lanjut mengenai apa itu passion dan alasan mengapa passion penting dalam dunia kerja.

Apa itu passion?


Passion adalah kunci meraih kesuksesan dalam dunia karier. (Sumber: Pexels)

Pernahkah kamu bertemu teman kantor yang sering mengeluh tentang pekerjaannya? Atau adakah suatu tugas kantor yang paling membuatmu bersemangat menyelesaikannya, padahal orang lain enggan? Ada alasan di balik kurangnya semangat dan antusias di tempat kerja. Hal ini bisa saja karena kurangnya passion saat bekerja. Jadi, apa itu passion?

Passion adalah semangat atau keinginan kuat yang mendorong seseorang menjadi versi terbaik dirinya sendiri. Ibaratnya, passion adalah kekuatan yang membuatmu bersikap “saya pasti bisa!” dalam diri sendiri. Bagi kebanyakan orang, passion adalah motivasi yang akan menjadi penyemangat untuk mengatasi semua rintangan menuju sukses.

Baca juga: Ingin bekerja sesuai passion? Pertimbangkan hal ini

Mengapa menemukan passion itu penting?


Dengan passion dan tekad kuat, pekerjaan berat akan menjadi ringan dan menyenangkan. (Sumber: Pexels)

Biasanya, orang yang bekerja dengan passion adalah pekerja yang produktif. Sebab, ia menjalani pekerjaan sehari-hari dengan penuh sukacita, semangat, dan antusias. Ada bedanya antara orang yang bersemangat kerja karena uang dan passion. Orang yang bekerja untuk mendapatkan upah memiliki tujuan atau orientasi untuk memenuhi kebutuhan nafkah keluarganya. Sedangkan passion adalah sesuatu yang dikerjakan dengan gembira atau senang hati.

Jika pegawai bekerja dengan passion, maka ia akan menikmati pekerjaan tanpa beban. Sesuai laporan Deloitte, hampir 88% karyawan tidak menyukai pekerjaannya atau tidak mempunyai passion. Namun, seiring waktu, banyak perusahaan yang berusaha menghibur dan memotivasi karyawannya agar bersemangat dalam bekerja.

Baca juga: 4 Konsep Ikigai dan Cara Menerapkannya di Dunia Kerja

15 Alasan pentingnya passion dalam dunia kerja


Passion adalah bagian penting dalam pekerjaan apapun. Tanpa passion, karyawan akan mudah menyerah. (Sumber: Pexels)

1. Meningkatkan fokus saat bekerja

Passion adalah berkaitan kondisi pikiran. Ketika kamu bersemangat bekerja, maka kamu akan menjalankan tanpa beban dan lebih fokus. Kalau kamu bekerja dengan perasaan gembira, hasilnya kamu juga lebih mudah berkonsentrasi.

2. Menambah inovasi dan kreativitas

Melakukan pekerjaan yang disukai adalah pengalaman paling menyenangkan. Karena kamu merasa antusias dan bersemangat, kreativitas dan inovasi muncul dengan sendirinya setiap hari. Ide-ide datang seiring meningkatnya kondisi mental yang positif, dibandingkan ketika kamu melakukan pekerjaan yang membosankan.

3. Keinginan meraih prestasi tinggi

Bekerja dengan semangat dan passion adalah kunci meraih keberhasilan. Ketika penuh semangat, kamu pasti melakukan dengan teliti dan sebaik mungkin agar tidak ada kesalahan. Jadi, kamu selalu mengedepankan langkah terbaik dan pada akhirnya mencapai prestasi yang jauh lebih unggul.

4. Berupaya maksimal saat bekerja

Ketika bekerja dengan passion, kamu akan berupaya maksimal untuk mencapai hasil sesuai ekspektasi. Kamu berupaya dan berkontribusi karena ingin memberikan hasil yang terbaik. Inilah alasan mengapa passion adalah sangat penting di tempat kerja. Sebab, secara alami meningkatkan produktivitas dan kamu siap memberikan 100% usaha terbaikmu untuk mencapainya.

5. Menciptakan energi positif di tempat kerja

Ketika bangun di pagi hari, dan kamu menyadari akan melakukan pekerjaan yang sesuai passion, maka kamu akan merasa lebih berenergi dan semangat. Bahkan, setibanya di tempat kerja, kamu bekerja dengan giat dan berenergi untuk menyelesaikan tepat waktu. Mungkin, kamu bahkan ingin mengirimkan lebih cepat dari tenggat waktu.

6. Termotivasi saat bekerja

Kalau kamu memiliki passion saat bekerja, maka waktu yang dijalani akan terasa menyenangkan dan penuh motivasi. Kamu merasa bahagia atas apa yang sudah kamu lakukan dan merasa termotivasi. Begitu kamu selesai bekerja, kepuasan batin akan makin meningkat.

7. Merasa lebih puas dan tidak mudah stres

Bagi karyawan, memiliki passion adalah cara terbaik mengurangi stres. Sebab, kamu melakukan pekerjaan dengan senang hati, maka pikiran dan tubuh merasa lebih rileks dan bahagia. Jadi, bukannya stres atau capek setelah bekerja, kamu justru merasa rileks, gembira, dan puas dengan aktivitasmu.

8. Tidak merasa terbebani

Kalau kamu menghabiskan sebagian besar waktumu untuk bekerja dengan passion, kamu tidak akan merasa terbebani. Bahkan, sekalipun pekerjaannya banyak dan menumpuk, kamu senang menjalaninya.

9. Lingkungan kerja lebih nyaman

Semangat dan passion yang dibawa ke lingkungan kerja akan menular ke sesama rekan kantor. Lingkungan kerja menjadi lebih menyenangkan, gembira, dan tidak terlalu canggung. Kamu akan membawa energi positif ke seluruh lingkungan kerja.

10. Siap kerja lembur

Bila kamu bekerja dengan passion, maka kerja lembur akan terasa seperti melakukan hobi yang menyenangkan. Contohnya, ketika kamu harus lembur sampai malam hari untuk menggambar desain, semua akan kamu nikmati prosesnya.

11. Mau bekerja ekstra

Terkadang dalam kondisi tertentu, ketika kantor sangat sibuk, kamu mungkin diminta melakukan tugas tambahan di luar tanggung jawabmu. Karena kamu bekerja sesuai passion, kamu siap melakukan tugas ekstra dengan gembira.

12. Passion memicu grafik pencapaian

Kamu bisa mencapai kesuksesan hanya ketika bekerja sesuai passion. Jika kamu senang dengan pekerjaan saat ini, kamu siap menghadapi setiap tantangan. Passion adalah kunci untuk meningkatkan kemampuan dan kamu siap menghadapi rintangan dengan solusi kreatif.

13. Menikmati setiap tugas

Jika kamu menikmati pekerjaanmu dengan passion, kamu akan memanfaatkan waktu sebaik mungkin tanpa menyia-nyiakan.

14. Membantu mencapai target

Perasaan puas ketika berhasil mencapai target adalah pencapaian puncak karier yang kamu tetapkan bagi diri sendiri. Oleh karena itu, kamu perlu jujur pada diri sendiri dan mengambil pekerjaan yang benar-benar sesuai passion.

15. Membangun sikap positif

Dalam bekerja, passion adalah sikap peduli atau fokus pada pekerjaan. Kalau kamu ingin berhasil, kamu perlu bersikap dan berpikir positif. Sikap positif akan memberikan energi agar kamu berhasil meraih kesuksesan.

Baca juga: Kumpulan quotes inspirasi karier untuk motivasi diri

Tahukah kamu, passion adalah kunci kesuksesan. Kamu bisa mencapai kesuksesan karier jika menemukan passion dalam pekerjaan. Bila kamu ingin menemukan karier yang sesuai passion, EKRUT hadir sebagai platform rekrutmen profesional yang siap membantumu meraih kesuksesan. Di laman EKRUT Media dan YouTube Official EKRUT, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi seputar peluang kerja dan tips karier. Yuk, sign up EKRUT sekarang untuk mewujudkan karier sukses sesuai minatmu!

https://lh5.googleusercontent.com/GlphcN_RKLGrATnFMAYFxskIqF0loRi9fR0rb5lD35b1vFlor6NmRhUkUgfqD_lPXe4DkRXmGahtSRCEIAMjyhhRyjpgwvMo5jVUyidD1IZQ68hHiwPXOdE2IA_sSwIPAekeuOhwKhwV6jAPwA

Sumber:

  • accurate.id
  • jobberman.com
  • content.wisestep.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    tujuan-karier-EKRUT.jpg

    Careers

    Simak! 7 Tips Membuat Tujuan Karir Kamu Lebih Terarah

    Nelson Simbolon

    23 September 2022
    4 min read

    Video