Published on

Careers

7 Pekerjaan dengan gaji tinggi di bidang teknologi

Nur Lella Junaedi

pekerjaan-dengan-gaji-tinggi-EKRUT.jpg

Sebagian besar orang, termasuk kamu, pasti ingin memiliki pekerjaan dengan gaji yang tinggi. Nah, salah satu bidang pekerjaan yang bisa memberikan kamu bayaran yang cukup tinggi adalah teknologi atau IT. 

Ada beberapa hal yang menyebabkan gaji di bidang IT terbilang tinggi, mulai dari semakin banyaknya perusahaan yang mulai go-digital, hingga jumlah tenaga kerja yang masih sedikit. 

Tertarik bekerja di bidang ini dan mendapatkan gaji tinggi? Agar kamu tidak bingung memilih pekerjaan apa yang cocok untukmu, berikut adalah beberapa pekerjaan dengan gaji tinggi di bidang teknologi. 

1. Data Scientist

pekerjaan dengan gaji tinggi EKRUT
Data Scientist akan melakukan analisis dan memberikan data  pemangku kepentingan - EKRUT

Data Scientist masuk ke dalam ranah pekerjaan yang melingkupi bidang Big data. Data Scientist nantinya akan melakukan analisis dan memberikan data yang jelas kepada pemangku kepentingan. 

Adapun technical skill untuk posisi ini yaitu dengan memahami tentang Machine Learning (ML), algoritma, database dan sebagainya. 

Lantaran kebutuhan akan profesi ini semakin banyak, diperkirakan gaji yang bisa diperoleh oleh Data Scientist sekitar Rp14.000.000 hingga Rp19.000.000. Meski begitu, hal ini tentu juga tergantung dari pengalaman dan keterampilan yang dimiliki. 

Baca juga: 5 Fakta menjadi Data Scientist, sudah tahu?

2. Data engineer 

pekerjaan dengan gaji tinggi EKRUT 
Data Engineer juga masuk ke dalam pekerjaan dengan gaji tinggi - EKRUT

Pekerjaan dengan gaji tinggi lainnya di bidang IT adalah profesi Data Engineer.

Keberadaan posisi ini penting bagi perusahaan karena mampu mengolah data mentah menjadi informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan dan strategi bisnis.

Skills yang diperlukan untuk menjadi data engineer biasanya meliputi aspek pemahaman terhadap Hadoop V2, HDFS, MapReduces, pengetahuan tentang kueri big data, memahami kerangka ETL seperti Flume dan Data warehouse. 

Dengan kemampuan tersebut diperkirakan gaji untuk posisi Data Engineer antara Rp10.000.000 hingga Rp20.000.0000 sesuai dengan pengalaman dan tingkat  kemampuan yang kamu miliki. 

3. Senior Web Developer 

pekerjaan dengan gaji tinggi EKRUT 
Skills yang harus dimiliki oleh Senior Web Developer yakni kemampuan pemrograman - EKRUT

Ini merupakan profesi yang fungsinya untuk mengembangkan aplikasi berbasis web. Tak hanya itu, biasanya Senior Web Developer juga akan memberi bantuan kepada Admin Web untuk mengintegrasikan sistem front end dan back  end. 

Kamu bisa menjadi Senior Web Developer apabila telah menguasai beberapa skills penting seperti pengetahuan dalam bahasa pemrograman PHP dan Ruby. 

Lalu mengerti tentang proses pengembangan front end serta terlatih dengan berbagai sistem manajemen konten. Besaran gaji untuk profesi ini mencapai sekitar Rp10.000.000 hingga Rp25.000.000.

4. DevOps Engineer

pekerjaan dengan gaji tinggi EKRUT
 
DevOps Engineer bertanggung jawab melindungi Cloud dari Hacker - EKRUT

Seorang DevOps Engineer salah satunya bertanggung jawab dalam melindungi cloud dari Hacker atau virus serta mendukung pengguna infrastruktur yang dikembangkan. 

Peran ini membutuhkan skills dalam bahasa pemrograman, pemecahan masalah, analitis, kolaborasi, dan tentunya bahasa pemrograman.

Perkiraan gaji untuk seorang DevOps Engineer bisa mencapai Rp15.000.000hingga Rp35.000.000 dalam sebulan.  

5. Mobile Application Developer

pekerjaan dengan gaji tinggi EKRUT 
Skills yang diperlukan untuk bidang ini bahasa pemrograman C, Python dll - EKRUT

Pekerjaan Mobile Application Developer kerap juga dikenal dengan sebutan Mobile Engineer. Profesi ini yang membuat perangkat aplikasi berbasis Android, iOS dan Windows untuk aplikasi di smartphone atau tablet.

Karena cakupan bidangnya cukup luas, maka kerap kali Mobile Application Developer memiliki spesialisasi dalam pengembangan tertentu seperti khusus untuk aplikasi handphone, accounting software dan graphic software. 

Skills yang diperlukan untuk bidang ini di antaranya pemahaman terhadap bahasa pemrograman C, Python atau Java serta pemahaman terhadap sistem operasi Android, iOS dan Windows. 

Lantaran kebutuhannya semakin banyak, profesi Mobile Application Developer ini juga masuk ke dalam jajaran pekerjaan dengan gaji tinggi mencapai sekitar Rp12.000.000 hingga Rp36.000.000 sebulan berdasarkan keterampilan dan pengalamannya.

Baca juga: 10 Skills ini bantu kamu jadi Mobile Engineer handal!

6. Software Engineer

pekerjaan dengan gaji tinggi EKRUT 
Gaji seorang Software Engineer berkisar Rp 10 juta hingga Rp 40 juta - EKRUT

Profesi Software engineer masuk sebagai salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi pada tahun 2021. 

Ada banyak tanggung jawab dan tugas dari pekerjaan ini beberapa di antaranya memecahkan masalah debug,memperbaharui sistem yang ada, melakukan coding serta melakukan uji coba dengan baik, dan memperbaharui perangkat lunak.

Setidaknya untuk menjadi Software Engineer yang andal, kamu harus bisa menguasai keahlian bahasa pemrograman JAVA, Ruby, dan C+, memiliki pemahaman tentang database relasional, pemahaman rekayasa perangkat lunak dan sebagainya. 

Diperkirakan gaji yang akan diperoleh Software Engineer antara Rp10.000.000 hingga Rp40.000.000 untuk level Senior Software Engineer.

7. Cloud Architect

pekerjaan dengan gaji tinggi EKRUT 
Semakin banyak perusahaan yang membutuhkan Cloud Architect - EKRUT

Dengan banyaknya perusahaan yang menggunakan platform cloud computing membuat keberadaan profesi Cloud Architect menjadi sangat dibutuhkan di masa depan. 

Pekerjaan utama dari profesi ini adalah untuk mengembangkan strategi komputasi perusahaan, dengan menggabungkan antara manajemen dan pemantauan cloud serta desain aplikasi cloud

Beberapa keterampilan penting yang harus dimiliki oleh cloud architect di antaranya adalah: 

  • Pemahaman tentang Azure, Google Cloud, dan Amazon Web Service.  
  • Pemahaman tentang sistem operasi Linux, Windows, Solaris dan Ubuntu.
  • Mengerti tentang jaringan yang mencakup pengetahuan tentang TCP/IP, IP address

Selain itu, seorang Cloud Architect harus memiliki pengetahuan dasar tentang firewall dan komponen keamanan lainnya. 

Adapun gaji untuk posisi Cloud Architect ini berkisar antara Rp35.000.000 hingga Rp50.000.000. 

Baca juga: 4 Pertimbangan saat ingin mendapatkan gaji yang tinggi

Nah itu dia daftar pekerjaan dengan gaji di bidang IT yang tren kebutuhannya terus naik seiring waktu. 

Jika kamu ingin menekuni salah satu profesi di atas, pastikan kamu terus meningkatkan kemampuanmu dengan baik. 

Pasalnya, teknologi akan selalu berkembang dan akan selalu ada ilmu baru yang perlu kamu pelajari. 

Menjadi seseorang yang andal di bidangnya tidak hanya akan membuat pekerjaanmu menjadi lebih mudah, tapi juga dapat membantumu untuk terus meningkatkan angka gajimu. 

pekerjaan dengan gaji tinggi EKRUT

Sumber: 

  • roberthalf
  • careerexplorer
  • bmc
 

Tags

Share