Published on

Careers

10+ Rekomendasi Peralatan Kantor beserta Fungsinya yang Wajib Kamu Miliki

Farah Reginda

H1_10__Rekomendasi_Peralatan_Kantor_Beserta_Fungsinya_yang_Wajib_Kamu_Miliki.jpg

Menyelesaikan pekerjaan tidak hanya memerlukan sumber daya manusia yang berkualitas tetapi juga peralatan yang mendukung. Baik bekerja di kantor maupun di rumah, peralatan kantor atau office equipment ini akan sangat membantumu menjalani aktivitas kantor. Lihat daftarnya di bawah ini untuk melihat kelengkapan peralatan kantormu, yuk!

13 Rekomendasi peralatan kantor yang wajib dimiliki


Perusahaan menyediakan peralatan kantor untuk membantu kinerja karyawannya. (Sumber: Unsplash)

Peralatan kantor merupakan alat-alat yang dapat membantu karyawan menyelesaikan pekerjaannya dengan efektif dan baik. Pada umumnya, barang ini punya harga yang relatif mahal tetapi dapat dipakai dalam rentang waktu yang lama. Dalam beberapa usaha dan industri, tidak adanya peralatan ini dapat menghambat produktivitas perusahaan.

Perusahaan tempatmu bekerja seharusnya telah menyediakan peralatan ini. Namun, apabila kamu menjalani work from home, ada baiknya kamu memilikinya secara pribadi. Sambil melihat list-nya di bawah ini, ayo checklist apakah kamu atau kantormu sudah melengkapinya atau belum!

1. Webcam


Webcam terpisah dapat menjadi pelengkap komputermu. (Sumber: Unsplash)

Pekerjaan kantoran identik dengan frekuensi meeting yang tinggi, dan beberapa waktu ke belakang ini sering dilakukan secara online. Personal computer (PC) atau laptop dengan kualitas webcam rendah perlu dilengkapi dengan webcam terpisah yang jernih dan bagus. Pastikan barang terpisah ini cocok dengan perangkatmu dan bergaransi.

2. Earphone atau headset


Agar hasil meeting terdengar dengan baik, gunakan headset berkualitas. (Sumber: Pexels)

Melengkapi webcam, earphone, atau headset adalah investasi penting untuk melakukan panggilan, mengikuti meeting, bahkan sesederhana melakukan tumpukan pekerjaanmu. Selain menghasilkan suara yang jernih, miliki peralatan ini yang memfasilitasi noise cancel agar kamu bisa tetap fokus dan tidak terganggu suara lainnya.

3. Koneksi internet


Pertimbangkan menggunakan wi-fi router untuk penggunaan internet jangka panjang. (Sumber: Unsplash)

Hampir di seluruh sektor industri, pekerjaan tidak akan berjalan lancar tanpa adanya koneksi internet. Hal tersebut memfasilitasi penyelesaian pekerjaan dengan cepat dan semua hasil dapat tersimpan dengan baik di cloud yang berbasis online. Untuk jangka panjang, kamu tidak bisa mengandalkan portable wifi saja dan perlu beralih ke mengatur wifi router untuk kecepatan koneksi dan jumlah biaya yang lebih baik. Survei kebutuhan dan layanan yang paling sesuai untuk aktivitasmu sebelum berlangganan internet, ya.

4. Kotak arsip


Kotak arsip membuat meja kerjamu menjadi lebih rapi. (Sumber: Unsplash)

Mayoritas pekerjaan dalam bentuk soft file bukan berarti kamu tidak akan memiliki dokumen kertasnya. Untuk menyimpan berkas tersebut, pastikan kamu memiliki kotak arsip yang cukup dan awet. Peralatan kantor ini juga berfungsi agar membuat meja kerjamu menjadi lebih rapi. Kamu bisa menata dokumenmu berdasarkan kategori dan ditempatkan di kotak arsip sesuai pembagiannya.

Baca juga: 7 Fasilitas Kerja yang Wajib Karyawan Ketahui dan Manfaatkan

5. Map


Ada banyak pilihan map sesuai kebutuhanmu. (Sumber: Harga.web.id)

Menyimpan berkas di kotak arsip saja tidak cukup. Agar lebih terawat dan tersimpan dengan baik, gunakan map. Map juga berguna untuk memudahkanmu memindahkan dan membawa dokumen ke berbagai tempat. Saat ini, ada banyak jenis dan bentuk map, mulai dari yang berbahan plastik, kertas, hingga berbentuk amplop dan cover pada umumnya. Kamu bisa menggunakan stopmap, map folder, map snelhecter, map gantung, dan masih banyak lagi.

6. Amplop


Amplop sering digunakan untuk mengirim dokumen penting. (Sumber: Pexels)

Apabila fungsi map tadi lebih personal, fungsi amplop lekat dengan kebutuhan perusahaan. Sebagai alat bungkus yang mayoritas berbahan kertas, amplop sering digunakan untuk mengirim surat dan dokumen penting sejenis. Berjaga-jaga dengan memiliki setidaknya 1 pak amplop tidak ada salahnya, lho!

7. USB flash drive


Ukuran kecil dan kapasitas memori besar jadi nilai plus USB flash drive. (Sumber: Unsplash)

Penyimpanan cloud tidak selamanya bisa diandalkan. Kamu perlu membuat data cadangan yang dapat kamu simpan di USB flash drive. Alat ini merupakan alat penyimpanan data portabel yang digunakan dengan dihubungkan ke port USB di perangkat apapun. Ukurannya yang kecil dengan kapasitas memori relatif besar membuatnya digemari oleh sejumlah pengguna.

Jika kamu hendak membagikan file atau mencetak file di tempat lain dan aktivitas sejenisnya, kamu tidak perlu repot membawa PC atau laptop; cukup masukkan datamu ke USB flash drive. Cek dan bersihkan dengan antivirus secara berkala, ya, karena alat ini akan sering keluar masuk perangkat yang berbeda-beda.

8. Alat sortir


Pekerjaan jadi lebih cepat dan ringan dengan alat sortir. (Sumber: Solusiprinting.com)

Banyaknya dokumen dan salinan kertas terkait hal yang serupa dapat membuatmu kebingungan dan menghambat kinerja. Dengan alat sortir, tuntutan kerja cepat dan cermat dapat kamu penuhi sehingga tugas dapat selesai dengan baik dan mudah. Alat ini dapat berupa keranjang besi rendah, lemari, ataupun rak yang dapat kamu tandai sesuai kategori sortir.

Baca juga: 9 Barang Wajib Buat Karyawan Baru

9. Alat tulis kantor (ATK)


Alat tulis kantor merupakan persiapan wajib dalam pekerjaan. (Sumber: Pexels)

Tidak peduli seberapa digitalnya pun perusahaan dan pekerjaan kita, alat tulis kantor (ATK) akan tetap digunakan dan perlu dipersiapkan. Pensil, penghapus, bolpoin, tipe-x, stapler, staples, gunting, penggaris, penjepit kertas, lem, dan masih banyak lagi harus kamu miliki. Pastikan alat-alat ini dekat dan mudah kamu jangkau, ya.

10. Lampu meja


Rawat kesehatan mata saat bekerja dengan pencahayaan yang baik dari lampu meja. (Sumber: Pexels)

Bagi kamu yang memiliki penglihatan minus atau kurang baik, pencahayaan alami dari dalam ruangan tentu tidak cukup. Akhirnya, matamu menyesuaikan keadaan yang berpotensi makin memperburuk penglihatanmu, apalagi jika kamu bekerja di malam hari. Miliki lampu meja dengan pencahayaan yang baik dan desain ergonomis. Ada banyak pilihan yang tentunya aman bagi kesehatan matamu.

11. Numerator


Terdapat numerator versi lama dan praktis yang kini sudah mulai ramai dipakai. (Sumber: Mbiz.co.id)

Alat pemberi nomor pada lembaran kertas atau biasa disebut dengan numerator sangat membantu kinerja karyawan yang banyak berurusan dengan berkas. Tidak hanya memberi nomor, numerator juga berfungsi untuk memberi tanggal-bulan-tahun yang dibutuhkan. Cara kerjanya sangat mudah, hanya dengan mengatur angka yang diinginkan lalu diolesi dengan tinta dan ditekan pada kertas yang diinginkan.

12. Perforator


Perforator sering digunakan bersama map snelhecter. (Sumber: Ceklist.id)

Alat yang satu ini mungkin lebih kamu kenal dengan sebutan plong-plongan. Perforator atau alat pelubang kertas sering digunakan ketika berkas hendak disimpan dengan map snelhecter. Ukuran lubang mayoritas berdiameter 5 mm, tetapi ukuran ini sudah cukup untuk kebutuhanmu. Kamu cukup menekan gagang perforator hingga bagian kertas terlubangi. Pastikan kamu menggunakannya di bagian yang tepat, ya.

Baca juga: 10+ Rekomendasi Perabot Kantor Beserta Fungsinya

13. Kalkulator


Kalkulator mempermudah pekerjaan hitung-hitungan. (Sumber: Unsplash)

Bagi kamu yang bekerja di bidang keuangan atau membutuhkan ketepatan perhitungan yang cepat, kalkulator harus siap sedia di sekitarmu. Alat bantu hitung portabel saat ini memiliki fitur yang makin lengkap, terutama untuk formula yang cukup rumit dan tidak awam. Kamu tidak perlu memiliki yang sangat lengkap, kok, sesuaikan dengan kebutuhanmu saja.

Apakah kamu sudah memiliki peralatan kantor menurut daftar ini? Jika dirasa perlu dan akan meningkatkan produktivitasmu, segera lengkapi, yuk! Tentunya alat-alat tersebut dapat meringankan pekerjaan dan lanjut meningkatkan track record di kariermu saat ini. Jangan khawatir, apabila belum mendapatkan pekerjaan impianmu, segera daftarkan diri di EKRUT untuk mendapatkan sejumlah panggilan wawancara sesuai harapan!

Sumber:

  • adahobi.com
  • autonomous.ai
  • designingidea.com
  • pabrikcontainer.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    H1_1._10__Rekomendasi_Kursus_Digital_Marketing.jpg

    Careers

    10+ Rekomendasi Kursus Digital Marketing

    Anisa Sekarningrum

    21 September 2022
    8 min read

    Video