Register

Expert's Corner

Mengulik peran dan tugas VP Business Development dari Bahaso

Nur Lella Junaedi

11 March 2020

peran_dan_tugas_vp_business_development_EKRUT.jpg

Seorang VP Business Development berperan penting dalam memimpin pelaksanaan strategi pengembangan bisnis sebuah perusahaan.

Hal ini seperti peran yang diemban oleh Muhammad Calvin Capnary selaku VP Business Development dari Bahaso, sebuah startup lokal penyedia aplikasi dan website pembelajaran bahasa asing. 

Nah, bila kamu penasaran dengan cerita lebih lanjut terkait peran dan tugas VP Business Development dari Bahaso ini, yuk ikuti terus ulasannya di sini. 

Ruang lingkup VP Business Development di Bahaso

peran dan tugas vp business development EKRUT 
Dalam hal pekerjaan ruang lingkup VP Business Development mencakup C-Level, development, conten dll-EKRUT

Bahaso membagi target pasar mereka ke dalam tiga macam, yaitu: 

  • Business to Customer (B2C), bentuk transaksi bisnis yang dilakukan dengan menjual langsung produk atau jasa ke konsumen 
  • Business to Business (B2B), bentuk transaksi bisnis yang dilakukan dengan menjual produk atau jasa kepada perusahaan bisnis lainnya
  • Business to Government (B2G), yakni bentuk kerja sama atau partner dengan pemerintah sebagai pengguna jasa dalam mengembangkan produk perusahan

Baca juga: Mengenal peran dan tugas Business Development Manager di Bibit.id

Nah, dari ketiga target pasar tersebut yang menjadi ruang lingkup dari tim Business Development di Bahaso sendiri adalah fokus pada target Business to Business (B2B) dan Business to Government (B2G) dalam bentuk kerjasama sebagai partner untuk mengembangkan produk dan pasar maupun sebagai pengguna jasa. 

Sementara bila dilihat dari ruang lingkup kerja sama tim, lulusan UI ini menjelaskan bahwa, dalam keseharian ia banyak bekerja dengan C-Level dan tim yang terdapat dalam divisi Business Heroes, seperti: 

  • Tim Business Development 
  • Tim Produk
  • Tim Creative dan marketing 
  • Content 
  • Operational
  • Tim teknologi 

Peran dan tugas VP Business Development Bahaso 

peran dan tugas vp business development EKRUT 
Peran dan tugas VP Business Development adalah bertanggung jawab terhadap strategi bisnis-EKRUT

Pada dasarnya, peran dan tugas VP Business Development di Bahaso adalah bertanggung jawab atas strategi untuk mengembangkan bisnis dan memelihara existing client yang ada. 

Untuk menjalankan peran dan tugas VP Business Development di Bahaso tersebut, Calvin menerapkan strategi yang secara umum melingkupi : 

  • Membagi peran dan tanggung jawab tim untuk pasar B2B dan B2G 
  • Mengembangkan proses bisnis dan produk dari Bahasa
  • Mengembangkan strategi pemasaran Bahaso baik online maupun offline

Hambatan dan tantangan VP Business Development Bahaso

peran dan tugas vp business development EKRUT 
Ketidakpastian keadaan bisnis dan ekonomi terkadang menjadi tantangan sebagai VP Business Development-EKRUT

Sama seperti pekerjaan lainnya yang memiliki hambatan dan rintangan, begitupun dengan yang dialami oleh Calvin. 

Sebagai seorang VP Business Development, pria yang sempat bekerja sebagai dosen ini bercerita bahwa, hambatan yang sering dialami adalah terkait permintaan layanan di luar jasa produk dan pelayanan yang dimiliki oleh Bahaso. 

Sedangkan tantangan kerja yang biasanya dihadapi oleh VP Business Development, biasanya berkaitan dengan ketidakpastian keadaan bisnis dan ekonomi. 

Selain itu, menurut Calvin tantangan lain juga bisa berasal dari kompetitor produk sejenis dengan segmentasi perusahaan penyedia layanan bahasa seperti Bahaso.

“Oleh karena itu, seorang Business Development harus kreatif dan memiliki problem solving yang baik untuk memenangkan persaingan,” ucap Calvin. 

Skill yang dibutuhkan oleh VP Business Development 

peran dan tugas vp business development EKRUT 
Salah satu skill yang dibutuhkan oleh VP Business Development adalah komunikasi dan persuasi-EKRUT

Bila kamu tertarik dengan posisi ini, kamu tak hanya perlu mengetahui peran dan tugas VP Business Development seperti yang sudah dijelaskan di atas. Kamu juga perlu tahu apa saja skill yang dibutuhkan untuk menempati posisi tersebut. 

Adapun skill VP Business Development yang esensial menurut Calvin adalah:

  • Komunikasi dan persuasi
  • Presentasi 
  • Time management
  • Berpikir kreatif dan problem solving 

Baca juga: 9 Cara meningkatkan kemampuan problem solving

Tak cukup hanya menguasai skill di atas, Calvin pun memberikan saran lain agar kamu menjadi pribadi yang profesional dan bertanggung jawab, serta bisa memberikan kontribusi terbaik baik  berupa finansial maupun non finansial kepada perusahaan. 

Selain itu, perlu dipahami bahwa untuk menjadi seorang VP Business Development kamu juga memerlukan pengalaman yang cukup. 

Menurut Calvin, setidaknya untuk sampai di posisi tersebut kamu memerlukan waktu selama 7 hingga 10 tahun perjalanan karier.

Meski begitu waktu yang dibutuhkan untuk setiap orang tentu dapat berbeda. Pasalnya, cepat atau lambatnya perkembangan karier seseorang akan kembali pada kinerja masing-masing. 

Untuk informasi selengkapnya terkait pekerjaan VP Business Development Bahaso, kamu juga bisa menyimaknya dalam video Expert Corner berikut ini. 

Nah, setelah membaca ulasan dan video terkait peran dan tugas VP Business Development di atas, apakah kamu masih berminat untuk meraih posisi ini?

Bila iya, teruslah belajar dan mengasah kemampuan dari  sekarang demi mencapai  tujuan karier tersebut ya. 

peran dan tugas vp business development EKRUT

Rekomendasi Bacaan: 

Tags

Share