Published on

Expert's Corner

Mengenal perencanaan SDM dan 3 faktor penting untuk dipertimbangkan

Natasya Primatyassari

Perencanaan_SDM.jpg

Perusahaan dengan jumlah karyawan yang banyak perlu melakukan perencanaan SDM. Perusahaan yang tidak memiliki perencanaan SDM berpotensi menghadapi risiko kelebihan atau kekurangan staf, belum lagi jika mempekerjakan karyawan yang tidak kompeten dan pada akhirnya hanya membuang-buang uang untuk melakukan pelatihan.

Apa itu perencanaan SDM (Sumber Daya Manusia)?

Apa itu perencanaan SDM (Sumber Daya Manusia)?
Perencanaan SDM merupakan proses berkelanjutan untuk mengoptimalkan tenaga kerja - Unsplash

Dikutip dari investopedia.com, perencanaan SDM (Sumber Daya Manusia) adalah proses berkelanjutan dari perencanaan sistematis untuk mengoptimalkan sumber daya manusia yang ada di perusahaan. Strategi ini digunakan untuk mempertahankan aliran karyawan yang berkualitas sekaligus menghindari kekurangan atau kelebihan karyawan.

Baca juga: People development: Tujuan, ruang lingkup, dan 12 tips meningkatkannya

Tujuan perencanaan SDM

Tujuan perencanaan SDM
Perencanaan SDM memudahkan perusahaan memetakan potensi karyawan - Pexels

Perencanaan SDM bertujuan untuk memudahkan perusahaan memetakan tenaga kerja sehingga dapat mempertahankan dan menargetkan kandidat yang tepat untuk dipekerjakan. Perencanaan SDM juga memungkinkan manajer untuk melatih dan mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan dengan lebih baik. Proses ini digunakan untuk membantu perusahaan mengevaluasi kebutuhan mereka dan merencanakan langkah yang harus ditempuh untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Berinvestasi dalam perencanaan SDM adalah salah satu keputusan terpenting yang dapat dibuat oleh perusahaan. Bagaimanapun, tingkat keterlibatan karyawan yang tinggi dapat turut berpengaruh terhadap kesuksesan perusahaan.

Manfaat perencanaan SDM

Manfaat perencanaan SDM
Salah satu manfaat perencanaan SDM untuk merekrut dan mempertahankan kandidat terbaik - Unsplash

Melakukan perencanaan SDM secara terstruktur akan mendatangkan banyak keuntungan bagi perusahaan. Berikut beberapa manfaatnya seperti dikutip dari techfunnel.com.

  • Pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik
  • Merekrut dan mempertahankan kandidat terbaik
  • Mengidentifikasi kebutuhan tenaga kerja
  • Meminimalkan biaya internal
  • Memastikan perusahaan mempekerjakan karyawan yang tepat di posisi yang tepat
  • Mempersiapkan tenaga kerja untuk ekspansi bisnis
  • Melatih dan mengelola karyawan
  • Meningkatkan koordinasi dan komunikasi antar departemen
  • Pertumbuhan kualitas dan kuantitas SDM secara bertahap

Baca juga: Account Executive: Tugas, skill-set, dan proyeksi karier 2021

Pentingnya perencanaan SDM

Pentingnya perencanaan SDM
Perencanaan SDM menjadi landasan untuk menjalankan fungsi lainnya - Pexels

Pendekatan yang menyeluruh berkaitan dengan perencanaan SDM penting karena beberapa alasan berikut seperti dikutip dari techfunnel.com.

1. Kebutuhan tenaga kerja masa depan

Perencanaan SDM diperlukan untuk mempertimbangkan hal-hal seperti pergantian dan penambahan tenaga kerja. Proses ini memungkinkan organisasi untuk menentukan tujuan perekrutan yang akurat.

2. Landasan untuk fungsi manajemen SDM lainnya

Aspek lain dari manajemen sumber daya manusia, seperti pelatihan dan tunjangan, secara langsung bergantung pada proses perekrutan.

3. Perspektif investasi

Perencanaan SDM merupakan investasi dalam perusahaan kamu. Memang dibutuhkan tambahan anggaran untuk mempekerjakan staf yang mengurusi bagian personalia, tetapi hal itu jauh lebih baik daripada menjalankan bisnis tanpa departemen SDM yang menyebabkan biaya akan jauh lebih mahal dalam jangka panjang.

4. Rencana ekspansi dan diversifikasi

Jika perusahaanmu memiliki rencana untuk berkembang, perencanaan SDM dapat membantu mewujudkannya. Demikian juga, jika kamu perlu mendiversifikasi tenaga kerja, kamu mungkin akan membutuhkan beberapa tahap perencanaan.

5. Perputaran karyawan

Tingginya tingkat perputaran karyawan (employee turnover rate) dapat menyebabkan stres bagi seluruh perusahaan. Perencanaan SDM yang tepat dapat mengurangi ketegangan ini dengan mengantisipasi pergantian sebelum hal tersebut terjadi.

6. Inventarisasi tenaga kerja yang berkompeten

Memiliki karyawan yang dapat memenuhi atau melampaui harapan perusahaan merupakan hal yang tidak mudah. Perencanaan SDM akan membantu memetakan dan menemukan inventaris staf yang berbakat dan berkualitas.

Baca juga: Manajemen sumber daya manusia: 7 Fungsi, tujuan, dan ruang lingkup

Faktor yang perlu dipertimbangkan dalam perencanaan SDM

Faktor yang perlu dipertimbangkan dalam perencanaan SDM
Kemajuan teknologi menjadi salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan - Pexels

Pembahasaan mengenai perencanaan SDM tidak dapat dilepaskan dari faktor eksternal yang dapat memengaruhi kegiatan operasional sehari-hari. Dikutip dari blog.shrm.org, berikut beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan.

1. Peraturan pemerintah

Bekerja di bawah departemen SDM akan mengarahkanmu untuk selalu mematuhi hukum dan beradaptasi dengan peraturan pemerintah. Jenis peraturan ini memengaruhi setiap proses departemen SDM, termasuk perekrutan, pelatihan, kompensasi, pemutusan hubungan kerja, dan banyak lagi. Jika tidak mematuhi peraturan tersebut, perusahaanmu terancam mendapat sanksi berupa denda hingga penutupan perusahaan.

2. Kemajuan teknologi

Ketika teknologi baru mulai diperkenalkan, departemen SDM dapat mencari cara untuk menghemat biaya internal. Melalui aplikasi atau perangkat lunak yang tersedia, pekerjaan yang biasanya memakan waktu 2-4 orang bisa dipangkas menjadi satu pekerjaan yang dikerjakan oleh satu orang. Teknologi merevolusi cara melakukan bisnis dan bukan hanya dari sudut pandang konsumen, tetapi juga dari sudut pandang pelaku bisnis.

3. Demografi tenaga kerja

Ketika generasi yang lebih tua pensiun dan generasi baru memasuki dunia kerja, departemen sumber daya manusia harus mencari cara untuk menarik kandidat baru ini. Mereka harus mempekerjakan dengan cara yang berbeda dan menawarkan berbagai jenis paket kompensasi yang sesuai untuk generasi muda ini. Pada saat yang sama, mereka juga harus menawarkan lingkungan kerja yang kondusif bagi cara kerja generasi ini.

Baca juga: 7 Tips sukses merancang rencana karier untuk masa depanmu

Memiliki perencanaan yang baik memungkinkan perusahaanmu mengantisipasi pergantian dan kebutuhan staf di masa depan, beradaptasi dengan perubahan, dan melakukan peningkatan SDM. Selain melakukan perencanaan SDM, seorang manajer SDM juga memiliki tanggung jawab lainnya. Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai lingkup pekerjaan sebagai seorang HR Manager, kamu bisa simak video di bawah ini, ya!

sign up EKRUT

Sumber: 

  • investopedia.com 
  • techfunnel.com
  • blog.shrm.org 

Tags

Share