Published on

Expert's Corner

Account Executive: Tugas, skill-set, dan proyeksi karier 2022

Maria Tri Handayani

tugas-account-executive---EKRUT.jpg

Banyak perusahaan mencari Account Executive atau AE khususnya untuk memperluas dan membangun hubungan yang baik dengan klien. Namun, sejauh mana sebenarnya tugas Account Executive dalam sebuah perusahaan? Simak penjelasan berikut. 

Apa itu Account Executive?

tugas account executive - EKRUT
Seorang Account Executive harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik - EKRUT

Pada dasarnya AE atau Account Executive adalah orang yang memiliki tanggung jawab sehari-hari dalam mencari dan menjaga hubungan bisnis yang berkelanjutan dengan klien. Untuk menjalankan perannya tersebut, seorang Account Executive harus memiliki keterampilan, salah satunya seperti: 

  • Penjualan. Seorang Account Executive harus memahami proses dan cara kerja tim sales atau penjualan itu sendiri.
  • Komunikasi. Sebagian besar peran Account Executive mensyaratkan kemampuan komunikasi yang mumpuni, baik verbal maupun non verbal agar dapat menarik dan menjaga hubungan yang baik dengan klien. 
  • Negosiasi. Account Executive akan dituntut untuk sering melakukan negosiasi demi mencapai kesepakatan antara klien dan calon klien.
  • Manajemen proyek. Kemampuan ini dibutuhkan karena seorang Account Executive tidak jarang akan mengelola lebih dari satu klien.  
  • Perencanaan strategis dan perhatian pada detail. Account Executive harus dapat dapat menilai kebutuhan masing-masing klien untuk membantu perencanaan strategis yang tepat dan efektif. 
  • Keterampilan presentasi. Ini dibutuhkan setiap kali Account Executive harus membagikan ide konsep dan laporan kepada klien dan pemangku kepentingan. 

Posisi Account Executive sendiri paling umum ditemukan pada bisnis periklanan, humas atau layanan keuangan dan teknologi. Sebagian besar perusahaan biasanya mencari Account Executive dari kandidat yang memiliki latar belakang pengalaman dan pendidikan tertentu seperti dari jurusan administrasi bisnis, komunikasi atau pemasaran. 

Baca juga: 8 Skills ini kamu butuhkan untuk jadi Sales yang sukses!

Tugas Account Executive

tugas account executive - EKRUT
Tidak hanya mencari klien baru, tugas Account Executive lainnya adalah mempertahankan klien yang ada - EKRUT

Peran dan tugas Account Executive biasanya memiliki perbedaan tergantung perusahaan dan industrinya masing-masing. Contohnya pada bisnis advertising, Account Executive memiliki peran sebagai penghubung antara klien dan departemen kreatif.  Account Executive akan memfasilitasi pertukaran informasi antara agensi dan klien sejak persiapan hingga pelaksanaan kampanye. 

Namun, di luar itu secara umum peran dan tugas Account Executive berpusat pada beberapa hal, antara lain: 

1. Mempertahankan klien yang ada

Salah satu tugas Account Executive adalah mempertahankan klien yang sudah dimiliki perusahaan. Dengan begitu kerja sama antara keduanya dapat terus berjalan dan bisnis perusahaan pun terjamin. Untuk mencapainya, Account Executive juga harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Pasalnya kamu harus terus menggali kebutuhan bisnis klien sehingga dapat mengidentifikasi peluang dan potensi kerja sama baru yang mungkin selama ini belum ada. Dengan melakukan ini klien yang ada akan tetap mempertahankan kerja sama dengan perusahaan.

2. Mencari klien baru 

Tugas Account Executive tidak hanya mempertahankan klien yang ada saat ini, tapi juga mencari dan menarik calon-calon klien baru demi menciptakan lebih banyak bisnis bagi perusahaan. Itu sebabnya biasanya Account Executive akan mendapat target tertentu dalam kaitannya untuk membawa klien baru dan menaikan penjualan bisnis perusahaan. 

3. Menjaga kepuasan pelanggan 

Account Executive juga harus memastikan kepuasan klien yang menjadi pelanggan perusahaan. Salah satu caranya dengan konsisten meminta umpan balik tentang perusahaan sebagai vendor. Pasalnya tugas Account Executive adalah memastikan pelanggan merasa didengar. Lagipula dengan meminta penilaian dari klien, Account Executive dapat memberikan saran strategis yang berkontribusi terhadap pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan. Umpan balik tersebut juga dibutuhkan untuk menetapkan target yang realistis di kemudian hari.

4. Mengumpulkan dan menganalisa data 

Tugas Account Executif lainnya adalah mengumpulkan dan menganalisa data demi membantu perusahaan menentukan  layanan yang ideal dan target pertumbuhan yang tepat. Analisa data tersebut dapat mencakup informasi tentang perilaku klien, tren industri, dan potensi pertumbuhan untuk setiap klien baru. Data ini akan bermanfaat tidak hanya saat mencari klien baru yang potensial bagi perusahaan namun juga dapat membantu menginformasikan gambaran bagi strategi penjualan perusahaan.

5. Menghilangkan ancaman dari kompetitor 

Tidak hanya tugas-tugas di atas, Account Executive juga diharapkan dapat memastikan bahwa klien atau calon klien tidak lari ke kompetitor lainnya. Untuk melakukan tugasnya tersebut, AE harus dapat berpikir secara strategis menganalisa kelebihan dan kekurangan dari para pesaing lalu mengenali kebutuhan klien yang tepat. Dengan begitu perusahaan bisa selalu selangkah di depan para kompetitor. 

Pengetahuan dan skills yang harus dimiliki

Pengetahuan dan skills yang harus dimiliki
Salah satu skill yang dibutuhkan Account Executive adalah keterampilan sales - Pexels

Untuk menjadi seorang Account Executive dengan kemampuan yang baik, kamu perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan berikut ini. 

1. Keterampilan menulis yang baik

Menurut Arzu Yonak, seorang pemilik dan Creative Director dari Addicted Youth Public Relations, Account Executive harus menjadi penulis yang baik, hal ini tidak bisa ditawar, karena mereka harus dapat mengkomunikasikan pesan klien secara efektif dengan cara yang menarik bagi media dan target audiens. Keterampilan menulis dibutuhkan karena biasanya seorang Account Executive juga menulis press release untuk menyampaikan informasi mengenai proyek klien untuk dipublikasikan.   

2. Kemampuan sales

Sebagai seorang Account Executive kamu perlu keterampilan penjualan yang baik karena menjual produk atau layanan kepada klien adalah salah satu tugas utama seorang AE. Keterampilan penjualan juga berpotensi untuk mendatangkan klien baru dan memastikan klien terdahulu tetap melakukan pembelian ulang. Untuk meningkatkan keterampilan ini kamu perlu mempelajari secara menyeluruh tentang produk atau layanan yang akan kamu jual, membuat pesan penjualan secara efektif, mengetahui siapa calon pembeli, serta mengapa pembeli tertarik untuk melakukan pembelian.

3. Kemampuan customer services

Erin Pieretti, seorang senior Account Executive di Bauserman Group, menyebutkan bahwa kemampuan melayani pelanggan dengan baik, keterampilan perencanaan strategis, kreativitas dan perhatian terhadap detail juga penting untuk dimiliki. Kemampuan customer service yang baik dapat membantu Account Executive menjadi lebih dekat dengan klien dan bisa mempengaruhi klien agar mau melakukan pembelian. Kemampuan ini juga penting untuk menjadi jembatan antara klien dan perusahaan agar dapat memberikan solusi terbaik bagi kedua belah pihak. 

4. Dapat bersosialisasi dengan baik

Skill bersosialisasi dengan baik sangat dibutuhkan karena Account Executive pasti bertemu banyak orang baru, baik itu klien maupun relasi lainnya. Keterampilan ini juga diperlukan saat AE harus berdiskusi dengan tim dari proyek maupun klien agar suasana tidak terkesan kaku dan semua pihak dapat berkomunikasi dengan nyaman dan efektif. 

5. Kemampuan komunikasi 

Kemampuan komunikasi yang baik sangat diperlukan untuk menjadi Account Executive yang sukses, karena mereka akan sering berkomunikasi secara lisan dan tertulis melalui telepon, email ataupun aplikasi chatting seperti WhatsApp. Kemampuan ini berfungsi untuk menjaga hubungan baik dengan semua pihak. Sehingga kamu perlu mengasah skill ini dengan terus berlatih mendengarkan dengan seksama, menyampaikan poin-poin penting dengan jelas dan meminta umpan balik dari orang lain agar kamu tahu hal yang perlu kamu perbaiki.

Baca juga: 8 Cara meningkatkan kemampuan komunikasi demi kemajuan karier 

6. Kemampuan negosiasi

Kemampuan negosiasi sangat dibutuhkan terutama saat Account Executive sedang membicarakan mengenai kontrak dan nilainya dengan klien agar dapat mencari solusi terbaik yang menguntungkan perusahaan dan klien. Kemampuan negosiasi ini berfungsi untuk memaksimalkan pendapatan perusahaan dan memastikan klien mereka puas dengan kesepakatan yang telah dibuat. Keterampilan ini akan memaksa kamu untuk pintar menimbang setiap poin agar tidak ada pihak yang merugi.

7. Kemampuan presentasi

Untuk berbagi konsep dan hasil dari negosiasi antar klien dengan pemangku kepentingan, Account Executive harus bisa berbicara di depan umum dan mempresentasikan hasilnya dengan lancar dan meyakinkan. Tidak hanya menyampaikannya, Account Executive juga perlu kemampuan untuk membuat dan mendesain presentasi yang singkat, jelas dan menarik agar dapat mempengaruhi keputusan dan menghasilkan keputusan terbaik. 

Baca juga: 15 Tips presentasi yang efektif dan tepat untuk kebutuhanmu 

8. Kemampuan analisis

Seorang Account Executive senior harus bisa menafsirkan tren dan data industri secara efektif untuk dapat mengembangkan strategi penjualan dan menetapkan tujuan yang sesuai untuk tim penjualan mereka.

9. Kemampuan organisasi data

Account Executive memerlukan keterampilan untuk mengolah data agar dapat menulis dokumen dan kontrak untuk klien. Sehingga mereka perlu mengetahui dasar-dasar program seperti spreadsheet untuk melacak sasaran dan kuota. 

10. Keterampilan manajemen proyek

Seorang Account Executive biasanya tidak hanya memegang satu proyek besar melainkan mengelola beberapa proyek klien sekaligus dalam satu waktu. Sehingga keterampilan manajemen proyek penting untuk dimiliki agar kamu dapat mengatur, melacak dan mengerjakan masing-masing tugas tepat waktu untuk semua proyek tersebut. 

Proyeksi karier Account Executive 2022

Proyeksi karier Account Executive 2021
Posisi seorang Account Executive masih sangat dibutuhkan sehingga proyeksi kariernya masih meningkat - Pexels

Biro Statistik Tenaga Kerja di Amerika Serikat mengantisipasi pertumbuhan pekerjaan di bidang periklanan, promosi dan manager marketing sebesar 10% hingga tahun 2026 dan pekerjaan Account Executive adalah salah satu di antaranya. Pertumbuhan ini dinilai lebih cepat dibandingkan jenis pekerjaan lain, terutama untuk industri media digital. Seorang Account Executive yang berpengalaman dan profesional dapat memperoleh gaji yang lebih tinggi dan menjadi mitra kerja bagi agensi periklanan.

Sebagian besar Account Executive adalah karyawan i walaupun semakin banyak juga dari mereka yang menjadi pekerja lepas. Gaji Account Executive sendiri akan tergantung pada tingkat pendidikan, pengalaman kerja, serta industri yang pernah dijalankan.

Dikutip dari website Neuvoo, rata-rata gaji Account Officer di Indonesia adalah Rp 49.380.000/tahun atau Rp 25.323/jam. Gaji awal dimulai di kisaran Rp 24.376,200/tahun sementara bagi karyawan berpengalaman, kisarannya adalah Rp 83.946.000/tahun.

Lowongan pekerjaan untuk Account Executive di tahun 2022 sendiri masih banyak dan mudah ditemukan, sehingga peluang karier untuk kamu yang ingin menjadi Account Executive masih terbuka lebar. 

Baca juga: Pitch Deck: Tujuan, elemen, cara pembuatan, dan 3 contohnya 

Itulah penjelasan terkait tugas Account Executive dalam sebuah perusahaan. Bila kamu tertarik mengembangkan karier di bidang ini, pastikan kamu mengasah kemampuan yang dibutuhkan agar kamu menjadi kandidat terbaik dihadapan perekrut, ya. Account Executive juga membutuhkan kemampuan presentasi yang baik. Yuk, tonton video mengenai tips pitching untuk mendapatkan pekerjaan berikut ini. 

tugas account executive - EKRUT
Sumber: 

  • investopedia.com
  • hubspot.com
  • indeed.com
  • thebalancecareers.com
  • indeed
  • media bistro 
  • masterclass 

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cover_(3).jpg

    Careers

    Moderator: Pengertian, Manfaat, Tugas, dan Tips Menjadi Moderator yang Baik

    Detty Risetya

    20 June 2022
    5 min read
    Product_Management_Pilihan_karier__Skill-set__dan_Proyeksi_Karier_di_Tahun_2022.jpg

    Expert's Corner

    Product Management: Pilihan Karier, Skill-set, dan Proyeksi Karier di Tahun 2022

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    17 June 2022
    5 min read
    H1.jpg

    Expert's Corner

    Concierge Adalah: Definisi, Tugas dan Tanggung Jawab, beserta 4 Benefit Layanannya

    Felixitas Yolanda

    15 June 2022
    5 min read

    Video