Register

careers

Lengkap, ini 5 contoh pertanyaan interview fresh graduate

Nur Rosita Dewi

02 October 2019

pertanyaan-interview-fresh-graduate-EKRUT.jpg

Ketika kesempatan interview yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba, sebagai fresh graduate mungkin kamu bingung apa saja yang akan ditanyakan. Terlebih lagi, pertanyaan untuk fresh graduate cenderung berbeda. 

Nah, agar kamu tidak bingung, di bawah ini ada beberapa contoh pertanyaan interview fresh graduate yang bisa membantumu. 

1. "Tolong ceritakan tentang diri kamu"

Sebenarnya, pertanyaan ini termasuk umum ditanyakan kepada kandidat, baik fresh graduate maupun kandidat yang sudah berpengalaman. Meski begitu, saat pertanyaan ini ditujukan kepada kamu, tujuan utamanya adalah membuat kamu rileks sambil menceritakan tentang dirimu.

Selain itu, meski terlihat sederhana dan umum, pertanyaan ini sebenarnya sangat penting karena akan menunjukkan karakter kamu kepada pewawancara. Melalui pertanyaan ini, pewawancara akan memutuskan bagaimana proses atau pertanyaan berikutnya yang akan diajukan kepada kandidat.

Cobalah untuk menceritakan latar belakang pendidikan, kenapa kamu memilih pendidikan tersebut, dan aktiftasmu selama kuliah. Jika memungkinkan dan sesuai dengan perusahaan serta posisi yang kamu lamar, cobalah untuk juga menceritakan pekerjaan bidang apa yang kamu minati serta alasannya. 

Jangan pernah berlebihan dalam menjawab pertanyaan ini dengan mengungkapkan cara yang lucu atau tidak relevan. Ingatlah untuk tetap santai dan gunakan kata-kata yang efektif saat menggambarkan perjalananmu.

Baca juga: 6 pertanyaan kunci dalam interview kerja yang perlu kamu tahu

2. "Bisakah kamu memberi tahu kami tentang goals kamu?"

Pertanyaan interview fresh graduate selanjutnya adalah mengenai goals atau rencana kariermu ke depan. Tujuan utama pertanyaan ini adalah untuk mengetahui seberapa ambisius kamu terhadap karier. Berangkat dari jawaban tersebut, pewawancara akan mencari tahu apakah tujuan kamu sesuai dengan profil pekerjaan dalam perusahaan. 

Jadi apapun tujuan kamu, buat jawaban sederhana dan rancang sedemikian rupa sehingga sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar.  
Misalnya, jika kamu melamar sebagai seorang Content Writer, kamu bisa menjawab bahwa goals kamu ke depannya adalah menjadi seorang Content Writer yang baik dan kelak bisa menjadi seorang Content Editor. 

3. "Di mana kamu melihat diri kamu dalam lima tahun mendatang?"

Ini juga merupakan pertanyaan yang umum ditanyakan pewawancara kepada kandidatnya. Merekrut dan melatih karyawan baru adalah investasi waktu dan uang yang besar untuk perusahaan. Pewawancara ingin memastikan kamu serius dengan mereka untuk jangka waktu yang panjang.

Tunjukkan ambisi, tujuan, dan bahwa kamu telah memikirkan masa depan kariermu (terutama dengan perusahaan tersebut. 

Sebagai referensi, gunakan situs seperti LinkedIn untuk menemukan orang-orang yang sudah senior di beberapa perusahaan. Cari sesuai dengan profesi yang kamu minati dan berapa lama biasanya mereka bisa mencapai posisi tersebut.

4. "Apakah kamu bisa bekerja dalam tim?"

Terlepas dari apakah kamu seorang ekstrovert atau introvert, jawablah pertanyaan ini dengan menunjukkan bahwa kamu dapat bekerja dengan baik dalam tim maupun secara mandiri (tergantung pada tugas atau situasi yang dihadapi). 

Berikan contoh positif yang menggambarkan dengan tepat bagaimana cara kamu saat bekerja dalam tim. 

5. "Mengapa kami harus mempekerjakan kamu?"

Kunci untuk menjawab pertanyaan ini adalah mencari tahu terlebih dahulu tentang profil perusahaan tempat kamu wawancara. Lalu, ceritakan mengenai minatmu untuk bekerja di perusahaan tersebut dan kontribusi apa yang bisa kamu ingin berikan. 

Misalnya, jangan menjawab bagaimana kamu memerlukan uang sehingga membutuhkan pekerjaan ini. Meskipun tujuan utamamu adalah uang, kamu harus mencitrakan bahwa kemajuan perusahaan lebih penting dibandingkan diri kamu sendiri. 

Baca juga: 5 Kiat menyusun jawaban interview 'kenapa kamu tertarik bekerja di sini?'

Itulah 5 contoh pertanyaan interview fresh graduate. Dengan persiapan yang matang dan latihan, kamu pasti bisa lebih baik saat menjalani proses interview. Semoga berhasil!

pertanyaan interview fresh graduate - EKRUT

Rekomendasi bacaan: 

Sumber: 

Tags

Share