Published on

Careers

Contoh pertanyaan interview kerja Product Manager dan jawabannya

Tsalis Annisa

pertanyaan-interview-kerja-product-manager-EKRUT.jpg

Seorang Product Manager haruslah cerdas, mampu beradaptasi, termotivasi, dan memiliki pendirian. Inilah kualitas yang dicari oleh para perekrut saat mengajukan pertanyaan interview kerja sebagai Product Manager.

Pertanyaan interview kerja Product Manager beserta jawabannya

pertanyaan interview kerja - EKRUT
Cara kamu membuat produk menjadi lebih baik adalah salah satu yang dipertanyaan oleh perekrut - EKRUT

Tanggung jawab seorang Product Manager adalah mengatur strategi, alur produk, serta aspek lainnya yang berkontribusi terhadap kesuksesan suatu produk. Mereka juga memimpin satu atau beberapa tim yang fokus terhadap produk tersebut.

Oleh sebab itu, para perekrut akan memberikan pertanyaan sebagai berikut:

1. Apa produk kesukaanmu, dan apa alasannya?

Sebelum menjawab pertanyaan ini, pastikan kamu telah memahami seluk-beluk produk pilihanmu. Produk tersebut bisa saja berupa aplikasi, website, layanan, atau produk fisik yang dijual bebas.

Pahami tujuan produk tersebut dibuat dan siapa target konsumennya. Lalu, jelaskan bagaimana produk pilihanmu bisa menjawab kebutuhan konsumen. Berikan 1-3 ciri utama yang disukai konsumen, dan bandingkan dengan produk pesaingnya.

2. Bagaimana cara kamu meluncurkan produk baru?

Perekrut mengajukan pertanyaan ini untuk memahami caramu memimpin dan mengikuti alur produk. Berikan jawaban yang menyebutkan kinerja tim, tenggat waktu untuk memenuhi target, serta caramu memantau kemajuan.

Misalnya, katakan bahwa kamu meluncurkan produk berdasarkan dukungan, pengujian, dan manajemen yang dilakukan bersama tim. Semua kemajuan dilaporkan dalam meeting, dan peluncuran produk dilakukan dengan mengikuti jadwal yang telah dibuat.

3. Menurutmu, seperti apa desain produk yang baik?

Pertanyaan ini juga bisa diajukan dalam bentuk lain. Di antaranya, “Bagaimana caramu merancang sebuah rak buku untuk anak?” atau, “Apa tanggapan kamu mengenai desain suatu produk yang buruk?”

Melalui pertanyaan ini, perekrut ingin memahami kriteria yang kamu gunakan dalam menilai desain produk. Beberapa kriteria yang dapat kamu jadikan jawaban antara lain:

  • mudah digunakan
  • dilengkapi dengan ikon, animasi, dan sejenisnya
  • memiliki alur kerja yang teratur
  • memberikan pengalaman menyenangkan bagi pengguna

Setelah itu, coba bandingkan desain dua produk populer dengan menerapkan kriteria tersebut untuk menilai keduanya. Produk-produk yang dibandingkan harus berasal dari kategori sejenis.

4. Bagaimana cara kamu membuat suatu produk menjadi lebih baik?

Terkadang, para perekrut juga mengajukan pertanyaan seperti, “Bagaimana caramu mengembangkan produk X?” atau “Fitur apa saja yang ingin kamu tambahkan pada produk Y?”

Terdapat tiga faktor yang perlu kamu cermati ketika menjawab pertanyaan ini, yaitu umpan balik pengguna, analisis penggunaan produk, serta strategi bisnis yang menjanjikan. Tentukan target yang perlu diraih agar suatu produk bisa dikatakan berkembang. 

5. Apa yang ingin kamu kembangkan dari produk kami?

Pertanyaan ini menguji pengetahuan kandidat mengenai perusahaan tempatnya melamar. Jawaban kamu sebaiknya menyertakan poin kelebihan dari produk tersebut, poin kekurangan yang harus dievaluasi, serta penjelasan yang logis.

Sebagai contoh, kamu bisa menjabarkan mengenai seberapa baik produk tersebut dikenal oleh masyarakat. Sebutkan berbagai keunggulannya, lalu jadikan kekurangannya sebagai suatu hal yang perlu dikembangkan.

Baca juga: Apa tugas Product Manager dan kemampuan yang harus dimiliki?

6. Apa kemampuan yang membedakan kamu dari Product Manager?

Perekrut tentunya mencari seorang Product Manager yang ahli dalam suatu bidang, seperti mengumpulkan data, coding, atau menganalisis. Berikan jawaban dengan menjelaskan berbagai skill yang pernah membantu kamu selama bekerja.

Contohnya, kamu bisa menjabarkan pengalamanmu saat menguji produk. Jelaskan mengenai pengetahuan yang kamu miliki seputar analisis dan statistik. Lalu, ceritakan bagaimana proses pengujian produk berjalan dan apa dampaknya bagi perusahaan.

Apa kata Product Manager EKRUT?

pertanyaan interview Product Manager - EKRUT
Dalam interview Product Manager kamu akan sering dihadapkan pada beberapa study case - EKRUT

Dalam pelaksanaannya, kandidat Product Manager akan dihadapkan pada berbagai pertanyaan yang berbeda. 

Menurut pengalaman Seno Adhi Nugroho (Senior Principal Product Manager EKRUT) dan Junita Situmorang (Product Manager EKRUT), ada beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan dalam interview kerja Product Manager, misalnya: 

1. Hal penting apa yang menjadi dasar seorang Product Manager? 

Penting untuk mengetahui hal-hal penting apa saja yang harus dimiliki oleh seorang Product Manager

Menurut Seno Adhi, ada 3 hal penting yang harus ada dalam jawaban terkait pertanyaan ini. Seorang Product Manager harus memiliki 3 hal dasar yaitu, harus tahu bisnis, user experience, dan teknologi.

Meski begitu kamu dapat menambahkan jawaban versimu sendiri. Seno misalnya, akan menambahkan mental sebagai poin tambahan di jawaban tersebut. 

Menurutnya, bila seorang Product Manager sudah memiliki tiga hal penting tadi tapi tidak memilki mental yang kuat, maka produk yang akan ia kembangkan pun tidak akan baik. 

Hal ini dikarenakan dalam membangun dan mengembangkan produk harus ada komunikasi dan interaksi dengan berbagi pihak, dan dalam menjalankan hal tersebut kamu membutuhkan mental yang kuat. 

2. Bagaimana cara kamu menghadapi studi kasus berikut? 

Selain pertanyaan ini, biasanya kamu juga akan menemui pertanyaan terkait project apa saja yang pernah kamu kerjakan sebelumnya, atau menantangmu untuk menyelesaikan studi kasus tertentu. 

Tujuan pertanyaan-pertanyaan ini adalah untuk melihat ide serta caramu dalam memecahkan suatu masalah. 

Untuk menjawab pertanyaan seputar topik ini, baik Seno maupun Junita menekankan pentingnya struktur jawaban yang tepat. 

Kamu mungkin harus menjelaskan flow dari proses product development yang kamu kerjakan, mulai dari ide hingga produk benar-benar selesai. Itu sebabnya usahakan agar jawabanmu dapat disampaikan secara terstruktur agar perekrut tidak kehilangan fokus dan bisa memahami jawabanmu dengan tepat.

Tips interview kerja dari Product Manager EKRUT 

pertanyaan interview product manager - EKRUT
Kemampuan menyusun jawaban secara terstruktur akan menunjang interview kerja Product Manager - EKRUT

Berdasarkan pengalaman Seno Adhi Nugroho (Senior Principal Product Manager EKRUT) dan Junita Situmorang (Product Manager EKRUT), ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan saat interview kerja untuk posisi Product Manager

1. Bekali diri dengan informasi terkait perusahaan yang kamu lamar. 

Sebelum interview, pastikan kamu sudah memiliki informasi terkait mengenai perusahan yang kamu lamar, terutama yang berkaitan dengan pengembangan produk.

Misalnya ketahui market fit perusahaan untuk memberikan gambaran strategi pengembangan produk yang bisa kamu lakukan di sana nantinya. 

2. Pengetahuan terkait teknologi dan kemampuan teknis sangat penting

Pastikan pengetahuanmu terkait teknologi dan teknis mumpuni. Kenali berbagai metodologi hingga istilah-istilah penting dalam product development agar kamu dapat menjawab pertanyaan interview Product Manager dengan tepat. 

Baca juga: 7 Skill yang diperlukan oleh seorang Product Manager

3. Latih kemampuan berkomunikasi 

Untuk menjawab pertanyaan terkait project maupun problem solving, kamu harus mampu menyampaikan jawaban dengan tepat dan terstruktur. 

Itu sebabnya latih kemampuan komunikasi kamu agar jawabanmu dapat disampaikan dengan tepat.

4. Tunjukkan bahwa kamu benar-benar tertarik 

Salah satu poin yang membuat kandidat terlihat menarik adalah ketika ia mau menantang balik perekrut. Menantang dalam arti kamu mampu mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang memperlihatkan antusiasme untuk mengenal lebih dalam tentang perusahaan tersebut. 

Ragam pertanyaan di atas hanyalah segelintir topik yang sering diajukan oleh perekrut saat interview. Kamu mungkin akan dihadapkan dengan pertanyaan yang lebih beragam, tapi pertanyaan di atas dapat kamu jadikan dasarnya.

Tetaplah fokus terhadap skill terkait pengembangan produk serta apa strategi yang kamu gunakan untuk melakukannya. Jadikan setiap interview kerja sebagai suatu pengalaman untuk menjadi product manager yang lebih baik lagi.

Jika kamu ingin terus mengembangkan kariermu dengan berpindah kerja, cobalah untuk mendaftarkan dirimu di situs talent marketplace seperti EKRUT. 
Pasalnya, EKRUT telah bekerja sama dengan beragam perusahaan yang mungkin salah satunya adalah perusahaan idiamanmu. 

Tahun baru kantor baru - EKRUT

Last updated: 13 January 2020

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

  • indeed.com
  • productschool.com
  • codeburst.io

Tags

Share