Media

7 skill untuk jadi product manager
By Maria Yuniar - 17 August 2018
3 min read 184 Views

Bila kamu tertarik untuk bekerja dengan menghadapi berbagai dinamika dan tantangan, product management dapat menjadi pilihan bidang yang patut kamu pertimbangkan. Ketika menjadi seorang product manager, kamu akan bersentuhan dengan berbagai jenis bidang, termasuk bisnis, teknologi, desain, pemasaran, hingga kepemimpinan, demi menghasilkan produk yang berkualitas. Apa saja sih, keterampilan atau skill yang diperlukan untuk bisa menjadi seorang product manager? Simak ulasannya berikut ini.

 

Kemampuan mendengarkan

Vice President Product di AppFolio, Nat Kunes mengatakan, salah satu hal yang harus dimiliki seorang product manager adalah keterampilan menyimak dengan baik. Bukan hanya mendengar keinginan klien, tapi mendengarkan dengan empati. Dengan begitu, product manager bisa memiliki kedekatan dengan berbagai persoalan dan memahami masalah yang akan dipecahkan.

 

Coding

Seorang product manager juga diharapkan memahami cara menulis kode. Product manager yang menguasai coding pasti banyak dicari perusahaan, karena dianggap mampu memimpin dan membimbing developer dalam membangun suatu produk.

 

Menentukan prioritas

Product manager Qualtrics, Jamie Morningstar mengatakan, bagian tersulit dalam manajemen produk adalah mengambil keputusan terbaik di tengah banyaknya ide brilian. Oleh karena itu, Jamie merekomendasikan para product manager berlatih memecahkan kasus dalam bisnis. Dalam hal ini, seorang product manager dituntut mampu melakukan identifikasi dan kalkulasi nilai terhadap setiap inisiatif dan menetapkan prioritas dengan tepat.

 

Melihat dari sudut pandang pengguna

Seorang product manager juga harus bisa melihat sesuatu dari sudut pandang pengguna. Sebab pada akhirnya, pengguna lah yang akan menikmati produk-produk yang dihasilkan.

 

Kepemimpinan

Untuk menjadi product manager yang baik, kamu perlu melatih kemampuanmu dalam memimpin tim. Bagaimana caranya? Salah satunya dengan mengikuti kelas Toastmasters atau workshop, dan jangan lupa untuk mendapatkan sertifikasi Scrum. Langkah-langkah ini akan membantumu memiliki pola pikir seorang pemimpin. 

 

Analisis

Penting bagi seorang product manager untuk memahami langkah-langkah membuat fitur yang bisa diukur untuk mengevaluasi efektivitas produk. Untuk memahami hal ini, kamu bisa mempelajari cara Google memastikan ukuran setiap target mereka menggunakan Objective & Key Results (OKR) dengan membaca referensi berikut ini

 

Presentasi

Yang tak kalah pentingnya, seorang product manager harus bisa melakukan presentasi dengan baik. Kemampuan ini dibutuhkan antara lain ketika memberikan penjelasan bagi tim, pelanggan, maupun pasar yang disasar. Kamu bisa memulai dengan membuat rincian motivasi pengguna dalam mencoba sebuah produk.

Apakah kamu sudah memiliki semua skill di atas? Jika kamu memenuhi kualifikasi sebagai seorang product manager, silakan  bergabung dengan talent marketplace EKRUT. Hanya dengan satu kali registrasi, profilmu berpotensi dilirik ratusan perusahaan dengan berbagai peluang. 

 

Rekomendasi bacaan:
5 jurusan kuliah buat berkarier di bidang IT
Bagaimana cara menjadi data analyst?
5 kesalahan fatal dalam interview

 

Sumber:
forbes.com
medium.com
dailysocial.id

Tags: product management. coding, product manager

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang