Careers

15 Contoh Pertanyaan Interview Performance Marketing 2022

Published on
Min read
8 min read
time-icon
Anisa Sekarningrum

Content writer experiences in digital marketing, startup, and writing feature article. 

H1_1._Berikut_15_Contoh_Pertanyaan_Interview_Performance_Marketing_2022.jpg

Apakah kamu seorang kandidat yang ingin melamar posisi performance marketing? Simak beberapa pertanyaan interview performance marketing berikut ini.

15 Daftar pertanyaan interview kerja performance marketing


Salah satu pertanyaan interview performance marketing adalah mengenai pengalaman yang pernah kamu alami sebagai seorang digital marketer - Pexels

Berikut adalah beberapa pertanyaan interview performance marketing dan jawabannya yang dapat kamu pelajari sebelum melakukan interview kerja.

1. Jelaskan mengenai digital marketing?

Untuk menjawab pertanyaan interview performance marketing ini, jelaskan definisi digital marketing yang kamu ketahui. Digital marketing adalah sebuah cara brand marketing melalui saluran online. Digital marketing mencakup teknik yang berbayar dan organik seperti search engine optimization (SEO), search engine marketing (SEM), link building, email marketing, affiliate marketing, social media marketing, dan lain-lain.

2. Bagaimana media sosial dapat membantu proses pemasaran?

Untuk menjawab pertanyaan interview performance marketing ini, jelaskan pendapatmu. Contohnya, media sosial dapat menjadi media untuk membantu menyampaikan tujuan dari pemasaran melalui format gambar, video, atau konten lain yang mendorong keterlibatan audiens. Pemasaran di media sosial juga dapat membantu meningkatkan konversi, meningkatkan brand awareness, dan meningkatkan komunikasi dan interaksi dengan audiens.

3. Jelaskan mengapa pemasaran online lebih disukai daripada pemasaran offline?

Jawablah pertanyaan interview performance marketing ini dengan memberikan pendapatmu. Pemasaran online lebih disukai karena dapat tap-in ke audiens yang lebih besar dan berada di seluruh dunia, informasi dapat diberikan langsung sehingga lebih cepat diterima audiens, interaksi dengan pelanggan menjadi lebih mudah dan tracking untuk kualitas konten dan iklan menjadi lebih mudah dan akurat.

4. Sebutkan beberapa KPI yang digunakan dalam social media reporting!

Untuk menjawab pertanyaan interview performance marketing ini, sebutkan beberapa indikator kinerja utama yang populer digunakan dalam social media reporting seperti reach, engagement, leads, conversion, likes, shares, traffic data, active followers, dan brand mentions.

5. Apa yang membuatmu tertarik dengan industri digital marketing?

Pertanyaan ini diberikan pewawancara karena mereka ingin mengetahui seberapa besar komitmenmu terhadap industri digital marketing dan bisnis mereka. Sehingga kamu harus dapat menunjukkan bahwa kamu antusias dan berkomitmen tinggi terhadap posisi ini. Kamu juga bisa membicarakan mengenai potensi industri digital marketing saat ini untuk menunjukkan bahwa kamu mengetahui dengan baik mengenai industri ini.

Baca juga: 6 Pertanyaan interview kerja untuk Digital Marketing dan jawabannya

6. Bagaimana cara mengukur kesuksesan social media marketing?

Jelaskan pendapatmu mengenai pengukuran social media marketing. Keberhasilan dari campaign social media marketing dapat diukur menggunakan beberapa metrik seperti traffic, leads, dan clients. Menghitung jumlah followers pada akun tersebut juga dapat membantu mengetahui jangkauan dari akun media sosial tersebut.

Selain itu, faktor-faktor kesuksesan seperti berapa banyak orang yang mengunjungi website dari media sosial, berapa banyak dari mereka yang kemudian menjadi qualified leads, dan berapa banyak yang menjadi pelanggan juga harus dipertimbangkan sebagai hasil dari kesuksesan social media marketing.

7. Bagaimana pengalamanmu di digital marketing akan memberikan manfaat bagi bisnis kami?

Untuk menjawab pertanyaan interview performance marketing ini, kamu dapat menyampaikan pengalaman pribadimu dan bagaimana keterampilanmu akan bermanfaat bagi bisnis mereka. Fokus untuk memberikan jawaban atas pengalaman dan skill unikmu dalam menjalankan digital marketing. Kamu juga menambahkan pengetahuan yang kamu tahu mengenai digital marketing dan skill yang kamu miliki yang dapat menunjang posisi kamu nantinya sebagai performance marketing.

8. Dapatkah kamu menceritakan salah satu contoh campaign sukses yang pernah kamu lakukan?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu dapat mencoba menguraikan campaign yang pernah kamu lakukan. Jelaskan tujuan dari campaign tersebut dan hasil yang diraih. Hal terpenting adalah menjelaskan peranmu dalam campaign tersebut.

9. Bagaimana kamu tahu jika sebuah campaign tidak berhasil? Apakah kamu pernah memiliki pengalaman campaign yang tidak sesuai rencana? Bagaimana reaksimu terhadap hal tersebut?

Pewawancara menanyakan hal ini untuk mengetahui bagaimana kamu merespons sebuah masalah dan mengatasi kegagalan tersebut. Untuk memberikan jawaban terbaik, jelaskan bagaimana kamu mampu bekerja di bawah tekanan, tetap bersikap positif dan kamu memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah dengan cerdas. Jelaskan juga peran yang kamu lakukan dan hasil dari pemecahan masalah dan pelajaran apa yang kamu dapat dari kegagalan campaign tersebut.

10. Bagaimana caramu untuk stay up-to-date dengan tren digital marketing terbaru?

Untuk menjawab pertanyaan interview performance marketing ini, kamu dapat menyampaikan bahwa kamu terus mengikuti perkembangan terbaru mengenai digital marketing melalui konten di media sosial, webinar, podcast, blog, hingga buku. Beberapa sumber populer yang membahas mengenai digital marketing untuk menjadi sumber referensimu adalah Mashable, WordStream Blog, Social Media Examiner, Neil Patel Blog, dan lain-lain.

Baca juga: 15 Pertanyaan interview kerja yang relevan untuk diajukan

11. Bagaimana caramu untuk menarik perhatian potential buyers melalui social media channel?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu dapat menjelaskan mengenai membuat konten yang inovatif dan menayangkannya pada waktu dan momen yang tepat agar dapat memberikan output sesuai target. Cara menarik perhatian potential buyer dapat dilakukan dengan membuat headline yang menarik, posting visual yang berkualitas, mengadakan giveaway, memastikan posting memiliki konten yang bermanfaat, dan fokus pada engagement.

12. Apakah kamu menemukan sesuatu yang salah dengan strategi digital marketing kami saat ini? Jika iya, bagaimana kamu ingin mengubahnya?

Untuk menjawab pertanyaan ini, pastikan kamu mengetahui dengan baik strategi digital marketing yang sedang dilakukan perusahaan tersebut. Kemudian kamu dapat menilai dengan cermat strategi yang mereka lakukan, berkata jujur tentang kekurangan yang telah kamu identifikasi, dan menawarkan beberapa strategi efektif sebagai jalan keluar.

13. Jelaskan bagaimana proses Facebook marketing!

Berikan pemahaman mengenai proses Facebook marketing, yaitu membuat perencanaan, menentukan audiens dan target, membuat halaman bisnis, posting konten yang menarik, dan memasang ads di Facebook.

14. Bagaimana kamu menyiapkan, melacak, dan menganalisis kesuksesan dari campaign yang kamu buat?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa menjelaskan bagaimana kamu menyiapkan tujuan campaign, yaitu untuk meningkatkan brand awareness, menghasilkan leads dan followers. Untuk melacak campaign, kamu akan menggunakan Google Analytics dan Facebook Business Manager, serta alat pemantau lainnya untuk dapat menganalisis hasil dari campaign dan strategi selanjutnya.

15. Bagaimana strategimu dalam menyusun marketing budget?

Budget adalah hal yang sangat krusial dan penting sehingga kamu harus bisa memberikan pemahaman bahwa kamu bisa merencanakan dan mengimplementasikan marketing budget dengan baik sesuai dengan tujuan bisnis. 

Baca juga: 9 Tips lolos interview user dan contoh pertanyaan yang sering diajukan

Itu tadi beberapa contoh pertanyaan interview performance marketing. Semoga dapat membantumu mempersiapkan diri, ya! Jangan lupa juga untuk mendaftarkan diri kamu menjadi talent di EKRUT untuk membantumu meraih posisi sebagai performance marketing. Semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Sumber:

  • join.com
  • edureka.co
  • indeed.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    optimasi_instagram_ads.jpg

    Expert's Corner

    Optimasi Instagram Ads: 4 Metrik Utama untuk Mengukur Performa Campaign

    Nelson Simbolon

    07 December 2022
    5 min read
    BEP_(Break_Event_Point)_Pengertian__konsep__tujuan__3_komponen_dan_cara_perhitunganya.jpg

    startup

    BEP (Break Event Point): Pengertian, Tujuan, dan 3 Komponennya

    Sylvia Rheny

    06 December 2022
    5 min read
    manajemen-pemasaran-adalah---EKRUT.jpg

    Expert's Corner

    Manajemen Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Tugas, dan Strateginya

    Maria Tri Handayani

    06 December 2022
    8 min read

    Video