Published on

Careers

17 Pertanyaan Interview Kerja QA Engineer 2022 [Beserta Jawabannya]

Ningtyas Dewanasari Kinasih

17_Pertanyaan_Interview_Kerja_QA_Engineer_2022-Beserta_Jawabanya.jpg

Interview menjadi salah satu proses penting dalam melamar pekerjaan. Kamu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar prosesnya dapat berjalan lancar dan sukses. Tidak hanya persiapan fisik dan mental, kamu juga harus memiliki wawasan mengenai perusahaan dan posisi yang diinginkan, salah satunya QA engineer.

Kamu perlu juga untuk memperkirakan pertanyaan interview QA engineer yang mungkin akan ditanyakan. Saat merekrut QA engineer, perusahaan harus lebih berhati-hati dan teliti, tentunya memastikan calon karyawan tersebut memiliki kapabilitas yang dibutuhkan. Hal tersebut berkaitan dengan tanggung jawab QA yang cukup besar.

Biasanya interview adalah langkah terakhir dalam proses melamar pekerjaan, sehingga dapat dikatakan sebagai penentu penting lolosnya kandidat. Agar prosesnya berjalan dengan lancar dan sukses, ketahui beberapa pertanyaan interview QA engineer berikut ini.

Baca juga: QA Engineer: Tanggung jawab, kualifikasi, dan 4 best practices penting

17 Daftar pertanyaan interview kerja QA Engineer 


Perhatikan daftar pertanyaan interview QA engineer beserta jawabannya. (Sumber: Pexels)

QA engineer berperan untuk memantau kualitas proses yang dijalankan untuk menghasilkan perangkat lunak yang sesuai standard. Dilansir dari parasoft.com, tanggung jawabnya termasuk memberikan bantuan kepada tim software development dalam hal pembuatan dan pengujian aplikasi, implementasi, serta troubleshooting.

Dapat disimpulkan, QA engineer akan terlibat dalam proses pengembangan produk dari awal hingga akhir. Tidak hanya itu, posisi ini juga harus memiliki kemampuan dokumentasi yang baik. Selain itu, membuat kasus uji yang sempurna, memiliki pengetahuan tentang strategi pengujian, dan alatnya merupakan hal yang dipertimbangkan oleh perusahaan dalam perekrutan.

Pertanyaan interview QA engineer tentunya akan berbeda dari setiap perusahaan. Semua tergantung dari kebutuhan masing-masing perusahaan. Berikut ini beberapa pertanyaan interview QA engineer yang mungkin ditanyakan oleh perusahaan pada saat perekrutan.

1. Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?

Pertanyaan interview QA engineer yang paling awal biasanya adalah alasan kenapa perusahaan harus mempekerjakan kamu. Pertanyaan ini cukup umum dan seringkali muncul untuk berbagai posisi. Ini adalah kesempatan untuk kamu menunjukkan kelebihan. Kamu bisa mulai bicara mengenai keahlian dalam pengujian QA, pengalaman, dan pencapaian lainnya.

2. Apa itu kualitas software?

Pertanyaan interview QA engineer selanjutnya adalah mengenai pengetahuan awal akan software quality. Pertanyaan ini cukup sederhana, kamu bisa menjawabnya dengan, untuk penguji, kualitas software adalah seberapa dekat produk yang dikembangkan dengan hasil yang diharapkan.

3. Apa itu QA software?

Jawaban dari pertanyaan interview QA engineer ini adalah proses pelacakan dan peningkatan semua aktivitas yang terkait dengan pengembangan software. Proses tersebut mencakup menetapkan persyaratan, testing, desain, implementasi, hingga pemeliharaan.

4. Apa perbedaan QA dan pengujian software?

Peran QA adalah untuk memantau kualitas “proses” yang digunakan untuk menghasilkan software. Sedangkan, software testing adalah proses memastikan fungsionalitas produk akhir memenuhi kebutuhan pengguna. Pertanyaan interview QA engineer ini untuk mengetahui pemahaman kamu akan tanggung jawab QA.

5. Apa itu testware?

Testware adalah istilah yang menggambarkan semua bahan yang digunakan untuk melakukan tes, seperti kasus uji, data uji, juga rencana yang diperlukan untuk merancang dan menjalankan pengujian. Pertanyaan interview QA engineer tersebut untuk memastikan bahwa kamu paham mengenai pengujian produk.

6. Apa itu bug?

Bug adalah segala jenis error, kesalahan, atau kegagalan dalam kode software yang mencegah fungsi perangkat berjalan dengan baik.

7. Apa perbedaan dari severity dan priority?

Severity adalah seberapa sulit masalah untuk diperbaiki. Sedangkan priority adalah seberapa penting suatu masalah untuk diperbaiki. Pertanyaan interview QA engineer ini untuk memastikan bahwa kamu memiliki kemampuan problem solving dan manajemen waktu yang baik.

8. Apa itu software testing dan perbedaan antara validasi dan verifikasi?

Tujuan dari software testing adalah untuk verifikasi, validasi, dan pengecekan bug. Verifikasi adalah proses mengevaluasi seberapa dekat software dengan kualifikasi dan memastikan produk dibuat dengan benar. Validasi adalah proses menilai kualifikasi itu sendiri dan menyesuaikannya dengan keinginan konsumen.

Baca juga: Catat, ini persiapan wajib dalam menghadapi interview kerja

9. Apa perbedaan antara build and release?

Build adalah nomor yang diberikan ke software yang akan diinstal, kemudian diberikan kepada tim penguji dan pengembang. Sedangkan release adalah nomor yang diberikan ke software siap instal, untuk selanjutnya diserahkan kepada konsumen oleh penguji atau pengembang.

10. Apa tantangan yang dihadapi tim SQA (software quality assurance) saat pengujian? 

Kamu bisa menjawab pertanyaan interview QA engineer ini dengan, penggunaan kembali automation script, menguasai alat otomatisasi, mengotomatiskan kasus uji yang kompleks, dan adaptasi kasus uji untuk otomatisasi.

11. Apa perbedaan antara quality assurance, quality control, dan testing?

QA merencanakan cara yang mana setiap proses pengujian akan dipantau dalam tim dan perusahaan. QC adalah proses menemukan kerusakan dan menyarankan cara untuk meningkatkan kualitas. Testing adalah proses dimana QA dan QC menemukan bug. Pertanyaan interview QA engineer ini untuk memastikan bahwa kamu memiliki pengetahuan posisi awal yang baik.

12. Kapan QA harus dimulai?

Pertanyaan interview QA engineer berikutnya adalah mengenai kapan waktu yang tepat untuk memulai proses QA. Jawaban yang tepat adalah harus dimulai sesegera mungkin. Makin awal analis, penguji, dan QA terlibat dalam proses, makin banyak kesalahan yang dapat dicegah saat pengembangan dilakukan. Tes statis dapat dilakukan sebelum software berfungsi penuh.

13. Apa itu life cycle QA testing?

Berikut jawaban pertanyaan interview QA engineer mengenai siklus pengujian:

  • Kebutuhan
  • Perencanaan
  • Analisis
  • Rancangan
  • Penerapan
  • Pelaksanaan
  • Kesimpulan
  • Penutupan

14. Apa itu strategi tes?

Strategi pengujian menguraikan rencana tahap pengujian pengembangan software. Berbeda dengan rencana pengujian yang fokus pada satu pengujian spesifik, test strategy mencakup seluruh fase pengembangan pengujian. Tidak hanya itu saja, mencakup pula deskripsi alat, pengujian prioritas, mencatat hasil, dan ringkasan. Pertanyaan interview QA engineer ini biasanya juga ditanyakan untuk mengetahui pemahamanmu.

15. Haruskah QA menyelesaikan masalah produksi?

Pertanyaan interview QA engineer ini dapat kamu jawab dengan, merupakan hal yang baik bagi QA untuk terlibat dalam memecahkan masalah produksi. Jika dimungkinkan, juga menulis kasus uji dan mencoba menemukan masalahnya. Dengan terlibat, QA akan membantu meminimalisir masalah.

16. Apa yang kamu lakukan dalam proyek terakhir?

Untuk pertanyaan interview QA engineer ini tidak ada jawaban yang pasti karena tergantung dari pengalaman kamu sendiri. Namun, jangan melebih-lebihkan atau merendahkan kontribusi kamu di pekerjaan sebelumnya. Jelaskan peran kamu sehari-hari, tools yang kamu gunakan, dan bagaimana pengujian QA dijalankan.

17. Bagaimana cara kamu memprioritaskan pekerjaan saat workload sedang tinggi?

Jenis pertanyaan interview QA engineer seperti ini untuk menentukan apakah kamu memiliki kepribadian yang cocok dalam tim perusahaan. Sehingga kamu harus menjawabnya dengan lebih hati-hati, sampaikan pengalamanmu saat menyelesaikan proyek pada perusahaan sebelumnya.

Baca juga: Salah kaprah perspesi QA Engineer sebagai second class engineer

Walau setiap perusahaan memiliki persyaratan yang berbeda, kamu bisa mempersiapkan banyak skenario jawaban dan pertanyaan interview QA engineer yang mungkin akan ditanyakan. Selain itu, kamu harus menunjukkan kepercayaan diri saat menjawab pertanyaan apapun. Semoga sukses, ya!

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • guru99.com
  • parasoft.com
  • theqalead.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Merchandise_Pengertian__Benefit__Jenis__Hingga_Strategi_Merchandise_Marketing.jpg

    Careers

    Merchandise: Pengertian, Benefit, Jenis, dan Strategi Merchandise Marketing

    Sartika Nuralifah

    06 October 2022
    5 min read
    H1_1._Mengenal_Lebih_Jauh_Mengenai_Officer_Development_Program_(ODP).jpg

    Careers

    Mengenal Lebih Jauh Mengenai Officer Development Program (ODP) Beserta 5 Tips Suksesnya

    Anisa Sekarningrum

    06 October 2022
    5 min read
    H1_Golongan_PNS.jpg

    Careers

    4 Golongan PNS dan CPNS Beserta Informasi Gaji dan Tunjangan yang Didapatkan

    Algonz D.B. Raharja

    06 October 2022
    5 min read

    Video