Published on

Careers

6 Pertanyaan interview untuk SEO Specialist dan tips menjawabnya

Nur Rosita Dewi

pertanyaan-interview-seo-specialist-EKRUT.jpg

Seorang SEO Specialist diharapkan memahami beberapa tools, algoritma, strategi, dan beragam hal lainnya untuk meningkatkan traffic suatu situs. Guna mendapatkan kandidat yang tepat, ada beberapa pertanyaan yang akan ditanyakan oleh perekrut khusus untuk kamu. 

Oleh karena itu, agar proses interview berjalan lancar dan kamu berhasil memberikan kesan yang baik, ada baiknya kamu mempelajari beberapa pertanyaan interview untuk SEO Specialist di bawah ini. 

1. Apa yang membuat mesin pencari ramah kepada situs kita?

Sebagai seorang SEO Specialist, pertanyaan interview ini tentu sangat mudah dijawab. Jawablah bahwa ada beberapa faktor yang dapat membuat mesin pencari ramah pada situs. Misalnya saja SEO keyword, judul, metadata, dan lain sebagainya. 

Sebuah situs membutuhkan faktor-faktor tersebut untuk memiliki peringkat yang bagus di mesin pencari karena mudah ditemukan oleh pengguna.

Baca juga: Kenali link wheeling untuk strategi SEO

2. Bagaimana cara kamu mengukur kesuksesan SEO?

Guna menjawab pertanyaan interview untuk SEO Specialist ini, hubungkanlah dengan profil perusahaan tempat kamu melamar kerja. 

Jawablah bahwa ada berbagai cara untuk mengukur Key Performance Indicators atau KPI. Misalnya saja, session, page views, atau user

Kesuksesan SEO juga bisa diukur melalui peningkatan konversi seperti subscribe newsletter dan penjualan produk. Seorang SEO Specialist yang profesional wajib mengetahui strategi serta keyword mana saja yang sukses dan mana yang harus dihindari.

3. Alat SEO apa yang biasa kamu gunakan?

Setiap SEO Specialist pasti memiliki tools atau alat andalan yang biasa digunakan untuk bekerja. Jawab saja secara jujur tools apa saja yang biasa kamu gunakan beserta alasannya. 

Jika pengetahuan tentang SEO tools kamu masih minim, jawab saja beberapa webmaster yang ditawarkan Google.

4. Sebutkan setidaknya satu alat yang populer untuk mengecek backlinks.

Sebutkanlah beberapa tools yang populer untuk mengecek backlinks yang kamu ketahui. Misalnya Open Site Explorer (by Moz), Ahrefs, Majestic, Small SEO Tools, dan Cognitive SEO.

Jika kamu masih asing dengan beberapa tools tersebut, pastikan kamu mempelajarinya terlebih dahulu sebelum interview. Setidaknya, kamu memiliki pengetahuan dasar tentang tools tersebut. 

5. Apakah kamu mengerti Google Search Console?

Sebagai seorang SEO Specialist,  tentu kamu perlu mengetahui apa itu Google Search Console dan cara menggunakannya. Google Search console adalah sekumpulan alat dan laporan yang ditawarkan Google secara gratis untuk membantu SEO Specialist memantau kinerja situs web. 

Beberapa laporan itu termasuk laporan peringkat, tautan ke situs, status indeks, crawls error, sitemap submission, dan sebagainya.

6. Jenis laporan seperti apa yang kamu berikan pada klien?

Menjawab pertanyaan interview untuk SEO Specialist ini, kamu tinggal menjawab sesuai dengan pengalaman dan cara kamu sendiri.  Misalnya, jawablah bahwa kamu suka dengan angka. Menurutmu, mengukur berbagai hal menjadi angka sangatlah penting. 

Dalam SEO, kamu harus selalu membenarkan ROI dan salah satu cara untuk membuktikannya adalah dengan membuat laporan. Katakan bahwa kamu selalu menyesuaikan jenis laporan sesuai fokus KPI yang ingin dicapai atau sesuai dengan permintaan klien.

Baca juga: 7 SEO tools terbaik untuk memantau pergerakan kompetitor

Itulah enam pertanyaan interview untuk SEO Specialist yang paling sering ditanyakan dalam wawancara. Selain mengetahui beberapa contoh di atas, ingatlah juga untuk terus memantapkan kemampuanmu agar kamu menjadi kandidat idaman. 

Semoga berhasil, ya!

pertanyaan interview seo specialist - EKRUT

Rekomendasi bacaan: 

Sumber: 

  • simplilearn.com
  • digitalthirdcoast.com
  • moz.com

Tags

Share