Published on

Expert's Corner

Tech Lead: Tugas, skill-set, dan 6 pertanyaan umum saat interview

Nur Lella Junaedi

pertanyaan-interview-Tech-Lead-EKRUT.jpg

Apakah kamu sedang mencari posisi untuk Tech Lead di tim engineering? Bila benar, tentunya kamu harus mempelajari pertanyaan interview kerja yang sesuai agar menjadi kandidat yang berkualitas di mata perekrut.

Penasaran seperti apa pertanyaan interview Tech Lead yang sering  ditanyakan perekrut? Coba simak contoh pertanyaan interview Tech Lead berikut ini, 

Baca juga: 4 hal yang hambat perkembangan Developer

Mengenal profesi Tech Lead

Mengenal profesi Tech Lead
Tech lead berperan dalam pengawasan tim pengembangan perangkat lunak (Sumber: Pexels)

Tech Lead atau technical leader merupakan seorang pemimpin teknis atau seorang profesional yang bertugas mengawasi tim tenaga teknis di sebuah perusahaan perangkat lunak atau berhubungan dengan teknologi informasi. Tech Lead sering memimpin tim pengembangan perangkat lunak atau rekayasa perangkat lunak dan memecahkan masalah teknis yang melibatkan pengembangan perangkat lunak, rekayasa, dan perilisan produk.

Seorang Tech Lead diharapkan memiliki berbagai pengalaman profesional dalam hal pengembangan perangkat lunak dan pemahaman yang mumpuni di bidang teknologi dan informasi. Tak hanya itu, tech lead berperan memimpin sebuah tim sehingga ia juga harus memiliki kepribadian dan kemampuan secara sosial untuk menunjang kolaborasi dalam sebuah tim.

Tech Lead secara umum dapat didefinisikan sebagai seorang yang bertanggung jawab atas pengelolaan aspek teknis dalam pengembangan perangkat lunak. Tech Lead harus memastikan keberhasilan dari pekerjaan tim pengembang mulai dari tahap perencanaan, perancangan, hingga proses pengembangan teknis. 

Baca juga: 8 Tips meeting untuk Developer

Tech Lead VS Engineering Manager

Tech Lead VS Engineering Manager
Ketahui deskripsi pekerjaan secara spesifik akan semakin memperjelas lingkup kerjamu. (Sumber: Pexels)

Dilansir Bridgeteams, Tech Lead dan Engineering Manager memiliki kesamaan dalam tujuan proyek, namun mereka memiliki ruang lingkup yang berbeda. Perbedaan utama dari Tech Lead dan manajer teknis terletak pada fokus kegiatan mereka. Seorang Tech Lead akan bertanggung jawab pada pengawasan pengembangan perangkat lunak secara langsung. Tech Lead memiliki perintah terkait pemrograman yang kuat dengan basis kode sebagai bagian besar dari pekerjaan mereka.

Di sisi lain, manajer teknis tidak berhubungan dengan kode. Manajer teknis memiliki peran utama dalam pemahaman umum tentang bahasa pemrograman dan kerangka kerja serta menentukan berapa banyak waktu untuk sebuah tugas pengodean dasar bagi para anggota tim pengembang. Secara umum, manajer teknis tidak perlu membuat kode tetapi membantu para insinyur teknis untuk menengahi argumen dalam tim, memenuhi tujuan karier mereka, dan membangun relasi dengan supervisor, klien, dan tim teknis secara umum.

Adapun perbedaan umum dari seorangTech Lead dan Engineering Manager adalah sebagai berikut,

Tech Lead Engineering Manager
Membangun infrastruktur teknologi untuk proyek. Perencanaan karier dan pendidikan para tim teknis.
Menjadi mentor bagi anggota tim pengembang junior. Mengadakan sesi umpan balik atau pertemuan perorangan dalam tim teknis.
Menjalankan pengodean . Memantau produktivitas tim.
Memperkirakan kapasitas teknis. Membangun budaya perusahaan.
Menghilangkan kemacetan produksi dan eksperimen dengan adopsi teknologi baru.

Menyelesaikan konflik dalam tim dan mengomunikasikannya dengan pemilik bisnis.

Baca juga: Panduan software development bagi milenial

Skill-set menjadi Tech Lead

Skill-set menjadi Tech Lead
Seorang Tech Lead memiliki tanggung jawab teknis dan sosial bagi anggota tim yang dipimpinnya (Sumber: Pexels)

Menjadi seorang Tech Lead mengharuskan seseorang untuk dapat bertanggung jawab pada beberapa hal umum seperti,

  • Kontribusi pada pengembangan desain teknis suatu produk
  • Melatih tim pengembang teknis dan karyawan baru
  • Bekerja dengan arsitek teknis untuk integrasi produk
  • Menjamin kualitas produk
  • Memastikan progress tim pengembang

Untuk memenuhi tanggung jawab tersebut, seorang Tech Lead juga diharapkan memiliki beberapa kemampuan yang dapat membantunya untuk berkembang dan memimpin tim pengembang dengan baik. Adapun beberapa kemampuan atau skill-set yang dibutuhkan seorang Tech Lead tersebut antara lain adalah sebagai berikut,

  1. Trust building, kemampuan seorang Tech Lead yang utama adalah mampu membangun kepercayaan dalam sebuah tim pengembang. Tech Lead dalam hal ini juga bekerja sama dengan manajer teknis untuk membangun kepercayaan antara anggota tim untuk mencapai tujuan produksi yang utuh dan lancar.
  2. Komunikasi, selain harus mumpuni di bidang teknis, seorang Tech Lead diharapkan memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Hal ini dikarenakan Tech Lead bertanggung jawab pada pekerjaan seluruh tim pengembang. Seorang Tech Lead harus mampu menjelaskan strategi dan perencanaan teknis dengan baik agar mudah dipahami anggotanya.
  3. Memiliki visi, seorang Tech Lead juga dituntut memiliki visi yang tepat untuk mewujudkan produk yang dikembangkan. Tech Lead juga harus paham bagaimana lingkungan ekonomi atau bisnis berpengaruh pada produk yang dihasilkan oleh tim. Produk perangkat lunak ini harus disesuaikan dengan tren dan relevansi bisnis, dan di sini Tech Lead berperan secara umum.

6 Pertanyaan interview Tech Lead

6 Pertanyaan interview Tech Lead
Buat daftar perntanyaan yang umum diajukan agar interviewmu semakin lancar. (Sumber: Pexels)

Penasaran seperti apa pertanyaan interview Tech Lead yang sering ditanyakan perekrut? Coba simak contoh pertanyaan yang umum dalam ulasan berikut ini.

1. Bagaimana cara mencari kandidat baru untuk masuk ke dalam tim kamu? 

pertanyaan interview Tech Lead EKRUT 
Seorang Tech Lead juga akan dilibatkan dalam proses rekrutmen tenaga engineering-EKRUT

Sebagaimana kita ketahui, Tech Lead berperan sebagai pemimpin yang membawa tim Eengineering agar sukses dalam setiap proyek yang dilaksanakan. Itu sebabnya nantinya Tech Lead akan dilibatkan dalam proses rekrutmen untuk tim engineering. Tentunya untuk menjawab pertanyaan ini, calon Tech Lead perlu memperhatikan kepribadian kandidat yang sesuai dengan kebutuhan tim, serta memilih kandidat yang dianggap dapat bekerja secara profesional.

Baca juga: 9 kesalahan umum developer

2. Bagaimana menghadapi dua anggota tim yang berkonflik?

pertanyaan interview TechLead-EKRUT 
Sebagai Tech Lead kamu juga dituntut untuk menjadi penengah manakala ada timmu yang berkonflik-EKRUT

Melalui pertanyaan interview Tech Lead ini, perekrut ingin mengetahui bagaimana kedewasaan calon Tech Lead dalam menghadapi masalah. Terutama masalah yang berasal dari timnya sendiri. Jawaban yang paling mendekati sempurna adalah, mencari solusi dari konflik tersebut, serta tidak memposisikan diri dengan salah satu pihak. Kandidat Tech Lead dapat menjawab akan mempertemukan dua pihak yang berkonflik tersebut dalam satu meja dan membuat jelas permasalahan. Dari sana Tech Lead juga berupaya agar tetap menjaga kondisi kerja yang kondusif dan mengeratkan hubungan antar anggota tim.

3. Apa yang kamu ketahui dari tanggung jawab sebagai Tech Lead?

Pertanyaan interview Tech Lead EKRUT 
Di pertanyaan interview sebagai Tech Lead, kamu juga tentunya akan ditanya tentang tugas dari Tech Lead-EKRUT

Dari pertanyaan interview di atas, perekrut ingin menggali wawasan kandidat Tech Lead dalam tugas dan kewajibannya. Apabila jawabanmu memiliki kesamaan dengan yang diinginkan perekrut, dan pengalaman kerja kamu sebelumnya dianggap sesuai, maka kamu bisa jadi  sukses direkrut. Maka dari itu, jawablah pertanyaan ini dengan jawaban berikut,

  • Seorang Tech Lead akan memimpin tim engineering yang membantu memperlancar proses pengembangan yang sedang berjalan
  • Menjembatani kebutuhan antara tim developer dan tim product
  • Menjelaskan secara teknis tugas yang perlu dilakukan oleh tim Back-end Engineer, Front-end Engineer dan Quality Assurance untuk dilanjutkan dalam proyek sesuai dengan ekspektasi dari tim produk
  • Membantu memecahkan masalah dari pertanyaan teknis yang sulit di mana ini berarti seorang Tech Lead memiliki peran dalam problem solving 

Baca juga: 8 keuntungan jadi software developer

4. Menurutmu kualitas apa yang paling penting ada dalam dunia pengembang?

Pertanyaan interview tech lead-EKRUT 
Kamu juga akan ditanya tentang kualitas terbaik developer menurut versimu-EKRUT

Lewat pertanyaan interview Tech Lead ini, perekrut ingin melihat bagaimana kandidat  memandang posisi mereka. Mungkin sebagian akan menekankan tentang pentingnya sertifikasi IT dan kemampuan teknis. Sedangkan yang lainnya bisa saja menitikberatkan kepada hal detail, komunikasi dan penyelesaian masalah. Di antara kandidat yang diwawancara, jadilah kandidat yang menyertakan jawaban keduanya yakni melihat pentingnya pengembang dari sisi teknis dan juga non teknis.

5. Tolong ceritakan prestasimu dalam mengimplementasikan peningkatan besar dalam infrastruktur IT?

Pertanyaan interview Tech Lead EKRUT 
Terkadang perekrut juga bertanya tentang prestasi yang pernah kamu raih dari pekerjaan sebelumnya-EKRUT

Perekrut yang terdiri dari senior Tech Lead biasanya akan tergelitik untuk menanyakan hal ini. Mereka ingin mengenal sejauh mana kemampuanmu dalam bidang IT khususnya development. Bila kamu memiliki pengalaman pernah berhasil menyelesaikan suatu proyek di kantor lama, kamu dapat menceritakan keberhasilan itu kepada perekrut.  Sampaikan pula peranmu di dalamnya agar perekrut semakin yakin bahwa kamu kandidat terbaik.

6. Bagaimana Tech Lead mengatur beban pekerjaan tim berdasarkan proyek dari divisi lain?

pertanyaan interview tech lead EKRUT 
Tech Lead harus bisa mengatur beban pekerjaan dari tim developer-EKRUT

Seperti tugasnya untuk menjembatani kebutuhan antara tim developer dan tim lain seperti product, tentunya Tech Lead harus bijaksana dalam mengatur ekspektasi yang diinginkan oleh divisi lain. Seorang Tech Lead harus dapat memutuskan untuk menerima beban pekerjaan tersebut atau menolak untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya dari tim.

Baca juga: Apa itu back-end, front-end, dan full-stack developer?

Itulah beberapa pertanyaan wawancara yang umum ditanyakan pada seorang kandidat untuk posisi Tech Lead yang bisa kamu pahami. Selain contoh di atas, kamu juga dapat mempelajari lagi pola pertanyaan interview lain yang relevan dengan posisi Tech Lead. Jika kamu memiliki minat dan pengalaman di bidang teknologi dan ingin mencoba memulai karier di posisi Tech Lead maka kamu perlu mempersiapkan diri menuju sebuah wawancara seperti di atas.

Kamu bisa memulai karier sebagai tech talent dengan mendaftarkan diri lewat EKRUT yang akan menghubungkanmu dengan berbagai perusahaan perekrut di Indonesia. Silakan klik tautan di bawah ini.

pertanyaan interview Tech Lead EKRUT
Last update: 26 September 2021

Sumber: 

  • Roberthalf.com
  • Indeed
  • bridgeteams.com/

Tags

Share