Published on

Careers

8 Pertanyaan Tentang Kepemimpinan Saat Interview Kerja beserta Jawaban Terbaiknya

Gloria Renatha

5.Bagaimana_cara_Anda_untuk_menciptakan_lingkungan_kerja_yang_kondusif__(1).jpg

Untuk menduduki suatu posisi pekerjaan dari posisi senior hingga tingkat manajerial, tentunya kita harus melalui serangkaian proses seleksi rekrutmen, termasuk tahap interview. Dalam proses ini, kandidat pekerja diberikan pertanyaan-pertanyaan yang dapat mendeskripsikan diri mereka. Salah satu contoh pertanyaan yang diajukan adalah pertanyaan tentang kepemimpinan. Apa saja pertanyaan tentang kepemimpinan yang umum diajukan? Berikut informasi lengkapnya!

Apakah pertanyaan tentang kepemimpinan saat interview kerja umum ditanyakan?


Pertanyaan tentang kepemimpinan saat interview kerja umum ditanyakan (Sumber: Pexels)

Pertanyaan tentang kepemimpinan saat interview kerja umum ditanyakan sebab tujuannya untuk mengetahui jiwa kepemimpinan, potensi, dan kemampuan yang dimiliki oleh kandidat pekerja. Mulai dari cara memecahkan masalah, komitmen dalam bekerja, cara bekerja dalam tim, hingga delegasi tugas. Sebagai kandidat pekerja, kamu juga harus menguasai cara menjadi seorang pemimpin yang bijaksana dan dapat merangkul tim untuk mencapai tujuan perusahaan.

Mempersiapkan jawaban sebelum interview dapat membantumu menjadi lebih percaya diri saat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari recruiter, terutama pertanyaan mengenai kepemimpinan yang dapat mencerminkan pribadimu. Terdapat beragam gaya kepemimpinan yang dapat dilihat di sini.

Baca juga: 9 Contoh Lamaran Kerja via Email yang Profesional Beserta Tips Penulisannya

8 Pertanyaan tentang kepemimpinan saat interview kerja beserta jawabannya


8 Pertanyaan tentang kepemimpinan saat interview kerja beserta jawabannya (Sumber: Pexels)

Apa saja pertanyaan tentang kepemimpinan dan bagaimana cara menjawabnya? Simak beberapa contoh pertanyaan mengenai kepemimpinan di bawah ini.

1. Dalam bekerja, Anda lebih bisa bekerja dalam tim atau individu?

Tidak ada jawaban yang benar atau salah untuk pertanyaan ini. Bekerja dalam tim atau individu tentunya berdasarkan pribadi masing-masing kandidat. Umumnya, seseorang yang dapat bekerja dalam tim memiliki kemampuan sosial yang tinggi dan dan mampu berpartisipasi dalam mencapai tujuan perusahaan bersama anggota lainnya. Hal tersebut dapat menjadi salah satu keunggulan saat memasuki dunia kerja. Namun, tidak menutup kemungkinan kandidat yang memilih untuk bekerja secara individu memiliki potensi yang tinggi dalam melakukan pekerjaannya.

Jawaban:

  • Jika lebih suka bekerja individu

“Saya adalah seseorang yang memiliki standar yang tinggi dalam bekerja. Oleh karena itu, saya lebih efektif untuk bekerja secara individu. Namun tidak menutup kemungkinan untuk saya menerima masukan atau kritik dari rekan kerja, atau apabila sewaktu-waktu diminta untuk bekerja dalam tim.”

  • Jika lebih suka bekerja dalam tim

“Saya lebih efektif saat bekerja dalam tim. Menurut saya, bekerja bersama orang lain membuka peluang untuk menciptakan hasil yang lebih baik karena dapat berbagi ide dari berbagai sudut pandang, membuka peluang untuk mendapatkan kritik atau masukan dari rekan lain, dll. Bekerja bersama tim juga dapat melatih diri untuk menerima kritik atau masukan dari orang lain dengan tujuan untuk mengembangkan diri.”

2. Apabila menjadi pemimpin, apa gaya kepemimpinan yang akan Anda terapkan?

“Saya akan menerapkan gaya kepemimpinan demokratis. Saya dapat menerima masukan dari orang lain, termasuk dari anggota/rekan kerja. Secara tidak langsung, masukan dari orang lain juga dapat menjadi acuan saya untuk berkembang menjadi pemimpin yang jauh lebih baik lagi. Untuk mengambil keputusan, nantinya saya juga akan mempertimbangkan dengan pendapat anggota.”

3. Apa keahlian kepemimpinan yang menurut Anda sangat penting?

“Komunikasi adalah kunci dari segala situasi. Maka itu, saya memilih keahlian berkomunikasi dalam menjabat menjadi seorang pemimpin. Ada atau tidaknya komunikasi yang baik sangat berdampak bagi berlangsungnya suatu organisasi. Komunikasi yang baik dapat memudahkan tim untuk mencapai tujuan bersama. Bertutur kata yang baik dan sopan juga menjadi salah satu faktor penting untuk bekerja dalam tim.”

4. Bagaimana cara Anda menghadapi konflik sebagai seorang pemimpin?

“Kunci dari segala permasalahan adalah komunikasi. Apabila konflik yang ada melibatkan saya sendiri, saya akan melakukan mediasi dengan pihak yang bersangkutan. Mendengarkan opini dari pihak yang bersangkutan dan mencari jalan tengah untuk memecahkan permasalahan yang ada. Namun, bila konflik yang ada merupakan konflik antara anggota tim, saya akan mempertemukan kedua belah pihak dan meminta untuk mencari jalan keluar yang tidak merugikan salah satu pihak.”

Baca juga: 10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

5. Bagaimana cara Anda untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif?

“Saya akan berusaha menciptakan lingkungan kerja yang positif dan disenangi oleh anggota. Dapat melalui memberikan kesempatan anggota untuk menyuarakan pendapatnya, terlibat dalam segala aktivitas kerja, menghargai anggota, memberi apresiasi dari masing-masing anggota dalam melakukan pekerjaannya, dan menerapkan lingkungan kerja yang nyaman bagi anggota.”

6. Bagaimana cara Anda dalam menetapkan tanggung jawab dari tiap anggota?

“Seluruh anggota tentunya memiliki tanggung jawab tersendiri sesuai dengan posisinya. Namun tidak menutup kemungkinan untuk saya memberikan keringanan bagi anggota sesuai dengan kemampuan masing-masing. Terlepas dari itu, saya juga akan mengontrol penuh atas aktivitas tiap-tiap anggota.”

7. Bagaimana cara Anda dalam mengembangkan kompetensi setiap anggota tim?

“Saya akan menyarankan anggota untuk mengambil kelas kursus / workshop sesuai dengan posisi masing-masing.”

8. Sebagai pemimpin, apa yang menjadi standarisasi Anda dalam menentukan keberhasilan tim?

“Keberhasilan tim tentunya dilihat dari pencapaian yang telah diraih bersama. Mulai dari tercapainya tujuan, komunikasi yang baik antar sesama, dan lingkungan kerja yang saling mendukung satu sama lain.”

Baca juga: Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Itulah seputar pertanyaan mengenai kepemimpinan yang kerap ditanyakan saat interview kerja. Untuk mendapatkan artikel informatif lainnya, silahkan mengunjungi EKRUT Media. Tak hanya artikel informasi, kamu juga dapat mendapatkan informasi lowongan kerja terpercaya melalui sign up di EKRUT. Jangan lupa mengunjungi kanal YouTube EKRUT Official untuk mendapatkan informasi-informasi menarik seputar dunia kerja.

Sumber:

  • qubisa.com
  • indeed.com
  • career.guru99.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    10_Tips_mendapatkan_first_impression_yang_positif_di_tempat_kerja.jpg

    Careers

    10 Tips mendapatkan first impression yang positif di tempat kerja

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    05 October 2022
    6 min read
    cover_(9).jpg

    Careers

    SPPKP: Pengertian, Fungsi, Persyaratan, dan Cara Mendapatkannya

    Detty Risetya

    05 October 2022
    5 min read
    h1.jpg

    Lainnya

    Goodwill: Definisi, Jenis, Rumus, dan Cara Menghitungnya

    Tio Derma

    05 October 2022
    6 min read

    Video