Published on

Careers

4 Alasan pentingnya publisitas bagi bisnis perusahaan

Nur Lella Junaedi

publisitas-adalah-EKRUT.jpg

Publisitas untuk bisnis sangat berharga dalam membangun kredibilitas dan kesadaran akan perusahaanmu.  Salah satu contoh publisitas adalah saat kamu menyampaikan informasi terkait peluncuran produk terbaru kepada media. Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai seluk-beluk publisitas pada artikel ini.

Mengenal publisitas dan mengapa perusahaan perlu melakukannya

publisitas adalah EKRUT
 
Publisitas adalah kegiatan menarik perhatian orang banyak untuk kesadaran brand-EKRUT

Publisitas adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menarik perhatian orang banyak dan meningkatkan kesadaran seseorang terkait layanan dan produk suatu brand demi mendapatkan pelanggan potensial. Publisitas biasanya banyak dipakai oleh perusahaan terutama perusahaan kecil karena biayanya tergolong lebih rendah dibanding kegiatan pemasaran lainnya seperti iklan dan promosi yang membutuhkan banyak anggaran. 

Ada beberapa faktor yang mendorong kenapa publisitas ini dianggap penting bagi perusahaan untuk dilakukan, di antaranya: 

  • Bisnis mendapat lebih banyak daya tarik. Iklan berbayar kerap membutuhkan biaya yang mahal dan tidak selalu berhasil. Sebaliknya publisitas media mendorong banyak perhatian dan fokus yang pada akhirnya membuat banyak orang penasaran dengan produk dan layananmu
  • Hampir gratis. Terlepas dari biaya distribusi konten dan media, biaya publisitas sebenarnya gratis terutama bila kamu memiliki kenalan dekat dengan orang yang berkecimpung di media. Terlebih bentuk penyiaran berita itu kini banyak ragamnya di internet sehingga perusahaan dapat  mempromosikan bisnis dengan berbagai bentuk untuk membangun otoritas. 
  • Membentuk aliansi strategis. Ketika pernyataanmu dikutip oleh media, maka biasanya media juga akan mengutip pernyataan dari narasumber lain. Tak heran bila pada akhirnya kamu pun akan dianggap sebagai orang yang menguasai topik tertentu. 
  • Memperkuat brand. Publisitas yang konsisten membantu perusahaan memperkuat merek untuk membangun nilai pelanggan.
  • Membuat viral. Hasil dari bentuk publisitas salah satunya adalah membuat perusahaan menjadi terkenal atau viral. Dengan begitu perusahaan akan lebih banyak dibicarakan khalayak umum.

Baca juga: Mengenal manajemen pemasaran beserta strateginya

Bentuk publisitas perusahaan

publisitas adalah EKRUT 
Launching produk masuk ke dalam salah satu bentuk publisitas-EKRUT

Publisitas melalui bentuk informasi di media, hanyalah salah satu contoh saja dari bentuk jenis publisitas. Lebih dari itu, bentuk lain dari jenis publisitas adalah: 

  • Berita 
  • Siaran pers 
  • Peluncuran produk 
  • Konferensi 
  • Penawaran 
  • Acara 
  • Web atau content marketing
  • Sosial media perusahaan melalui Instagram, Facebook hingga Twitter
  • Kegiatan partnership dengan perusahaan lain
  • Promotional swag, contoh publisitas dalam bentuk kalender, gelas, payung, pena, kotak nomor telepon dan notes. 

Perbedaan antara publisitas dan pemasaran

publisitas adalah EKRUT 
Publisitas dan pemasaran memiliki perbedaan meski termasuk salah satu strategi pemasaran-EKRUT

Meskipun publisitas merupakan bagian dari strategi pemasaran, keduanya memiliki perbedaan pada aspek-aspek tertentu. Tabel di bawah ini merangkum secara singkat perbedaannya. 

Publisitas Pemasaran
Publisitas umumnya tidak memerlukan biaya atau gratis. Pemasaran harus mengeluarkan biaya untuk kepentingan iklan.
Bersifat informasi. Bersifat promosi.
Bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap produk atau layanan tertentu. Bertujuan untuk mempengaruhi publik melakukan pembelian terhadap produk atau layanan tertentu.
Diarahkan untuk menjangkau khalayak umum dengan sasaran yang lebih luas. Diarahkan untuk menjangkau kalangan tertentu sesuai dengan target konsumen yang sudah ditentukan oleh perusahaan.

Baca juga: 7 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif

4 Alasan pentingnya publisitas bagi bisnis perusahaan

publisitas adalah EKRUT 
Salah satu alasan perusahaan melakukan publisitas karena memiliki lebih banyak daya tarik dari pada pemasaran-EKRUT

1. Membantu untuk meningkatkan reputasi perusahaan

Konsumen sering kali tidak mempercayai iklan yang mereka lihat tetapi publisitas adalah salah satu cara yang lebih organik untuk menampilkan bisnismu kepada publik. Oleh karena itu, public relations akan berupaya meningkatkan reputasi perusahaan melalui publisitas misalnya dengan melakukan penawaran antar jaringan atau menjalin koneksi dengan influencer.

2. Membentuk persepsi masyarakat terhadap perusahaan

Di era digital seperti ini, banyak orang mendapatkan kebebasan untuk menyampaikan opininya mengenai suatu produk atau layanan tertentu dari perusahaan. Beberapa pendapat yang disampaikan benar dan sesuai dengan keadaan di lapangan. Namun, beberapa yang lain bisa saja salah dan menimbulkan persepsi yang keliru. 

Dalam menghadapi situasi seperti ini, melakukan kampanye perusahaan melalui publisitas dapat membantu untuk mengatasinya. Dengan kampanye yang tepat dan dukungan public relations dapat meningkatkan kesadaran publik terhadap produk atau layanan tertentu sekaligus membentuk citra positif perusahaan.

3. Menambah online presence

Saat semua orang dapat terhubung secara digital, publisitas yang dilakukan oleh PR dapat bermanfaat untuk membangun online presence yang kuat dan dapat terlihat oleh audiens yang ditargetkan perusahaan. Saluran komunikasi serta influencer terbaik akan diidentifikasi oleh public relations untuk menyampaikan pesan yang tepat dari perusahaan kepada audiens yang tepat. Dengan demikian, perusahaan dapat menggunakan koneksi dan pengalaman berharga mereka untuk memperluas jangkauan.

Public relations juga menggunakan beberapa alat yang dapat membantu meningkatkan perolehan laba perusahaan dan memperkuat citra mereka, misalnya melalui rilis pers, situs web perusahaan yang memuat konten promosi, atau media sosial perusahaan. Alat-alat tersebut juga dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan yang mengancam citra perusahaan.

4. Mempromosikan brand values

Dalam industri apa pun, kesuksesan bisnis ditentukan dari kepercayaan pelanggan. Kepercayaan memegang peranan yang penting dalam perusahaan dan tanpa hal tersebut, potensi penjualan akan dipertaruhkan.

Dengan bantuan public relations, perusahaan dapat menyampaikan pesan positif kepada audiens dengan menggunakan ide-ide yang menarik. Semakin sering kamu melakukan publisitas dengan mengekspos produk atau layanan suatu perusahaan, brand value atau nilai perusahaanmu akan semakin kuat dan semakin dikenali oleh masyarakat luas.

Baca juga: Mengenal User Generated Content (UGC) dan manfaatnya bagi brand

Rekomendasi platform publisitas perusahaan secara gratis

publisitas adalah EKRUT 
Salah satu media lainnya yang bisa kamu gunakan untuk publisitas adalah Google my business-EKRUT

Untuk dapat mencapai target publisitas yang kamu inginkan. Kamu tentunya bisa menggunakan beberapa tools publisitas seperti: 

  • Google my business. Tools ini sangat bagus karena seperti direktori online yang akan memberikan informasi lengkap kepada audiens manakala ingin mengetahui tentang produkmu. Dalam Google my business ini dicantumkan informasi lengkap tentang nama toko, alamat, jam operasional, review pelanggan, foto produk dan pemesanan. 
  • Kalender acara lokal. Jika kamu akan mengadakan acara yang membutuhkan publisitas, cobalah untuk mengunjungi situs media lokal. Umumnya organisasi berita memiliki kalender komunitas gratis. Kamu dapat mengirimkan detail melalui formulir online sehingga event kamu dapat ditambahkan ke dalam kalendar acara lokal tersebut.
  • Komunitas media. Kelola hubungan baik dengan media misalnya dengan cara  bergabung di  komunitas media agar kamu mudah menghubungi mereka untuk proses publisitas. 
  • Blog perusahaan. Salah satu tools publisitas yang dapat kamu manfaatkan tak lain adalah blog perusahaan. Tulislah informasi terkait produk dan layananmu di blog perusahaan yang dapat menarik pelanggan.

Dengan membaca ulasan di atas, kini kamu tahu bagaimana harus membangun publisitas di perusahaanmu guna memberi informasi dan menarik  khalayak umum. Dari beberapa jenis publisitas di atas, kira-kira publisitas mana yang sering kamu pakai? 

Baca juga: 5 Cara menulis artikel SEO friendly dengan tepat

Selain membantu perusahaan meningkatkan reputasinya melalui publisitas, ada baiknya kamu juga mengerti bagaimana caranya membangun personal branding-mu sendiri apalagi untuk keperluan mencari kerja. Nah, sebelum mendaftarkan dirimu untuk mendapatkan peluang karier yang lebih baik melalui EKRUT, simak dulu video di bawah ini, ya, supaya kamu dapat memiliki nilai lebih dibanding kandidat lainnya. 

publisitas adalah EKRUT
Last update: 31 Mei 2021

Sumber: 

  • verticalresponse.com
  • mbaskool.com
  • thebalancesmb.com
  • indeed.com

Tags

Share