Published on

Expert's Corner

Mengenal Apa Saja Tugas Seorang Produser beserta Kisaran Gajinya di Tahun 2022

Natasya Primatyassari

H1_Mengenal_Tugas_Seorang_Produser.jpg

Ide sebuah film atau serial TV dapat muncul dari siapa saja, baik itu produser, penulis, maupun sutradara. Namun, produser yang akan menentukan apakah ide tersebut akan dikembangkan lebih lanjut atau tidak dengan segala pertimbangan yang ada, mulai dari ketertarikan dengan cerita, ketertarikan dengan isu yang diangkat, atau potensi bisnis dari ide tersebut.

Apa itu produser?


Produser bekerja sama erat dengan sutradara (sumber: unsplash)

Dikutip dari masterclass.com, produser adalah orang yang bertanggung jawab untuk meluncurkan proyek, mengatur keuangan, mempekerjakan penulis, direktur, dan tim kreatif, serta mengawasi semua aspek mulai dari praproduksi, produksi, pascaproduksi, hingga rilis.

Tidak jarang produksi film atau acara TV memiliki beberapa produser. Terkadang ada beberapa nama produser yang ditampilkan sebagai imbalan karena telah menyerahkan hak atas cerita atau memberikan kontribusi pembiayaan untuk film tersebut. Namun, sebagian besar produser bekerja secara aktif di lokasi syuting, mengawasi logistik produksi dari awal hingga akhir, dan bekerja sama erat dengan sutradara.

Baca juga: Mengenal Content Creator? 9 Langkah untuk Membangun Karier

Tanggung jawab produser


Tanggung jawab produser sudah dimulai dari praproduksi hingga pascaproduksi (sumber: pexels)

Tanggung jawab produser tidak hanya saat proses produksi film atau acara TV berlangsung. Tugas produser sudah dimulai dari praproduksi hingga pascaproduksi. Berikut penjelasan lengkapnya dilansir dari masterclass.com.

1. Praproduksi

Produser adalah salah satu orang pertama yang mengawali proses pengerjaan sebuah film atau acara TV. Selama tahap praproduksi, produser bekerja untuk mengumpulkan investor dan pembiayaan untuk pembuatan film atau acara TV. Tanggung jawab produser dalam tahap ini sebagai berikut seperti dikutip dari studioantelope.com.

  • Pembentukan tim

Produser akan bekerjasama dengan produser pelaksana untuk membentuk tim yang terdiri dari kru berbagai departemen, seperti penyutradaraan, produksi, casting, kamera dan pencahayaan, artistik, penata pakaian, dan tim pascaproduksi. Selain itu, dalam mencoba menjual ide film atau acara TV, produser membentuk tim kreatif kecil untuk membantu mengemas promosi ke perusahaan produksi dan studio.

  • Penganggaran

Produser akan bekerja dengan produser pelaksana untuk membuat rincian anggaran berdasarkan konsep naskah final. Rincian tersebut biasanya sudah memuat kebutuhan kru, pemeran, lokasi, durasi produksi, alat kamera dan pencahayaan, artistik, penata pakaian, penata rias dan rambut, transportasi, akomodasi, hingga kebutuhan pascaproduksi.

  • Pemilihan pemain

Produser akan bekerjasama dengan sutradara dan casting director mencari aktor yang sesuai untuk memerankan filmnya. Ada beberapa pertimbangan produser dalam memilih aktor, seperti kemampuan akting, kecocokan dengan karakter, popularitas, dan portfolio aktor di film-film sebelumnya.

  • Memantau persiapan produksi

Produser akan memantau dan menjadi teman diskusi dari sutradara dalam proses pengembangan kreatif di persiapan produksi.

2. Produksi

Saat produksi berlangsung, tanggung jawab produser bergeser mencakup hal-hal berikut:

  • Bekerja dengan sutradara untuk menghadirkan mitra kreatif utama seperti sinematografer (direktur fotografi), perancang produksi, dan agensi aktor.
  • Menyewa produser lini atau line producer untuk menyusun anggaran dan jadwal.
  • Menawarkan saran dan menandatangani semua keputusan kreatif.
  • Mengelola semua logistik dan operasional bisnis.
  • Mengawasi semua aspek produksi melalui staf produksi.
  • Memastikan produksi berjalan sesuai jadwal dan tidak melebihi anggaran.

3. Pascaproduksi

Selain memantau proses pascaproduksi, produser dapat memberikan pendapatnya dalam proses penyuntingan gambar, baik itu untuk kepentingan storytelling ataupun pertimbangan lainnya untuk kepentingan penjualan film. Produser juga membuat keputusan penting yang menyangkut rencana pemasaran, termasuk hubungan masyarakat, periklanan, distribusi, dan rilis.

Baca juga: Art director: Tugas, latar pendidikan, skill set, dan proyeksi karier

Skill yang dibutuhkan produser


Seorang produser harus mampu berpikir kreatif dan memecahkan masalah (sumber: freepik)

Produser sering kali memiliki pengalaman dari berbagai industri hiburan. Beberapa produser memulai sebagai aktor, sementara yang lain memiliki pengalaman sebagai penulis, sutradara, dan agensi aktor.

Sebagian besar produser menguasai beberapa jenis pendidikan menengah, baik dari sekolah film atau sekolah bisnis. Meskipun begitu, pendidikan terbaik bagi seorang produser adalah pengalaman yang didapatkan dari proses produksi sebuah film atau serial TV.

Dilansir dari masterclass.com, berikut keahlian utama yang dibutuhkan untuk menjadi seorang produser:

  • Keinginan dan hasrat untuk membuat film atau serial TV
  • Keterampilan manajemen dan organisasi proyek yang kuat
  • Berpikir kreatif dan kemampuan memecahkan masalah
  • Pengalaman bisnis
  • Pengalaman manajemen
  • Pengalaman produksi film
  • Jejaring yang luas
  • Dorongan, ketekunan, dan ketegasan
  • Keberanian
  • Persuasif
  • Tenang di bawah tekanan

Gaji seorang produser


Gaji produser sangat bervariasi menyesuaikan cakupan pekerjaannya (sumber: pexels)

Gaji produser di Indonesia sangat bervariasi menyesuaikan jenis film atau serial TV, cakupan pekerjaan, serta tugas dan tanggung jawab yang diembannya. Dikutip dari gajimu.com, kisaran gaji sebagian besar pekerja pada profesi produser mulai dari Rp2.213.701,00 hingga Rp18.693.011,00 per bulan dengan durasi kerja selama 40 jam per minggu, sedangkan rata-rata gaji untuk produser dilansir dari indeed.com adalah Rp9.248.744,00 per bulan.

Baca juga: Green Screen Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan 5 Tips Penggunaannya

Nah, itu tadi penjelasan mengenai profesi produser dalam dunia film. Selain artikel di atas, kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi lengkap mengenai investasi, pengembangan karier, dan teknologi melalui artikel-artikel yang ada di EKRUT Media. Tak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan berbagai kesempatan mengembangkan karier sesuai dengan minatmu, hanya dengan sign up melalui EKRUT. Sambut kesempatan tersebut sekarang juga!

Sumber:

  • masterclass.com
  • studioantelope.com
  • gajimu.com
  • indeed.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    tujuan-karier-EKRUT.jpg

    Careers

    Simak! 7 Tips Membuat Tujuan Karir Kamu Lebih Terarah

    Nelson Simbolon

    23 September 2022
    4 min read
    H1.JPG

    Careers

    Corporate Finance: Tugas dan Tanggung Jawab Hingga Proyeksi Karier 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    6 min read
    Lowongan_Kerja_BUMN_2022__Begini_Tips_Jitu_Lolos_Rekrutmennya!.jpg

    Careers

    Lowongan Kerja BUMN 2022: Begini Tips Jitu Lolos Rekrutmennya!

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    20 September 2022
    6 min read

    Video