Expert's Corner

Art director: Tugas, latar pendidikan, skill-set, dan proyeksi karier 2022

Published on
Min read
5 min read
time-icon
H1_art_director.jpg

Secara garis besar, seorang art director harus bisa berperan sebagai pemimpin yang dapat menginspirasi dan menjadi pedoman dari visi yang telah dirancang bersama dengan tim desain. Art director bertanggung jawab atas keseluruhan tampilan visual agar persuasif sehingga dianggap menarik oleh sasaran atau target audiens. Lalu, seperti apa tugas, latar pendidikan, skill-set, dan proyeksi karier art director? Simak artikel berikut ini.

Baca juga: 10 Tips berpikir kreatif untuk menunjang perkembangan karier

Mengenal profesi art director


mengenal profesi sebagai art director. (sumber: pexels)

Art director adalah seseorang yang bertanggung jawab atas tampilan visual secara keseluruhan di berbagai media seperti koran, majalah, film, dan televisi. Seorang art director membuat seluruh desain untuk sebuah proyek serta memberi arahan pada tim yang ikut bekerjasama dalam membuat layout atau artwork. Art director biasanya bekerja dengan tim. Mereka memimpin sebuah proyek yang akan dibantu dengan tim seperti graphic designer.

Seorang art director harus mampu menjadi pedoman bagi audiens melalui informasi yang disampaikan, baik melalui kata-kata yang mengandung gambar atau menciptakan struktur dan penekanan melalui tata letak dan tipografi. Art director juga mempunyai peran manajemen seperti menyampaikan kritik akan pekerjaan desainer, bekerja di bawah budget dan deadline ketat. Adapun tugas seorang art director berikut ini:

  • Menentukan cara terbaik untuk mempresentasikan sebuah konsep secara visual
  • Menentukan foto, seni, dan elemen desain lainnya yang akan digunakan dalam membuat karya visual
  • Membuat tampilan atau gaya keseluruhan dari sebuah publikasi, advertising campaign, televisi, bahkan set dalam pembuatan film
  • Bekerja sama dengan tim desainer
  • Meninjau dan menyetujui desain, artwork, fotografi, dan juga grafis lainnya yang dibuat oleh tim
  • Berbicara dengan klien untuk membuat rancangan dari proyek yang diberikan
  • Berkoordinasi dengan tim artistik atau departemen kreatif lainnya
  • Menyusun budget dan timeline secara detail
  • Mempresentasikan desain kepada klien untuk approval
  • Memproduksi art layout dengan membuat konsep dan menyediakan arahan kerja untuk tim
  • Berpartisipasi dalam memberikan pelatihan, jadwal, perekrutan, dan menjadi tutor untuk anggota tim lain
  • Mengerjakan proyek sesuai dengan standar yang diberikan oleh departemen art dengan mengikuti produksi, kualitas, dan juga customer service
  • Menyelesaikan masalah operasional
  • Mengidentifikasi kemajuan dalam proses kerja
  • Mengawasi keluar masuknya biaya untuk sebuah proyek
  • Merancang konsep dan bekerja sama dengan tim untuk mengeksekusi serta mempresentasikan kepada klien
  • Menjaga agar customer tetap terinformasi dengan progress setiap proyek yang dikerjakan
  • Me-review produksi proyek yang dikerjakan
  • Melakukan riset untuk membuat konsep dalam proyek yang dikerjakan
  • Memproduksi layout untuk kepentingan percetakan dan memastikan semuanya sesuai dengan standar yang diberikan sebelum dipublikasi
  • Mendapatkan persetujuan klien dengan mempresentasikan layout final, storyboard, serta memberi arahan atau masukan kepada komentar serta permintaan klien
  • Mengevaluasi dan merevisi desain untuk memperbaiki kualitas
  • Mengasah kemampuan dengan mengikuti berbagai macam workshop

Baca juga: Desainer Grafis: Tanggung jawab, skill-set, dan proyeksi karier

Apa latar pendidikan untuk menjadi art director?


latar pendidikan sebagai art director. (sumber: pexels)

Bagimu yang tertarik dengan posisi art director, maka harus memiliki minimal pendidikan Gelar Sarjana Ilmu Komunikasi, Broadcasting, Seni, Film, Desain, dan jurusan relevan lainnya. Lulusan desain grafis sendiri cenderung lebih disukai karena perkuliahannya mempelajari komunikasi visual. Desainer grafis juga menangani berbagai proyek desain interface sebuah website, pembuatan ikon atau logo bisnis, ilustrasi, desain geometric, dan lain-lain.

Jurusan desain grafis berfokus pada representasi visual dari konsep-konsep penting dalam metode komunikasi visual. Dalam pembelajarannya, seorang desainer grafis akan menggunakan software yang memudahkannya dalam mendesain seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe After Effects, dan lain sebagainya. Pendidikan desain grafis dapat ditempuh selama kurang lebih 4 tahun.

Baca juga: 11 skills graphic designer ini wajib kamu miliki agar sukses

Skill-set menjadi art director


skill yang perlu dikuasai sebagai art director. (sumber: pexels)

1. Kreativitas

Menjadi art director tentunya butuh kreativitas yang tinggi. Hal ini dikarenakan seorang art director sangat bertanggung jawab dengan segala bentuk visual sebelum dipublikasi. Selain itu, mereka juga merancang konsep dari nol sampai disetujui oleh klien.

2. Desain grafis

Untuk menjadi seorang art director dibutuhkan pengalaman dan skill desain grafis. Layout, typography, sampai warna perlu dikuasai untuk menciptakan hasil yang baik.

3. Komunikasi

Desain grafis merupakan salah satu bentuk komunikasi melalui visual. Oleh karena itu, seorang art director harus mengetahui bagaimana berkomunikasi yang baik melalui medium gambar. Mereka harus mencari cara agar pesan yang ingin disampaikan lewat gambar dapat dimengerti oleh audiens. Selain itu, komunikasi sesama tim juga sangat dibutuhkan karena seorang art director memimpin sebuah tim. Mereka akan bertanggung jawab atas kelancaran dari proyek yang dikerjakan.

4. Menguasai software desain

Seorang art director diharuskan untuk menguasai berbagai software desain grafis untuk memudahkan dalam pekerjaan. Misalnya adalah Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe After Effects, dan lain sebagainya.

5. Berpikir analitis

Seorang art director harus menggunakan logika dan penalaran untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif ataupun pendekatan permasalahan yang dihadapi.

6. Problem solving

Art director harus memiliki kemampuan problem solving yang mumpuni untuk memahami masalah yang rumit.

Baca juga: Panduan memiliki komunikasi efektif dan cara membangunnya

Proyeksi karier art director 2021


jenjang karier sebagai art director. (sumber: pexels)

Art director diasosiasikan dengan industri yang bergerak di bidang televisi dan perfilman maupun agensi. Berikut merupakan proyeksi karier art director:

1. Televisi dan perfilman

Dalam produksi film dibutuhkan art director demi mendapatkan hasil visual yang baik. Mereka berkolaborasi dengan sutradara untuk menentukan set yang dibutuhkan oleh sebuah film. Art director juga mengatur bagaimana set seharusnya berdiri dan seharusnya terlihat di kamera. Biasanya, dalam proses pembuatan film, art director juga bekerja sama dengan set designer agar semuanya berjalan mulus.

2. Periklanan

Di industri ini, seorang art director akan memastikan permintaan dari klien. Mereka bertanggung jawab atas segala aspek visual dari periklanan. Selain itu, mereka juga bekerja sama dengan tim lain seperti graphic designer.

3. Penerbitan

Dalam industri penerbitan, art director bertugas untuk membuat layout pada koran dan majalah. Mereka juga memilih serta menyeleksi foto atau gambar yang akan menjadi cover untuk buku. Biasanya, pekerjaan mereka di industri ini meliputi dengan web publishing.

Baca juga: Kenali 9 langkah membangun karier sebagai Content Creator

Namun, di setiap perusahaan masih belum ada acuan khusus untuk progress karier sebagai art director. Hal ini dikarenakan setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda. Beberapa perusahaan menetapkan bahwa art director merupakan posisi tertinggi.

Itulah peran yang perlu kamu kuasai untuk menjadi seorang art director. Jika kamu tertarik berkarier sebagai art director, EKRUT punya segudang informasi tentang ini, lho! Mulai dari lowongan pekerjaan, diskusi pekerjaan, dan berbagai kebutuhan lainnya terkait dengan pekerjaan.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

sign up EKRUT

Sumber:

  • gramedia.com
  • creativebloq.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    manajemen-pemasaran-adalah---EKRUT.jpg

    Expert's Corner

    Manajemen Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Tugas, dan Strateginya

    Maria Tri Handayani

    06 December 2022
    8 min read
    customer-service-adalah-EKRUT.jpg

    Careers

    Customer Service: Tugas dan Tanggung Jawab, Kualifikasi, dan Proyeksi Kariernya

    Tsalis Annisa

    05 December 2022
    5 min read
    jenis-strategi-pemasaran-EKRUT.jpg

    jobs

    12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

    Tsalis Annisa

    02 December 2022
    5 min read

    Video