Published on

Careers

9 Hal yang Membuatmu Profesional dalam Dunia Kerja dan Cara Membangunnya

Sylvia Rheny

9_Hal_yang_Membuatmu_Profesional_dalam_Dunia_Kerja_dan_Cara_Membangunnya.jpg

Profesional adalah sikap yang wajib kamu asah, biasakan, dan kembangkan dalam dunia kerja. Bersikap profesional dapat membantu kamu dalam mengembangkan karier dan juga menyelesaikan pekerjaanmu sehari-hari. Nah, tidak ada salahnya jika kamu mulai memahami apa saja hal-hal yang perlu kamu perhatikan dan cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi profesional.

Baca juga: 10 Tes kepribadian online untuk rekrut professional talent

Apa itu profesional?


Profesional adalah seseorang dengan profesi tertentu dengan standar kompetensi tertentu. (Sumber: Pexels)

Bersumber dari laman Australian Council of Professions, secara tradisional profesional adalah seseorang yang memperoleh penghasilannya dari pengetahuan atau pengalaman khusus mereka. Makna ini masih terbawa sampai hari ini ke bidang-bidang seperti olahraga. Namun, dalam keprofesian, profesional memiliki arti yang lebih luas.

Seorang profesional adalah anggota dari suatu profesi. Profesional diatur oleh kode etik dan menyatakan komitmen terhadap kompetensi, integritas dan moralitas, altruisme dan promosi kepentingan publik dalam domain ahli mereka. Profesional bertanggung jawab kepada mereka yang mereka layani dan masyarakat.

Sedangkan menurut Corporate Finance Institute, profesional adalah siapa saja yang mencari nafkah dari melakukan suatu kegiatan yang memerlukan tingkat pendidikan, keterampilan, atau pelatihan tertentu. Biasanya ada standar kompetensi, pengetahuan, atau pendidikan yang harus ditunjukkan (seringkali dalam bentuk ujian atau kredensial), serta mematuhi kode etik dan standar etika.

Dari beberapa pengertian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa profesional adalah seseorang dengan profesi tertentu yang memiliki standar kompetensi tertentu, mematuhi kode etik, dan bertanggung jawab terhadap pihak-pihak yang mereka layani dalam pekerjaannya.

Baca juga: 10 Contoh soft skill untuk menunjang karier profesional kamu

9 Hal yang membuatmu profesional


Standar profesional adalah seperangkat praktik, etika, dan perilaku yang harus dipatuhi. (Sumber: Pexels)

Untuk menjadi profesional di tempat kerja, maka ada beberapa hal dalam standar profesional yang bisa kamu perhatikan. Standar profesional adalah seperangkat praktik, etika, dan perilaku yang harus dipatuhi oleh anggota kelompok profesional tertentu.

Beberapa hal yang membuatmu profesional adalah sebagai berikut:

  1. Akuntabilitas, yaitu bertanggung jawab atas tindakan yang kamu lakukan.
  2. Kerahasiaan, yaitu menjaga semua informasi sensitif agar hanya diketahui secara pribadi dan menghindari kebocoran informasi dari pihak-pihak yang tidak memiliki kepentingan.
  3. Kewajiban fidusia, yaitu menempatkan kebutuhan klien di atas kebutuhan sendiri.
  4. Kejujuran, yaitu selalu jujur dalam sikap, perbuatan, dan perkataan. Menghindari diri dari sikap manipulatif dan perkataan bohong demi kepentingan sendiri.
  5. Integritas, yaitu memiliki prinsip moral yang kuat, tidak mudah goyah terhadap pendirian yang dimiliki.
  6. Taat hukum, yaitu mengikuti semua hukum yang mengatur di yurisdiksi setempat.
  7. Loyalitas, yaitu tetap berkomitmen pada profesinya.
  8. Objektivitas, yaitu tidak terpengaruh atau dipengaruhi oleh bias.
  9. Transparansi, yaitu mengungkapkan semua informasi yang relevan dan tidak menyembunyikan apa pun.

Baca juga: 10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik

Cara menjadi seseorang yang profesional


Cara menjadi profesional adalah menunjukkan integritas. (Sumber: Pexels)

Selain standar profesional di atas, terdapat beberapa cara untuk menjadi seseorang yang profesional dalam dunia kerja. Beberapa cara menjadi seseorang yang profesional adalah sebagai berikut:

1. Jadilah produktif

Cara pertama menjadi profesional adalah dengan menunjukkan produktivitas. Gunakan waktu yang kamu miliki secara produktif di tempat kerja. Fokus pada tanggung jawab pekerjaan dan hindari bermain media sosial dan bersantai-santai saat bekerja.

2. Kembangkan citra profesional

Cara kedua menjadi profesional adalah dengan mengembangkan citra profesional. Salah satunya adalah mengenakan pakaian yang sesuai untuk industri dan perusahaanmu.

3. Ambil inisiatif

Cara ketiga menjadi profesional adalah dengan mengambil inisiatif. Kamu bisa meminta lebih banyak proyek untuk diberikan kepadamu. Selain itu, kamu juga bisa memikirkan apa yang bisa kamu lakukan untuk memenuhi tujuan perusahaan tempatmu bekerja.

4. Pertahankan kebiasaan kerja yang efektif

Cara keempat menjadi profesional adalah dengan mempertahankan kebiasaan kerja yang efektif. Kamu bisa memprioritaskan, merencanakan, dan mengelola tugas dan proyek yang diberikan padamu kemudian menindaklanjutinya dengan supervisor dan anggota tim.

5. Kelola waktu secara efisien

Cara kelima menjadi profesional adalah dengan mengelola waktu secara efisien. Tetapkan prioritas, tetapkan tujuan, dan buat rencana tindakan untuk memenuhi tenggat waktu.

6. Tunjukkan integritas

Cara keenam menjadi profesional adalah dengan menunjukkan integritas. Bertanggung jawab atas pekerjaan dan tindakan yang kamu ambil sambil berperilaku etis setiap saat.

Baca juga: 8 Skill teknologi yang paling banyak dicari di 2022

7. Menunjukkan keunggulan dalam pekerjaan

Cara ketujuh menjadi profesional adalah dengan menunjukkan keunggulan dalam pekerjaan. Menghasilkan karya dan hasil yang mencerminkan rasa bangga dan profesionalisme, seringkali melebihi harapan.

8. Jadilah pemecah masalah

Cara kedelapan menjadi profesional adalah dengan menjadi problem solver atau pemecah masalah. Ketika mengalami masalah dan hambatan, luangkan waktu untuk melakukan brainstorming beberapa solusi dan alternatif sebelum bertemu dengan supervisor-mu.

9. Menjadi resilient

Cara kesembilan menjadi profesional adalah dengan menjadi resilient atau ulet. Resiliensi atau ulet adalah kemampuan untuk bangkit dan pulih ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai harapan. Kamu bisa mengembangkan keterampilan untuk mengatasi tantangan dengan sikap positif dan konstruktif.

10. Berkomunikasi secara efektif

Cara kesepuluh menjadi profesional adalah dengan mempraktikkan komunikasi secara efektif baik kepada rekan kerja ataupun siapa saja yang berhubungan dengan pekerjaanmu. Keterampilan komunikasi interpersonal yang baik dapat membantu kamu untuk menjadi pribadi yang profesional dan dapat diandalkan.

11. Kembangkan kesadaran diri

Cara kesebelas menjadi profesional adalah dengan mengembangkan kesadaran diri. Kamu bisa belajar untuk mengelola emosi dan mengetahui apa saja yang bisa menjadi pemicu emosi dalam dirimu, sehingga kamu dapat mengelola reaksimu secara positif dan produktif. Selain itu, kamu juga bisa membiasakan diri untuk menerima dan merenungkan setiap feedback yang ditujukan untuk dirimu agar bisa membantu kamu dalam belajar dan bertumbuh.

12. Membangun hubungan

Cara terakhir menjadi profesional adalah dengan cara membangun hubungan baik dengan setiap orang yang terlibat dalam pekerjaan. Membangun koneksi dengan kolega, pelanggan, dan klien ini dapat membantu kamu membangun hubungan profesional yang ramah, kerja sama tim yang baik, dan berkolaborasi secara efektif.

Baca juga: 12 Cara membangun networking untuk menunjang karier

Sekian penjelasan mengenai hal-hal yang bisa membuatmu profesional dalam dunia kerja dan bagaimana cara membangunnya. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk pengembangan karier kamu ke depannya.

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • Corporate Finance Institute
  • Australian Council of Professions
  • Career Virginia Tech

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cara-interview-kerja-yang-baik-EKRUT.jpg

    Careers

    12 Cara Interview Kerja yang Baik Agar Bisa Diterima

    Lita Lia

    06 July 2022
    6 min read
    cover.jpg

    Careers

    12 Contoh Etos Kerja yang Penting Bagi Perkembangan Karier

    Detty Risetya

    06 July 2022
    5 min read
    H1.jpg

    Careers

    5 Contoh Biografi Diri Sendiri untuk Peluang dan Perkembangan Karier

    Alvina Vivian

    06 July 2022
    6 min read

    Video