Published on

Careers

4 Contoh proposal pengajuan dana yang baik dan benar serta tips membuatnya

Algonz D.B. Raharja

H1_Proposal_Pengajuan_Dana.jpg

Pernahkah kamu tergabung dalam kepanitiaan atau event organizer dan bertugas sebagai tim pengajuan bantuan dana sponsor? Nah, jika kamu telah berpengalaman di bidang itu, maka kamu mungkin tak begitu asing dengan pembuatan proposal pengajuan dana.

Dalam dunia usaha atau bisnis, proposal pengajuan dana merupakan salah satu aspek penting untuk menunjang keberlangsungan usaha. Proposal pengajuan dana merupakan pintu gerbang dari mengalirnya suntikan modal atau finansial bagi suatu usaha, baik usaha perseorangan maupun usaha mikro berbasis komunitas.

Apa itu proposal pengajuan dana?


Proposal pengajuan dana adalah dokumen yang dibuat oleh perorangan atau organisasi untuk mendapatkan dukungan dana dari pihak lain (Sumber: Pexels)

Secara garis besar, proposal pengajuan dana merupakan dokumen yang dibuat oleh seseorang atau kelompok/organisasi untuk mencari dukungan finansial dari pihak lain dengan tujuan tertentu. Proposal pengajuan dana dapat dilakukan dengan tujuan memperkuat finansial bisnis atau usaha atau sebagai solusi atas kebutuhan suatu usaha.

Adanya proposal pengajuan dana dapat membantu seseorang atau organisasi yang tengan membangun bisnis untuk dapat terus bertahan dan menggulirkan roda ekonomi pada bisnis mereka. Sebagai dokumen, tentu saja proposal pengajuan dana dibuat secara sistematis dengan beberapa bagian utama yang meliputi:

  • Latar Belakang
  • Maksud dan Tujuan
  • Informasi atau Jenis Usaha
  • Kendala atau Permasalahan
  • Penutup
  • Lampiran Anggaran Dana yang Diajukan

Baca Juga: 5 Cara Membuat Proposal untuk Menggaet Investor

Manfaat proposal pengajuan dana


Salah satu manfaat proposal pengajuan dana adalah untuk memperkenalkan usaha dan memperoleh partner bisnis (Sumber: Pexels)

Melihat urgensinya, proposal pengajuan dana memiliki manfaat besar bagi berlangsungnya suatu bisnis atau usaha. Khususnya untuk usaha mikro kecil dan menengah, proposal pengajuan dana dapat menunjang operasional atau pengembangan UMKM itu sendiri. Sedangkan untuk usaha perseorangan, proposal pengajuan dana dapat menunjang modal maupun menjadi solusi pencarian partner usaha.

Adapun beberapa manfaat utama dari proposal pengajuan dana antara lain adalah:

  • Menjadi dokumen pengantar resmi untuk mengajukan dana kepada pihak atau usaha lain
  • Menjadi bukti awal pengajuan kerja sama dalam bidang finansial
  • Sebagai bukti dan penjelas bagi pihak yang menerima pengajuan dana
  • Sebagai basis analisis dan perencanaan atau perhitungan bagi pihak yang menerima pengajuan dana
  • Sebagai alat untuk mengecek validitas badan usaha atau bisnis oleh pihak yang menerima pengajuan dana

Baca Juga: Business Plan: Tujuan dan 6 Panduan Lengkapnya

Tips membuat proposal pengajuan dana


Salah satu langkah untuk membuat proposal pengajuan dana adalah pastikan bahwa bisnis atau usahamu benar-benar ada dan kredibel (Sumber: Pexels)

Untuk lebih memahami dan memudahkan kamu dalam membuat proposal pengajuan dana, berikut ini adalah beberapa penjelasan singkat tentang tips membuat proposal pengajuan dana.

  • Pastikan badan usahamu terdaftar secara legal, berbadan hukum, atau dapat dipertanggungjawabkan kredibilitasnya. Langkah ini bisa disertakan dalam bagian bab “Informasi Usaha” beserta portofolio atau contoh produk usaha.
  • Tulislah proposal pengajuan dana dengan sistematis dan rapi
  • Buatlah sampul proposal pengajuan dana yang menarik dan tidak monoton
  • Sertakanlah latar belakang kepentingan pengajuan dana pada bagian atau bab “Latar Belakang” secara rinci dan tidak bertele-tele
  • Cantumkan kontak dan alamat badan usaha secara jelas dan lengkap
  • Jelaskan maksud dan tujuan secara terperinci, efisien, dan efektif pada bagian bab “Maksud dan Tujuan Proposal Pengajuan Dana”
  • Tambahkan data penjualan atau perkembangan usaha secara singkat sebagai penunjang untuk persuasi terhadap calon pemberi dana. Data bisa berupa grafik berwarna maupun gambar proses produksi dan pemasaran.
  • Sertakan gambaran atau rencana penggunaan anggaran dana secara rinci dan relevan
  • Berikan penjelasan timbal-balik yang akan diterima oleh penerima proposal pengajuan dana, entah itu bunga pinjaman maupun hal lainnya
  • Tutup proposal dengan kalimat persuasif tanpa tendensi memaksa

Baca Juga: Marketing Plan: Tujuan, Panduan Membuat, dan 3 Contohnya

4 Contoh proposal pengajuan dana


Berikut adalah contoh proposal pengajuan dana (Sumber: Pexels)

Setelah memahami dan mengerti tentang tips-tips pembuatan proposal pengajuan dana, kini kita perlu melihat beberapa contoh proposal pengajuan dana yang dapat dijadikan acuan. Secara umum, pembuatan proposal pengajuan dana dilakukan secara struktur baku seperti telah ditulis di atas, namun tidak menutup kemungkinan ada tambahan bab lain dalam proposal pengajuan dana tersebut.

Adapun empat contoh proposal pengajuan dana ini antara lain adalah sebagai berikut.

1. Contoh proposal pengajuan dana usaha

PROPOSAL PENGAJUAN DANA

Kedai “Steak Tempe Vegetarian” Malang

I. PENDAHULUAN

Sebagai salah satu tujuan wisata, Kota Malang memiliki produk khas unggulan yaitu tempe. Salah satu sentra olahan tempe di Kota Malang adalah sentra industri UMKM Sanan yang menyediakan berbagai olahan keripik tempe hingga kue dari bahan tempe. Banyaknya produsen tempe di kawasan itu menunjang berputarnya roda ekonomi dan keterserapan pekerja di sektor UMKM.

Banyaknya pelaku usaha yang berlomba-lomba menarik konsumen dengan berbagai macam cara, membuat sebagian pelaku usaha berpikir untuk mencari varian olahan tempe lainnya. Salah satu ide itu kami temukan dengan membuka kedai “Steak Tempe Vegetarian” yang berbahan baku tempe sebagai salah satu potensi baru di ranah kuliner Kota Malang.

II. LATAR BELAKANG

Setelah berjuang dengan membuka sentra oleh-oleh selama lebih dari lima tahun, usaha kami yang tadinya bernama UD Lancar Jaya mengalami kemerosotan dikarenakan pandemi. Toko kami yang berada di Jalan Tumenggung Suryo, Purwantoro, Kota Malang ini kemudian mencari cara untuk membuka sayap usaha lain yaitu Kedai Steak.

Untuk menghemat operasional, kami menggunakan sedikit ruang di toko oleh-oleh kami dan menyulapnya menjadi kedai. Ide untuk membuka kedai Steak Tempe ini muncul dikarenakan belum ada kedai atau restoran di Kota Malang yang khusus menjual varian kuliner berbahan baku tempe. Sedangkan, di kawasan Sanan sumber tempe amat melimpah dan rata-rata diolah menjadi oleh-oleh seperti keripik, manisan, hingga kue.

Dengan berbagai siasat dan penyesuaian, seperti menambahkan menu kopi susu dan minuman-minuman kekinian, kami harap “Kedai Steak Tempe Vegetarian” ini dapat berkembang dan bersaing.

Meski begitu, kami memerlukan bantuan dana untuk tambahan modal usaha kepada perusahaan yang bapak/ibu pimpin. Modal ini dapat berupa pinjaman finansial berjangka maupun alat produksi yang hingga kini masih kami usahakan.

III. MAKSUD DAN TUJUAN

Proposal pengajuan dana ini kamu tujukan kepada PT Intisari Pangan untuk menjadi partner bisnis maupun investor dalam rencana pembukaan usaha “Kedai Steak Tempe Vegetarian” ini.

Adapun kerangka bisnis dan rencana anggaran modal usaha kami akan sertakan dalam lampiran proposal ini. Selain itu, kami akan menerima jika PT Intisari Pangan yang bergerak di bidang produksi tempe berkenan pula untuk menjadi partner usaha dengan memberikan pinjaman modal berupa bahan baku tempe.

IV. PENUTUP

Demikian proposal pengajuan dana ini kami sampaikan kepada PT Intisari Pangan. Bersama dengan proposal pengajuan dana ini kami lampirkan rencana anggaran modal usaha kami beserta rincian bahan baku yang hendak kami gunakan dalam satu tahun pertama operasional Kedai Steak Tempe Vegetarian.

Kami selaku pemilik usaha berharap PT Intisari Pangan dapat menerima proposal pengajuan dana ini untuk kemudian ditindaklanjuti atau dipertimbangkan.

Baca Juga: Panduan Membuat Marketing Plan Beserta Contohnya

2. Contoh proposal pengajuan dana UMKM

PROPOSAL PENGAJUAN DANA

UMKM “Mangoku” Banjar Adat Paneca, Payangan, Gianyar

I. PENDAHULUAN

Berada tak jauh dari pusat wisata Ubud, Banjar/Desa Paneca yang terletak di Kecamatan Payangan memang terkesan sepi dari wisatawan, baik domestik maupun asing. Namun, kami sebagai pengurus UMKM Banjar Adat Paneca ingin membangun sumber daya manusia di desa kami lewat produksi manisan mangga dengan merek “Mangoku”.

Merek manisan kering yang berbahan utama mangga ini rencananya akan kami daftarkan secara paten dan diproduksi secara massal. Manisan mangga yang kami produksi lewat UMKM berbasis desa ini bahan bakunya mudah didapatkan dari kebun-kebun mangga warga di Paneca. Oleh karena itu, kami memiliki ide untuk membangun sebuah UMKM berbasis masyarakat dan mengusung semangat “dari masyarakat, untuk masyarakat”.

II. LATAR BELAKANG

Hampir 80 persen warga Banjar/Desa Paneca bekerja sebagai petani padi dan kebun. Beberapa di antaranya bekerja di villa atau penginapan yang ada di sekitar Paneca. Namun, mereka yang berusia 40 tahun ke atas dan khususnya perempuan, tidak memiliki pekerjaan tetap. Hal ini dikarenakan sebagian besar hotel dan penginapan yang tersebar di sekitar Ubud hingga Paneca lebih memilih lulusan baru SMK Pariwisata maupun anak-anak muda.

Melihat situasi ini, kami selaku pengurus UMKM Banjar Adat Paneca ingin mengembangkan sumber daya manusia di desa kami untuk memproduksi sebuah produk komersial yang dapat menunjang pariwisata di desa kami. Ide manisan kering berbahan dasar buah mangga ini muncul karena memang terdapat lebih dari 10 hektar kebun mangga milik warga setempat yang hingga kini pemasarannya hanya berupa buah matang tanpa olahan.

Atas dasar ketersediaan sumber daya, bahan baku, dan keinginan untuk menaikkan nilai jual mangga dengan mengolahnya, maka kami ingin mengambil kesempatan ini untuk membangun UMKM dengan produk manisan mangga “Mangoku”.

Rencananya, UMKM ini akan kami gunakan untuk menyerap tenaga kerja yang umumnya  ibu-ibu di desa kami dan juga pria paruh baya yang tidak memiliki pekerjaan tetap di sektor pariwisata.

III. MAKSUD DAN TUJUAN

Proposal pengajuan dana ini kami kirimkan ke PT Bali Dewata Trans sebagai bukti formal kami dalam rangka menawarkan peluang investasi. PT Bali Dewata Trans yang bergerak di bidang perhotelan dan transportasi menjadi alasan utama kami untuk mengajukan proposal ini.

Selain telah dikenal sebagai perusahaan yang memiliki beberapa hotel dan villa di sekitar Ubud, PT Bali Dewata Trans juga menyediakan paket wisata untuk wisatawan domestik maupun asing. Hal ini tentu saja akan semakin lengkap jika nantinya UMKM kami bisa menjadi salah satu partner bisnis baik untuk menyediakan program workshop dan penyediaan souvenir bagi wisatawan.

Sebelum itu, kami perlu membangun beberapa hal di desa kami untuk meletakkan fondasi bisnis UMKM kami yang tentunya membutuhkan modal usaha. Kami hendak mengajak PT Bali Dewata Trans untuk berinvestasi di UMKM kami dengan bantuan finansial yang nantinya akan kami gunakan untuk membeli peralatan produksi dan juga mesin-mesin pengemasan.

Rincian anggaran dana yang kami perlukan untuk pembiayaan di sektor produksi itu telah kami lampirkan dalam proposal pengajuan dana ini.

IV. PENUTUP

Demikian proposal pengajuan dana ini kami kirimkan kepada PT Bali Dewata Trans. Semoga tujuan kami untuk mendapatkan dukungan investasi pembiayaan UMKM “Mangoku” dapat terwujud atas kemurahan hati dari pihak PT Bali Dewata Trans.

3. Contoh proposal pengajuan dana kegiatan

PROPOSAL PENGAJUAN DANA

Kegiatan Reforestasi Mahasiswa Pecinta Jagad Raya “Panta Rhei” Fakultas Filsafat, UGM Yogyakarta

I. PENDAHULUAN

Organisasi Mahasiswa Pecinta Jagad Raya (Mapajara) “Panta Rhei” merupakan wadah pecinta alam mahasiswa Fakultas Filsafat UGM yang telah berdiri sejak tahun 1979. Sejak saat itu hingga saat ini, kami senantiasa konsen dalam hal konservasi, penanganan bencana alam, dan juga kegiatan sosio-ekologis lainnya, baik di Yogyakarta maupun seluruh wilayah Indonesia.

Salah satu kegiatan rutin yang kami lakukan dalam organisasi Mapajara “Panta Rhei” ini adalah program reforestasi. Program ini kami lakukan secara rutin sebagai bakti terhadap lingkungan dan negeri. Pada tahun 2021 ini, kami berencana melakukan kegiatan reforestasi di wilayah terdampak banjir di lereng Gunung Arjuno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

II. TUJUAN KEGIATAN

Kegiatan reforestasi atau penghutanan kembali wilayah hulu Sungai Brantas di Kota Batu, Jawa Timur ini kami lakukan sebagai program mitigasi bencana banjir yang terjadi pada bulan Oktober 2021 lalu. Wilayah lereng dan kaki Gunung Arjuno secara umum telah mengalami deforestasi yang cukup masif, baik dikarenakan kebakaran hutan maupun pergeseran lahan pertanian.

Oleh karena itu, kami bekerja sama dengan Taman Hutan Raya Raden Soerjo Jawa Timur akan melakukan kegiatan reforestasi skala sedang di kawasan inti penyangga air di sisi selatan Gunung Arjuno. Kegiatan reforestasi ini kami namakan “Kembali ke Arjuno”.

III. TEMPAT DAN WAKTU KEGIATAN

Rencananya, kegiatan “Kembali ke Arjuno” akan kami lakukan di dua desa yaitu Desa Sumberbrantas dan Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu pada:

Hari/tanggal: Sabtu - Minggu, 18  -19 Desember 2021
Waktu: 08.00 WIB - 15.00 WIB
Tempat: Petak Hutan Tahura R. Soerjo, berkumpul di Lapangan Sumber Brantas

IV. BENTUK KEGIATAN

Kegiatan reforestasi akan dilakukan selama dua hari dengan melibatkan warga di kedua desa. Reforestasi ini akan dilakukan dengan proses silvikultur atau budidaya hutan secara intensif, sehingga tim dari Mapajara “Panta Rhei” akan dibantu oleh kawan-kawan mahasiswa dari Fakultas Kehutanan UGM untuk melakukan metode silvikultur intensif selama kurang lebih dua bulan setelah kegiatan reforestasi ini berlangsung.

Metode ini kami ambil untuk menyempurnakan proses tanam hingga bibit-bibit yang tertanam benar-benar dapat tumbuh.

VI. ANGGARAN

Mengingat kegiatan reforestasi “Kembali ke Arjuno” ini cukup menyita banyak waktu dan keperluan, maka kami akan melampirkan rencana anggaran kegiatan bersama proposal pengajuan dana ini.

VII. PENUTUP

Besar harapan kami bahwa nantinya bapak/ibu atau badan usaha yang bapak/ibu pimpin dapat mendukung kegiatan reforestasi yang akan kami laksanakan ini. Semoga apa yang kita semai pada alam akan kita tuai dengan kebaikan dan keselamatan bagi semua makhluk.

4. Contoh proposal pengajuan dana perusahaan

PROPOSAL PENGAJUAN DANA

CV Wisata Jaya Global

I. PENDAHULUAN

Perkembangan ekowisata di Indonesia cukup masif berkembang, khususnya di kawasan pedesaan dengan potensi wisata tinggi. Untuk itu kami, CV Wisata Jaya Global, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan desa wisata hendak meningkatkan pelayanan kami di bidang konsultasi dan pembangunan sarana dan prasarana pariwisata pedesaan.

Perusahaan ini kami dirikan pada tahun 2015 untuk menanggapi pertumbuhan Desa Wisata yang saat itu mulai berkembang pesat, khususnya di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sejak saat itu, kami melakukan kerja sama dengan berbagai desa wisata untuk melakukan site planning, konsultasi hunian/penginapan. hingga melakukan pengelolaan daya tarik wisata, seperti workshop pertanian dan kerajinan tangan.

Namun, selepas pandemi yang berlangsung sejak tahun 2020 lalu, beberapa desa wisata yang memakai jasa kami mengalami kemunduran pengunjung. Tak hanya itu, beberapa fasilitas sarana dan prasarana desa wisata pun kurang terawat karena tidak adanya pemasukan dari pariwisata dalam kurun waktu lebih dari satu tahun.

II. LATAR BELAKANG

Dengan adanya beberapa kemunduran tata kelola desa wisata pasca pandemi 2020, kami sebagai perusahaan yang bergerak di bidang konsultan dan pengelolaan desa wisata ingin mengembangkan lagi jasa kami kepada masyarakat dengan lebih baik.

Oleh karena itu, kami berkeinginan untuk membuat beberapa program pengembangan desa wisata yang didukung dengan pembangunan tenant-tenant kerajinan tangan dan produk olahan desa wisata sebagai salah satu produk kami. Pengelolaan ini kami harapkan dapat membantu menumbuhkan potensi desa dan proses pemasarannya kepada wisatawan.

Namun, dikarenakan tidak adanya pemasukan yang signifikan selama pandemi, kami kesulitan untuk membangun kembali perusahaan kami.

IV. MAKSUD DAN TUJUAN

Proposal pengajuan dana ini kamu tujukan kepada perusahaan maupun instansi yang bapak/ibu pimpin sebagai bukti formal rencana anggaran kami dalam mengelola beberapa desa wisata yang menjadi mitra kami.

Bersama dengan proposal pengajuan dana ini kami lampirkan rencana anggaran secara rinci beserta besaran dana yang kami butuhkan untuk membangun operasional perusahaan kami. Kami berencana untuk menambah sumber daya manusia sebagai konsultan lapangan dan juga bagian pengembangan tata kelola wisata untuk memperkuat kembali perusahaan kami.

V. SUSUNAN PENGURUS “CV WISATA JAYA GLOBAL”

  1. Penanggung Jawab/Direktur: Jaka Reksa Pradana, S. Par., M.Sc.
  2. Sekretaris: Nur Widya Wiyantika, S.Si.
  3. Bendahara: Raka Dwi Nurmasari, S.E.
  4. Manajer Konsultan: Wayan Adi Megantara, S.Par., M.Par.
  5. Manajer Perencanaan: Nengah Dewi Widyanti, S.T., M.Sc.

VI. ANGGARAN

Total anggaran dana sebesar Rp 457.000.000 (empat ratus lima puluh tujuh juta rupiah) beserta rinciannya telah kami lampirkan bersama dengan proposal pengajuan dana ini.

VII. SASARAN PROYEK

Adapun rencana sasaran proyek untuk pembangunan kembali desa wisata ini antara lain mencakup:

  1. Desa Wisata Brayut, Kab. Sleman
  2. Desa Wisata Pentingsari, Kab. Sleman
  3. Desa Wisata Girimulyo, Kab. Kulon Progo
  4. Desa Wisata Mangunan, Kab. Bantul
  5. Kampung Wisata Rejowinangun, Kota Yogyakarta
  6. Desa Wisata Krambilsawit, Kab. Gunungkidul

VIII. PENUTUP

Demikian proposal pengajuan dana ini kami sampaikan kepada perusahaan, instansi, dan perorangan dengan tujuan untuk dapat membantu pembiayaan proses pengembangan desa wisata yang menjadi fokus utama usaha kami di CV Wisata Jaya Global.

Kami harap investasi dari berbagai pihak akan menjadi jalan baru bagi terbukanya potensi desa wisata di berbagai daerah yang tengah kami usahakan.

Baca Juga: 4 Contoh Surat Pengantar untuk Berbagai Keperluan Kerja

Nah, itulah tadi beberapa contoh proposal pengajuan dana yang dapat kamu jadikan acuan dalam membuat proposal pengajuan dana. Mudah, bukan?

Bagi kamu yang memiliki potensi di bidang pengurusan proposal atau administrasi seperti ini, dan tengah mencari pekerjaan, mungkin EKRUT bisa jalan pembuka bagimu untuk berkarier. Dengan mendaftar lewat EKRUT, potensimu bisa ditemukan oleh berbagai perusahaan yang tengah pula mencari kandidat administrasi untuk kantornya.

Tunggu apalagi, gunakan kesempatan ini untuk mendaftar lewat EKRUT dengan klik tautan di bawah ini.

sign up EKRUT

Sumber:

  • kumparan.com
  • popbela.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cover_(9).jpg

    Careers

    SPPKP: Pengertian, Fungsi, Persyaratan, dan Cara Mendapatkannya

    Detty Risetya

    05 October 2022
    5 min read
    Storyboard_adalah_Fungsi__cara_pembuatan__dan_3_contohnya.jpg

    Careers

    Storyboard Adalah: Fungsi, Cara Pembuatan, dan 3 Contohnya

    Sylvia Rheny

    05 October 2022
    6 min read
    5_Contoh_daftar_riwayat_hidup_yang_profesional_dan_relevan_untuk_ditulis.jpg

    Careers

    8 Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Profesional beserta Informasi yang Perlu Dicantumkan

    Sylvia Rheny

    03 October 2022
    8 min read

    Video