Careers

Prospek Kerja Akuntansi beserta Tanggung Jawab dan Kisaran Gajinya

Published on
Min read
6 min read
time-icon
H1_(2).JPG

Akuntan merupakan seseorang yang bekerja membuat catatan keuangan suatu perusahaan. Melihat prospek kerja akuntansi, lulusannya bisa bekerja untuk pemerintah, perusahaan lokal, multinasional, hingga organisasi. Lulusan akuntansi banyak dibutuhkan oleh perusahaan karena mereka yang akan bertanggung jawab untuk mengatasi masalah keuangan perusahaan. Selain itu, prospek kerja lulusan akuntansi dalam kariernya pun bisa mencapai hingga level yang tinggi. Tak heran jika jurusan ini masih banyak diminati oleh para anak muda. Sebelum memutuskan untuk terjun ke bidang akuntansi, sebaiknya kamu menyimak terkait tugas dan tanggung jawab, skill-set, dan prospek kerja seorang akuntan berikut ini.

Baca juga: Goodwill: Definisi, Jenis, Rumus, dan Cara Menghitungnya

Tugas dan tanggung jawab akuntan


Memahami tugas akuntan. (sumber: unsplash)

Akuntan memiliki tugas dan tanggung jawab penuh terhadap segala hal yang berhubungan dengan keuangan. Berikut ini penjelasan lengkap yang bisa diketahui.

1. Memantau transaksi keuangan

Akuntan bertugas memantau sekaligus mendokumentasikan transaksi keuangan perusahaan selama periode waktu tertentu. Biasanya mereka akan memasukkannya ke dalam buku besar atau laporan keuangan perusahaan.

2. Melakukan rekonsiliasi laporan keuangan

Akuntan juga bertanggung jawab untuk meninjau dokumen keuangan perusahaan dan menyelesaikan setiap perbedaan yang ditemukan. Hal ini biasanya akan melibatkan rekonsiliasi laporan hingga pernyataan berbagai transaksi yang sebelumnya sudah didokumentasikan.

3. Memantau efisiensi prosedur akuntansi

Seorang akuntan turut bertanggung jawab dalam meninjau program dan prosedur pengendalian akuntansi untuk memastikan efektivitas program yang berkelanjutan. Biasanya akuntan akan benar-benar memastikan terlebih dahulu apakah prosedurnya sudah memenuhi peraturan negara bagian atau belum.

Baca juga: Perbedaan Finance dan Accounting: Mulai dari Tugas dan Kewajiban hingga Besaran Gajinya

Skill-set yang perlu dimiliki


Skill yang perlu dimiliki akuntan. (sumber: unsplash)

Merasa tertarik bekerja di bidang akuntansi dan ingin terjun ke dunianya? Perlu kamu ketahui bahwa jika ingin menjadi akuntan, kamu harus memiliki beberapa skill, baik hard skills atau soft skills untuk mendukung kesuksesanmu di bidang keuangan.

1. Memahami teknologi

Jika berprofesi sebagai akuntan, hard skill yang perlu dimiliki adalah kamu harus memahami teknologi yang ada. Apalagi saat ini keberadaan teknologi terus berkembang, alhasil setiap individu otomatis harus mampu beradaptasi dengan cepat dan mengikuti tren yang ada. Misalnya, dengan memahami pengoperasian spreadsheets, tools akuntansi, dan lain-lain.

2. Menganalisis

Hard skill lainnya yang harus dimiliki adalah kemampuan menganalisis dan mengidentifikasi risiko keuangan. Hal ini bisa berdasarkan dari data keuangan perusahaan yang nantinya dapat membantu kamu dalam mengambil keputusan. Skill ini wajib dimiliki apalagi kalau kamu berminat menjadi financial risk analyst yang bisa membantu dalam proses manajemen risiko.

3. Memahami standar GAAP dan IFRS

Generally Accepted Accounting Principles (GAAP) dan International Financial Reporting Standards (IFRS) merupakan suatu cara untuk menganalisis, mencatat, dan mengelompokkan transaksi bisnis. Kedua hal ini sangat diperlukan untuk memahami informasi yang ditemukan pada sebuah laporan keuangan. Namun, keduanya mempunyai beberapa perbedaan, yaitu dalam menentukan komponen neraca, laporan arus kas, revaluasi aset, dan penggunaan metode penilaian. Nah, dengan memahami kedua standar itu, kamu akan paham dalam menentukan timing yang tepat untuk menggunakannya.

4. Analytical thinking

Analytical thinking merupakan sebuah proses pemeriksaan hal-hal rinci untuk menemukan lebih banyak wawasan. Soft skill ini sangat dibutuhkan jika kamu bekerja di bidang keuangan karena bisa membantumu dalam menganalisis situasi secara akurat, memahami cara kerja dari situasi tersebut, memberi kesimpulan, keputusan, hingga meresponsnya secara bijaksana. Tak hanya itu saja, dengan memiliki kemampuan ini, kamu juga bisa memecahkan masalah yang terjadi dengan langkah yang tepat.

5. Mengambil keputusan yang tepat

Seorang akuntan harus memiliki kemampuan yang baik saat mengambil sebuah keputusan, apalagi hal yang berurusan dengan keuangan perusahaan. Biasanya akuntan akan berhubungan dengan keputusan-keputusan yang berhubungan dengan pemotongan anggaran, penutupan cabang, atau pilihan investasi yang menguntungkan atau merugikan perusahaan, dan lain-lain.

Baca juga: Apa itu Akuntan? Yuk, Cari Tahu Mulai dari Pengertian Hingga Kode Etiknya!

Prospek kerja akuntansi dan kisaran gaji 2022


Prospek kerja lulusan akuntansi dan besaran gaji. (sumber: unsplash)

Selain menjadi akuntan, rupanya ada banyak prospek kerja yang bisa didapatkan lulusan akuntansi. Ini dia daftar pekerjaan yang bisa ditekuni beserta perkiraan gaji yang didapat.

1. Account officer

Account officer merupakan seseorang yang bertugas untuk memasarkan produk dari perusahaan kepada calon konsumen potensial. Mereka akan melakukan monitoring terkait pembiayaan agar konsumen tersebut bisa memenuhi kewajiban pembayaran terhadap perusahaan. Seorang account officer juga biasanya akan bertugas menjalin hubungan yang baik dengan para konsumen. Hal ini dikarenakan mereka secara tidak langsung berperan untuk menangani segala permasalahan yang terjadi. Kisaran gaji untuk posisi ini biasanya ada di kisaran Rp5.000.000 sampai Rp6.000.000 per bulannya.

2. Accounting manager

Accounting manager bertugas untuk mengelola dan mengawasi divisi akuntansi dan semua bidang yang berhubungan dengan keuangan. Mereka juga bertanggung jawab dalam menganalisis dan melaporkan informasi terkait keuangan. Jika ingin mengisi posisi yang satu ini, kamu harus mengerti tentang beragam prinsip akuntansi dan berbagai skill mumpuni yang relevan dengan bidang keuangan. Mereka yang bekerja sebagai accounting manager biasanya menerima gaji mulai dari Rp8.000.000 sampai Rp15.000.000 tiap bulan.

3. Internal auditor

Internal auditor berperan dalam memastikan laporan keuangan perusahaan agar sesuai dengan realisasinya. Seorang internal auditor juga diharuskan untuk bisa memastikan tidak ada penyimpangan keuangan kepada seluruh tim di divisinya. Kisaran gaji yang umumnya didapatkan oleh internal auditor mulai dari Rp5.000.000 sampai Rp7.000.000 per bulannya.

4. Financial analyst

Financial analyst bertanggung jawab dalam menganalisis dan mengamati stabilitas dan profitabilitas suatu usaha, subusaha, atau sebuah proyek. Mereka biasanya menyajikan sebuah laporan rasio kepada pimpinan perusahaan yang nantinya akan dijadikan acuan dalam mengambil kebijakan perusahaan. Seorang financial analyst juga bertugas untuk melakukan pembelian bahan baku dalam proses produksi, melakukan pembelian mesin-mesin produksi, dan negosiasi pinjaman bank guna meningkatkan modal kerja. Besaran gaji untuk posisi ini mulai dari Rp7.000.000 sampai Rp8.000.000 tiap bulannya.

5. Certified Public Accountant (CPA)

Jika ingin menjadi Certified Public Accountant (CPA), kamu akan bertugas melakukan audit dan menganalisis keuangan, memberikan petunjuk kebijakan keuangan, hingga melaporkan konsekuensi pajak terhadap sebuah perusahaan. Hanya saja, untuk bisa bekerja sebagai CPA, kamu harus lebih dulu lulus ujian sertifikasi CPA. Bayarannya juga bisa lebih besar kalau kamu menempuh S2 atau memiliki gelar master. Kisaran gaji untuk posisi ini mulai dari Rp10.000.000 sampai Rp15.000.000 per bulan.

Baca juga: Akuntan Publik: Pengertian, Bidang Jasa, Perizinan dan Tips

Itu dia penjelasan terkait prospek kerja bidang akuntansi yang bisa kamu ketahui lebih dalam. Selain gajinya yang tinggi, jenjang kariernya juga cukup menggiurkan. Jadi, apakah kamu tertarik berkarier di bidang keuangan? Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Bukan hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • accurate.id
  • quipper.com
  • gramedia.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    BEP_(Break_Event_Point)_Pengertian__konsep__tujuan__3_komponen_dan_cara_perhitunganya.jpg

    startup

    BEP (Break Event Point): Pengertian, Tujuan, dan 3 Komponennya

    Sylvia Rheny

    06 December 2022
    5 min read
    tipe-tipe-kepemimpinan-EKRUT.jpg

    Careers

    10 Tipe Kepemimpinan Dalam Tim, Kamu Termasuk yang Mana?

    Tsalis Annisa

    06 December 2022
    5 min read
    cara-membuat-grafik-di-excel---EKRUT.jpg

    Technology

    Cara Membuat Grafik di Excel dengan Mudah Beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    05 December 2022
    6 min read

    Video