Published on

Technology

10 Macam Proxy Web Gratis Terbaik 2022 dan Cara Menggunakannya

Arin Khurota

0-web-proxy-gratis.jpg

Tahukah kamu bahwa berselancar di internet sesungguhnya tidak sepenuhnya aman? Ketika mengakses internet, server dapat memperoleh alamat IP serta informasi lainnya, termasuk perangkat yang digunakan, lokasi dkamu mengakses internet, bahkan data pribadimu. Tentunya tidak ada yang ingin data pribadinya tersebar apalagi digunakan oleh pihak lain. Namun, dengan hadirnya proxy web gratis, kamu dapat mengakses internet dengan aman tanpa harus membayar biaya tambahan. Untuk memahaminya secara lebih mendalam, simak ulasannya berikut ini.

Apa itu proxy?


Proxy adalah sistem seperti VPN (sumber: pexels)

Proxy adalah sistem atau router yang menjadi jembatan (gateway) antara pengguna dan internet. Proxy hadir untuk membantu mencegah penyerang di dunia cyber memasuki jaringan pribadi seseorang saat mengakses internet. Dapat dikatakan bahwa proxy adalah sebuah “perantara” antara pengguna akhir dan halaman web yang dikunjungi pengguna secara online. Ketika komputer terhubung ke internet, ia akan memperoleh alamat IP. Proxy sebenarnya mirip dengan alamat jalan rumah, memberitahu data masuk ke mana harus pergi. Proxy akan menandai data keluar dengan alamat pengirim untuk diautentikasi oleh perangkat lain. Pada dasarnya, proxy adalah komputer di internet yang memiliki alamat IP sendiri.

Baca juga: 5 Rekomendasi Situs Proxy Site untuk Keamanan Berselancar Internet

5 Macam proxy web


Proxy web gratis dapat digunakan untuk mengakses internet dengan aman (sumber: pexels)

Proxy web gratis sudah cukup banyak tersedia di internet dan umumnya cukup aman digunakan untuk mengakses konten online. Namun, situs proxy web gratis yang tidak menggunakan koneksi HTTPS kemungkinan besar tidak aman sehingga tetap harus selektif dalam memilih. Proxy juga sering disebut VPN (Virtual Private Network) menyediakan alamat IP yang unik untuk menyembunyikan IP kamu. Beberapa rekomendasi proxy web gratis dapat kamu baca dalam daftar berikut.

1. KProxy

KProxy adalah salah satu proxy web gratis terbaik yang memungkinkan pengguna mengakses situs besar tanpa menimbulkan banyak masalah berarti. KProxy memungkinkan pengguna menjelajahi situs web secara anonim dan menghindari pelacakan pihak ketiga, termasuk serangan cyber. KProxy didukung dengan beberapa fitur yang dapat digunakan secara gratis, di antaranya:

  • Perlindungan peretasan
  • Mask IP address and location
  • Bypass online filtering
  • Ekstensi browser (Edge, Chrome, dan Firefox)

Selain itu, proxy web gratis ini juga memungkinkan pengguna untuk mengakses situs yang telah diblokir. Dengan KProxy, pengguna dapat dengan mudah melewati filtering web yang dilakukan pemerintah atau tempat kerja. Proxy web ini juga dapat membantu melindungi dari peretas yang hendak mencuri informasi pribadi. Namun, versi gratisnya hanya tersedia untuk server di Kanada dan Prancis.

2. HideMyAss

Salah satu proxy web gratis ini juga dapat digunakan untuk mengakses situs web yang telah diblokir dari mana saja secara anonim. Bahkan, kamu dapat mengakses situs web perbankan online tanpa khawatir peretas akan mengakses informasi pribadimu. HideMyAss memungkinkanmu untuk terhubung melalui server acak di Eropa dan Amerika. HideMyAss memiliki beberapa fitur dukungan, di antaranya:

  • Sembunyikan IP
  • Akses situs web terbatas
  • Hentikan pelacakan ISP
  • Streaming US TV
  • Perbankan online yang aman
  • Dapat digunakan untuk mengakses aplikasi dan game

HideMyAss merupakan proxy yang cukup aman. Versi gratisnya memungkinkan pengguna dapat mengakses hampir semua situs web. Namun, pengguna juga dapat mengaktifkan versi pro jika ingin mencoba fitur-fitur canggihnya, seperti menghentikan pelacakan ISP, perlindungan layanan perbankan, dan dukungan aplikasi.

3. Hide Me

Hide Me merupakan proxy web gratis terbaik untuk membuka blokir situs web tanpa pelacakan identitas. Hide Me memungkinkan pengguna dapat menggunakan ekstensi Chrome atau Firefox untuk lebih mudah mengakses web tanpa harus mengunjungi website resminya. Hide Me memiliki beberapa fitur dukungan yang cukup menarik, di antaranya:

  • Dukungan IKEv2, OpenVPN, SoftEther, SOCKS, dan SSTP
  • Dukungan torrent
  • Dukungan beberapa lokasi proxy di berbagai negara

Hide Me memiliki tampilan UI yang sederhana sehingga pengguna dapat menggunakannya dengan mudah. Namun, versi gratisnya hanya mendukung satu server di Belanda. Untuk server tambahan kemungkinan harus menggunakan versi VPN berbayar.

4. Whoer

Whoer menjadi salah satu proxy web gratis terbaik yang telah banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Alat ini memungkinkan pengguna menjelajah internet secara anonim dengan aman. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi di browser online paling populer. Dengan menggunakan Whoer, data koneksi IP pengguna tidak akan dicatat. Hal ini akan membantu mencegah siapa pun melacak aktivitas online pengguna. Whoer juga telah tersedia dalam ekstensi browser yang memungkinkan akses gratis ke cara TV, game, film, bahkan melewati batasan geografis. Whoer memiliki beberapa fitur dukungan di antaranya:

  • Mask IP Address
  • Ubah DNS
  • Ekstensi untuk Chrome, Opera, Firefox, dan Yandex

5. Proxy Site

Proxy Site merupakan proxy web gratis terbaik untuk melindungi privasi online. Proxy Site mendukung untuk situs web populer termasuk Google, YouTube, Facebook, Reddit, Twitter, dan Imgur. Pengguna dapat terhubung dengan internet secara anonim untuk melihat konten yang dibatasi di mana saja di dunia. Proxy Site memiliki dukungan fitur yang cukup menarik, di antaranya:

  • Perlindungan privasi
  • Enkripsi SSL
  • Bypass filter
  • Server Eropa dan Amerika Serikat

Proxy Site merupakan salah satu proxy web gratis yang cepat, stabil, dan kompatibel dengan sebagian besar situs web. Namun, untuk mendapatkan fitur yang lebih canggih, seperti dukungan JavaScript dan pengiriman forum, pengguna harus berlangganan versi VPN premium.

Baca juga: Mengenal Perbedaan HTTP dan HTTPS Lebih Mendalam

Proxy web terbaru


Proxy web gratis dapat diakses melalui website resmi (sumber: pexels)

Proxy web dapat membantu menyembunyikan IP saat pengguna mengakses internet sehingga data pribadi dapat tetap terlindungi. Ada beberapa rekomendasi proxy web terbaru yang dapat dicoba.

1. Bright Data

Bright Data adalah perusahaan pengumpulan data terkemuka yang memiliki jumlah proxy dengan kumpulan IP terbesar. Proxy-nya banyak digunakan untuk scraping dan crawling, audit SEO, perlindungan merek, dan verifikasi iklan. Selain itu, Bright Data juga menyediakan akses gratis ke alat canggih, seperti Bright Data Proxy Manager, Proxy Browser Extension, dan API.

Tautan link dapat diakses di sini

2. Spys.one

Spys.one adalah salah satu penyedia proxy yang memulai layanannya sejak tahun 2008 dan hosting di URL hingga saat ini. Spys.one dapat digunakan untuk mengakses website dengan berbagai protokol, termasuk HTTPS, HTTPS, dan SOCKS. Selain itu, Spys.one juga mendukung proxy squid, yaitu server proxy berbasis Unix yang mampu melakukan caching dan proxying. Proxy web gratis ini dapat menyimpan data aplikasi web di file lokal sehingga saat pengguna kembali mengakses website sehingga data akan diambil dari cache. Caching akan membuat situs dimuat lebih cepat dan menghemat bandwidth.

Tautan halaman dapat diakses di sini.

3. Proxy Scrape

Proxy Scrape adalah merek yang terkenal relatif mahal tetapi memiliki reputasi lama dan layanan yang stabil. Mereka bahkan memiliki sekitar 2000-3000 server proxy gratis. Proxy Scrape juga menyediakan layanan berbayar untuk mengaktifkan beberapa fitur tambahan. Beberapa orang yang telah menggunakan fitur berbayarnya mengulas bahwa Proxy Scrape lebih cepat dan lebih baik.

Tautan proxy dapat diakses di sini

4. Free-Proxy.cz

Free-Proxy.cz merupakan salah satu situs web proxy asli tertua di dunia. Mereka memiliki sekitar 6000-7000 proxy yang telah memiliki banyak feedback positif dari penggunanya. Free-Proxy.cz juga telah memiliki banyak server di berbagai negara dan reputasinya telah diakui oleh dunia.

Tautan proxy dapat diakses di sini

5. HideMy.Name

HideMy.Name terkenal dengan layanan VPN-nya yang juga menawarkan proxy yang dapat digunakan secara gratis. HideMy.Name telah hadir lebih dari 70 negara di dunia dan memiliki 8000-10000 server. Selain itu, layanan proxy web gratis ini juga memiliki fitur standar seperti HTTPS dan filter dengan anonimitas sehingga dapat filter berdasarkan port proxy. Setelah menerapkan filter dengan parameter yang diinginkan, selanjutnya pilih kecepatan tercepat. HideMy.Name juga dapat memeriksa server setiap menitnya sehingga memudahkan pekerjaan.

Baca juga: Cache Adalah: Definisi, Manfaat, Kekurangan, dan Jenisnya

Cara menggunakan proxy web gratis


Proxy web tersedia sebagai ekstensi browser (sumber: pexels)

Server proxy memiliki alamat IP sendiri yang bertindak sebagai perantara antara komputer dan internet. Komputer yang terhubung dengan internet mengetahui alamat IP tersebut akan mengirimkan permintaan yang diarahkan ke proxy. Kemudian, server web akan memberikan respons dan meneruskan data dari halaman ke browser komputer, seperti Chrome, Firefox, atau Edge.

Proxy tersedia sebagai hardware dan software. Hardware proxy berfungsi sebagai sebagai perantara. Sementara itu, software proxy biasanya di-hosting oleh provider atau terletak dalam cloud. Kamu dapat download aplikasi proxy lebih dulu dan menginstal di komputer yang akan memfasilitasi interaksi dengan proxy.

Untuk dapat memulai berselancar di internet dengan server proxy, kamu perlu konfigurasi di komputer, perangkat, atau jaringan. Masing-masing operasi sistem memiliki prosedur setup yang berbeda. Jadi, pastikan untuk cek kebutuhan komputer atau jaringan milikmu.

Namun, dalam kebanyakan kasus, setup proxy dapat menggunakan script konfigurasi otomatis. Jika kamu ingin melakukannya secara manual, ada beberapa pilihan yang dapat dilakukan dengan memasukkan alamat IP dan mencocokkan port yang akan digunakan. Berikut panduan langkah demi langkah tentang cara menggunakan proxy web gratis.

1. Temukan server proxy yang sesuai

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menemukan server proxy yang diinginkan. Kamu dapat mencarinya dan memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhanmu atau pilih salah satu pilihan proxy di atas. Kemudian, kunjungi halaman proxy web yang kamu kehendaki. Kamu akan mendapatkan akses untuk kemudian melakukan konfigurasi proxy.

2. Pilih lokasi

Sebagian besar proxy menggunakan lokasi di sekitar Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada. Jadi, putuskan lokasi mana yang akan kamu gunakan dan pilih dari menu lokasi. Kamu juga dapat memilih lokasi acak jika tidak mempermasalahkan dari mana alamat IP itu berasal.

3. Akses situs web

Kamu dapat menyalin URL situs yang ingin dikunjungi pada bilah pencarian di situs proxy web. Selanjutnya, kamu dapat mengakses situs web tersebut seolah-olah sedang mengakses sumber web aslinya.

Baca juga: Bedanya Port HTTPS dengan HTTP yang Perlu Diketahui!

Itulah beberapa daftar proxy web gratis yang dapat kamu coba. Semoga informasi ini dapat membantumu mengamankan data dalam berselancar di internet, ya!

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • fortinet.com
  • croxyproxy.com
  • marketingscoop.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video