Careers

15 Rekomendasi Podcast Spotify untuk Pengembangan Diri

Published on
Min read
8 min read
time-icon
Sylvia Rheny

A full time learner marketing enthusiast.

15_Rekomendasi_Podcast_Spotify_untuk_Pengembangan_Diri.jpg

Mengembangkan diri kini lebih mudah dengan hadirnya podcast. Podcast adalah sebuah hasil rekaman audio yang bisa didengarkan oleh khalayak umum melalui media internet. Bedanya dengan radio, podcast tidak disiarkan secara langsung, namun pendengar dapat memutarnya kapanpun dan dimanapun selagi terhubung dengan internet. Salah satu platform yang bisa kamu gunakan untuk mendengarkan podcast adalah Spotify. Di Spotify, kamu dapat menemukan beragam podcast mulai dari horror, komedi, politik, hingga pengembangan diri. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi podcast Spotify yang bisa kamu dengarkan untuk mengembangkan diri.

Baca juga: Podcast adalah: Pengertian, sejarah, jenis, dan 5 kesalahan umum

1. PORD - Podcast Raditya Dika

logo podcast pord
Rekomendasi podcast Spotify - PORD. (Sumber: Spotify)

Rekomendasi podcast Spotify yang pertama adalah PORD atau Podcast Raditya Dika. Sesuai dengan namanya, podcast ini dibawakan sendiri oleh Raditya Dika. Podcast ini mengunggah episode baru setiap minggunya. Selain untuk pengembangan diri, podcast ini juga membahas topik-topik lainnya seperti industri kreatif, keuangan, keluarga, dan hal-hal di antaranya.

2. Makna Talks (The Friday Podcast)

logo podcast makna talks (the friday podcast)
Rekomendasi podcast Spotify - Makna Talks. (Sumber: Spotify)

Rekomendasi podcast Spotify yang kedua adalah Makna Talks. Podcast ini dibawakan oleh Iyas Lawrence dan membahas topik-topik seperti kehidupan sosial, bisnis, dan juga budaya. Podcast ini menarik karena mendatangkan bintang tamu terkenal setiap minggunya. Podcast Makna Talks ini juga bisa kamu temukan di Spotify dengan nama The Friday Podcast.

3. Satu Persen Podcast

logo podcast satu persen
Rekomendasi podcast Spotify - Satu Persen Podcast. (Sumber: Spotify)

Rekomendasi podcast Spotify yang ketiga yaitu Satu Persen Podcast. Podcast ini patut kamu dengarkan karena berhasil meraih Top Five Podcast di bidang Pendidikan se-Indonesia di Spotify. Satu Persen Podcast membahas topik-topik terkini bersama founder, mentor, psikolog, dan juga pakar yang expert dalam bidangnya.

4. Menjadi Manusia

logo podcast menjadi manusia
Rekomendasi podcast Spotify - Menjadi Manusia. (Sumber: Spotify)

Menjadi Manusia adalah rekomendasi podcast Spotify yang bisa kamu dengar di waktu senggang. Podcast ini sedikit berbeda dengan tipe podcast sebelumnya karena berbentuk story telling berupa cerita singkat atau peristiwa yang dialami manusia dengan durasi rata-rata empat menit. Podcast ini bisa menjadi salah satu yang cocok didengarkan untuk mengembangkan diri.

Baca juga: Mau Jadi Podcaster? Berikut Cara Membuat Podcast di Spotify!

5. Subjective

logo podcast subjective
Rekomendasi podcast Spotify - Subjective. (Sumber: Spotify)

Rekomendasi podcast Spotify untuk pengembangan diri selanjutnya adalah Subjective Podcast. Podcast ini dibawakan oleh Iqbal Hariadi, di mana saat artikel ini dibuat adalah seorang Head of Brand Communications di Kitabisa.com. Podcast ini membagikan opini dan pengalaman dari Iqbal Hariadi mulai dari pengembangan diri, karier, karya di dunia digital, adulting, dan hal-hal di antaranya.

6. Thirty Days of Lunch

logo podcast thirty days of lunch
Rekomendasi podcast Spotify - Thirty Days of Lunch. (Sumber: Spotify)

Selain lima podcast di atas, rekomendasi podcast Spotify yang selanjutnya adalah Thirty Days of Lunch. Podcast ini diinisiasi dan dibawakan oleh Fellexandro Ruby dan Ario Pratomo. Beberapa topik pembahasan dalam Thirty Days of Lunch antara lain produktivitas, karier, bisnis, dan pengembangan diri.

7. TED Talks Daily

logo podcast ted talks daily
Rekomendasi podcast Spotify - TED Talks Daily. (Sumber: Spotify)

Kamu mungkin tidak asing dengan TED Talks di YouTube. Nah, TED Talks Daily ini sendiri adalah versi audio yang bisa kamu dengarkan di podcast Spotify. Podcast ini dibawakan dalam bahasa Inggris dan sering membawakan topik-topik populer yang bisa membuka perspektif baru, memberikan pengetahuan baru, dan meningkatkan rasa ingin tahumu.

8. 6 Minutes English

logo podcast 6 minutes english
Rekomendasi podcast Spotify - 6 Minutes English. (Sumber: Spotify)

Sesuai dengan namanya, 6 Minutes English adalah podcast dari BBC Radio dengan durasi rata-rata enam menit. Podcast ini membantu pendengar untuk belajar dan berlatih bahasa Inggris yang berguna untuk situasi sehari-hari. Podcast ini tentunya dibawakan dalam bahasa Inggris dan tayang setiap hari Kamis.

Baca juga: 6 Rekomendasi podcast lokal yang wajib kamu dengar

9. High Performance

logo podcast high performance
Rekomendasi podcast Spotify - High Performance. (Sumber: Spotify)

Rekomendasi podcast Spotify selanjutnya adalah High Performance yang dibawakan oleh Jake Humphrey dan Prof. Damian Hughes. Podcast ini memberi pandangan sekilas tentang kehidupan para pemain kelas dunia yang berprestasi tinggi dan unggul di bidangnya. Podcast ini juga mendatangkan narasumber tersebut untuk berbagi pengalamannya.

10. Si Kutu Buku

logo podcast si kutu buku
Rekomendasi podcast Spotify - Si Kutu Buku. (Sumber: Spotify)

Rekomendasi podcast Spotify yang satu ini cocok untuk kamu yang tidak mau ketinggalan wawasan yang bersumber dari buku, baik terbitan lama atau baru, fiksi atau non fiksi, lokal atau internasional. Podcast ini juga memberikan rekomendasi buku-buku yang menarik untuk dibeli.

11. Sudut Pandang

logo podcast sudut pandang
Rekomendasi podcast Spotify - Sudut Pandang. (Sumber: Spotify)

Berbicara topik mengenai lingkungan sekitar dengan gaya bahasa yang ringan dan menyenangkan, Sudut Pandang menjadi rekomendasi podcast Spotify selanjutnya untuk didengarkan. Podcast ini dibawakan oleh Aria Notharia dan menyajikan perspektif atau sudut pandang mengenai isu-isu keseharian.

12. Redefining Ambition

logo podcast redefining ambition
Rekomendasi podcast Spotify - Redefining Ambition. (Sumber: Spotify)

Redefining Ambition adalah podcast yang diproduksi oleh The Women's Network (TWN), untuk menyoroti pengalaman unik wanita dalam peran kepemimpinan di berbagai industri. Di setiap episode, narasumber menyampaikan kisah pribadi mereka, misalnya bagaimana mereka meniti karier, menghadapi setiap tantangan, hingga bagaimana mereka menemukan kesuksesan dalam menghadapi tantangan pribadi dan profesional.

Baca juga: 10 Cara meningkatkan pendengar podcast yang efektif

13. Oprah’s Super Soul

logo podcast oprah's super soul
Rekomendasi podcast Spotify - Oprah’s Super Soul. (Sumber: Spotify)

Rekomendasi podcast Spotify selanjutnya adalah Oprah’s Super Soul. Melalui podcast ini kamu bisa mendengarkan narasumber pilihan pribadi Oprah dalam wawancaranya, seperti pemimpin-pemimpin terkenal, penulis terlaris, tokoh spiritual, serta pakar kesehatan dan kebugaran. Podcast ini akan membantu membawamu selangkah lebih dekat ke versi terbaik dirimu.

14. Self Dev

logo podcast self dev
Rekomendasi podcast Spotify - Self Dev. (Sumber: Spotify)

Rekomendasi podcast yang bisa kamu dengarkan selanjutnya adalah Self Dev. Podcast ini dibawakan oleh Andreas Bordes dan membicarakan berbagai hal seperti pengembangan diri, kehidupan, dan karier. Kamu bisa meluangkan waktu kurang dari 10 menit untuk mendengarkan satu episode di podcast ini.

15. Peace Sea Podcast

logo podcast peace sea podcast
Rekomendasi podcast Spotify - Peace Sea Podcast. (Sumber: Spotify)

Rekomendasi podcast Spotify yang terakhir namun tidak kalah menarik dan uniknya untuk didengarkan adalah Peace Sea Podcast. Podcast ini membahas meditasi dari berbagai haluan dan sudut pandang. Beberapa topik yang dibahas dalam Peace Sea Podcast antara lain konsep dan teknis meditasi, self love, pencarian jati diri, keseimbangan dan cara pandang terhadap hidup.

Baca juga: 10 Rekomendasi Podcast di Spotify yang Wajib Didengar

Itulah beberapa rekomendasi podcast Spotify yang bisa kamu dengarkan untuk membantu pengembangan diri setiap harinya. Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • goodside.id
  • timeout.com
  • leverageedu.com
  • podcastinsights.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

    Video