Published on

Careers

Remote Access Adalah: Pengertian, Metode, dan 6 Fungsinya

Alvina Vivian

H1_remote_access.jpg

Sistem kerja work from anywhere kini sudah tidak asing lagi diterapkan perusahaan. Artinya, kamu bisa bekerja di mana pun, meskipun itu jauh dari kantor tempat kamu berada. Agar tetap bekerja secara optimal, kebanyakan perusahaan telah menerapkan remote access yang memudahkan pekerjaan. Jika kamu masih belum mengenal arti remote access, kali ini akan dibahas secara lengkap. Yuk, intip penjelasannya berikut ini!

Apa itu remote access?


Sistem remote access memudahkan kerja dari jarak jauh (sumber: pexels)

Remote access adalah sebuah sistem dimana perangkat yang sedang kamu gunakan bisa mengakses perangkat lainnya meskipun dalam jarak jauh, dengan syarat bahwa kamu sudah terhubung dalam satu jaringan yang sama. Sistem ini sering digunakan perusahaan yang karyawannya bekerja secara WFH atau perusahaan yang memiliki kantor cabang di beda kota. Sehingga, untuk mengakses dokumen di pusat, karyawan hanya perlu menggunakan teknologi remote access dan tersambung dengan server.

Metode remote access


Sesuaikan kebutuhanmu dengan metode remote access yang tepat (sumber: pexels)

Ada beberapa metode remote access yang bisa digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan itu sendiri. Simak daftarnya berikut ini.

1. Melalui software

Software remote access adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengontrol dan mengakses komputer lain dari jarak jauh dengan terhubung ke sebuah VPN. Dengan memakai aplikasi remote desktop, kamu bisa mengendalikan komputer yang sedang terhubung dengan kamu tanpa harus bertemu secara langsung.

Untuk melakukan remote access melalui software, kamu perlu mengunduh perangkat lunaknya terlebih dahulu. Ada banyak pilihan software yang kini tersedia di internet. Setelah install, lakukan registrasi akun seperti biasa. Pastikan bahwa komputer yang akan kamu hubungkan juga telah install software yang sama pada perangkatnya.

Kemudian, kamu akan diminta kode verifikasi yang muncul di laptop rekan kamu sebagai izin untuk mengakses perangkat tersebut. Jika sudah terverifikasi, kini kamu bisa tersambung dan mengendalikannya. Kebanyakan user menggunakan software remote access guna membantu rekan yang kesulitan dalam memperbaiki masalah pada komputernya.

2. Memakai hardware

Remote access juga bisa diimplementasikan dengan memasangkan kabel LAN dari perangkat pusat atau server ke komputer pengguna. Dengan menghubungkan laptop melalui kabel, kamu dapat mengakses file yang ada di dalam database. Namun sayangnya untuk metode ini, kamu perlu berada di dalam satu area yang sama misalkan di dalam satu gedung yang sama.

Jika dibandingkan dengan software atau jaringan internet, remote access menggunakan hardware dikenal cukup cepat karena tidak terlalu banyak bergantung pada banyak gangguan. Namun di sisi lain, metode ini kurang pas untuk remote access dari jarak jauh. Lalu kekurangannya, jika kabel terputus atau terdapat gangguan pada kabel, maka kinerja sistem ini tidak optimal.

3. Menggunakan jaringan internet

Sistem remote access menggunakan internet merupakan salah metode yang fleksibel untuk diterapkan dalam satu bangunan. Berbeda dengan poin sebelumnya dimana pengguna wajib mengatur instalasi kabel LAN yang membutuhkan budget besar, remote access dengan internet tidak memerlukan kabel karena dapat diakses secara nirkabel.

Baca juga: 6 Cara uninstall aplikasi di laptop dan PC dengan mudah dan cepat

Fungsi remote access


Remote access cukup fleksibel digunakan di perusahaan (sumber: pexels)

Sistem remote access sangatlah bagus untuk diimplementasikan pada perusahaan karena karakternya yang fleksibel dan praktis. Poin tersebut merupakan contoh fungsi utama remote access yang bisa kamu dapatkan. Selain itu, terdapat beberapa fungsi lain yang juga menguntungkan.

  • Memudahkan lead dalam mengontrol dan mengawasi kinerja tim
  • Mengawasi penggunaan resources dalam sebuah jaringan
  • Menemukan dokumen secara lebih mudah di server
  • Efisiensi flow kerja 
  • Lebih up-to-date jika ada perubahan di server
  • Perbaikan server yang lebih fleksibel

Contoh aplikasi remote access


Aplikasi remote access gratis dan berbayar tersedia di internet (sumber: pexels)

Tertarik menerapkan sistem remote access? Berikut daftar contoh aplikasi remote access yang dapat kamu unduh.

1. TeamViewer

TeamViewer adalah contoh aplikasi yang terkenal di kalangan masyarakat untuk mengaktifkan sistem remote access di sebuah laptop. Cara penggunaannya cukup simple dengan tampilan aplikasi yang mudah dipahami. Agar dapat terhubung dengan perangkat lainnya, pastikan bahwa perangkat target tersebut juga telah menginstal aplikasi TeamViewer, ya. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis maupun berlangganan secara berbayar.

2. Remote Utilities

Tidak ingin install aplikasi terlebih dahulu? Remote Utilities bisa kamu pilih karena software ini memungkinkan kamu melakukan remote access secara portable. Untuk versi gratisnya, Remote Utilities bisa terhubung dengan sepuluh perangkat lain sekaligus. Bagi kamu yang tertarik menggunakan aplikasi ini, kamu bisa membeli lisensi yang perlu dibeli sekali untuk izin unlimited.

Baca juga: 7 Rekomendasi aplikasi layanan VPN terbaik 2022

3. RemotePC

Aplikasi remote access dari iDrive ini cukup praktis digunakan dan punya fitur-fitur yang berbeda dari aplikasi sejenisnya. RemotePC dapat diakses melalui handphone dan dapat dioperasikan menggunakan browser saja. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur unggulan lain seperti setting privasi, berbagi file, dan fitur chat.

Melihat banyaknya fitur yang disediakan, tak heran jika RemotePC tidak menyediakan aplikasi remote access gratis pada produknya. Kamu harus membayarkan sekitar $30 per tahun untuk menikmati berbagai fitur yang ada.

4. Microsoft remote desktop

Aplikasi Microsoft remote desktop merupakan software bawaan yang cocok untuk Windows 8 dan Windows 10. Fitur yang tersedia pada aplikasi ini, yaitu kamu dapat berbagi file hingga mengendalikan perangkat smartphone. Tetapi sayangnya, jika kamu sudah terhubung dengan perangkat yang dituju, maka pengguna pada akun tersebut akan log out secara otomatis.

5. Chrome remote desktop

Chrome remote desktop adalah sebuah extension gratis dari Google Chrome yang bisa kamu coba. Cara kerja dari extension ini hampir sama dengan aplikasi lainnya, yaitu perangkat target yang akan dihubungkan juga harus memiliki extension Chrome remote desktop. Aplikasi remote access ini tidak dilengkapi dengan fitur yang terlalu kompleks, namun bisa juga digunakan untuk mengendalikan smartphone.

Baca juga: API - Pengertian, jenis, cara kerja, arsitektur, dan 5 contohnya

Nah, itu tadi penjelasan mengenai remote access hingga contoh aplikasi yang bisa kamu unduh di internet. Melihat banyaknya fungsi dan keuntungan remote access, tidak ada salahnya untuk mulai menerapkan sistem ini di tengah masa work from home. Pertimbangkan pula sisi keamanan data di sisi server agar tidak ada kesalahan teknis atau penyalahgunaan data.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • markey.id
  • goldenfast.net
  • techtarget.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cover_(1).jpg

    Technology

    10 Rekomendasi Software Animasi 3D Terbaik di Tahun 2022

    Detty Risetya

    06 July 2022
    6 min read
    cara-interview-kerja-yang-baik-EKRUT.jpg

    Careers

    12 Cara Interview Kerja yang Baik Agar Bisa Diterima

    Lita Lia

    06 July 2022
    6 min read
    cover.jpg

    Careers

    12 Contoh Etos Kerja yang Penting Bagi Perkembangan Karier

    Detty Risetya

    06 July 2022
    5 min read

    Video