Published on

Careers

5 Rutinitas pagi hari agar kamu lebih produktif

Nur Lella Junaedi

rutinitas-pagi-hari-EKRUT.jpg

Rutinitas pagi hari menjadi hal yang menentukan seberapa produktif kamu di sepanjang hari tersebut. Itu sebabnya, penting bagi kamu untuk mengawali hari dengan kebiasaan-kebiasaan baik.

Misalnya dengan meniru berbagai rutinitas pagi hari yang banyak dilakukan oleh orang sukses berikut ini.

Alasan kenapa memerlukan hari yang produktif

rutinitas pagi hari EKRUT 
Dengan menjadi produktif kamu bisa lebih maksimalkan memanfaatkan waktu menyelesaikan pekerjaan - EKRUT

Sebelum membahas tentang rutinitas pagi hari yang banyak dilakukan orang sukses, ada beberapa alasan kenapa kamu perlu membangun rutinitas tersebut agar lebih produktif. 

Memaksimalkan banyak pekerjaan dalam waktu yang singkat

Salah satu alasan kenapa kamu memerlukan hari yang produktif adalah karena kamu bisa menyelesaikan banyak pekerjaan dalam waktu yang singkat. Tentu kamu tidak mau kan menghabiskan waktumu seharian hanya untuk bekerja? 

Dengan menjadi produktif kamu bisa memanfaatkan waktu seefektif mungkin dan menghindari diri dari berbagai macam gangguan dengan begitu akan membantumu untuk fokus melakukan beberapa pekerjaan. 

Baca juga: Teknik pomodoro untuk bantu konsentrasi dalam bekerja

Bisa melakukan kegiatan yang berbeda

Jika kamu lebih produktif memaknai hari, maka kamu akan punya waktu melakukan kegiatan lain di luar rutinitasmu sehari-hari. 

Kamu mungkin bisa melakukan hobi, berjalan-jalan, berkumpul dengan keluarga  atau mencari pekerjaan sampingan yang lebih menghasilkan. 

Dengan kegiatan yang berbeda itu, kamu tidak mudah merasa jenuh karena kamu tahu bila pekerjaanmu selesai dengan cepat, kamu bisa beralih ke kegiatan lainnya yang kamu senangi. 

Menjadi lebih baik dari waktu ke waktu 

Dengan menjadi lebih produktif, taraf kehidupan kamu akan meningkat seiring waktu. Sebab,orang-orang produktif akan cenderung untuk meningkatkan apa yang kurang dalam dirinya dan memperbaiki kelemahan tersebut. 

Umumnya mereka akan melihat mana yang bermanfaat dan meninggalkan mana yang hanya membuang waktu saja. 

Itu sebabnya orang yang produktif lebih berpeluang untuk sukses lantaran bisa bekerja dengan efisien dan mencari pengetahuan serta kesempatan lain.

Rutinitas pagi hari untuk memulai waktu yang produktif

rutinitas pagi hari EKRUT
 
Bangun di pagi hari jadi rutinitas yang baik untuk kamu lakukan - EKRUT

Untuk membangun kebiasaan produktif yang baik itu, kamu perlu melakukan rutinitas pagi hari yang baik pula seperti kebanyakan orang sukses lakukan. Lantas apa saja kira-kira rutinitas pagi hari tersebut? 

1. Bangun pagi 

Terkadang bangun pagi memang menjadi suatu kebiasaan yang sulit untuk dilakukan sebagian orang. 

Padahal dengan bangun pagi sekitar pukul 04.00 hingga 05.30 WIB, kamu bisa melakukan banyak aktivitas di jam tersebut. Mulai dari beribadah, beres-beres rumah dan kamar, hingga menghirup udara pagi yang masih segar. 

Dengan bangun pagi, kamu juga akan lebih sigap mempersiapkan banyak hal saat bekerja nanti atau mungkin mempersiapkan ruangan yang nyaman ketika jam WFH di mulai.

Baca juga: 5 Cara menghilangkan bosan saat kerja dari rumah

2. Berolahraga 

Seorang pengusaha sukses dari Amerika bernama Steven Murphy membagikan rahasianya dalam menjalani rutinitas pagi yaitu dengan melakukan yoga. 

Gerakan yoga atau jenis olahraga lainnya akan membuat pikiran kamu menjadi lebih jernih, bahagia dan mampu mengurangi stres. 

Jika kamu masih merasa khawatir untuk berolahraga di luar rumah, kamu juga bisa lho mencoba beberapa gerakan olahraga ringan di dalam rumah. Contohnya dengan mengangkat beban menggunakan botol air minum atau push up menggunakan meja. 

Luangkan waktu sekitar 15 hingga 30 menit untuk melakukan ini secara rutin, agar badan kamu tetap bugar. 

3. Mandi air dingin 

Mandi dengan air dingin menjadi salah satu rutinitas pagi orang sukses yang kerap dilakukan oleh Tony Robbins, seorang motivator asal Los Angeles. 

Pasalnya dengan mandi di pagi hari, akan mampu mengaktifkan seluruh sistem saraf di tubuh dan membuat kamu lebih segar menjalani hari. Selain itu, mandi juga akan membuat kamu lebih sehat serta menghilangkan depresi. 

4. Menghindari memeriksa smartphone 

Mengecek smartphone di pagi hari ternyata bukanlah hal yang bagus. Hal itu karena smartphone bisa membuang waktumu begitu saja. 

Alih-alih melihat smartphone untuk mengecek pekerjaan, kamu bisa jadi  malah mengecek hal lain seperti media sosial. 

Banyak orang sukses memulai pagi dengan menghindari smartphone mereka, selama 30 hingga 60 menit ketika bangun pagi. 

Dengan cara ini mereka bisa lebih fokus pada tujuan dan peningkatan diri mereka sendiri, ketimbang harus dipaksa bereaksi terhadap permintaan dan pesan orang lain yang masuk ke dalam ponselnya. 
 
5. Berkomunikasi dengan orang tersayang 

Rutinitas pagi hari yang baik lainnya untuk membuat hidupmu lebih bermakna adalah dengan terhubung bersama orang-orang tersayang seperti istri, suami, anak atau orang tua. 

Kamu bisa mengawali percakapan di pagi hari terkait rencana mereka hari itu, atau mungkin menyiapkan sarapan untuk dimakan bersama. 

Obrolan yang ringan dan candaan akan membuat hubungan keluarga menjadi lebih harmonis serta mendatangkan semangat. 

Baca juga: 8 Cara meningkatkan kemampuan komunikasi demi kemajuan karier

Nah, itulah beberapa rutinitas pagi hari yang kerap dilakukan oleh orang sukses untuk mengisi waktu mereka lebih produktif. 

Tentunya kamu pun bisa melakukan rutinitas tersebut dan membangun kebiasaan yang baik. Jadi, tunggu apalagi, yuk mulai dari sekarang. 

rutinitas pagi hari EKRUT

Sumber: 

  • medium.com
  • lifehack.org
 

Tags

Share