Published on

Careers

5 Cara menghilangkan bosan saat kerja dari rumah

Nur Lella Junaedi

cara-menghilangkan-bosan-saat-kerja-dari-rumah-EKRUT.jpg

Keberadaan virus Corona memaksa banyak perusahaan untuk mengeluarkan kebijakan work from home dalam durasi yang cukup panjang. 

Meski demikian, tak bisa dipungkiri bahwa menjalankan rutinitas work from home dalam waktu yang lama terkadang dapat membuat bosan. 

Agar rasa jenuh itu tidak terus berlanjut dan kamu tetap produktif, sontek beberapa cara menghilangkan bosan saat kerja dari rumah berikut ini.

1. Ubah genre musik kamu  

cara menghilangkan bosan saat kerja dari rumah EKRUT 
Memilih genre musik yang tepat bisa membuat meningkatkan produktivitas-EKRUT

Upaya pertama yang bisa kamu lakukan sebagai cara menghilangkan bosan saat bekerja di rumah adalah dengan mengubah genre musikmu. Kenapa? Karena pemilihan musik yang tepat bisa memicu produktivitas kerja. 

Setidaknya menurut artikel Huffington Post, ada sekitar 5 genre lagu yang tepat dan bisa menemanimu saat bekerja, mulai dari:

Musik video game 

Genre musik ini memang dirancang untuk memengaruhi psikologi gamers agar  segera mengakhiri permainan. Itu sebabnya mendengarkan genre musik ini dapat mendorong kamu untuk semakin produktif dan segera menyelesaikan tugas. 

Ambient soundtrack music 

Dengan memutarkan musik bergenre ambient, otakmu tidak membutuhkan perhatian penuh terhadap musik tersebut. Musik latar ini termasuk genre musik yang bagus dan tidak terlalu berlebihan 

Musik alam 

Genre musik alam seperti suara gemericik air, daun, suara burung, hujan dan sebagainya. Genre musik ini dipercaya bisa meningkatkan konsentrasi dan fungsi kognitif otak. 

Musik epik

Musik ini memiliki nada lagu yang intens. Genre musik ini seperti orkestra yang akan membuatmu merasa berada di tengah-tengah sesuatu yang besar. Di mana seharusnya musik ini membawamu pada pola pikir yang benar untuk menghilangkan kebosanan.

Musik klasik 

Mendengarkan genre musik  bisa meningkatkan suasana hati dan konsentrasi para pendengar

2. Mendekor sudut rumah menjadi seperti kantor

cara menghilangkan bosan saat kerja dari rumah EKRUT 
Kamupun bisa mencoba mendekor sudut rumah menjadi kantor-EKRUT

Hal lain yang bisa kamu coba sebagai cara menghilangkan bosan saat kerja dari rumah yakni mendekor ulang sudut di rumahmu sebagai tempat khusus kamu bekerja. 

Kamu bisa menggunakan meja belajar dan kursi yang nyaman sambil meletakkan laptop disertai kopi di sampingnya. Untuk menambah suasana tenang, kamu pun bisa meletakkan vas bunga di sudut meja dengan beberapa alat ATK, pigura foto hingga jam. 

Biasanya dengan begitu emosi dan pola pikirmu akan terbentuk untuk benar-benar siap bekerja. 

Baca juga: Kerja remote dan manfaatnya bagi karyawan

3. Maksimalkan jam istirahat

cara menghilangkan bosan saat kerja dari rumah EKRUT
Dengan menonton YouTube kamu bisa memaksimalkan istirahatmu-EKRUT

Tahukah kamu bahwa kualitas istirahat yang buruk dapat dengan mudah membuatmu bosan bekerja dari rumah?

Maksimalkan waktu istirahatmu di sela-sela pekerjaan untuk hiburan kecil seperti menonton YouTube, menonton TV, meregangkan tubuh atau berjalan-jalan kecil di depan rumah sambil menghirup udara segar. 

Cara ini ampuh sebagai upaya pengalihan dari rasa suntuk, dengan begitu otak dan emosimu tidak akan terlalu tegang lagi dan kamu siap meneruskan pekerjaan tersebut.

4. Bekerja di luar tempat biasanya

cara menghilangkan bosan saat kerja dari rumah EKRUT 
Kamupun bisa mencoba bekerja di rumah dari sudut pekaranganmu-EKRUT

Rasa bosan bekerja dari rumah juga bisa muncul manakala kamu selalu bekerja di tempat yang sama setiap hari. 

Maka dari itu, coba sudut ruangan lain sebagai tempat kerjamu. Mungkin kamu bisa mencoba bekerja di dapur, gazebo rumah, atau mungkin pekarangan. 

Tempat yang berbeda tentunya akan membawa suasana yang berbeda pula dan dapat merangsang kreativitas. 

Baca juga: 5 Podcast lokal ini bisa jadi alternatif hiburan saat suntuk ngantor

5. Mengubah perspektif dan bersyukur

cara menghilangkan bosan saat kerja dari rumah EKRUT 
Kamu juga harus mampu merubah perspektifmu dan bersyukur masih bisa bekerja di rumah-EKRUT

Pada awalnya setiap orang yang baru mendapatkan pekerjaan pasti akan bersemangat dengan pekerjaan barunya. Akan tetapi perlahan semangat itu pudar karena rasa bosan. 

Rasa bosan karena pekerjaan yang monoton, pekerjaan yang menumpuk atau perselisihan antar karyawan. Hal tersebut pastinya terjadi kepada setiap orang termasuk kepadamu yang mengalami work from home

Maka ubahlah perspektif bahwa kamu salah seorang yang beruntung bisa bekerja di rumah, dibanding orang yang tetap harus bekerja di kantor sambil berdesak-desakan di transportasi umum dalam wabah virus Corona ini. 

Baca juga: Mengenal virus Corona dan cara mencegahnya di kantor

Bersyukurlah pula, bahwa perusahaanmu memberikan keringanan tersebut melalui fleksibilitas kerja yang kamu miliki. 

Selain cara-cara tadi, kamu pun bisa menghilangkan rasa bosan dengan memanfaatkan kesempatan work from home ini dengan mengikuti kursus online

Dengan mengikuti kursus online kamu bisa mengasah keterampilan yang dapat menunjang perkembangan karier di masa depan. 

Nah, setelah mengetahui cara menghilangkan bosan saat kerja dari rumah, sekarang tidak ada alasan lagi bagi kamu untuk berlarut-larut dalam kejenuhan saat menjalani work from home, bukan? 

cara menghilangkan bosan saat kerja dari rumah EKRUT

Rekomendasi bacaan: 

Sumber: 

  • Workfromhomeinsider
  • Huffpost 
 

Tags

Share