Expert's Corner

Sales Associate: Ketahui Apa Saja Tugas, Skill-set, dan Proyeksi Karier di Tahun 2022

Published on
Min read
5 min read
time-icon
H1.jpg

Bagi kamu, fresh graduate yang tertarik berkarier di dunia sales, posisi Sales Associate mungkin bisa menjadi batu loncatan dalam berkarier. Dikategorikan dalam posisi entry-level, Sales Associate seringkali tidak membutuhkan pelamar yang sudah berpengalaman. Tertarik? Mari pelajari lebih lanjut tentang Sales Associate di artikel ini.

Baca juga: Berikut Pengembangan Karier Anti Wacana yang Bisa Dilakukan

Apa itu Sales Associate?


Sering diincar oleh para fresh graduate, Sales Associate bisa menjadi batu loncatan berkarier (sumber: pexels)

Sales Associate membantu pelanggan dalam menemukan produk atau layanan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan menjelaskan manfaat dan kegunaan berbagai pilihan produk. Sales Associate membangun hubungan baik dengan pelanggan untuk mendorong penjualan berulang, dan mereka juga membantu strategi pemasaran.

Baca juga: Ingin ubah karier? Lakukan rebranding

Tugas Sales Associate


Sales Associate memiliki tugas krusial karena berhubungan langsung dengan pelanggan (sumber: pexels)

Tugas Sales Associate bervariasi tergantung pada perusahaan dan produk yang dijual. Tanggung jawab Sales Associate umumnya mencakup layanan pelanggan, penjualan, dan administrasi sebagai berikut:

  1. Menyapa pelanggan dan mencari tahu apa yang mereka inginkan dan butuhkan
  2. Merekomendasikan produk berdasarkan kebutuhan pelanggan
  3. Memberikan informasi tentang opsi dan detail produk, menjawab pertanyaan seputar produk, dan menunjukkan penggunaan produk
  4. Memotivasi pelanggan untuk membeli dengan menjelaskan keunggulan produk tertentu
  5. Mendorong pelanggan untuk membeli produk tambahan atau produk berkualitas lebih tinggi, yang dikenal sebagai upselling dan cross-selling
  6. Menjelaskan kebijakan seperti garansi, diskon, dan batas pengembalian
  7. Membantu pelanggan menyelesaikan pembelian
  8. Membangun loyalitas pelanggan dengan menawarkan insentif seperti kupon, kartu kredit bermerek, atau keanggotaan program loyalitas lainnya
  9. Mengatur catatan penjualan dan inventaris
  10. Membantu kebutuhan tampilan produk, papan, menginventaris barang, dan manajemen stok

Baca juga: Manajemen Produksi: Definisi, Tujuan, Fungsi, dan 3 Aspeknya

Skill-set yang dibutuhkan untuk menjadi Sales Associate


Meskipun di posisi entry-level, sales associate tetap membutuhkan skill khusus (sumber: pexels)

Sales Associate yang sukses harus memiliki berbagai keterampilan dan kualitas, yaitu:

1. Komunikatif

Keterampilan ini mencakup interaksi tertulis dan verbal dengan orang lain di tempat kerja. Sebagai Sales Associate, kamu akan berkomunikasi dengan pelanggan dan karyawan lain setiap hari. Kemampuan yang kuat dalam mengartikulasikan detail produk, promosi toko saat ini, informasi harga, menyarankan produk, dan persuasi penjualan adalah keterampilan komunikasi yang penting bagi seorang Sales Associate. Selain itu, kamu juga akan berkomunikasi dengan manajemen toko tentang masalah pelanggan, kekurangan barang dagangan, dan masalah lainnya.

2. Customer service

Kecakapan ini termasuk pemberian bantuan profesional dan berkualitas tinggi kepada pelanggan untuk memastikan mereka menemukan produk yang mereka cari. Sales Associate harus memberikan pelayanan terbaik dengan bersikap hormat dan menjawab pertanyaan pelanggan dengan jujur.

3. Profesionalisme

Sales Associate profesional harus tetap baik dan tenang meskipun berada dalam kondisi yang menantang. Sales Associate juga harus bisa tetap profesionalisme dengan menggunakan istilah dan nada suara setenang mungkin meskipun dalam kondisi paling sulit sekalipun.

4. Memiliki kemampuan interpersonal

Kemampuan interpersonal memandu interaksi dan komunikasi yang tepat dengan orang lain. Termasuk didalamnya menjaga rasa hormat, menunjukkan empati dan menggunakan kecerdasan emosional untuk memahami orang lain. Seorang Sales Associate menggunakan keterampilan interpersonal untuk membaca isyarat verbal dan nonverbal klien mereka.

5. Kemampuan penjualan

Sales Associate yang capable dapat secara efektif menjelaskan manfaat produk mereka dan menggunakan persuasi untuk menyelesaikan penjualan. Sales Associate harus gigih dan memulai setiap interaksi penjualan baru dengan sikap positif.

6. Manajemen waktu

Sales Associate memberikan layanan kepada banyak pelanggan, terkadang secara bersamaan, dan mereka tetap harus mampu melayani setiap klien secara efektif rentang waktu yang bersamaan tersebut. Sales Associate akan mengenali kapan mereka perlu mendelegasikan tugas kepada anggota tim lain agar tetap dalam kerangka waktu yang diinginkan.

Baca juga: CEO: Skill-set, Perbedaan dengan Direktur, 5 Peran Penting

Proyeksi karier Sales Associate di tahun 2022


Bagi kamu yang menyukai dunia sales dan baru saja lulus, karier Sales Associate layak untuk dicoba (sumber: pexels)

Sales Associate diproyeksikan tumbuh sekitar 7 persen antara tahun 2014 dan 2024, yang konsisten dengan tingkat pertumbuhan rata-rata untuk semua profesi. Di angka pertumbuhan tersebut, akan ada tambahan 331.000 pekerjaan penjualan ritel dalam jangka waktu tersebut. Karyawan dengan pengalaman penjualan ritel sering berpindah ke posisi terkait atau lebih tinggi, seperti asisten manajer toko, customer service representative, manajer penjualan, atau asisten administrasi. 

Baca juga: 5 Soft Skills yang akan Membuatmu Bersinar di Tempat Kerja

Nah, demikian penjelasan tentang Sales Associate. Jika kamu senang membantu orang dan sedang mencari posisi entry-level yang dapat membuka pintu ke berbagai pilihan karier yang menarik, pekerjaan sebagai Sales Associate mungkin sangat cocok. Selamat bereksplorasi!

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Selain itu, jika kamu ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru. Yuk, sign up di EKRUT sekarang juga karena banyak peluang kerja dari perusahaan dan startup ternama menantimu!

Baca juga: 10 Jenis Pekerjaan International Sales dan Tips untuk Mendapatkannya

Sumber:

  • bestaccredietecollege
  • indeed
  • careerbuilder
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    customer-service-adalah-EKRUT.jpg

    Careers

    Customer Service: Tugas dan Tanggung Jawab, Kualifikasi, dan Proyeksi Kariernya

    Tsalis Annisa

    05 December 2022
    5 min read
    H1_Founder_Adalah_Tugas_dan_Tanggung_Jawab__Skill-set_(1).jpg

    Expert's Corner

    Founder Adalah: 5 Tugas dan Tanggung Jawab, Skill-set, serta Perbedaannya dengan CEO dan Owner

    Sartika Nuralifah

    25 November 2022
    5 min read
    H1_1._Mengenal_Sandhika_Galih__Dosen_yang_Sering_Ngasih_Ilmu_tentang_Web_Programming.png

    Expert's Corner

    Mengenal Sandhika Galih, Dosen yang Sering Ngasih Ilmu tentang Web Programming

    Anisa Sekarningrum

    17 November 2022
    5 min read

    Video