Media

Hey wanita karier, berikut 5 soft skills yang akan membuatmu bersinar di tempat kerja
By Nelson Simbolon - 26 December 2018
4 min read 346 Views

Bagi wanita karier, di zaman modern ini variasi bidang pekerjaan dan peluang karier untuk laki-laki dan perempuan semakin tidak ada batasnya. Namun, untuk posisi strategis dan manajerial, terhitung masih lebih banyak pria yang dipercaya daripada wanita. Meskipun begitu, banyak wanita yang sukses berkarir di dunia yang didominasi laki-laki ini. Nah, agar sukses di dunia kerja, berikut 5 soft skills yang akan membantu wanita karier lebih bersinar! 

 

1.  Tingkatkan kepercayaan diri

Seperti yang kita tahu, percaya diri dapat meningkatkan performa kerja sebagai wanita karier. Hal ini karena sikap yang tidak takut menunjukkan diri serta terlihat proaktif terhadap pengalaman dan tugas baru. Selain itu, orang yang percaya diri akan tampak lebih bisa diandalkan sehingga lebih banyak diberikan kepercayaan dalam pekerjaan apapun. Tentu saja, kepercayaan diri ini harus diikuti dengan kemauan untuk belajar dan terus maju. Jangan sampai kamu terlalu percaya diri, tetapi kemampuan kamu tidak membuktikan apapun.

 

2.  Kelola kecerdasan emosional

Memiliki IQ tinggi tak menjadi jaminan seseorang sukses, karena orang juga perlu mengelola Ini karena pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu menyeimbangkan kedua hal ini, sehingga walaupun menggunakan data faktual atau pertimbangan logis, sisi kemanusiaan dalam menghadapi bawahan tidak pernah dilupakan. Karena wanita secara fisiologis lebih banyak berkutat dengan emosi ini, maka kecerdasan emosional ini harus lebih banyak dipelajari oleh wanita. Nah, jadi kalau kamu mau sukses menjadi wanita karier maka kelola dengan baik kecerdasan emosionalmu.

 

3.  Jaga profesionalisme kerja

Dalam beberapa kondisi wanita lebih mudah stres dan melampiaskan emosi pada pekerjaan. Maka, untuk menjaga profesionalisme kerja dan menjadi wanita karier yang sukses, kamu harus bisa memisahkan urusan pribadi dengan pekerjaan. Jika ada masalah di rumah yang membebani pikiran, biasakan untuk menenangkan diri sebelum memasuki kesibukan dalam pekerjaan. Ini dapat membantumu melupakan masalah di rumah sementara kamu berada di kantor.

 

4.  Bersikap mandiri

Wanita karier tentunya harus bisa mandiri, kamu tidak harus selalu meminta bantuan dengan rekan kerja ketika kebingungan. Hal ini bisa jadi membuat mereka terganggu, sehingga kamu perlu berinisiatif dan mandiri dalam mengambil langkah mengatasinya. Selain itu, menjalin komunikasi dan koneksi di luar kantor agar kamu dapat selalu berkonsultasi mengenai tugas-tugas yang harus kamu kerjakan.

 

5.  Mengasah keahlian komunikasi

Untuk membuat kariermu semakin bersinar, keahlian dan kompetensi bukanlah satu-satunya aspek yang diperlukan. Dalam hal membuat dirimu menjadi wanita karier yang sukses, keahlian komunikasi akan menjaga situasi kerja tetap berada dalam kondisi yang aman dan nyaman karena sesama anggota dalam tim terbuka dan berkomunikasi dengan baik. Cara berkomunikasi dengan atasan juga memerlukan trik tersendiri karena tekniknya akan berbeda dengan cara kamu berkomunikasi dengan rekan kerja.

Ingat, buat menjadi wanita karier yang cemerlang banyak langkah yang harus kamu persiapkan. Jadi, temukan passion-mu dan jadilah perempuan yang melek perencanaan keuangan. Niscaya, kamu bisa menikmati hidup yang kamu inginkan dengan usahamu sendiri.

 

Rekomendasi bacaan:

 

Sumber:

Tags:

  • Tips
  • Pekerjaan
  • Karier
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang